Review Tempat Wisata

10 Wahana Universal Studios Singapore untuk Anak dan Balita

Wah, aku udah mau cerita ini sejak pulang dari Singapura sebenernya, di tahun 2019 lalu (dah lama ya shay, ahaha). Tapi ya karena baru ada kesempatannya sekarang, ya baru bisa nulis tentang 10 wahana di Universal Studios Singapore yang bisa dinikmati anak-anak ini sekarang deh, ehehe.

Yap, kami ke Singapura pada akhir tahun 2019 yang lalu. Aku merasa sangat beruntung karena beberapa bulan setelahnya terjadi kasus covid yang menyebabkan perbatasan Singapura ditutup.

Universal Studios Singapore (USS) jadi salah satu tujuan utama kami liburan di Singapura kala itu.

Worth It-kah Mengajak Anak-anak ke USS

Anw, memangnya kalau bawa anak-anak mengunjungi Universal Studios Singapore gak rugi apa? Memangnya cukup banyak wahana yang bisa dinikmati anak-anak gitu?

Awalnya aku juga ngerasa kayak gitu, punya pertanyaan yang sama. Takutnya anak-anak (waktu itu Naia baru 7 tahun dan Nawa baru hampir 4 tahun btw) belum bisa maksimal banget senangnya kalau kita ke Universal Studios Singapore (USS) ini.

Baca juga: Itinerary Singapura Bersama Bayi dan Balita

Tapi berhubung sempat “test drive” di Dufan (iyaa, gak bisa disamain sih ya emang), anak-anak juga tetap bisa menikmati beberapa wahananya. Jadi aku pikir gak ada salahnya sih kami beli tiket USS ini, siapa tau bener kayak di Dufan ya kan, ada wahana-wahana yang memang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Apalagi waktu itu juga dapet promo, dapet potongan harga sampai 500 ribu saat kami beli tiket combo Sentosa Island (termasuk USS dan S.E.A Aquarium) di Traveloka.

Universal Studios Singapore

Ternyata beneer kan anak-anak juga puas bermain di sini karena setelah dilist dan dicatat kembali, eh ada sekitar 14 permainan yang cocok untuk anak-anak di USS. Yaa anak aku gak main kesemuanya sih, maka dari itu aku hanya sebutkan sekitar 10 saja kan, hehe.

Ini malah belum termasuk pertunjukan-pertunjukan seru seperti Donkey Live Show atau Show Water World dan meet & greet karakter kartunnya lho. Jadi, makin seru dan worht it sih kalau mengajak anak-anak ke Universal Studios Singapore tuh 😉

Nah, yuk mulai aja aku bahas satu per satu permainannya. Dimulai dari perkenalan dulu lokasi dan harga tiket Universal Studios Singapore deh yaa.

Lokasi dan Jam Operasional

Tentu lokasinya ya di Singapura lah yaa, namanya saja Universal Studios Singapore. Tepatnya, USS ini berada di Sentosa Island, pulau di Singapura yang memang dijadikan tempat hiburan.

Nah, ada beberapa cara menuju Universal Studios Singapore, diantaranya:

  1. Melalui Sentosa Express. Cara ini yang paling mudah sih ya dengan naik Sentosa Express dari Vivo City, mall yang terrintegrasi dengan stasiun kereta menuju Sentosa Island. Kita harus membayar sebesar SGD4 per orang.
  2. Dengan MRT. Sebetulnya, transportasi ini nantinya tetap akan berhenti di stasiun Harbour Front, lalu bisa melanjutkan perjalanan dengan Sentosa Express, bis, ataupun Cable Car.
  3. Dengan Bus. Bisa juga dengan menaiki bus RWS8 yang menuju Resort World dengan tarif SGD2 lalu turun di depan RWS Casino.
  4. Dengan Taksi. Waktu itu pilihan kami adalah naik taksi ini, ahaha. Supaya belum terlalu capek juga sih, menyimpan tenaga untuk bermain seharian lah gitu. Nah, tentu tarifnya berbeda-beda tergantung naik dari mana ya. Tapi seingat aku, tarif taksinya sudah termasuk tiket masuk Sentosa Island.

Oiya, Universal Studios Singapore ini mulai beroperasi jam 11 siang lho yaa, jadi kalau pagi-pagi mau berjalan-jalan ke Sentosa Island, bisa lah keliling Sentosa Island dulu sebelum akhirnya masuk ke USS, hehe.

Yap, yap jam operasional USS memang di jam 11.00-18.00, jadi pastikan kalian datang sejak mulai beroperasi ya, supaya puaass bisa memainkan semua permainan yang seruu-nya, hehe.

Harga Tiket

Seperti kebanyakan themed park, harga tiket masuk Universal Studios Singapore ini lumayan ya, hehe.

Harga tiketnya sekitar SGD75. Kalau dirupiahkan sih termasuk mahal, sekitar 800 ribuan. Tapi hampir pasti ada promo terus sih, apalagi kalau membeli lewat online travel agent.

