Traveling

Road Trip Keliling Jawa, Pilihan Liburan Seru Bersama Traveloka

Akhir-akhir ini aku dan suami lagi ngerasa kangen kepengen road trip lagi. Malah aku sudah membayangkan kami membawa anak-anak untuk road trip keliling Jawa. Mulai dari Cirebon, Solo, lanjut ke Malang dan kembali lagi ke Jakarta.

Iya sih gak keliling Jawa banget, tapi tetap judulnya road trip dengan menghampiri kota-kota di Jawa (terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur) untuk berlibur dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik atau kulineran di kota-kota tersebut.

Road Trip Bersama Anak
Road Trip Bersama Anak

Manfaat Road Trip Bersama Anak-anak

Soalnya buat aku dan suami, road trip bersama anak-anak itu menciptakan kesan yang berbeda dibanding cara traveling lainnya.

Road trip akan lebih memfokuskan kami pada keterkinian, bukan melulu tentang tempat yang kami tuju, tetapi tentang menikmati proses dan menikmati perjalanan panjang yang mungkin melelahkan tapi seru dengan tantangan tantangan yang akan mungkin kita temui sepanjang perjalanan.

Roads were made for journeys, not destinations

~ Confusius

Berikut inilah yang akan kami dapatkan sepanjang perjalanan berdasarkan pengalaman kami saat road trip bersama anak-anak.

Membangun Kedekatan

Bagaimana tidak dekat? Dengan road trip mau tidak mau kita akan berinteraksi dalam waktu lama dan dalam ruang yang sempit hampir sepanjang jalan, bisa 24 jam, bahkan 2 harian kan.

Nah aku dan suami tipe-tipe yang agak posesif ya sama anak, ahaha. Kami pengen banget dekat dengan mereka, bukan hanya dekat fisik, tapi juga dekat hati #eciee.

Jadilah salah satu hal yang kami sukai saat road trip ya karena dengan cara ini kami bisa membangun kedekatan yang lebih lagi.

Senang di Museum Ambarawa

Ya sehari-hari juga bisa tentunya membangun kedekatan dengan anak, tapi beneran kerasa deeh bedanya kalau sudah road trip. Kita jadi tau satu sama lain lebih dalam lagi dan jadi lebih mengerti lagi tentang watak anak kita. πŸ˜€

Melatih Kesabaran

Di lain sisi, dengan watak asli yang lebih terlihat saat road trip ini, jadinya kesabaran kita makin terlatih. Terutama sebagai orangtua ya.

Bagaimana kita bisa mengendalikan emosi serta bisa tetap sabar walaupun kondisi sedang tidak mengenakkan. Misalnya saja kalau kita masih di tol dan kepanasan, lalu anak-anak rungsing karena lapar dan bisa jadi juga mengantuk.

Kalau lapar tinggal cari rest area, tapi kalau mengantuk hmm. Apalagi kalau anak sudah rebutan di dalam mobil yah, wah kesabaran kita sungguh diuji xp

Melatih Kekompakan

Tidak hanya dengan suami, tapi juga dengan anak. Sebetulnya melatih kekompakan ini agak tricky.

Misalnya saja, saat kita ingin membuat foto bersama. Tujuan kita haruslah diberitau juga kepada anak, tentang kita ingin foto di mana dan bagaimana hasil fotonya.

Anak-anak akan mau diajak bekerja sama kalau mereka juga diberi kesempatan untuk berpendapat. Sesekali mereka yang menentukan gayanya, atau sesekali mereka yang memegang kamera (tentu dengan pengawasan ya, hehehe) atau mereka yang mengambil foto yang dimaksud.

Intinya, kekompakan kita sekeluarga memang akan terbentuk karena kedekatan yang juga telah terbentuk πŸ™‚

Melatih Mengatasi Rasa Kecewa

Ini yang kualami saat road trip ke Bali di akhir tahun 2021 lalu.

Bali Zoo

Anak pertama kami masih ingin melihat pertunjukan di Bali Zoo, sementara yang lain sudah terlalu lelah untuk berjalan lagi. Sehingga, yang lain sudah ingin segera kembali ke penginapan.

Nah, di situlah aku melatih anak untuk mengatasi kekecewaannya. Berhubung akhirnya kami memutuskan untuk pulang, jadi anak pertama aku memang kecewa dan ya aku terima rasa kecewa-nya sambil menunggu saja rasa kecewa itu pergi.

Dia boleh sendirian dan tidak diganggu terlebih dulu. Dia juga boleh baca buku atau menggambar apa yang ingin dia gambar.

Pokoknya, dia boleh melakukan hal yang diperlukan untuk mengatasi rasa kekecewaannya tersebut dengan aman.

