Traveling

Kereta Misteri di Dufan Gimana Sih Rasanya?

Anak kedua aku ternyata udah mulai gede yaa dan tingginya sudah sekitar 125an, jadi udah bisa ngerasain mainan yang lumayan seru-seru deh kalau ke Dufan, termasuk kereta misteri Dufan yang terhitung masih baru.

Berhubung kereta misteri Dufan ini katanya seseru itu, ya kami (terutama aku) juga gak melewatkan untuk nyobain wahana ini donk yaa, hehehe.

Sebenernya bayangan aku udah agak-agak horor gimana gitu sih, jadi antara takut tapi penasaran untuk menikmati wahana yang satu ini.

Image by Ancol.com

Tapi rasa penasaran aku ternyata lebih besar dari rasa takut itu, jadi aku semangat untuk nyobain deh.

Nah, gimana sih rasanya saat di dalam maupun setelah naik kereta misteri ini? Sini yuk aku ceritain, hehehe.

Anak-anak aku (Naia Nawa sih ya, Nara mah belum bisa karena belum mencapai 125 cm tingginya) juga ikutan naik dan mereka juga suka lho! Ahaha.

Apa itu Kereta Misteri Dufan?

Jadi, kereta misteri ini termasuk wahana yang baru di Dufan. Karena baru ada sejak tahun 2019 akhir, lalu terpotong pandemi, makanya masih terhitung wahana baru yaa.

Nah, ini tuh termasuk roller coaster juga, tapi indoor serta lebih seru dan menantang karena mengusung tema horor, makanya judulnya juga “Kereta Misteri”.

Kereta Misteri di Dufan ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan kecepatan kereta sampai 64 km/jam. Dengar-dengar sih, di dalamnya akan beroperasi 3 rangkaian kereta yang berjalan sekaligus.

Jadi, saat kereta kita masih melaju di dalam, akan ada 2 kereta lainnya juga yang sedang melaju. Tentu sudah diatur jarak dan waktu setiap keretanya ya sehingga akan aman dan lancar insyaAllah.

Baca juga: Mengeksplor Jakarta Bird Land Ancol, Surga Burung di Tengah Kota

Strategi yang lumayan bagus sih menurut aku. Soalnya, kapasitas satu rangkaian memang tidak sebanyak roller coaster Halilintar.

Ditambah, tracknya juga lumayan panjang. Jadi memang memungkinkan untuk 3 rangkaian sekaligus yang beroperasi dalam waktu bersamaan.

Cocok untuk Anak-anak?

Lalu, apakah kereta misteri Dufan ini cocok untuk dinaiki anak-anak?

Untuk amannya sih, anak di atas 10 tahun saja yang sudah bisa menaiki wahana ini. Karena wahana kereta misteri memang memiliki batas ketinggian minimum, yaitu di 125 cm.

Terlebih lagi, di dalam kan memang sangat gelap, jadi kayanya anak yang lebih kecil akan lebih takut dan malah cranky bisa-bisa ya, huhu.

Jam Operasional Kereta Misteri Dufan

Begitu datang ke dufan sekitar jam 10.30an, aku memang langsung mengincar kereta misteri.

Namun rupanya wahana yang satu ini baru akan dibuka sekitar jam 13.00 alias jam 1 siang. 

Yasudah lah, kami akhirnya naik wahana yang lain terlebih dahulu. Baru sekitar jam 12.30an, aku intip lagi ke sana untuk mengantri duluan sebelum wahananya buka.

Rupanya banyak banget pengunjung yang memiliki pemikiran yang sama yaa dengan aku, jadilah jam segitu pun antriannya sudah cukup mengular sampai ke luar.

Anak-anak yang Mengantri Kereta Misteri

Mana di dalam juga akan ada antrian lagi yang lumayan panjang kan, ahaha.

Tapi mendingan lah ya. Strategi untuk mengantri sebelum buka lumayan menolong, karena bisa menghemat waktu supaya tidak mengantri terlalu panjang lagi nantinya.

