Gimana mau kenal sama pasangan kalau gak pacaran?

Oh tentu bisa. Makanya dalam islam ada taaruf, which is “kenalan”.

Taaruf atau kenalan di sini tentu beda dengan kenalan biasa, beda juga dengan pacaran. Karenaa, dalam taaruf, kita justru HARUS mencari tau sebanyak-banyaknya tentang pasangan. Kita diperbolehkan bertanya sedalam-dalamnya kepada calon pasangan kita, kepada keluarganya, bahkan kepada teman-teman terdekatnya. Supaya ya itu, supaya gak seperti “beli kucing dalam karung”.

Banyak yang mengira “taaruf” itu seperti membeli kucing dalam karung karena belum kenal lama kok udah memutuskan untuk nikah, gak melewati masa pacaran dulu? Padahaall, justru taaruf ituu adalah kesempatan para calon pasangan untuk mencari tau sebanyak-banyaknya dan sedalam-dalamnya tentang calon pasangannya.

Sebanyak Apa Informasi Yang Harus Diketahui Saat Taaruf?

Mencari tau sebanyak-banyaknya ini beneran sebanyak apapun yang kamu mau. Kamu bisa tanya ke keluarganya tentang kebiasaan dia di rumah, kamu bisa tanya ke teman dekatnya tentang kebiasaan jeleknya atau kelebihannya, kamu juga bisa tanya ke adiknya atau saudara terdekatnya hal apa yang paling dia sebelin dari kakak atau saudaranya ini. Tanya!
Tanyaiiinn semuanya.

Continue reading “Gimana mau kenal sama pasangan kalau gak pacaran?”

Menikah Itu Bukan Hanya Tentang Pasangan, Tapi Juga Tentang Keluarga

Jadi, nih ya yang mau nikah, jangan hanya mencari “pasangan”nya aja. Jangan hanya pedulikan, yang penting dia baik, yang penting dia sayang, yang penting dia insyaAllah setia sama kita, keluarganya nanti dulu aja deh, gitu, jangan.

Soalnya apa? Soalnya menikah itu ya membentuk keluarga, bukan hanya keluarga kecil kita dengan pasangan tapi keluarga besarnya. Kita akan selalu berhubungan dan selalu berinteraksi juga dengan keluarganya. Jadi, emang bener kalau dibilang harus liat ibunya dan liat saudaranya. Karena sedikit banyak mereka akan mempengaruhi kehidupan keluarga yang akan kita bentuk dengan pasangan kita.

Karena jangan salah ya, penyebab perceraian itu bukan hanya perselingkuhan, bukan hanya KDRT, atau bukan hanya masalah ekonomi. Terkadang penyebab perceraian itu ya ada di ikut campurnya keluarga besar, ada di tidak harmonisnya hubungan menantu dan mertua ataupun ipar.

Continue reading “Menikah Itu Bukan Hanya Tentang Pasangan, Tapi Juga Tentang Keluarga”

Berubah Setelah Menikah

Dulu sebelum nikah, aku mikirnya saat ada yang bercerai itu ya karena KDRT, selingkuh, atau masalah ekonomi. Tapi kadang-kadang selingkuh juga karena ekonomi sih ya, istri yang ngerasa kekurangan bisa selingkuuh, suami yang berlebihan keungannya juga bisa selingkuh.

Sampai ada istilahnya, "ujian istri itu saat kekurangan ekonomi, ujian suami saat kelebihan ekonomi."

Tapi yaa ada juga sih laki-laki yang emang hobinya selingkuh, mau ekonomi berlebih, ekonomi ngepas, sampai kekurangan ya bakal selingkuh aja kalau emang begitu kebiasaannya. Naudzubillah, semoga kita dan keturunan-keturunan kita sampai akhir jaman dijauhkan dari laki-laki semacam ini.

Anw, karena ngerasa alasan-alasan itu aja yang bisa bikin bercerai, aku jadi sempet heran sama orang yang cerai dengan alasan “udah gak cocok”. Dulu mikirnya “Lah, kenapa bisa gak cocok, kalo gak cocok kenapa dulu nikah sih?. Emangnya sebelum nikah gak keliatan gak cocoknya apa ya?” Gitu aku mikirnya dulu. Dulu ya duluu.

Continue reading “Berubah Setelah Menikah”

Mencontoh Rasulullah Dalam Berkomunikasi

Tau gak sih kalau Allah itu emang sesempurna itu dalam memberi arahan hidup kepada kita. Gak cuma tuntunan secara tertulis berupa Al Qur’an, tapi juga tuntunan dalam bentuk sosok, yaitu Rasulullah.

Biasanya kalau berkomunikasi sama pasangan (atau anak malah) kita itu nyari ilmu ke mana-mana, padahal gak usah jauh-jauh pun bisa ketemu, dengan mencari tau cara komunikasinya Rasulullah. Memang gimana cara komunikasinya Rasulullah?

Continue reading “Mencontoh Rasulullah Dalam Berkomunikasi”

40 Ide Pertanyaan Sebelum Menikah

Menikah itu adalah komitmen panjang kan ya, soalnya akan dijalani seumur hidup kita nantinya. Nah, karena kita akan melakukan komitmen panjang dan gak main-main ini, jadi memang harus dipersiapkan sedemikian rupa donk. Jadi bagusnya sih bicarakan banyak-banyak hal sebelum nikah.

List pertanyaan ini kepikiran untuk aku bikin karena habis menyimak pelajaran dalam bengkel diri dengan topik “Menjadi Jodoh Impian” semalam. Selain itu, karena aku sendiri juga sudah menjalani pernikahan selama 9, hampir 10 tahun, jadi punya banyak ide ini untuk dibicarakan dengan pasangan sebelum menikah.

Continue reading “40 Ide Pertanyaan Sebelum Menikah”

Kata-kata Adalah Doa, Maka Berkatalah yang Baik atau Diam

Jadi ya ini sebenernya cuma mau ngumpulin cerita yang kemarin udah dipublish di IG aja sih, hehehe. 2 cerita tentang HP dan pembuktian kalau kata-kata adalah doa.

Saya udah cukup lama juga meyakini setiap apa yang kita katakan itu akan menjadi doa, makanya sudah juaraaanngg sekali berkata yang pesimis terhadap diri sendiri maupun keluarga. Ya selain biar jadi lebih percaya diri, sudah sering diperlihatkan buktinya kalau apa yang kita katakan itu suatu saat bisa terkabul. Makanya, berkatalah yang baik-baik saja agar dikabulkan yang baik-baik 😀

Okeh, cerita pertama sih tentang hp yang penuh kenangan. Check this out aja deh ya, aku copas soalnya ini 😀

Continue reading “Kata-kata Adalah Doa, Maka Berkatalah yang Baik atau Diam”