Traveling

Review Fairy Garden by The Lodge: Menonton Pertunjukan di Kastil Menyala

Aku baru mendengar nama Fairy Garden ini saat merencanakan perjalanan ke Bandung bulan lalu lho. Ternyata memang Fairy Garden belum lama beroperasi sepertinya yaa. Hal ini terlihat dari beberapa area yang masih dalam pembangunan.

Bahkan ternyata sekarang masih tutup sementara sampai tanggal 14 April karena memang mau renovasi! Waw, ahaha.

Oiya, perjalanan kali ini bukan liburan yang panjang sih, kami hanya memanfaatkan waktu sebentar setelah ujian pertengahan semester di sekolah anak-anak. Jadi memang gak mengunjungi banyak tempat wisata.

Kami hanya ke Lembang Park & Zoo dan Fairy Garden ini saja.

Berfoto di Fairy Garden Kastil

Aku sengaja menjadwalkan ke Fairy Garden ini di hari Sabtu sore menjelang malam. Soalnya memang pada saat weekend saja Fairy Garden buka sampai malam.

Kenapa hanya setiap weekend?

Karena di weekend inilah Fairy Garden menampilkan Fairy Garden Show yang dilakukan di depan Kala alias “Kastil Menyala”.

Pertunjukan ini merupakan perpaduan video mapping dan musical show yang dilakukan oleh pegawai Fairy Garden. Pertunjukannya harus dilakukan di malam hari supaya kastilnya jadi terlihat memesona.

Konsep Negeri Dongeng

Sebelum menjelaskan keseruan Fairy Garden Show di Kastil Menyala, mari aku kenalkan sedikit dengan Fairy Garden ini ya.

Fairy Garden

Jadi, Fairy Garden ini mengusung konsep Negeri Dongeng gitu. Tempatnya memang dirancang sedemikian rupa, sehingga kita seakan merasa ada di negeri yang berbeda.

Peri Fairy Garden

Ada Kastil Menyala, ada taman-taman bunga yang luas, juga ada banyak sekali peri-peri yang menyambut pengunjung. Peri ini maksudnya pegawai di sana yaa, ihihi.

Mereka all out berdandan bak peri gitu dan siap melayani atau menghibur pengunjung yang datang. Kita akan disambut begitu memasuki area Fairy Garden.

Sebetulnya kalau datang lebih pagi atau siang, banyak yang bisa dilakukan oleh anak-anak sih. Soalnya di dalam itu banyak wahana dan permainan yang bisa dilakukan. Seperti menunggang kuda, naik carousel, juga naik kereta-keretaan.

Nah, berhubung kami dari awal justru mengincar pertunjukan malam harinya, jadilah kami ke sana sejak sore hari saja.

Ternyata kalau sore, walaupun weekend mereka bilang beroperasi sampai malam, tapi untuk wahana dan beberapa makanan sudah tidak tersedia, ahaha.

Jadi sambil menunggu, kami berkeliling saja di kebun bunga serta kastilnya sambil menyantap camilan yang kami bawa saja deh.

Lokasi Fairy Garden by The Lodge

Ah iya, sebetulnya Fairy Garden ini ada tambahan judulnya “by The Lodge” gitu, karena memang satu grup dengan The Lodge yang ada di Maribaya.

Yap, yap, lokasi Fairy Garden ini memanglah tidak jauh dari The Lodge Maribaya yang ada di Lembang. Untuk mencapai lokasinya, kami harus melalui jalanan pegunungan yang berliku. Berhubung lokasinya memang agak di atas yang lebih dingin gitu.

Alamat lengkapnya ada di Jl. Maribaya No.KM. 3, RW.9, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Paling enak sih kalau sekalian menginap di The Lodge, supaya kalau pulang terlalu malam, kita tidak harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh dan melalui jalanan yang gelap ya, hehehe.

Harga Tiket Masuk Fairy Garden

Lumayan terjangkau lho harga tiket masuknya, hanya 25 ribu per orang! Harga ini sudah include naik salah satu wahana. Anak-anak memilih naik kereta-keretaannya.

Kereta Fairy Garden

Oh ini juga sudah termasuk biaya masuk ke kastil menyala-nya lho.

Kastil Menyala sendiri merupakan wahana di dalam lantai 2 kastil yang berada di Fairy Garden. Bentuknya seperti museum seni yang menampilkan karya seni glow in the dark.

