Kelas Coding for Kids di Educourse

Jadi nih selama liburan sekolah kemarin daripada gak tau mau ngapain sama anak-anak, terutama anak yang pertama nih biar gak bosen itu itu aja terus yang dikerjain di rumah, aku iseng memasukkan dia ke kursus coding. Hitung-hitung mengasah kemampuan berpikirnya serta meningkatkan kreativitasnya ya kan. Terutama sih mengisi waktu liburan yang di rumah aja.

Sekarang sudah hampir 2 bulan nih Naia belajar coding di Educourse. Dari pertama tau ada kelas coding gini, aku udah mengira Naia bakal suka, karena dia selalu tertarik untuk membuat sesuatu, apalagi sesuatunya itu juga bikin penasaran. Apalagi dia pernah bikin gambar yang menunjukkan sedikit konsep pemrograman gitu, gambar semacam konsep rekursif gitu lah.

Continue reading “Kelas Coding for Kids di Educourse”

Frozen 2 Sudah Tayaang. Gimana Keseruannya?

Saya seneeenng banget dan menanti-nanti banget film Frozen 2 ini. Jadi, begitu filmnya udah tayang, dan kebetulan tanggal 23nya itu hari Sabtu, berangkatlah saya sama Naia Nawa untuk nonton. Si bayik dititip papanya di rumah, ihihi. Hitung2 lepas sebentar dari bayi dan ngajak anak2 nonton film favorit mereka lah ya, ehehe.

Tadinya sih mau nonton rame2. Tapi saya dan Ilman masih gk suka dengan ide bayi dibawa ke bioskop, hee. Masih terlalu kenceng lah ya audio nya. Untuk yang mau bawa bayi, silakan aja sih, sedia earmuff aja untuk bayinya & dibikin capek lebih dulu supaya tidur sepanjang film ūüėĀ

Continue reading “Frozen 2 Sudah Tayaang. Gimana Keseruannya?”

Puaskan Eksplorasi Anak dengan Berkata Iya Boleh

Sejak punya anak, saya belajar untuk mengurangi larangan-larangan saat mereka sedang bermain. Karena sepemahaman saya, larangan-larangan itu bisa mematikan rasa ingin tau anak dan membuat mereka tidak percaya diri serta membuat mereka takut untuk melakukan eksplorasi. Padahal eksplorasi yang dilakukan anak-anak itu mempengaruhi tumbuh kembang mereka.

Makanya, dari kecil Naia itu jarang saya larang dalam hal apapun. Sampai¬†dia sempet selalu menangis setiap kali orang lain bilang “jangan”. Soalnya kalau di rumah¬†ya saya selalu bilang “iya boleh” atau “yaudah” sambil ditemenin dan diawasi oleh saya atau saya beri perlindungan sebelumnya. Intinya saya hampir selalu membolehkan Naia eksplorasi hal apapun.

Pakai kata asal sih,¬†which is jadinya¬†boleh¬†yang¬†ada syaratnya. Tapi syaratnya ini juga bukan yang menyusahkan juga kok, dan bukan bermaksud membatasi eksplorasinya, melainkan untuk melindungi dia. Continue reading “Puaskan Eksplorasi Anak dengan Berkata Iya Boleh”

Naia dan Lomba Menggambar

Pertengahan bulan Februari lalu, di buku komunikasi Naia ada pemberitahuan tentang acara PORSENI se-Depok tanggal 18 Maret 2017. Di PORSENI itu diadakan beberapa lomba, salah satunya lomba menggambar. Naia yang emang suka menggambar, saya tawarkan untuk ikutan itu. Awalnya sih ragu, takutnya dengan lomba gitu Naia malah merasa tertekan di hal yang dia lagi suka ini. Tapi udah lah saya percaya aja deh.

Eh, sempet nanya beberapa kali sih sama Naia, apa bener dia mau ikutan lomba menggambar? Sampai 3 kali nanya deh kayanya saya, dia masih mau dan antusias, jadilah saya mendaftarkan Naia untuk ikutan lomba itu.

