Traveling

Itinerary Wisata Bali 3 Hari 2 Malam Bersama Anak-anak

Hai hai, buat kalian yang bingung bisa ke mana saja di Bali, khususnya kalau membawa serta anak-anak, aku punya rekomendasi itinerary wisata Bali selama 3 hari 2 malam nih.

Beberapa tempatnya memang tempat yang iconic Bali pula, seperti GWK (Garuda Wisnu Kencana) dan Uluwatu. Rasanya belum ke Bali kalau belum ke GWK deh.

Buat aku sih gituu yaa, hehehe.

Plaza Garuda GWK

Itinerary di bawah ini juga aku susun berdasarkan pengalaman aku sendiri ya mengajak anak-anak liburan ke Bali. Kami pernah road trip ke Bali selama 2 minggu di waktu penghujung pandemi akhir tahun 2021 lalu.

So, semoga itinerary ini membantu kalian yang masih bingung menentukan tempat tempat apa saja yang bisa dikunjungi bersama anak-anak di Bali nanti ya 😉

Tentukan Daerah di Bali yang Ingin Dikunjungi

Oiya, pertama tama sih, kalian harus menentukan terlebih dulu nih, daerah mana sih yang ingin kalian kunjungi?

Soalnya walaupun pulau Bali itu tidak begitu besar, tapi setiap daerahnya memiliki pesona masing-masing dan pantas untuk dikunjungi dan menjadi tempat wisata.

Bali Utara misalnya. Di sana kita bisa melihat lumba-lumba secara langsung dari pantai Lovina (naik kapal dulu donk tentunya ke tengah laut).

Lalu ada daerah Ubud, daerah yang menenangkan dan sangat sejuk udaranya. Istilahnya Ubud ini adalah “puncak”nya Bali gitu lah

Tegalalang Ricefield
Daerah Ubud yang Sejuk

Atau juga, kalian malah mengincar daerah Kuta atau Sanur dan sekitarnya karena selain tidak terlalu jauh dari bandara, kalian juga ingin bermain lebih banyak di laut. Gapapaa bangeet.

Nah, itinerary yang aku susun kali ini meliputi tempat-tempat sekitar Kuta dan Bali Selatan ya.

Ada sih daerah Ubud 1 tempat saja, itu karena memang aku suka sekali dengan tempat wisatanya, makanya aku selipkan, ihihi.

Itinerary Bali 3 Hari 2 Malam

Nah, kalau disimpulkan, beginilah kira-kira itinerary 3 hari 2 malam di Bali bersama anak-anak.

  1. Hari pertama, kita bisa bermain di Bali Zoo dan menikmati sunset di Pantai Kuta
  2. Hari kedua, kita lanjut Memandang Bali dari ketinggian di pundak GWK serta menikmati indahnya tari kecak di Pura Uluwatu
  3. Nah, hari ketiga sebelum pulang, kita bisa melihat sunrise dan membeli oleh-oleh di Joger Bali

Yuk lanjut aku ceritakan hari per harinya 😉

Hari Pertama – Bermain di Bali Zoo dan Menikmati Sunset di Pantai Kuta

Seperti yang telah aku sebutkan, hari pertama begitu sampai di Bali, kita bisa lho langsung bermain ke Bali Zoo dan sorenya ke pantai Kuta sebelum check in ke hotel yang telah kita booking sebelumnya.

Atau, bisa juga sih setelah main di Bali Zoo, kita check in terlebih dulu baru main ke pantai Kuta. Pastinya memilih hotel yang dekat dengan pantai Kuta ya, supaya enak bolak baliknya, ihihi.

Eh, tapi aku sendiri sih, senang menginap di dekat Sanur atau Nusa Dua, karena aku lebih suka sunrise, jadi pagi-pagi bisa melipir ke pantai melihat sunrise deh kalau di Sanur atau Nusa Dua.

Bali Zoo

Anw, jalan-jalan ke Bali Zoo begitu kita menginjakkan kaki di Bali lumayan mengasyikkan sih. Apalagi untuk anak-anak yang biasanya memang sangat menyukai binatang.

Bali Zoo
Bali Zoo

Dengan berkunjung ke Bali Zoo di hari pertama ini, kita langsung bisa “memanjakan” anak-anak dengan banyaknya binatang yang bisa kita lihat.

Plus, di Bali Zoo banyak tersedia playground, jadilah anak-anak akan tambah senang karena bisa main di playgroundnya yang melimpah dan seru-seru.

Playground di Bali Zoo
Playground di Bali Zoo

Jangan lupa siapkan topi ya untuk anak-anak supaya mereka tidak kepanasan saat berkeliling di Bali Zoo ini.

Untuk review lebih lengkap mengenai Bali Zoo, bisa juga kalian simak di Di Bali Zoo Anak-anak Bisa Melakukan Aktivitas Ini, Termasuk Memberi Makan Singa Lho!

Pantai Kuta

Begitu puas seharian main di Bali Zoo, kalian bisa deh leyeh leyeh sambil menikmati sunset di pantai Kuta.