Sebetulnya memang ini pun bisa terjadi dalam keseharian kami ya. Akan selalu ada momen yang membuat anak kecewa.

Tapi dalam road trip, selain anaknya yang dilatih, tentu orangtua juga dilatih untuk tetap tenang dan bisa mengarahkan anak dalam kondisi yang lumayan lelah. Di situlah tantangan dan keseruannya xp

Memberi Pengalaman Berharga untuk Anak-anak

Pernah kan kalian mengingat suatu momen di waktu kalian kecil bersama orangtua? Nah, salah satu momen yang paling aku ingat adalah aku diajak ke Ciater bersama orangtua. Rasanya menyenangkan dan tak terlupakan.

Walaupun mungkin aku sedikit lupa umur berapa waktu itu, tapi momennya sungguh terekam dalam ingatan dan menjadi momen yang menyenangkan.

Begitulah aku dan suami, kami sama-sama punya visi untuk memberi pengalaman tersebut ke anak-anak.

Sunrise di Gunung Batur
Sunrise di Gunung Batur

Kami ingin (semoga) road trip atau pun traveling yang kami lakukan bersama anak-anak, akan menjadi momen yang menyenangkan dan terekam dalam ingatan terdalamnya mereka. Sehingga mereka akan merindukan dan sangat menghargai momen-momen tersebut.

Road Trip ke Jogja – Wisata Candi

Road trip jauh kami yang pertama sekitar hampir 4 tahun lalu, tepatnya saat aku masih hamil anak ketiga.

Berfoto di Teras Candi Prambanan
Road trip saat hamil

Saat itu umur kehamilanku memang memasuki trimester ketiga awal, jadi masih cukup aman untuk bepergian. Aku bahkan sempat hiking tipis-tipis di Candi Gedong Songo, ahaha.

Hiking yang tidak direncanakan sih lebih tepatnya. Anak-anak dan suami pergi naik kuda, aku jalan kaki tanpa mengetahui kalau Candi Gedong Songo medannya memanglah menanjak, jadi memang pas dan cocok untuk hiking.

Candi Gedongsongo
Candi Gedongsongo

Itinerary Road Trip Wisata Candi

Sebetulnya Candi Gedong Songo adalah Candi ketiga yang kami kunjungi dalam rangkaian road trip di tahun 2019 lalu.

Kami mengunjungi 2 Candi lainnya yang berada di daerah Jawa Tengah, yaitu Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Ada sih satu-satunya tempat yang kami kunjungi yang bukan Candi, melainkan museum, museum Kereta Ambarawa namanya.

Museum Kereta Api Ambarawa

Jadi itinerary lengkap kami saat itu kira-kira:

  • Hari pertama perjalanan naik mobil sampai Jogjakarta. Kami menghabiskan sekitar 11 jam perjalanan. Berangkat dari rumah jam 7.30an, sampai penginapan sekitar jam 18.30.

    Ini dengan kondisi membawa ibu hamil dan 2 anak yang masih kecil-kecil yaa, jadi memang banyak mampir-mampir untuk istirahat, hehehe.
  • Hari kedua kami langsung ke Candi Prambanan. Karena kami memilih penginapan yang berada persis di seberang Candi Prambanan, jadi kami bisa berangkat sepagi mungkin. Siangnya kami menuju Magelang untuk menginap di Borobudurhills.
  • Hari ketiga, kami memang bertujuan untuk menikmati sunrise dari Candi Borobudur. Maka dari itu juga kami memilih hotel yang tidak jauh dari Candi Borobudur.

    Kami berangkat sekitar jam 4 untuk menuju Candi dan mengikuti alur bersama wisatawan lainnya untuk melihat sunrise.

    Lagi-lagi, siangnya kami berpindah tempat. Kali ini kami menuju Candi Gedong Songo sekalian menuju perjalanan pulang. Tapi sebelum itu kami mampir ke museum Kereta Api Ambarawa. Berhubung memang kami melewati daerah tersebut, jadi sekalian deh.
  • Hari berikutnya kami lanjut ke Candi Gedong Songo. Setelah puas berkeliling candi dan bersantai, kami langsung menuju arah pulang. πŸ™‚

Pengalaman road trip wisata candi ini sudah aku ulas lengkap juga di Road Trip Jawa Tengah – Wisata Candi.

Akomodasi Road Trip Wisata Candi

Untuk mendukung road trip kami saat itu, kami menginap di 3 tempat berbeda. Satu menginap di dekat Candi Prambanan, satu lagi di Borobudur Hills, kemudian satu lagi sudah di daerah Semarang dan cukup dekat dengan Candi Gedong Songo.