Bagaimana Rasanya Naik Kereta Misteri Dufan?

Yang pasti excited!

Yap, yap, aku excited banget untuk masuk ke kereta misteri di Dufan ini karena sudah mendengar review dari beberapa orang kalau kereta misteri Dufan tuh seru banget, haha.

Bahkan aku dengar, keretanya ini jalannya terbalik. Nah lho, gimana coba caranya kereta bisa beroperasi 3 sekaligus, tapi jalannya mundur?

Baca juga: Wahana Seru untuk Anak dan Balita di Dunia Kartun

Sebetulnya, karena katanya agak-agak horor dan gelap gitu, aku juga agak takut. Tapi rasa takut itu terkalahkan oleh rasa excited dan penasaran mau merasakan sendiri wahananya.

Antrian Kereta Misteri

Makanya, gapapa deh aku (dan anak-anak juga ikut) rela-relain antri panjang sebelum wahananya dibuka gitu, hihihi.

Menunggu di Ruangan Berhantu

Setelah melewati antrian yang cukup panjang di luar, aku dan anak-anak akhirnya masuk. Namun, sudah tentu bisa dipastikan donk.

Masuk ke dalam sini belum lah langsung naik kereta misterinya, melainkan kami harus mengantri lagi di area yang ceritanya adalah ruangan berhantu.

Sebetulnya di sini mah gak ada hantunya sama sekali ya, hanya saja ruangannya memang dihias sedemikian rupa sehingga tercipta suasana yang cukup menyeramkan.

Antri di Ruangan Seram

Banyak lukisan dan juga pajangan menyeramkan yang menghiasi rumah tersebut untuk menambah kesan horor.

Jadi, sambil mengantri sekitar 30-45 menitan lagi di ruangan ini, ya kita kuat-kuatin diri aja berada di ruangan yang agak seram seperti itu.

Oiya, ruangannya itu memanjang dan berakhir pada bagian lantai 2 dan langsung ke wahana keretanya. Memanjang karena ruangannya menanjak landai, jadi di bagian ini, kita akan antri sambil naik ke atas.

Roller Coaster Tanpa Kelihatan Track-nya

Begitu sampai di bagian atas, artinya sebentar lagi kita akan langsung masuk dan menikmati wahana kereta misteri Dufan ini, ya sekitar 5-10 menitan lagi lah dari sini.

Lanjut masuk ke ruangan lantai atas. Di sini kita hanya tinggal menunggu kereta mana yang akan kita naiki.

Rangkaian Kereta Misteri

Begitu naik di salah satu rangkaian keretanya, kita tidak diperbolehkan memotret atau merekam wahana ini lho ya. Aku juga hanya memotret bagian depan ini saja dan itu juga sudah ditegur, hehee.

Begitu kereta mulai melaju dan memasuki ruangan yang sangat gelap, aku bisa melihat ada beberapa papan tinggi tanpa tau papan apa itu.

Rupanya, papan-papan tersebut merupakan “ruangan” tempat serigala-serigala akan muncul dan menakut-nakuti isi kereta misteri.

Setelah beberapa menit berjalan cukup pelan lalu sampailah pada bagian menanjak.

Bagian serunya adalah, karena tempatnya sangat gelap, kita jadi gak tau kapan kita akan sampai pada puncaknya dan kapan keretanya akan menurun serta berlari sangat kencang.

Makanya, begitu menanjak, aku mulai deg-degan juga, karena excited dengan apa yang akan terjadi di depan, ahaha.

Kereta Berjalan Mundur

Setelah menikmati kereta yang berjalan kencang, sampailah pada bagian puncak dan track-nya terputus. Rupanya di sinilah keretanya akan berjalan mundur.

Aku pun baru engeh dan baru mengingat kalau kereta ini akan berjalan mundur ya begitu menghadapi track yang terputus itu.

Sebelumnya aku malah lupa sama sekali kalau kereta misteri ini akan berjalan mundur.

