Kid's Activity

#PlayfulWednesday: WorMath

Mainan ini terinspirasi dari postingan permainan lain yang mirip-mirip. 2 tahun yang lalu saya sempet bikin busy book (yang terhenti di 2 lembar saja xp) bergambar ulat dan angka 1 sampai 9 untuk mengenalkan angka ke Naia. Sebenernya gak tau ya mau dinamain apa, tapi berhubung ini bentuknya kayak ulat gitu, plus emang tujuannya untuk mengenalkan lebih lanjut tentang matematika, ya namain aja jadi WorMath, heheheh.

Terus, Naia kan sekarang udah gede dan udah paham dengan angka, malah udah bisa berhitung. Jadi, saya modifikasi deh si ulat angka tadi dengan operasi penjumlahan dan pengurangan. Judulnya sama-sama ulat, tapi medianya beda. Kalau sebelumnya di bahan flanel, sekarang di halaman belakang. Sekaligus mainan bola yang Naia punya juga. Soalnya punya bola yang banyak bikin saya nyari ide dijadiin mainan apa lagi selain lempar-lempar bola dan mandi bola aja. Jadilah ide WorMath ini, hehe.

Mainnya gimana? Nih, saya tulis dari alat dan bahannya dulu ya 🙂

Alat & Bahan

  1. Bola-bola kecil
  2. Kertas warna-warni
  3. Selotip
  4. Double tip

Cara Bermain

  1. Tulis operasi penjumlahan di setiap kertas. 1 kertas 1 operasi penjumlahan
  2. Susun kertas tadi menjadi ulat dengan kepala yang digambar terpisah. Kalau saya ada 9 kertas, tiap kertas 1 operasi penjumlahan dan hasilnya sesuai urutan. Misal, setelah kepala hasil operasi matematikanya 1, berikutnya 2, dan seterusnya
  3. Tempel kertas angka di bola. Ini untuk ditempel sesuai hasil penjumlahannya tadi
  4. Ajak anak untuk menempelkan bola di operasi matematika yang sesuai

Untuk anak yang lagi antusias menghitung kayak Naia bakal jadi happy banget. Selain karena dia dapet kesempatan latihan berhitung, dia juga bisa bergerak mengambil bola, juga dapet kesenangan lainnya yaitu menempel. 😀

WorMath ini bisa juga dimainkan di dalam rumah kok. Yah, pinter-pinternya kita modifikasi ajaaa, hehe. Yang jelas ini sih untuk melatih Naia dalam berhitung aja. Dan gak cukup sehari juga dia maininnya. Kalau baru nempelin 1 bola dia udah capek, ya udah besok lagi atau sampai dia tertarik lagi aja. Saya percayanya kalau anak udah antusias gak akan bisa dibendung deh, hehehe. Makanya, begitu tertarik dan antusias banget, dia bisa nyelesein sampai 4 operasi penjumlahan. Malah bisa semuanya sih.

Terus sekarang saya dan Ilman baper. Naia cepet banget yak gedenya, cepet banget udah bisa ngitung dan baca. Udah semakin cepet dalam mengeja tulisan juga. Kalau ke mana-mana, tulisan di pinggir jalan dia baca-bacain sebisanya. Yang dia belum bisa, nanya ke saya atau papanya. Huhuhu, cepet banget gedenyaaa…

Anw, buat yang mau mainan ini di rumah, silakan loh, seruu pokoknya. Anak seneng dan antusias karena ada bola dan pakai lem. 😀

Selamat bermaiin!

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

10 Comments

  1. Naia pinter banget berhitungnya. Jadi inget sepanjang kemacetan dari Ancol dia gak berhenti2 ngoceh dan berhitung ya mbaaa hihihi

  2. Naia udah pinter baca dan ngitung yaaa.. ini bisa ku save buat Kaina nanti ah 🙂 kayanya Naia rajin belajar yaa mba

    1. Aamiin mbak, hehe

  3. Wah…kreatif, Mbak! Kereen.
    Kayaknya, ungkapan yang cocok untuk aktivitas ini, adalah : dIbalik anak yang cerdas, pasti ada seorang ibu yang kreatif..he he he

  4. Wah, seru. Anak jadi tertarik untuk belajar ya pakai metode ini

  5. Seruu.. coba ah.. Bahannya ada semua di rumah. Tapi anakku baru belajar berhitung & mengenal angka sih. Kalau udah penjumlahan belum bisa.

    1. iyaa, ini sebenernya di bolanya juga cuma ditulis angka aja, bukan operasi penjumlahan. Aku doang yang modif2 sendiri, hehehe. Selamat bermain maak! 🙂

  6. Hastira says:

    kreatif bikin anak suka belajar

  7. Asik idenya! Bisa dicoba kalo ankku udah lahir haha. Btw, ngenalin hitung2 ke naia usia brp Mbak?

    1. sejak dia tertarik mbak, hehehe. kalo gak salah dia tertarik operasi matematika umur 3 tahun. kalau hitung2annya umur 2 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.