Dari ketiga penginapan tersebut, yang jadi highlight perjalanan kami saat itu adalah Borobudur Hills. Sudahlah private pool, pemandangannya juga tidak terkalahkan pula. Salah satu hotel yang tidak terkalahkan karena pemandangannya.

Private Pool Borobudurhills

Kalian bisa baca review lengkapnya di Nikmatnya Menginap di Borobudurhills

Road Trip ke Bali – 13 hari yang memuaskan dan penuh kenangan

Road Trip berikutnya kami lakukan agak lama setelah road trip pertama, yaitu di akhir tahun 2021, alias di masa pandemi.

Tadinya kami mau melakukan road trip ke Bali ini sejak bulan Juni 2021, namun kasus Covid meningkat tajam bahkan hampir setiap hari kami mendengar suara Ambulans T_T

Maka dari itulah, kami tidak ingin melanjutkan rencana road trip kami tersebut. Begitu kasusnya melandai bahkan sudah lumayan “aman”, barulah kami melanjutkan rencana ini dan Alhamdulillah terrealisasikan di bulan Desember, menjelang anak libur sekolah, selama 13 hari.

Mampir Di Rest Area dalam Road Trip Bali
Mampir Di Rest Area dalam Road Trip Bali

Iyaa, 13 hari! Di Bali sampai puass, ahahah.

Selama 13 hari tersebut kami mengunjungi berbagai macam tempat dan hampir mengelilingi pulau Bali secara keseluruhan.

Baca keseruan selama 13 hari tersebut di 13 Hari Road Trip Ke Bali, Mulai dari Bali Utara Hingga ke Nusa Dua deh. ;)

Kami bisa melihat lumba-lumba di pantai Lovina, menikmati keindahan sunrise di Gunung Batur, mengunjungi Bali Zoo, bahkan kami juga menikmati keindahan pantai Sanur sambil menginap di hotel pinggir pantainya.

MasyaAllah lah, dengan pengalaman road trip ke Bali yang seru ini lah, kami di pertengahan tahun 2022 lalu memutuskan untuk road trip lagi dengan tujuan berbeda, yaitu ke Lampung. πŸ˜€

Akomodasi Road Trip Bali

Berhubung kami memang selama itu di Bali dan mengunjungi banyak tempat, jadi kami memang berpindah-pindah tempat menginap.

Tempat menginap yang paling lama kami singgahi terletak di Ubud sih, kala itu namanya masih Adiwana Arkara Resort, tapi sekarang sudah menjadi Arkamara Dijiwa Ubud.

Villa ini yang membuat kami sungguh sangat puas dan menikmati hari-hari kami di Ubud.

Berenang di Arkamara Dijiwa Ubud
Puas Berenang

Saat kami kunjungi sih, rate nya masih di 750an ribu ya untuk tipe kamar dengan private pool.

Karena harga yang terjangkau itulah, akhirnya kami juga memperpanjang durasi menginap kami, yang tadinya direncanakan hanya 3 hari 2 malam, jadi 4 hari 3 malam, ihihi.

Total penginapan/hotel yang kami singgahi ada sekitar 5 tempat.

  1. Hotel Lovina Bali yang berada di Utara
  2. Volcano Terrace Bali yang berada di pinggir danau Batur
  3. Arkamara Dijiwa Ubud
  4. Sedasa di Canggu
  5. Merusaka Hotel di pinggir pantai Nusa Dua
Merusaka Nusa Dua Bali
Merusaka Nusa Dua Bali

Beragam yaa, ada yang hotel bintang 5, ada juga guest house. Pemilihan akomodasi ini bergantung pada tujuan kami. Apakah kami akan sering keluar beraktivitas atau tidak. Kalau iya, kami tidak akan memilih hotel.

Tapi kalau kami memang ingin menikmati hotel dan staycation, barulah kami putuskan untuk menginap di hotel.

Road Trip ke Lampung – Menikmati Indahnya Jembatan Pasir di Pahawang

Road trip berikutnya kami lakukan di pertengahan tahun 2022 lalu. Road trip kali ini terhitung cukup singkat sih, karena kami hanya membutuhkan total waktu 4 hari saja.

Dua hari perjalanan pulang pergi, dua hari lainnya beraktivitas di Lampung, snorkeling dan berkeliling kota Lampung.

Alhamdulillah, buat kami (aku sih terutama), road trip ini juga sungguh memorable, karena ini pertama kalinya aku melihat ada 2 pulau yang dihubungkan dengan jalan pasir. Namun pasir ini akan terlihat saat laut sedang surut saja.

Jembatan Pasir Pahawang

Kalau sedang pasang, jembatan pasir ini akan tenggelam dan jadi tidak terlihat.

