Traveling

Rekomendasi Playground Anak Sekitar Jakarta

Pengalaman mengajak anak ke berbagai macam playground di Jakarta, jadi bikin amazed dan memperhatikan sendiri kalau ternyata playground anak tuh banyak jenisnya ya. Plus, penyedia playground ini tuh ada aja idenya untuk membuat sesuatu yang seru, bahkan tidak jarang edukatif untuk anak-anak.

Berhubung orangtua sekarang juga memang seneng ya mengajak anak ke playground. Biasanya juga untuk ajang ngumpul sesama ibu-ibu lainnya sih. Soalnya kita jadi bisa mengobrol sambil melihat anak bermain dengan asik.

Sushi di Edokko

Nah, baru berdasarkan pengalaman sendiri, menurut aku beberapa playground Jakarta ini lumayan seru dan harus dicoba untuk anak-anak.

1. Kidzania

Menurut aku ke Kidzania ini gak akan pernah salah dan gak akan pernah gak puas sih. Konsepnya lebih kayak “kota” dengan berbagai macam elemen kotanya, seperti pabrik, perkantoran, rumah sakit, dan lain-lain.

Harga tiket masuknya start 235 ribu. Namun, aku hampir selalu pakai tiket promo untuk masuk ke Kidzania ini. Lumayan lah bisa menghemat sampai 100 ribu.
Main Square Kidzania

Jadi, anak bisa belajar bermain peran di dalam sini. Mereka bisa menjadi dokter, menjadi pemadam kebakaran, bekerja di klinik kecantikan, bahkan menjadi pembuat cokelat dan mie.

Uang Kidzania

Dengan merasakan berbagai macam profesi tersebut, nantinya mereka juga diberi “gaji” berupa uang KidZos.

Dengan begitu mereka jadi belajar deh kalau mau mendapat uang, ya mereka harus berusaha dengan bekerja. Sekalian mengenalkan anak mengenai literasi keuangan ya. Satu langkah dalam literasi keuangan setidaknya sudah dicapai gitu.

Baca ulasan lengkap dan cara mendapatkan tiket murahnya di “Cara ke Kidzania Dengan Harga Murah dan Serunya Mengenal Beragam Profesi” deh πŸ˜‰

2. Edokko – Playground Jakarta dengan Konsep Jepang

Aku yang malah happy banget dan gak sabar mau ngerasain ke Edokko ini begitu tau dia ada di Mall Puri,. Walaupun lumayan jauh dari rumah, tetap disambangi karena konsep Jepangnya.

Edokko Castle

Ternyata beneran seseru dan sematang itu konsep Jepangnya lho. Anak-anak juga seneng banget di sini, malah minta balik lagi balik lagi, ahaha.

Memang lumayan luas dalamnya, terdiri dari beberapa bagian juga. Ada kastil, ada kolam bola, ada sekolah ninja, juga ada kereta dan pasar tradisional Jepang.

Sekolah Ninja Edokko
Harga tiketnya mulai dari 120.000 per 2 jam dan 150.000 untuk bisa main seharian. 
Simak review lengkapnya di Senangnya Mengajak Anak ke Edokko, Playground yang Jepang Banget! deh ;)

3. Playtopia

Playground satu ini termasuk playground Jakarta yang juga sangat luas dengan berbagai macam permainan.

Aku sudah merivew Playtopia Pesona Square juga di blog ini. Silakan baca di Ngedate Sama Anak di Playtopia Pesona Square
Playtopia Pesona Square Depok
Playtopia Pesona Square Depok

Anak-anak paling suka di bagian kolam pasir, soalnya serasa di pantai ya, bisa mencetak pasir berbagai macam bentuk, ihihi.

Namun, Playtopia yang berada di Gandaria City malah memiliki slider yang bisa dimainkan oleh anak-anak, jadi bakal menambah keseruan mereka bermain di dalam sini.

Harga tiketnya mulai dari 70 ribu untuk 1 jam 100 ribu untuk 3 jam.

4. Kidzooona

Kidzoona juga termasuk playground Jakarta yang lumayan luas. Terdiri dari berbagai macam permainan juga, mulai dari mandi bola, slider, sampai bermain peran pun ada.

Balok susun juga tersedia. Jadi selain memenuhi kebutuhan gerak anak, juga memuaskan rasa ingin tau anak dan kreativitas mereka di sini.

Harga tiketnya mulai dari 100 ribu per jam πŸ™‚

5. The Playground Kemang – Outdoor Playground

The Playground ini memang berjudul begitu ya, ahaha. Lokasinya agak tersembunyi di daerah Kemang. Saat ke sana, aku sempat bingung dan takut salah jalan.

Hal itu karena lokasinya yang cukup unik, yaitu seperti di dalam perumahan dan agak memojok di dalam.

Tapi rupanya lahannya lumayan luas, dan permainannya lumayan oke.

Ada area untuk basah-basahan juga. Jadi pas banget kalau siang – sore mengajak anak bermain ke sini. Setelah puas bermain di area kering, mereka bisa lanjut ke area basah.

Selesai dari situ, sekalian mandi sore deh, ahaha.