Again ya, bagian ini juga seru banget. Karena udahlah tracknya gak kelihatan, jalannya mundur pula, huahua.

Baca lagi: Tempat Wisata Ramah Anak yang Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Sisanya gimana sampai keretanya keluar lagi dengan aman? Cobain langsung deh ke Dufan, pokoknya seru banget dan worth the wait sih wahana yang satu ini, ahaha.

Sampai-sampai, tiap kali rangkaian kereta keluar, para pengunjung yang ada di kereta tersebut bertepuk tangan karena mengagumi keseruannya.

Awalnya aku penasaran juga, kenapa pada tepuk tangan sih? Apakah memang diminta begitu ya?

Rupanya, setelah merasakan sendiri, tanpa diminta pun, aku juga akan tepuk tangan atas keseruan yang dihadirkan selama naik wahana ini.

Huaah, pokoknya puas deh aku naik wahana kereta misteri Dufan ini.

Tips ke Kereta Misteri Dufan

Anw, setelah akhirnya bisa merasakan serunya naik kereta misteri, aku punya beberapa tips untuk kalian yang mau juga merasakan keseruannya nih.

  1. Stand by sekitar jam 12 lebih agar bisa mengantri sebelum wahana dibuka. Kalau perlu, makan siang di sekitar wahana kereta misteri Dufan aja ygy.

    Eh tapi ini berlaku kalau Dufan memang lagi penuh banget kayak kemarin saat aku berkunjung ke sana sih. Kalau Dufan agak lowong mah bebas kayanya, gak pakai antri terlalu panjang xp
  2. Selalu ikuti arahan dari petugas
  3. Nikmati saja perjalanannya. Jangan berekspektasi! Serius deh, mungkin ini juga yang aku alami ya.

    Soalnya aku beneran lupa kalau pernah mendengar kereta misteri ini akan berjalan mundur. Aku jadinya gak memasang ekspektasi apapun tentang wahana ini.

    Maka dari itulah kereta misteri Dufan ini jadi seru banget dan aku nikmati banget. Atau ya memang aku aja yang gampang dipuaskan xp

    Tapi memang kan, ekspektasi yang tidak sesuai akan bisa mengecewakan. Jadi, udah deh kalau udah antri kereta misteri, kosongkan pikiran, jangan pasang ekspektasi apapun dan nikmati saja perjalanannya, hehe.

Tiket Masuk Dufan

Nah, buat kalian yang mau ngerasain juga gimana serunya kereta misteri ini, bisa aja langsung beli tiket Dufan deh yaa, hehehe.

Bisa kalian beli di Traveloka lho tiketnya, biasanya sih dapet potongan harga lagi kalau melalui Traveloka.

Kayanya lebih hemat sih beli yang annual pass (atau 6 month pass) gitu lho. Soalnya namanya juga “annual” kan, jadi tiketnya gak hanya berlaku untuk 1x kedatangan saja, melainkan setahun penuh (kalau yang 6 months ya untuk 6 bulan).

Kalau ke Dufan tuh emang udah pasti gak bakal cukup seharian sih, mesti bolak balik untuk bisa menikmati semua wahananya. Makanya annual pass ini best deal banget menurut aku.

Harga Tiket Masuk Dufan

Psst, bisa juga tambahin diskon dengan masukin kode XPWITHISTIANA nih, hehehe. Selamat seru-seruan naik kereta misteri di Dufan yaa! πŸ˜‰

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

31 Comments

  1. Dufan makin seruuuuu
    ini wahananya asliikk bikin excited paraahh
    terwajiibb main kalo ke Dufan ini mah

    1. Iyaa mbak, aku jadi ketagihan pengen naik ini lagi kalau ke Dufaaann.

  2. Kalo jalannya mundur dan tempatnya gelap aku JD inget wahana di USS yg kereta mummy. Cuma kalo di Dufan temanya horor, di sana temanya mummy .