Akomodasi Road Trip Lampung

Berhubung waktu kami hanya 4 hari 3 malam, jadi kami hanya menginap di 2 tempat saja. Dua tempat karena mau merasakan beda suasana, ahaha. Iseng banget yaa xp

Kami menginap di Kaskos dan di Swiss-Belhotel Lampung.

Mengandalkan Traveloka

Dari semua pengalaman road trip tersebut ada satu kesamaan. Kami mengandalkan Traveloka dalam menentukan akomodasi kami! Ahaha.

Setelah aku lihat lagi, betul saja, semua hotel atau guest house ataupun villa yang kami pilih, ya kami booking melalui Traveloka.

Kami merasa sudah familiar dan sudah nyaman sih menggunakan Traveloka, jadi memang hampir selalu mengandalkan itu. πŸ™‚

Apalagi memang sering banget ada promo dan kupon diskon, jadi terkadang kami memang memanfaatkan promo tersebut.

Di Traveloka juga reviewnya cukup banyak dan jelas, sehingga itu juga bisa membantu kami mengambil keputusan hotel mana yang akan kami singgahi.

Tidak dipungkiri, Traveloka memang sudah menjadi bagian dari rencana perjalanan kami selama ini. Road trip bareng Traveloka deh jadi judulnya ya, ahaha.

Kalian juga tentu saja bisa rencanakan liburan di Traveloka, soalnya memang setiap bulan pasti akan ada promo, terutama di tanggal-tanggal kembar. Terlebih lagi kalau ada event tertentu, akhir tahun atau tahun baru imlek misalnya.

Next Road Trip Keliling Jawa!

Selanjutnya, kami punya keinginan untuk bisa road trip lagi, kali ini keliling pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kalau pada road trip sebelum-sebelumnya kami langsung menuju tempat akhir, pada road trip kali ini kami mau yang sedikit berbeda, yaitu betul-betul singgah di beberapa kota dengan tujuan paling jauh akan jatuh pada kota Malang.

Kami ingin merencanakan perjalanan road trip ini ke total 4 kota, dari Depok menuju kota pertama yaitu Cirebon, berikutnya Solo, lalu berlanjut ke Malang berikutnya mampir ke Semarang dalam perjalanan pulang kembali ke rumah.

Road Trip Keliling Jawa

Di kota-kota tersebut juga ada beberapa tempat yang ingin kami singgahi. Kira-kira akan seperti inilah itinerary-nya nanti:

  1. Hari Pertama – Berangkat ke Cirebon mengunjungi Goa Sunyaragi
  2. Hari Kedua – Taman Ade Irma Suryani Cirebon, lanjut menuju Solo
  3. Hari Ketiga dan Keempat – Wisata kuliner di Solo dan berkeliling kota
  4. Hari Kelima – Berangkat ke Taman Safari Prigen, Malang
  5. Hari Keenam dan Ketujuh – Checkout Baobab Resort menuju Semarang
  6. Hari Kedelapan – Perjalanan pulang dari Semarang menuju rumah

Cirebon

Hari pertama dimulainya road trip keliling Jawa ini akan kami mulai untuk menyinggahi kota Cirebon terlebih dahulu.

Jadi, kami akan berangkat pagi dari Depok langsung menuju Cirebon. Dengan perjalanan sekitar 4 jam (sudah termasuk istirahat di rest area seperlunya), kami langsung menuju Goa Sunyaragi.

Di sana melihat dan berkeliling Goa Sunyaragi sambil ditemani oleh guide agar kami jadi tau apa fungsi dan tujuan adanya Goa Sunyaragi ini. Yaa wisata sejarah jadinya untuk aku dan anak-anak yaa.

Goa Sunyaragi Cirebon

Setelah puas berkeliling (dan foto-foto tentu saja xp) kami lalu lanjut check in ke hotel yang kami pilih untuk (ceritanya) staycation tipis-tipis.

BATIQA Hotel Cirebon

Nah, pilihan menginapnya adalah di Batiqa Hotel Cirebon yang terletak tidak jauh dari Goa Sunyaragi, hanya berjarak sekitar 5 menit saja dari Goa Sunyaragi.

BATIQA Hotel Cirebon di Traveloka

Selain jaraknya yang dekat dengan Goa Sunyaragi, aku memilih hotel ini juga karena ratingnya yang cukup bagus di Traveloka serta tersedianya kamar yang cukup besar untuk kami berlima.

Sepanjang sore niatnya sih bersantai saja ya di hotel. Istirahat setelah menempuh perjalanan cukup jauh dan setelah berkeliling satu tempat wisata.