Sebelum naik ke kastil menyala, anak-anak bisa membuat face atau hand painting di bagian bawah. Supaya makin maksimal, karena nanti di dalam kastil menyala, lukisan yang digambar di tangan atau wajah anak-anak akan menyala dalam gelap.

Anak-anak Hand Painting
Hand painting anak di kastil menyala

Seru buat mereka (dan buat aku juga sih, ahahahaha).

Oiya, tapi face/hand painting ini bayar lagi ya, per orang hanya 10 ribu rupiah saja kok πŸ™‚

Jam Operasional

Seperti yang aku bilang di atas, kalau weekend, Fairy Garden beroperasi sampai malam. Berhubung memang akan ada pertunjukan Fairy Garden Show ya kan, hehe.

WeekdaysWeekend
Jam Operasional08.00 – 17.0008.00 – 20.00

Waktu Berkunjung Terbaik

Nah, waktu berkunjung ini tergantung tujuannya.

Kalau kayak kami yang memang mengincar Fairy Garden Show-nya sih bagusnya memang sore, karena pertunjukannya baru akan dimulai sekitar jam 18.30.

Tenang, masih bisa sholat Maghrib kok sebelum menonton pertunjukan, hehe. Mushola berada di 2 bagian, di dalam Woodland dan juga di luar gerbang Fairy Garden. Kita bisa keluar dan masuk lagi kok untuk sholat πŸ˜‰

Tapi, kalau kalian mengincar aktivitas anak yang banyak, sebaiknya berkunjung sejak pagi ya. Soalnya kalau siang, takutnya panas, haha. Berhubung tempatnya sebagian besar memang di luar ruangan kan.

Beberapa Area Fairy Garden

Sebetulnya dari luar Fairy Garden ini tidak terlihat besar ya. Namun ternyata di dalamnya terdiri dari beberapa area yang bisa kita eksplor.

Rata-rata waktu kunjungan bisa sekitar 2 jam sih sepertinya untuk bisa mengelilingi serta memasuki kastil menyala.

Beberapa area yang bisa dilihat adalah:

Woodland

Pintu Masuk Woodland

Di dalam sini terdapat semacam playground anak yang menyediakan trampolin dan beberapa mainan playground lainnya.

Selain itu, terdapat juga area dunia jamur. Di sini terdiri dari perosotan dan rumput luas. Anak-anak bebas berlarian dan bermain perosotan di sini.

Lumayan licin lho perosotannya, jadi anak bisa meluncur dengan cepat.

Lalu di bagian agak dalam lagi, terdapat taman bunga yang cantik. Taman bunganya tidak terlalu besar sih, tapi cukup menarik perhatian karena warna bunganya warna kuning yang menarik mata.

Taman Bunga Fairy Garden

Pada saat kami naik kereta, tempat ini cukup menarik perhatian aku.

Oh iya, di sini tersedia satu toilet dan mushola yang cukup besar yaa.

Fairy Land

Fairyland Fairy Garden

Di dalam Fairy Land terdapat labirin kecil yang bisa ditelusuri oleh anak-anak. Kayanya cukup seru buat anak-anak nih. Orangtua bisa mengarahkan anaknya dari luar labirin deh di sini.

Selain itu, terdapat semacam kubah besar gitu berjudul “Fairy Garden” (Fairy Garden di dalam Fairy Garden, ahaha). Di sini kita bisa bersantai sejenak.

Dan ternyata, setelah aku kepoin IGnya, area kubah ini akan menjadi tempat memberi makan burung seperti di Big Bird Aviary-nya Lembang Park & Zoo, ahaha.

Kami gak masuk ke sini karena masih mengantri kereta, ihihi. Saat naik kereta kita melewati tempat ini juga sih.

Gypsy Village di Area Plaza

Nah, di area ini lah terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Mulai dari naik wahana, sampai menyewa sepeda.

Gypsy Village

Biaya yang dikeluarkan sekitar 25-50 ribu per aktivitas. Kami gak sempat melakukan banyak aktivitas karena kesorean itu tadi ya datangnya, jadi hanya sempat naik kereta-keretaan saja, ahaha.