    Dan aku langsung tau, aku pasti suka naik ini. Ternyata ini wahana baru ya mba. Soalnya aku trakhir kali ke Dufan sebelum pandemi, jadi ga mungkin pernah naik kereta ini kalo bukanya baru 2019.

    Pengen ajak anakku, Trutama si kakak suka BANGETTTT wahana serem. Sama kayak emaknya dah hahahah.

    1. Aah, aku di USS malah gak sempet naik yang kereta mummy, maklum ya bawanya bocil jadi gak kepikiran naik yang terlalu ekstrim begitu.

      Betul mbak, ini baru dibuka di bulan Desember 2019, jadi emang masih baru banget terus malah kepotong pandemi, hee. Wah, jadi bakal seru banget ini sih kalo emak anak kompak suka wahana serem begini. Mesti cobaiiinn beneraan! πŸ˜€

      1. Nah iya di USS ada seingatku…mirip gini. kalau di Dufan ada seru juga tuh. Sayang anak-anakku dah gede jadi ga tertarik lagi main wahana yang begini, maunya yang lebih menantang lagi hihihi. Eh itu antrian parah ya….wah mesti sabar nunggunya!

  3. Semakin seru ya Mbak, main ke Dufan. Walau sudah ada sejak 2019 tapi karena terpotong pandemi, artinya wahana ini relatif baru ya. Nah kalau membaca cerita di tas, rasanya aku yang akan mengalami maju-mundur juga untuk ikut menaikinya. Takut kalau ketemu aneh-aneh di dalam tapi pasti didorong penasaran.

    1. Nah, itu juga yang aku rasain mbak. Tapi ternyata rasa takutnya kalah sama rasa penasaran ya, ihihi

  4. Wah, salut sama yg suka main wahana ini. Kalau saya, biarpun digaji tidak bakalan mau, hihihi.
    Apalagi naik roller coaster tidak dulu deh.

  5. Pas kereta misteri Dufan mundur kaget panik dan panggul petugas. Itu waktu pas Mpo naik wahana itu

  6. Huaa antriannya mengular ya ti ini pas liburan. Kereta jalan mundur dan nggak terlihat apa2. Huaaa penisirinkaan akuu.
    Aku udah lama deh nggak ke Dufan. Ada rencana ke sana sama anak2 nunggu rada gedean dikit lagi nih. Iyasih nggak cukup sehari ya kudu nginap di dekat sana, rencana dulu gitu abis main bobo, besokannya seru ya balik lg ke Dufannya gampil

    1. Asik ya jadi bisa sekalian staycation nanti. Emang bener gak cukup sehari soalnya kalo ke Dufan tuh. Gede dan wahananya banyak banget yang seru seru Cii

  7. Aku tuh setiap ke Dufan gak berhasil naik kereta misteri ini loh, efek antriannya juara banget dan aku langsung lambaikan tangan. Terakhir ke Dufan itu bulan Desember 2022 dan antriannya juga juara, padahal hari biasa bukan weekend.

  8. Ya ampyuuuuun, Istiiiiii…AKu tuh pas main ke Dufan tahun lalu berempat, antran masuk ke wahana kereta misteri memang mirip gini. Oalaaaah ternyata di dalamnya masih mengular juga? Sumpeh aku ga nyangka wkwkwkwk. Pantesan orang2 bela2n makan siang di antrean. Wah, seruu amat pas bagian putus track lalu keretanya berjalan terbalik πŸ˜€ Kapan2 jadiin ah naik permainan ini. Kudu pagian pas buka kayaknya wkwkwkkw πŸ™‚

  9. ya ampuuun asyik banget nih mba..yang heboh dan misterius begini aku suka walaupun suka merinding sendiri hihi. Jadi kangen main ke Dufan deh

  10. Gemes banget waktu itu ma ,pas tibadi depan eh udah tutup hahaha. Jadi malah pindah ke wahana baru itu, yang baru banget waktu itu di Dufan, apa ya namanya aku lupa. Jadi anak2 gak sedih lagi