Keesokan harinya setelah check out, mungkin sekitar jam 10 lah ya gitu, aku ingin mengajak anak-anak ke Waterpark Ade Irma. Main air sedikit gitu ceritanya sebelum lanjut lagi menuju kota berikutnya πŸ™‚

Taman Air Ade Irma Suryani Cirebon

Di sini juga kita bisa menikmati indahnya pemandangan tepi pantai. Berhubung memang letaknya di pinggir laut, jadi kita bisa menikmati pemandangan laut dari kapal yang terdapat di waterpark Ade Irma Suryani ini.

Solo

Puas bermain air, kami langsung melanjutkan perjalanan ke Solo, kota di Jawa Tengah yang suasananya adem dan syahdu.

Tujuan utama ke Solo sebetulnya untuk bersilaturahmi ke teman suami sekaligus wisata kuliner. Maka dari itu kami juga gak ngoyo untuk bisa ke tempat wisata yang ramai.

Mungkin kami hanya akan berwisata di dalam kota saja, seperti mengunjungi museum Danar Hadi serta ke taman Sriwedari saja.

Novotel Solo

Kami akan menginap di Novotel Solo. Jaraknya dekat sekali dengan kedua tempat yang ingin aku kunjungi tersebut.

Novotel Solo di Traveloka

Kami akan menginap sekitar 3 hari 2 malam di sini. Berhubung sampai Solo juga sudah sore, jadi keesokan harinya mau istirahat sebentar dari perjalanan panjang ya, jadi berwisata di kota saja sepanjang hari dan mengumpulkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan panjang ke kota selanjutnya.

Malang

Kota selanjutnya yang akan kami singgahi adalaahh, Malang!

Tahun 2018 lalu aku juga pernah ke Malang bersama teman dan mengajak anak-anak.

Perjalanan kali itu sangat seru dan mengesankan karena aku bisa traveling lagi dengan sahabat dekat sambil membawa anak kami masing-masing.

Terbukti bahwa setelah menikah pun, kita tidak harus kehilangan keasikan dan momen bersama sahabat terdekat yhaa.

Selain itu, trip tersebut seru karena kami bisa ke Bromo, juga mengeksplor sebagian Jatim Park I dan Jatim Park II, bahkan sempat ke kampung warna-warni Jodipan juga. Pokoknya lumayan banyak tempat yang kami datangi lah πŸ˜€

Baca keseruan liburan Malang kami di Wisata Malang 5 Hari 4 Malam Bersama Anak-anak: Itinerary & Budget saja deh, hehehe.

Kali ini tujuan kami (keinginan aku sih xp) adalah ke Taman Safari Prigen.

Udah beberapa tahun keinginan ini dipendam saja, beberapa kali tentu diceritakan ke suami juga, tapi belum direncanakan saja kapan ke sananya.

Begitu membayangkan road trip, aku langsung terpikir, kenapa tidak sekalian saja sampai Taman Safari Prigen ini ya, ihihi.

Baobab Safari Prigen

Kali ini mau all out donk ya dengan menginap di Baobab Safari Prigen. Menginap dengan nyaman dengan halaman langsung ke kandang Jerapah.

Hotel ini sudah berkali-kali muncul di timeline sosial media aku, makanya jadi penasaran pengen nyobain langsung, ahaha.

Baobab Safari Resort Malang di Traveloka

Selain itu, memang terlihat enak dan nyaman sih kamarnya. Tipe yang kami pilih pun sepertinya lumayan lega, sehingga akan cukup untuk kami berlima πŸ™‚

Setelah puas di Taman Safari Prigen dan bersantai seru di Baobab Safari Resort, esok siangnya setelah check out, kami putar arah lagi. Niatnya sekalian jalan pulang menuju rumah lagi kami akan singgah untuk silaturahim ke sanak saudara di Semarang.

Semarang

Kampung halaman mama mertua ada di Semarang, jadi banyak saudara kami yang tinggal di Semarang. Bahkan kami selalu bisa menginap di rumah sepupu suami.

Mungkin kami akan mengunjungi salah satu tempat wisata bersama sepupu kami tersebut πŸ™‚

Bisa ke Sam Po Kong, Lawang Sewu, atau ke tempat wisata lainnya seperti Kota Tua Semarang yang baru saja direvitalisasi.

Kota tua Semarang. Image source: https://www.rumah.com

Judulnya jadi silaturahim sekalian jalan-jalan yaa ini, ihihi.

Nah kalau di Semarang, kami bisa menginap saja di rumah saudara kami nanti, menghemat biaya akomodasi ya beb xp

Sudah deh, setelah menginap 1 hari, kami baru menuju pulang dan menyelesaikan perjalanan road trip keliling Jawa. Berhubung waktunya terbatas, itu juga sepertinya di musim liburan sekolah, jadi kota yang bisa kami singgahi juga terbatas deh, hehehe.

Semoga Bisa Terlaksana Bersama Traveloka

Huaah, menulis rencana ini saja aku bisa membayangkan betapa seru dan asiknya nanti saat perjalanan ini betul terlaksana.

