7 Hal yang Bisa Dilakukan agar Anak Suka Belajar

Buibu punya cara tersendiri gitu gak sih di rumah supaya anak menyukai aktivitas belajar? Kalau di aku pribadi ya, setelah aku pikir-pikir aku punya sekitar 7 hal yang bisa dilakukan agar anak suka belajar.

Suka belajar lho ya. Antusias lah gitu dengan yang namanya kegiatan belajar. Soalnya kalau anak suka belajar, akan tertanam di pikiran mereka bahwa mereka harus terus belajar sepanjang hidupnya.

Keharusan belajar akan muncul atas dorongan dari dirinya sendiri. Bukan karena disuruh atau diminta orangtua apalagi guru, tapi ya karena mereka ingin mengetahui hal baru atau karena mereka memang ingin menguasai suatu kemampuan.

Continue reading “7 Hal yang Bisa Dilakukan agar Anak Suka Belajar”

Gimana mau kenal sama pasangan kalau gak pacaran?

Oh tentu bisa. Makanya dalam islam ada taaruf, which is “kenalan”.

Taaruf atau kenalan di sini tentu beda dengan kenalan biasa, beda juga dengan pacaran. Karenaa, dalam taaruf, kita justru HARUS mencari tau sebanyak-banyaknya tentang pasangan. Kita diperbolehkan bertanya sedalam-dalamnya kepada calon pasangan kita, kepada keluarganya, bahkan kepada teman-teman terdekatnya. Supaya ya itu, supaya gak seperti “beli kucing dalam karung”.

Banyak yang mengira “taaruf” itu seperti membeli kucing dalam karung karena belum kenal lama kok udah memutuskan untuk nikah, gak melewati masa pacaran dulu? Padahaall, justru taaruf ituu adalah kesempatan para calon pasangan untuk mencari tau sebanyak-banyaknya dan sedalam-dalamnya tentang calon pasangannya.

Sebanyak Apa Informasi Yang Harus Diketahui Saat Taaruf?

Mencari tau sebanyak-banyaknya ini beneran sebanyak apapun yang kamu mau. Kamu bisa tanya ke keluarganya tentang kebiasaan dia di rumah, kamu bisa tanya ke teman dekatnya tentang kebiasaan jeleknya atau kelebihannya, kamu juga bisa tanya ke adiknya atau saudara terdekatnya hal apa yang paling dia sebelin dari kakak atau saudaranya ini. Tanya!
Tanyaiiinn semuanya.

Continue reading “Gimana mau kenal sama pasangan kalau gak pacaran?”

Menikah Itu Bukan Hanya Tentang Pasangan, Tapi Juga Tentang Keluarga

Jadi, nih ya yang mau nikah, jangan hanya mencari “pasangan”nya aja. Jangan hanya pedulikan, yang penting dia baik, yang penting dia sayang, yang penting dia insyaAllah setia sama kita, keluarganya nanti dulu aja deh, gitu, jangan.

Soalnya apa? Soalnya menikah itu ya membentuk keluarga, bukan hanya keluarga kecil kita dengan pasangan tapi keluarga besarnya. Kita akan selalu berhubungan dan selalu berinteraksi juga dengan keluarganya. Jadi, emang bener kalau dibilang harus liat ibunya dan liat saudaranya. Karena sedikit banyak mereka akan mempengaruhi kehidupan keluarga yang akan kita bentuk dengan pasangan kita.

Karena jangan salah ya, penyebab perceraian itu bukan hanya perselingkuhan, bukan hanya KDRT, atau bukan hanya masalah ekonomi. Terkadang penyebab perceraian itu ya ada di ikut campurnya keluarga besar, ada di tidak harmonisnya hubungan menantu dan mertua ataupun ipar.

Continue reading “Menikah Itu Bukan Hanya Tentang Pasangan, Tapi Juga Tentang Keluarga”
Belajar Membaca Usia Dini

Belajar Baca Tulis sejak dalam Kandungan

Huwow banget gak tuh? hahaha

Orang-orang bilang mah anak gak boleh belajar baca tulis dulu sebelum usianya matang. Tapii, buat aku, hal ini gak sepenuhnya benar.

Iya, gak boleh belajar baca tulis dengan memaksa dan malah bikin anak tertekan. Iya, gak boleh belajar baca tulis dengan langsung memberi mereka worksheet yang banyak dan latihan menulis yang terus menerus.

Continue reading “Belajar Baca Tulis sejak dalam Kandungan”

Kelas Coding for Kids di Educourse

Jadi nih selama liburan sekolah kemarin daripada gak tau mau ngapain sama anak-anak, terutama anak yang pertama nih biar gak bosen itu itu aja terus yang dikerjain di rumah, aku iseng memasukkan dia ke kursus coding. Hitung-hitung mengasah kemampuan berpikirnya serta meningkatkan kreativitasnya ya kan. Terutama sih mengisi waktu liburan yang di rumah aja.

Sekarang sudah hampir 2 bulan nih Naia belajar coding di Educourse. Dari pertama tau ada kelas coding gini, aku udah mengira Naia bakal suka, karena dia selalu tertarik untuk membuat sesuatu, apalagi sesuatunya itu juga bikin penasaran. Apalagi dia pernah bikin gambar yang menunjukkan sedikit konsep pemrograman gitu, gambar semacam konsep rekursif gitu lah.

Continue reading “Kelas Coding for Kids di Educourse”

Berubah Setelah Menikah

Dulu sebelum nikah, aku mikirnya saat ada yang bercerai itu ya karena KDRT, selingkuh, atau masalah ekonomi. Tapi kadang-kadang selingkuh juga karena ekonomi sih ya, istri yang ngerasa kekurangan bisa selingkuuh, suami yang berlebihan keungannya juga bisa selingkuh.

Sampai ada istilahnya, "ujian istri itu saat kekurangan ekonomi, ujian suami saat kelebihan ekonomi."

Tapi yaa ada juga sih laki-laki yang emang hobinya selingkuh, mau ekonomi berlebih, ekonomi ngepas, sampai kekurangan ya bakal selingkuh aja kalau emang begitu kebiasaannya. Naudzubillah, semoga kita dan keturunan-keturunan kita sampai akhir jaman dijauhkan dari laki-laki semacam ini.

Anw, karena ngerasa alasan-alasan itu aja yang bisa bikin bercerai, aku jadi sempet heran sama orang yang cerai dengan alasan “udah gak cocok”. Dulu mikirnya “Lah, kenapa bisa gak cocok, kalo gak cocok kenapa dulu nikah sih?. Emangnya sebelum nikah gak keliatan gak cocoknya apa ya?” Gitu aku mikirnya dulu. Dulu ya duluu.

Continue reading “Berubah Setelah Menikah”