Atau, kalau kalian memang menginap di sekitar Kuta, bisa deh check in terlebih dulu baru sore hari jalan sedikit ke pantai Kuta.

Tambah memuaskan anak-anak banget sih ini. Di pantai kan mereka bisa puas bermain pasir yaa, jadi kayanya mereka bakal puas sih seharian ini. Sampai hotel, mereka bisa tinggal langsung tidur karena kecapekan.

Baca juga: 3 Alasan The Trans Resort Bali Jadi Hotel yang Cocok untuk Bulan Madu

Harapannya sih gituu yaa, ahaha. Tapi kadang-kadang ya anak-anak sampai hotel masih main lagi. Kalau tidak diingatkan keesokan harinya mau pergi lagi kayanya gak bakal tidur-tidur ya mereka xp

Hari Kedua – Memandang Bali dari Ketinggian di Pundak GWK serta Menikmati Indahnya Tari Kecak di Pura Uluwatu

Di hari kedua, aku memilih yang paling aku favoritkan nih. Kedua tempat ini hanya berjarak sekitar 20an menit saja, makanya bisa dikunjungi di hari yang sama.

GWK

Di GWK, sekarang kita bisa naik sampai ke pundak patung GWKnya lho. Kebetulan patung GWK ini memang baru rampung sekitar tahun lalu, jadi memang baru dibuka juga dan memberi pengalaman baru kepada pengunjungnya.

Pengalaman tersebut sekaligus wisata kebudayaan karena akan ada guide yang menjelaskan mengenai GWK, mulai dari sejak kapan GWK ini mulai direncanakan hingga akhirnya rampung seperti sekarang.

Baru deh kita diajak naik ke pundak Wisnu di lantai 23 untuk bisa melihat Bali dari segala sisi.

Lihat cerita lebih lengkapnya di Pengalaman Naik Pundak Wisnu di GWK Cultural Park, Bisa Melihat Bali dari Segala Sisi! ini ya 😉

Pura Uluwatu

Selesai melihat Bali dari atas dan bermain di sekitar Festival Park-nya, kita bisa lanjut menuju Pura Uluwatu untuk menikmai keindahan matahari terbenam yang dipadukan dengan megahnya tarian kecak di sana.

Tari Kecak Uluwatu Bali

Tari kecak ini akan ditampilkan sekitar 16.30, memang menuju matahari terbenam supaya suasana tariannya makin syahdu dan penonton makin larut dengan cerita yang ditampilkan juga pemandangan yang disuguhkan.

Serius ya, pemandangannya sungguh tak terlupakan dan memang seindah dan semegah itu. Makanya kalian juga wajib ke sini sih kalau ke Bali.

Tarifnya sekitar 150 ribu per orang ya untuk bisa menonton tari kecak di Uluwatu ini.

Hari Ketiga – Melihat Sunrise dan Membeli Oleh-oleh di Joger

Memasuki hari terakhir, kita sudah gak mengincar tempat wisata yang terlalu melelahkan lagi. Jadi tinggal santai dan menikmati waktu sebelum pulang dan menuju bandara lagi gitu, hehe.

Sunrise di Sanur atau Nusa Dua

Merusaka Nusa Dua Bali

Kedua pantai ini memang menghadap Timur, jadi kita bisa bangun sebelum matahari terbit dan mengajak anak-anak menikmati indahnya sunrise di pantai Sanur atau Nusa Dua ini ya.

Setelah menikmati sunrise, kita juga bisa bersantai dan menyewa sepeda untuk menyusuri pantai Sanur lho.

Di pantai Sanur sekarang soalnya sudah terdapat jogging track dan bisa digunakan untuk sepeda juga, jadi cocok banget untuk jalan dan menikmati waktu bersama keluarga.

Jalur Sepeda dan Jogging di Sanur

Joger

Selesai jalan pagi, kita bersiap untuk check out dan membeli oleh-oleh sebelum pulang. Tempat paling enak menurut aku ya di Joger, hehe.

Beli Oleh-oleh di Joger
Beli Oleh-oleh di Joger

Selain memang brand kaos, di sini juga tersedia beragam souvenir serta makanan khas Bali yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Selesai membeli oleh-oleh, kita bisa langsung menuju bandara deh untuk pulang ke rumah lagi 🙂

Siap Menikmati Liburan Keluarga di Bali yang Menyenangkan?

Kurang gak sih cuma 3 hari di Bali tuh? Apalagi bersama anak-anak yaa, kayanya 3 hari gak ada apa-apanya banget ya, ihihi.

Nah, pas nih momen liburan, kayanya jadi punya waktu yang lebih panjang untuk mengeksplor Bali lebih banyak ya, jadi kalian bisa ke tempat tempat lainnya lagi.

Bisa juga kalian baca list tulisan aku tentang Bali di sini. Ada rekomendasi tempat di Bali Utara dan Ubud juga lho. ;)

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.