Latihan di Sekolah

Kata bunda gurunya,¬†yang ikutan lomba akan “dilatih” gitu. Jadi tiap Selasa dan Kamis, anak-anak memang pulang 1 jam lebih lama dari hari¬†yang lain karena ada kegiatan klub. Nah, di sela-sela kegiatan klub itu deh mereka menyempatkan melatih anak-anaknya. Di sini sih kekhawatiran saya mulai muncul. Takutnya, dengan dilatih dan ditetapkan mau menggambar apa, Naia malah jadi gak mau gambar apa. Soalnya dia emang belum mau sih untuk menggambar sesuai¬†yang saya minta. Sampai saat ini¬†ya dia menggambar apa¬†yang dia mau gambar aja. Continue reading “Naia dan Lomba Menggambar”

Dkandang Amazing Farm

Playdate di D’kandang Amazing Farm Depok

Berhubung liburan sekolah udah mau selesai, saya dan beberapa temen kuliah pengen seenggaknya “berasa” gitu liburannya buat anak-anak. Pas minggu lalu main seharian di rumah salah satu temen kuliah, dia bilang pengen gitu anak-anak kita playdate-an mumpung sekolah masih pada liburan. Awalnya saya ajakin untuk ke Kuntum Farmfield yang ada di Bogor sana, tapi kok ngerasa kejauhan dan belum tentu terlaksana di waktu yang udah mepet masuk sekolah ini ya. Soalnya seminggu lagi doank liburnya, hari Senin depan udah pada masuk lagi kan. Eh, Naia hari Selasanya sih. Continue reading “Playdate di D’kandang Amazing Farm Depok”

Boneka Little Pony, Buku, dan Pelajaran Keuangan untuk Anak

Buku di sini adalah buku bikinan Naia sendiri, wekekek. Jadi seminggu yang lalu, kita (saya dan Ilman) dapet progress report dari sekolah Naia. Di situ gurunya Naia bilang kalau dia suka sekali menggambar, di sekolah setiap istirahat atau ada waktu luang, dia lebih memilih menggambar. Walau kalau main di luar sama temen mah tetep maunya main ya, tapi saat di kelas ya gitu. Apalagi kata gurunya gambar Naia sudah “bercerita”, jadi walau menggambar sedikit, tapi Naia bisa menceritakan gambarnya panjang lebar. Continue reading “Boneka Little Pony, Buku, dan Pelajaran Keuangan untuk Anak”

Aktifitas Berhitung di #PlayfulWednesday

Hoalaaa, udah lama gak ngeblog. Udah hampir sebulan kayaknya yaa. Aah, bener kan sebulan dari postingan terakhir, huhuhu. Ini sih namanya hiatus ya, hiatus ngeblog selama sebulan. Karena apa? Karena menyelesaikan 1 dan 2 hal lainnya (baca: bikin kalender untuk sekolahan Naia yang menyita cukup banyak waktu). Ternyata bikin kalender ituh lamaaaa, hahaha. Yaudah lah ya, yang penting saatnya kembali lagi, yeaa *tebar confetti*

Continue reading “Aktifitas Berhitung di #PlayfulWednesday”

#PlayfulWednesday: Butterfly Sensory Bag

Nemu ide menarik ini dari Pinterest, caranya ada di¬†http://www.teachpreschool.org/2011/04/butterfly-sensory-bags-for-preschoolers/, tapi saya bikinnya gak pakai gel rambut. Yah, beda beda dikit di isinya doank sih, tapi bentuknya sama. Saya suka sama butterfly sensory bag ini karena 1 aktivitas bisa dipake sama 2 anak sekaligus, hahaha. Simple dan gak bingung buat nyari main apa lagi mereka yaa. Walau Nawa bisa ketawa-ketawa aja sih liatin kakaknya ngapa-ngapain aja, hehe. Continue reading “#PlayfulWednesday: Butterfly Sensory Bag”