  11. Wabana barukah ini mba? Sudah lama sekali gak ke dufan. Mungkin nanti sambil anak ajak2 main kesana kalau anak2 udh besar yaa.. tapi ngeri hak si mba naik kereta kan bisa berhenti sewaktu2 pas lagi horor2nya. Hihi

    1. Iyaa mbak, ini terhitung baru karena memang baru beroperasi sekitar Desember 2022. Ahaha, aku malah gak kepikiran bakal berenti sewaktu waktu gitu. Tapi kalo iya, bener sih ngeri juga, soalnya tempatnya beneran yang guelap banget xp

  12. Waah seruu sekali ternyata main di dufan, memang yang jadi PR antrinya yak bun. Jujur aku belum.pernah ke dufan xixixi malu maluin yaa…paling ke ancol main makan jaman anak pertama masih kecil ke sea world doang.

  13. ya allah mba aku udah lama loh gak ke Dufan, penasaran sekali sama wahana yang ada di sana pasti seru sih masuk wahana kereta misteri Dufan

  14. Antriannyaaa..mashaAllaa~
    Tapi ini tuh yang harus dsyukuri. Karena Dufan kalau gak peak season atau weekend kan sepi gitu yaa.. Itu malah banyak wahana yang gak jalan karena kurang pengunjung. Berasa zonk banget deeh..

    Seru yaa..
    Kereta jalan mundur ini berasa keserap di black hole.
    Aaaa….takuuuttt~

    1. Iya, hari biasa suka dimaintenance soalnya ya wahananya, jadi ada beberapa yang gak dibuka, huhu. Giliran peak season, mesti sabar sabar antri.

  15. Baca ceritanya kok saya ikut deg-degan ya, Mbak hihihi.
    Kebayang aja agak seram ngantri di ruangan penuh gambar hantu. Trus lanjut naik keretanya yang mundur gitu. Agak menakutkan juga yaaa… πŸ™‚

  16. Tampaknya seru banget yaa wahana Kereta Misteri di Dufan ini. Tapi kalo aku gak berani coba deh, cemen banget emang. Huhu. Aku takutnya pas gelap banget tuh trus ada kecelakaan atau apa gitu. Duhh kok negative thinking gini ya πŸ™
    Dasar akunya yg penakut ????

  17. Wah sekarang mah ada kereta misteri ya di Dufan. Dulu terakhir ke sana masih belom ada. Hahaha, ya iyalah terakhir ke sana itu 10 tahun lalu. Waktu anak pertama dan kedua masih cilik. Duh jadi kangen main ke Dufan. Belom pernah nih anak ke-4 da, anak ke-2 main ke Dufan. Pada seneng kayaknya mereka diajak naik Kereta Misteri ini. Seruuu…

  18. Kalau ada kata misteri, udah jelas gak jauh-jauh dari yang horor tapi wahananya seru ya mbak memicu adrenalin dong. Kalau aku tetap aja gak mau nyoba karena takut hantu muncul tiba2 hahaha

  19. seru banget ya, aku jadi kangen ke Dufan saat anak masih kecil kami ke sana bersama keluarga, permainan di sana emang bikin nagih mau ke sana lagi

  20. Serem serem tapi penasaran juga ya apalagi dikawal bareng keluarga happy pol ya Mba

  21. seru banget.. baru kemarin naik ini, gila sih kirain rumah hantu ternyata oh ternyata kereta trus mundur pula .. yg bikin excited karen ruangannya bener2 gelap, jadi kita wondering ini track nya kaya gimana and bener2 kudu prepare jantung hahahhah

    1. Ya kaannn. Bener banget, yang bikin tambah seru karena gelapnya banget itu jadi kita gak bisa tau tracknya bakal ke mana lagi. Ahahahahaha

  22. dulu sempat naik ini tapi antrenya udh ga manusiawi.. dan bikin rugi cukup sekali aja dah naiknya..

  23. bagus artikelnya, kita bisa tukeran backlink ga kk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.