Itu juga karena memang sudah include dengan tiket masuk yang kami beli xp

Kastil Menyala

Kastil Fairy Garden
Di dalam Kastil Menyala

Bagian ini yang sangat terlihat dari luar. Soalnya kastil ini berbentuk seperti istana dan tampilannya memang mewakili “Negeri Dongeng”.

Terdiri dari 2 tingkat. Tingkat pertama diisi oleh restoran, tempat menyewa pakaian, serta spot untuk face/hand painting.

Tingkat kedua diisi oleh kastil menyala tadi, ruangan yang berisi ragam seni glow in the dark.

Kastil Menyala Fairy Garden

Begitu sampai, aku merasa tenang karena ada restoran ini. Jadi kalau mau beli makan malam ya tinggal masuk ke sini saja gitu kan yaa, hehe.

Kecewa dengan Makanan yang Tidak Tersedia

Tapi ternyataa, saat kami mau makan, kami melihat pegawainya sedang menyiapkan prasmanan.

Rupanya mereka memang mengadakan acara untuk rombongan bersamaan kunjungan kami waktu itu. Jadi rasanya hanya kami saja yang jadi pengunjung umum.

Karena itu, makanannya juga hanya ada makanan prasmanan untuk rombongan tersebut. Mereka jadi tidak menyiapkan makanan untuk pengunjung lainnya, ahaha. *ketawa miris

Baca juga: Orchid Forest Cikole: Surga di Dalam Hutan Pinus

Kami sangat kecewa sih. Soalnya ya udah sangat berharap kan dengan makanan yang tersedia. Tapi ternyata malah kayak “diabaikan” gitu dan gak bisa memesan makanan, uhuhu.

Untung saja masih menyimpan camilan di mobil, jadi kami makan camilan dulu deh selama berada di sana.

Saran untuk Manajemen Fairy Garden

Tenang, hal ini sudah aku sampaikan sih ke manajemen Fairy Garden. Kebetulan, sebelum kami pulang (setelah menonton pertunjukan), aku melihat ada pihak yang rasanya cukup berwenang, jadilah aku sampaikan keluhan kami yang tidak bisa menikmati/memesan makanan tersebut.

Aku sampaikan, sebaiknya kalau memang sedang menjamu rombongan, mereka tidak melupakan pengunjung umum yang mungkin saja berkunjung bersamaan rombongan, ya seperti kami ini.

Baca juga: Bermain Dengan Rusa di Ranca Upas

Walaupun memang cuma satu atau dua pengunjung kan tetap lumayan kalau ada makanan, jadi tidak membuat kecewa apalagi sampai membuat pengunjung kelaparan.

Alhamdulillah beliau merespon dengan sangat baik dan mendengarkan keluhan kami. Semoga ke depannya tidak ada lagi pengunjung yang kecewa seperti kami ini deh yaa.

Sebetulnya suami hampir saja mengajak kami langsung pulang begitu kami tidak bisa memesan makanan. Tetapi berhubung tujuan utama menonton pertunjukan belum terlaksana, akhirnya aku berhasil membujuk untuk tetap di sana deh, hehe.

Fasilitas Umum Fairy Garden

Fasilitas umum yang aku maksud tuh seperti toilet, mushola, dan tempat parkir. Hal dasar yang memang harus dipikirkan tempat wisata sih ini mah yaa, hehe.

Toilet dan Mushola

Toiletnya cukup banyak dan mudah ditemukan. Lumayan besar dan cukup bersih juga.

Mushola berada di bagian Woodland dan juga di luar pintu masuk. Jadi kita bisa sholat baik di dalam maupun setelah puas mengeksplor Fairy Garden.

Oh tenang, di mushola yang ada di luar sini juga ada toilet lagi kok.

Mushola Fairy Garden bagian Luar
Mushola Fairy Garden bagian Luar

Enaknya kalau kita keluar dan mau masuk ke area Fairy Garden ternyata bisa lho. Kita diperbolehkan masuk lagi setelah keluar tanpa membeli tiket. Jadi bisa bolak balik keluar masuk gitu.

Tapi lagian mau ngapain sih ya bolak balik, ahaha. Kemarin aku bolak balik karena mau mengambil camilan yang berada di mobil. Berhubung kami gak kebagian makanan dan gak ada makanan yang bisa dibeli di dalam ya kan, jadi kami ganjal perut dulu deh pakai camilan yang kami bawa πŸ˜€

Tempat Parkir

Tempat parkir cukup luas dan berada persis di depan pintu masuk Fairy Garden. Jadi, kita tidak perlu berjalan cukup jauh untuk bisa masuk ke dalam.