Playful Wednesday: Stiker Kata

Hahaha, postingan Playful Wednesday ini beneran jadi 2 minggu sekali. Bukan karena gak ada ide, tapi gak nulis-nulis dan selalu terdistraksi sama hal lain -_-

Yang hari ini sebenernya juga udah dishare di IG saya sih beberapa hari lalu (minggu lalu mungkin), tapi baru ditulis hari ini. Tuh kan, lama kan nulisnya kan? hahaha¬† Continue reading “Playful Wednesday: Stiker Kata”

#PlayfulWednesday: WorMath

Mainan ini terinspirasi dari postingan permainan lain yang mirip-mirip. 2 tahun yang lalu saya sempet bikin busy book (yang terhenti di 2 lembar saja xp) bergambar ulat dan angka 1 sampai 9 untuk mengenalkan angka ke Naia.¬†Sebenernya gak tau ya mau dinamain apa, tapi berhubung ini bentuknya kayak ulat gitu, plus emang tujuannya untuk mengenalkan lebih lanjut tentang matematika, ya namain aja jadi WorMath, heheheh. Continue reading “#PlayfulWednesday: WorMath”

#PlayfulWednesday: Exploring Color

Bingung judulnya apaan karena udah berkali-kali main-main sama warna, hahaha

Baca #PlayfulWednesday lainnya juga ya! ūüėÄ

Jadi, waktu itu juga lagi bingung sih mau mainan apa sama Naia, yaudahlah mainan yang simple aja pakai bahan yang ada. Dan sebetulnya bahan ini juga dipakai berkali-kali. Untuk percobaan gunung meletus lah, percobaan meniup balon lah, dan sebagainya lah. Karena emang menarik banget sih kolaborasi kedua bahan yang dipakai ini. Langsung aja yuk: Continue reading “#PlayfulWednesday: Exploring Color”

#PlayfulWednesday: Padamkan Api Yuk!

Kali ini mainannya untuk “mengundang” Naia supaya dia mau mandi. Duh, kenapa ya anak-anak suka susah diajak mandi, huhuhuhuhu. Kayak ngulur-ngulur waktu terus gitu tiap kali diajak mandi. Abis makan lah, abis gambar lah, abis apa lah, duh sebel. Pernah sampe berantem karena saya kurang sabar, dan pernah juga saya mandiin paksa akhirnya. Biasanya kalo lagi PMS tuh, sumbu saya pendek banget, jadi kurang sabar ngadepin anak, huhuhuhuhu. Terus tiap abis gitu nyesel deh T_T Continue reading “#PlayfulWednesday: Padamkan Api Yuk!”

#PlayfulWednesday: Counting Flowers

Sok bahasa Inggris soalnya bingung kalau pake bahasa Indonesia, hehehe. Soalnya ini saat Naia lagi seneng banget belajar berhitung. Berhitungnya udah mulai operasi matematika soalnya, penjumlahan dan pengurangan, jadi bingung aja apa judulnya kalo diartikan. Bunga berhitung? Berhitung dengan bunga? Yaudahlah yaa, kok jadi ngomongin judulnya, hahaha. Continue reading “#PlayfulWednesday: Counting Flowers”

#PlayfulWednesday: Peluncur Balon

Asik yah seminggu udah berlalu dan sekarang waktunya #PlayfulWednesday lagi deh ūüėÄ

Kali ini ide mainan ini didapet dari buku. Naia suka iseng buka-bukain buku2 terus minta mainan kayak gini deh. Sebenernya ini agak-agak ilmiah juga sih yaa, karena memanfaatkan udara dalam balon. Langsung aja yuk.

Oiya, sebenernya mainan ini udah lama juga sih, sebelum saya lahiran, wekekek. Cumannya belum pernah diposting, jadi yah daripada nganggur mending posting aja deh yaa ūüôā Continue reading “#PlayfulWednesday: Peluncur Balon”