Rasanya jadi tidak sabar untuk bisa road trip lagi bersama anak-anak. Apalagi dengan kemudahan pemesanan akomodasi melalui Traveloka seperti pada road trip sebelum-sebelumnya membuat kami sudah nyaman dan memang akan menggunakan Traveloka lagi jadinya.

Singgah Surabaya - Road Trip Bali
Singgah Surabaya – Road Trip Bali

Semoga road trip kali ini betul bisa kami laksanakan bersama Traveloka ya. Dengan memanfaatkan promo-promo yang tersedia, kita bisa menentukan penginapan jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Kami jadi tenang dan insyaAllah nyaman kalau akomodasi sudah kami amankan sejak awal.

Kalian juga suka liburan dengan road trip gak niih? Soalnya dengan road trip, kita lumayan menghemat biaya transportasi lhoo, hehe.

Apapun dan bagaimanapun cara kalian traveling, pada intinya sesuaikan dengan kata hati masing-masing ya. Just #LifeYourWay dalam hal apapun, termasuk dalam menentukan tujuan dan cara traveling paling nyaman.

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

34 Comments

  1. Waaah seru banget ya mbak pastinya 13 hari liburan di Bali. Woooow nggak bayangin. Tapi pasti bisa eksplor semua tempat ya soalnya lama dan gak diburu-buru waktu.

    Aku juga pengen nih ke Lampung . Kan dekat ya. Tapi belum kesampaian juga . Semoga suatu hari nanti bisa melihat Pahawang ya

  2. Kalau ke Solo, aku nggak rekomendasiin untuk ke Sriwedari dulu deh, Mak. Soalnya itu sempat jd sengketa dan kurang terawat sekarang. Buat gantinya mungkin bisa main ke kraton, museum radya pustaka atau ke pura mangkunegaran. Deket juga kok dari Novotel.

    1. aah, makasih rekomendasinya, oke noted mbak. iya, aku liat di maps juga lumayan deket yaa, dan jadi bisa wisata sejarah juga nantinya! thanks mbaak πŸ˜€

  3. Kece bener mbak Isti, wisata bareng anak2 dan suami road trip keliling Jawa! Ternyata banyak sekali manfaat jalan2 sama anak2 ya, termasuk mengatasi rasa kecewa hihihi jika yang diinginkan ga tercapai πŸ™‚ Untung ada Traveloka yang dapat mengakomodasi segala kepeluaan mulai booking hotel, pesan tiket pesawat, makan dll tempat hangout lain juga banyak banget. AKu juga pernah tuh main ke Stasiun Kereta Ambarawa. Seruuuuu!

  4. Kebayang serunya road trip bareng keluarga, kak Isti.
    Aku suka terpana dengan hasil fotonya sih…selain kontennya yang selalu memberikan cerita yang menarik, visualisasinya juga Kece banget.

    Anak dan orangtua selalu pakai baju dengan warna yang serupa. Jadi bayangin konsep travelling kak Isti dan keluarga bener-bener matang dari itinerary sampai ke jam dan OOTDnya.

    Kalau Uda masukin itinerary perjalanan, gabole banget lupa sama Traveloka. Temen seperjalanan yang gak pake ribet Karena dengan satu aplikasi bisa bantu semua yang dibutuhkan di tempat tujuan.

    1. MasyaAllah, komen ini menghibur banget, huhuhu.
      Bagian paling aku suka dari merencanakan liburan tuh packing soalnya, wkwkwk. jadi aku deh yang nentuin OOTDnya, tapi itu random aja kok dari baju yang tersedia aja.

      Emang sih kadang2 sengaja disama2in. jadi sambil packing sambil mikirin bajunya yang cocok untuk dipakai ke tempat ini, pusing sendiri tapi jadinya, ahahaha

  5. Mbaaakkk duh baca ini kok jiwaku serasa meronta-ronta ya, hehehehe…
    Emang seru banget road trip berama anak-anak tuh, apalagi kalau anak satu masih semangat lanjut tapi anak yang lain udah lesu dan pengen balik aja.