Tempat Parkir Fairy Garden

Fairy Garden Show

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya pertunjukan yang kami nanti-nantikan mulai juga.

Tidak lama setelah waktu maghrib, mereka mulai menyalakan layar sorot ke arah kastil.

Seiring hari mulai bertambah gelap, kami bisa melihat kastil yang perlahan-lahan makin memperlihatkan gambar pada dinding-dindingnya, yang menandai sebentar lagi pertunjukan akan dimulai.

Kastilnya jadi indah deh karena dihiasi oleh sorotan video yang berwarna-warni.

Anw, Fairy Garden Show ini menceritakan tentang seorang tokoh manusia (keturuan peri) bernama Raya yang menyelamatkan dunia peri lho.

Fairy Garden Show Dimulai

Tarian Pembuka Semua Tokoh

Kisah diawali dengan tarian pembuka dari semua tokoh yang akan mengisi jalan cerita dongeng Raya ini.

Semua menari dengan energik sehingga bisa menebarkan semangat dan antusiasme penonton.

Cerita Utama (Perpaduan Video Mapping dan Penampilan Musikal)

Cerita utama diawali dari video mapping dan diceritakan oleh narator.

Alkisah terdapat dunia di mana terdiri dari wilayah kerajaan manusia, kerajaan peri, juga area yang dihuni oleh para makhluk buas.

Pada suatu masa, datanglah penyihir jahat yang ingin menghancurkan semua kerajaan dan ingin menguasai dunia di bawah perintahnya.

Tokoh Fairy Garden Show

Kerajaan manusia berhasil dikuasai, namun tidak demikian dengan kerajaan peri. Ratu peri sudah melakukan sihirnya terlebih dulu untuk menyembunyikan kerajaan mereka agar tidak diketemukan oleh penyihir tersebut.

Ratu peri juga melakukan pelarian dengan pangeran dari kerajaan manusia. Dalam pelarian tersebut, mereka menikah dan memiliki anak bernama Raya.

Suatu saat nanti, Raya lah yang akhirnya akan menyelamatkan seluruh dunia sehingga terbebas dari penyihir jahat.

Penasaran cerita lengkap bagaimana akhirnya Raya berhasil mengalahkan penyihir jahat tersebut? Cobaa deh nonton langsung di sana, seru lhoo. Anak-anak pun suka sekali dengan penampilan mereka.

Menari Bersama

Menari Bersama setelah Pertunjukan Fairy Garden Show

Di akhir cerita, setelah semua pasukan penyihir jahat kalah oleh para peri, mereka mengajak penontonnya menari bersama untuk merayakan kemenangan tersebut.

Beberapa penonton yang mau pun ikut maju dan menari bersama. Semua tokohnya pun semangat mengajarkan penontonnya menari mengikuti mereka.

Setelah menari, kami juga diperbolehkan berfoto bersama oleh para tokoh pengisi ceritanya. Seru dan berkesan sih buat anak-anak.

Kesan Terhadap Fairy Garden

Awalnya kami agak-agak gimana gitu, soalnya waktu datang kan sudah lumayan sore, jadi sudah lumayan banyak wahana yang tutup.

Untung saja keretanya masih beroperasi, jadi kami sempat naik dan mengelilingi Fairy Garden dengan kereta tersebut deh.

Pun kami juga masih sempat berkeliling di area kastilnya. Baik kastil atas bagian luar, pun bagian dalam yang terhitung kastil menyala.

Kastil Menyala Fairy Garden

Namun, begitu menonton pertunjukan, kami langsung sepakat kalau shownya baguuuss. Pertunjukan tersebut akan berkesan buat anak-anak, pun buat kami orangtuanya.

Durasi pertunjukan pas, tidak terlalu sebentar juga tidak terlalu lama. Sehingga kami betul-betul antusias dan tidak merasa bosan.