Terdapat makanan juga yang bisa kita pesan ya, jadi orangtua bisa menunggu tanpa kelaparan atau kehausan. πŸ™‚

6. Buumi Playscape

Buumi Playscape ini belum pernah aku sambangi, tapi memang sudah menjadi wishlist tempat yang akan kami kunjungi berikutnya.

Image by Pacific Place

Soalnya melihat ulasan di berbagai tempat, playground Jakarta yang satu ini memang lumayan seru juga. Hal yang unik di sini adalah tempatnya yang terkesan sangat luas dan clean, namun terdapat berbagai halang rintang juga untuk anak-anak.

Bagus untuk mengasah koordinasi gerak anak dan bermain motorik untuk anak lah yaa πŸ˜€

7. Bounce Street Asia – Playground Jakarta dengan Konsep Trampoline Park

Bounce Street Asia ini terletak di Kelapa Gading. Naia pernah ke sana sewaktu pergi berdua sama papanya, ya jadwalnya mereka ngedate gitu lah.

Bounce Street Asia

Anak-anak seneng banget sih, secara mereka kalau di rumah juga lompat-lompatan di kasur kan ya? Jadi seneng banget diajak ke tempat yang memang membuat mereka puas untuk lompat-lompatan tanpa dilarang, ahaha.

8. Minitopia

Minitopia ini playground di Jakarta yang bertemakan ruang angkasa nan estetik. Kalau dari tampilannya, sepertinya agak mirip Buumi playscape yaa, karena sama-sama estetik dan memanjakan mata.

Berlokasi di mall Neo Soho lantai 3, Minitopia ini terletak di bawah eskalator. Terlihat agak kecil dari luar, namun rupanya banyak juga kegiatan yang bisa dimainkan anak.

Kolam Bola Minitopia

Mainannya bagus-bagus pula, serta sering mengadakan kelas di ruangan yang tersedia.

Baca ulasan lengkapnya di Main di Minitopia Sampai Lupa Waktu, Playground Bertema Ruang Angkasa yang Estetik

Tiket masuknya seharga mulai dari 180 ribu per jam termasuk pendamping. Paling pas sih rasanya main sekitar 2 jam dengan harga 200 ribu di hari biasa dan 250 ribu di weekend supaya anak cukup puas main di sini.

Kalau 1 jam di playground rasanya nanggung banget soalnya, ahaha.

Pop Up Playground

Kalau yang ini, namanya juga pop up, jadi dia bukan playground yang memang dibuat permanen, melainkan ya bisa muncul di mana saja sesuai ketersediaan penyedia. Biasanya sih pakai inflatable gitu ya, supaya mudah membangunnya, serta mudah untuk merapikannya kembali.

Pop up playground

Pernah waktu ke Cibis Park, di tempat parkirnya ada pop up playground ini. Tadinya sih aku mau ngumpet-ngumpet dan jangan sampai Nara melihat. Tapi kan tempatnya keliatan banget ya bun, jadilah Nara tetep melihat dan dia jadi main deh di situ, ahaha.

Pernah juga waktu kami singgah sebentar di rest area km 260B. Dia juga main di sana.

Bentuknya rata-rata juga semacam istana gitu, makanya suka disebut sebagai bounce house. Ada yang warna-warni, tapi ada juga yang berwarna putih (white bounce house) gitu.

Mana Playground Jakarta yang Kira-kira Ingin Dikunjungi Anak Ya?

Hayo, hayo, buat yang sedang mencari rekomendasi playground Jakarta, boleh lho pilih salah satu dari Kidzania, Edokko, dan list lainnya di atas.

Favorit aku sih Kidzania, karena anak sekaligus belajar untuk bermain peran dan sedikit banyak bisa memahami mengenai keuangan serta mengenal berbagai profesi yang ada.

Edukatif banget sih. Walaupun terlihat mahal, tapi ternyata worth it banget banget dengan manfaat yang bisa didapatkan oleh anak-anak.

Kalian sendiri, kira-kira playground apa ya yang ingin dikunjungi oleh anak?

Oiya, kalian juga bisa membaca rekomendasi tempat wisata yang pas untuk liburan anak di 12+ Tempat Liburan Anak Yang Seru Di Jakarta.

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

3 Comments

  1. Baru aja kemaren abis dari Cibinong City Mall, terus nemu Kidzoona.
    Sayangnya anakku masih kecil sih, masih belajar ngerangkak. Tapi nanti kalau udah agak gedean, kayaknya bakal aku bawa ke sini buat melatih motoriknya.

  2. Kalo anakku paling suka funpekka mba, di Aeon Cakung. Playgroundnya memang disponsori Ama kedutaan Finland jadi temanya itu Finland banget.

    Yg kidzoona anak2 juga pernah cobain, tapi mereka ga terlalu semangat Krn agak lebih anak2 banget ????. Kalo funpekka untuk dewasa juga seru slidenya ????

    1. Oiyaa, aku belum masukin fanpekkaa. Soalnya belum pernah cobain, tapi emang tau kalau itu juga bagus. Anw, fanpekka ini satu grup loh sama Edokko mbak πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.