    Saya pun merencanakan roadtrip dari Malang menuju Bengkulu dengan mampir di berbagai kota dan tempat wisata di Jawa maupun Sumatra. Baca artikel ini bisa nemu tambahan referensi tempat wisata dan hotel yang bisa disinggahi.
    Semoga rencana road trip mbak bersama keluarga bisa terlaksana ya

  6. Seruu banget ti, udah bayangin heheuu dengan 3 krucil mana pasti ada makanan yg beda2 kesukaannya. Aku juga model pocecip nih >.<
    tapi memang abis jalan sama anak2 gitu besokannya suka ada perubahan hal yg positif. Padahal ku cuma dekeut gimana jauh ya road trip kayak gini, aih kudu digaskeun nih wahahaha. Hadu haduuuu intip tabungan bapake dulu ah :))

  7. Dulu waktu anak2 kecil malah sempat road trip smp ke Yogya aja sih. mereka dah besar pingin bisa road trip smp ke Bali dan nextnya Sumatera sih. Cuma krn perjalanan darat dan bw kendaraan sendiri pasti lebih takes time yaa jd yg agak susah sekarang ini mengompromikan waktunya malahan. Seru banget nih keliling Jawa semoga bisa juga smp Bali

    1. yang ke Bali sudah mbaak, akhir tahun lalu, hehehe. udah aku tulis juga di blog https://istiana.sutanti.com/2022/07/23/13-hari-road-trip-ke-bali/ πŸ˜€

  8. Aku road trip dari Jakarta sampai Kudus. Itu termasuk road trip juga nggak tuh? Hahaha. Karena satu sisi kadang berhenti ke beberapa titik walau bentar. Senang jika ada kesempatan sejak dulu jalan dengan anak anak dan suami seperti ini ya mba dan terdokumentasi dengan baik. Sukses selalu mba

  9. Keliling Jawa adalah impianku juga Mbak, huhuuu kapan yah? Bali juga, belum pernah ke sana soalnya, hii kasihan banget akunya yah? Sudah setua ini tapi belum pernah ke Bali. Nanti deh aku mau bisik-bisik dulu sama Traveloka, siapa tahu dia mau berbaik hati memberiku kemudahan jalan-jalan ke Bali, hahaha.

  10. Mba Isti bener2 well planned bangettt
    Tipikal ibu yg rapiihhh dan very much into detail utk hal2 apapun, termasuk traveling.
    Aku suka aku sukaaaaaπŸ˜πŸ˜‚
    Semoga lancaarrr dan berkah yaaa ngetripnyaaaa

    1. yang well planned sebenernya tuh suamiku mbak, aku keikutan aja. giliran barang2 printilan suka banget kelupaan, wkwkwk. adaa aja satu atau 2 yang lupa kalau pergi pergi. semoga sih udah enggak ya tahun ini, ahahaa.

  11. Seru banget mbak roadtripnya. Apalagi buat anak2 akan meninggalkan kesan yang mendalam. Aku aja masih inget zaman keil dulu diajakin ke mana aja ma ortuku hehe. Makanya aku pun suka ngajakin anakku jalan, walaupun jangkauannya blm luas utk saat ini πŸ˜€
    Kalau Jawa mungkin udah beberapa tempat. Yg pengen banget ajak anak ke Bali. Tapi ya mau ke Lampung dulu krn denger2 skrng gampang ke Lampung naik KRL sambung kereta hehe πŸ˜€

    1. karena punya pengalaman yang menyenangkan sama ortu, jadi mau begitu juga yaa ke anak yaa, hehehe. bener, Lampung mudah dijangkau pakai transportasi umum yaa, kapalnya juga gak lama nunggunya. cobain mbaak, ditunggu ceritanyaa πŸ˜€

  12. Mbaaak, OOTD kalian road trip itu serasa foto lebaran. Kompak banget biru-biru, hihi …
    memang yah seru road trip sekeluarga gini. Surprisingly bawa sedan. Kepikiran pakai campervan kayak di film-film?
    berhubung selama perjalanan di dalam mobil jadi memang bakal diuji kesabaran baik anak maupun ortu. Makin dekat juga bisa ngobrol banyak hal dari yang receh sampai serius.

    1. ahahahah, ini memang baju lebaran siihh, wakaka. cuma kan sayang ya kalau gak dipake lagi, berhubung emang bahannya enak banget, ya jadinya sering aku pake untuk jalan-jalan deh. belum kepikiran pakai campervan, karena belum sesering itu, hehe.

  13. Keliling Jawa? Wah, saya juga belum pernah nih. Baru road trip Purbalingga, Jogja, Solo. Hahaha.

    Menyenangkan pastinya kalau bisa road trip bareng keluarga, terutama bareng anak-anak.

  14. Semoga road trip keluarganya terwujud dan lancar ya. Bayanginnya udah seru dan aku pun pengen. Tentu persiapannya bakal banyak apalagi kalau ada anak. Butuh waktu yang gak sebentar juga kan

  15. Aku dan suami paling suka road trip, sejak anak-anak masih bayi usia 3 bulan meski masih seputaran Jateng. Tapi ketika udah usia setahun, si bungsu udh pernah diajak road trip sampai ke Bali. Serunya road trip itu bisa ngobrol gak abisnya di dalam mobil ya mba.