Ceritanya pun seru jadi kita betul bisa larut dalam keseruan pertarungan antara penyihir jahat dan para peri. Waah, ini jadi pengalaman gak terlupakan lagi deh buat anak-anak. πŸ˜€

Fairy Garden by The Lodge

Website: https://fairygarden.id/
IG: https://www.instagram.com/fairygardenbandung/

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

32 Comments

  1. Wah aku waktu ke Fairy garden ini belum pernag menyaksikan pertunjukan di Kastil Menyalanya, maklum anaknya cowo semua maunya buru-buru hehehe. Tapi seru sih di sana seakan lagi ada di negeri dongeng.
    Pantes saja aku ga kebagian pertunjukannya ternyata sore hari ya, sedangkan aku pagi hari datangnya

  2. Aduh aduuuh cantiknyaaa… Fairy Garden Lodge ini!
    Pastinya kalau masuk ke situ, harus siap cemilan aja ya biar aman, sama air mineral atau minuman kemasan kotak.

    Seru juga dibuat cerita fairy, pasti anak anak bahagia nontonnya

  3. Kalau suka yang berbau dongeng, bakal cocok buat main ke Fairy Garden ya. Aku pribadi suka bagian shownya. Mungkin karena suka teater kali ya

  4. masyaallah cantik banget Fairy Garden by The Lodge, memanjakan mata yang melihatnya sangat berkunjung ke sini. Ah seru banget sih!

  5. Pasti pada lapar ya nak anak. Sarannya udah langsung disampaikan, mantap jiwaaaa tiii πŸ™‚
    nanti kan bisa jadi lebih baik lagi ya ke depannya mereka, semoga. Jadi ini dekat2 The Lodge Maribaya yaa ti. Enaknya bisa bolak balik masuk ya, kan suka gitu sama anak2 mah.

  6. Ternyata seru ya ada pertunjukan kaya gini di fairy garden, jadi pengen ajak anak-anak juga ke sini… Meski orang bandung, tapi jarang ke daerah sana, males macetnya, hehehe…

  7. Wah iya malamya pertunjukannya, jadi wahana pada tutup, tempat makan juga, eh yang rombongan baru dapat makanan pegunjung umum kelaparan. Smeoga sarannya bakal didengar dan ada perbaikan di depan.
    heran juga sih kok malam banget ya, kalau di tempat lain pertunjukan di jam buka biasa sepertinya ga harus terakhir begini

    1. malam soalnya kan pertunjukannya video mapping gitu mak ke kastilnya. Jadi kalau siang gak bakal terlihat, dan memang paling pas malam hari.

      Walaupun begitu, memang gak terlalu malam juga kok. Soalnya jam 18.30 sampai 19.00 aja pertunjukannya πŸ™‚

  8. wah seru banget ya fairy garden by the lodge ini mbak, apalagi cerita yang disuguhkan seru dan menyenangkan juga, jadi meski kecewa gak ada makanan cukup terhibur dengan performance mereka yang bagus yaa. mau ah kapan kapan saya ke sini bareng anak anak

  9. Setuju banget yang tentang makanan. Apalagi kalau lihat tempatnya ini, kayaknya gak cukup ya hanya kunjungan sebentar. Pengennya kan berlama-lama. Anak-anak biasanya bakal betah. Jadi ya kasihan juga kalau akhirnya jadi kelaparan karena tempat makannya di-booking hanya untuk 1 rombongan

  10. Tempatnya girly banget pas banget ngajak anak2 cewek ya mbak kalo punya anak cewwk dibawa kemari pasti hepi banget ya

    1. Nah ini juga yang aku pikirkan waktu tau tempatnya. Berhubung anak aku perempuan semua, jadi kayanya mereka bakal seneng diajak ke sini, haha. Tapi pertunjukannya bagus2 aja kok buat laki-laki maupun perempuan πŸ˜€

  11. Ih menggemaskan sekali tempatnya juga bagus. Totalitas banget dandan ala peri gitu. Menarik juga ya kesini bersama keluarga. Bawa cemilan juga ah

  12. Wah seru banget pertunjukannya
    Ala ala negeri dongeng ya mbak
    Anak anak pasti senang diajak kesini

  13. ih ini seru banget sih mak isti, tapi mon maap itu kereta ibunya boleh masuk juga ya? wakakakaaa… Aku salfok lihat si peri-peri dengan sayapnya itu. Bisalah ini buat libur lebaran nanti, tapi kepikiran lagi semoga gak ramai.

    1. Wahaha. Kegedean yaak, wkwkwk. Aku tadinya juga ragu mau masuk, tapi anak bontot maksa aku ikut juga, kata petugasnya juga boleh, yasud deh xp

  14. Salut mak anak tiga tetapi masih bisa konten saat jalan jalan
    Dibutuhkan kerja sama yang kuat semuanya
    Anak anak juga pinter mau diarahkan

  15. Cakep bener tempatnya. Kyknya pertama kali tau tempat wisata inid ari bloger Bandung yang sempet ke event pembukaannya apa ya.
    Ternyata kalau wiken bukanya sampai malam ya. Kalau gtu pas wiken ke sananya sore sampai malam ya biar bisa liat perbandingan suasananya saat ternag dan gelap πŸ˜€

  16. Bandung memang surganya wisata ya bun. Terutama untuk anak-anak. Tentunya mereka senang ya bun dengan berbagai area permainan di Fairy Garden. Nanti pas liburan ke Bandung aku sempatkan kesana

  17. Ya ampun tempatnya natural dan terlihat dreamy gitu mbak
    Mupeng,… ini kalau ke Bandung harus wishlist-in untuk datang ke Fairy Garden by the lodge deh
    Asliiii
    Apalagi bareng keluarga ini bakalan seru banget, mana tempatnya juga instagramable

  18. Waah seru kereen banget pertunjukan malam harinya. Akuu baru tahu Fairy Garden ini nah kalau weekend antri banget ga?

    1. Karena aku datengnya sore jadi gak antri mak, malah kosong banget, ahaha. Gak tau kalau dari pagi-siang yaak

  19. Informasinya lengkap dan jadi bisa membayangkan kudu dateng jam berapa biar pas dengan show sekaligus tetap bisa bermain di Fairy Garden by The Lodge,
    Aku baru ke The Lodge Maribaya-nya aja.. Belum explore sampai ke Fairy Garden karena waktu itu ngajakin mama papa mertua yang uda terlalu capek mengikuti perjalanan naik-turun khas Lembang.

    Lain kali kalo ke sini bareng yang muda-muda aja kali ya..
    ((kok jadi berasa jompo juga akunya, hahaha))

  20. Ya ampun tempat wisatanya cakep banget sesuai namanya nih. Untuk sarannya juga bagus mak. Semoga Fairy Garden bisa berbenah. Karena kan wisata kayak gini ditujukan untuk semua kalangan ya

  21. Seru bangettt! Waktu di Bandung itu, paling jauh aku cuma ke Lembanh Farmhouse dan ngga begitu keliling ke area Bandung lain yang selain area perkotaan. Must visit sih ini kalo ada show2nya juga.

  22. Wah serunya, aku kepo sama pertunjukannya. Btw, tiketnya terjangkau ya, 25 ribu udah naik kereta dan nonton show…

    1. Khairiah says:

      Wah serunya anak-anak pasti suka dibawa kesini, dari awal udah all out banget, tukang tiket dengan pakaian peri…show-nya juga luar biasa

  23. cakep banget bunga-bunga full colour indah banget membuat hati riang gembira kalau berkunjung kesini. Konsepnya aku sukaa memadukan cerita dongeng dengan alam yang indah

  24. Seruuuuu!!. Aku suka pertunjukan cahaya begini . Apalagi kalo pake cerita segala . Makin menarik pastinya.

    Baca dan liat foto2nya, semoga aja kalo aku ntR ngajakin anak2 ke sana, tempatnya udh full buka, dan masalah makanan ga hanya dijual buat rombongan yg reserve, udah ga ada ya mba. Pasti nyebelin sih kalo sampe ga bisa beli makan di dalam. Kalo ke tempat wisata gini, dipastikan aku beli makanan yg dijual. Suka penasaran rasanya kayak apa πŸ˜€

    1. iyaa, samaa, kan penasaran juga sama rasanya, apakah worth the price? Semoga yaa mbak, di IG sih bilangnya 14 April ini udah buka, semoga udah lebih baik dan baguuuss πŸ˜€

  25. Detail banget Mba review-nya sampai ke mushala dan sayangnya ketidaktersediaan makanan di restoran ya (semoga segera ditindaklanjuti). Masukin wishlist dulu nih buat ke sana.

    1. Thank you mbaak πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.