    Ahhh seneng lihat keseruan road trip mba Isti dari foto yang di-share. Aku dulu masih foto yang mesti dicetak, begitu terselip ya udah ilang karena gak ada kenangan dalam bentuk digital dulu tuh. Kalo untuk nginap dan beli tiket ke tempat wisata paling gampang emang menggunakan Traveloka ya, semua lengkap ada

  16. Road trip keliling Jawa seru juga ya mbak
    Bareng bareng keluarga jadi makin asik
    Apalagi kalau pakai Traveloka, pasti makin seru liburan nya

  17. aku pengen nih road trip keliling Jawa naik kereta. duuh ini membantu banget artikelnya. Apalagi kalau nyari informasinya via Traveloka yang lengkap

  18. Asyik, ya, kalau bisa liburan sekeluarga. Apalagi rencana trip nya keliling Jawa. Wah! Persiapannya musti matang, ya. Untung ada Traveloka dengan segala kemudahannya. Pasti seru, nih!

  19. Waahhh… semoga aja klo jadi beneran ke Semarang kita bisa ketemuan yaa.. Seru banget nih keluarga yang sering traveling barengan gini. Banyak pengalaman menarik yang bakalan selalu diingat anak hingga nanti mereka dewasa.

    1. Aamiin mak, ntar aku kontak gapapa yaa kalau ke Semarang yaa, hehehe

  20. Salut deh mbak bisa road trip dengan ketiga anak yang masih kecil-kecil, bahkan pas hamil anak ketiga pun udah biasa road trip ya. Keren! Nggak kebayang kalau itu aku, pasti udah mager dan stres duluan nyiapinnya. Haha. Meski pun penuh tantangan, tapi buat anak-anaknya ini beruntung banget lhoo. Bakalan jadi kenangan yang nggak terlupakan. Ditunggu cerita road trip selanjutnya, Mbak.

  21. Ya Allah, asyik banget 13 hari di Bali semoga ada rezeki dan kesehatan ya bisa ajak anak-anakku liburan ke Bali mengukir memori indah, pengennya dalam waktu dekat pengen ajak mereka ke Jogja deh

  22. Roadtrip.itu seruuu ya maak…bisa berhenti dimana ajaa tidak terpancang waktu jugaa. Bisa explore ke banyak tempat aku juga sukanya roadtrip sih.

  23. Seru amat planningnya mbak. Semoga kelak bisa terlaksana. Kalo roadtrip itu bs suka2 kita ya kapan berhenti n go lg. Seruu

  24. Mbaaaa, aku yg baca aja ikutan semangat. Kalo bikin ITIN itu yaaa, berasa udah mulai traveling soalnya. Makanya pas bikin ITIN itu justru fav ku bangeettttt.

    Aku suka road trip, dan selama ini semua road trip yg kami lakuin bareng anak2 untungnya bisa dinikmati mereka.

    Tapi memang road trip ke Sumatera agak berat buat anak2. Rute medan-sorkam 14 jam, dan pas di Tarutung Ampe Sibolga jalannya kan berkelok2, 2 jam itu kelokan semua mba, dan sempit. Jadi anak2 ku biasanya pasti mabok darat.

    Kalo rute Jawa mereka lebih kuat. Krn jalannya cendrung lurus.

    Novotel solo itu agak tua mba, aku stay sekali di sana jujur nya agak kecewa. AC ga terlalu dingin dan furniturenya kusam.mungkin Krn tua sih yaaa.

    Safari Prigen itu aku juga pengeeeeen bgt mbaaaa 😍😍. 2022 pengen ajakin anak kesana tapi ga jadi. Ntr deh mau diatur lagi waktunya.

    Trus road trip Bali msh dlm impian kami juga nih. Anak2 mau main di waterbom Bali. Aku pun liat wahananya aja suka πŸ˜„.

    Trvlk top sih buat support segala itin trip kita. Aku lagi pantengin terus nih, buat cari tiket ke Jepang utk desember 2023 ini bareng anak2. Begitu ada yg promo mau langsung booking.

  25. Roadtrip emang enaknya yg lama supaya bis mampir ke banyak kota yg dilewati. Sebelum pandemi kami pun sempet roadtrip keliling jawa timur sampe ujung Banyuwangi. Klo sama anak2 emang pling enak roadtrip bisa beehenti sesuai kebutuhan

  26. my itchy feet meronta nih pengen road trip lagi di Indonesia hehehe. Sementara ini kami menikmati road trip di NZ dulu. Seru banget ya mba bisa on the road ke tempat – tempat cantik ini

  27. Membaca postingan ini membuatku bisa membayangkan betapa serunya road trip bersama keluarga. Pingin juga bisa road trip, tapi baby masih 2 bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.