Saat ini banyak yang menawarkan tiket USS di harga sekitar 749 ribu rupiah per orang.

Waktu itu kami beli paket USS dan S.E.A Aquarium saat sedang promo dan benar saja mendapat potongan harga sampai sekitar 500ribuan. Lumayan lah yaa 😀

6 Themed Park Universal Studios Singapore

image by https://www.rwsentosa.com/id-id

Namanya aja “Themed Park”, jadinya di dalam Univesal Studios Singapore tuh memang ada beberapa area, total ada enam “tema” taman permainan yang berbeda.

Pengukur Ketinggian Anak di Universal Studios Singapore

Di dalamnya terdapat permainan-permainan menantang dan bisa dinaiki oleh orang dewasa dan anak-anak. Saat kami mengunjungi USS, themed park masih ada 7, tapi 1 taman bertema baru saja ditutup Maret 2022 lalu, yaitu taman Madagascar.

Oiya, persis setelah pintu masuk, kita akan menemukan petunjuk ketinggian anak yang cocok untuk permainan di dalam USS.

Di sini kita bisa susun strategi mau mengincar mainan yang mana saja, terutama mainan yang sesuai dengan ketinggian anak ya 🙂

Okelah langsung saja akan aku bahas themed parknya satu per satu sesuai dengan urutan yang kami lewati waktu itu. Kebetulan urutan ini juga sekaligus alur perjalanan kami mengelilingi USS.

1. Hollywood

Begitu memasuki Universal Studios Singapore, kita akan melewati lorong yang diberi tema Hollywood. Di sini berisi toko-toko souvenir, jajanan-jananan, bahkan kafe.

Yap, di area ini masih belum terlihat adanya wahana yang bisa kita mainkan.

Baca juga: 5 Persiapan Liburan Keluarga Ke Lombok Bersama Teman Hidup Traveloka

Jadi, area Hollywood ini seakan menjadi lorong selamat datang dan tempat “mempersiapkan diri” sebelum bermain wahana-wahana yang menegangkan.

Eh, sekaligus lorong tempat keluar juga sih. Karena setelah berkeliling, pada akhirnya kita akan menuju ke lorong yang sama lagi, di area Hollywood.

Hollywood Theme at Universal Studios Singapore

Sebetulnya, di ujung lorong ini, kita bisa memilih jalur yang kita inginkan. Bisa ke arah kiri menuju “Madagascar” atau ke arah kanan menuju area “New York”. Karena kami melihat di area Madagascar terdapat permainan anak-anak, maka kami memilih untuk berbelok ke arah kiri 🙂

Di sini juga terdapat “Walk of Fame”, jalanan yang terdapat “bintang” berisi nama-nama para bintang Hollywood.

1 (+1) Madagascar (Ditutup Maret 2022)

Yak, setelah kami memutuskan untuk ke arah kiri dan memasuki themed park Madagascar, kami menemukan beberapa permainan yang bisa dinaiki oleh anak-anak.

Malah, kayanya di Madagascar ini permainannya memang hanya untuk anak-anak yaa. Karena ternyata hanya terdapat 2 wahana saja di area Madagascar (Madagascar: A Crate Adventure dan Carousel), plus 1 wahana pertunjukan.

2. Far-far Away

Far-farAwayUniversalStudiosSingapore

Berikutnya, di Far-far Away rasanya jadi “surga” untuk anak-anak. Soalnya, hampir semua permainannya memang cocok untuk anak-anak. Untuk balita sih hanya beberapa, tapi tetap ada.

Semua permainan di area ini betul-betul ramah anak karena temanya dongeng dongeng gitu ya, terinspirasi dari film Shrek.

Permainan yang ada di area Far-far Away ini ada Enchanted Airways, Shrek 4D, Puss in Boots, dan Magic Potion.

Baca juga: Pengalaman Naik Pundak Wisnu di GWK Cultural Park, Bisa Melihat Kota Bali Dari Segala Sisi!

3. The Lost World (Jurassic Park)

Di area The Lost World ini, kita akan menemui permainan-permainan yang lebih menantang, tapi tetap bisa dimainkan oleh anak-anak, asalkan ditemani oleh pendamping.

The Lost World Universal Studios Singapore

Naia Nawa juga main di sini bergantian, ditemani oleh papanya. Naia naik Jurassic Park Rapid Adventure, Nawa naik Jurassic Park Dino Soarin.

4. Ancient Egypt

Area yang mengusung tema mesir kuno ini hanya memiliki 2 wahana permainan. Salah satunya Treasure Hunters yang cocok dinaiki oleh anak-anak.

Ancient Egypt Universal Studios Singapore
Ancient Egypt USS

5. Sci-fi City

Nah di bagian Sci-fi City, kita akan banyak menemukan permainan yang didesain sedemikian rupa sehingga kesan teknologi canggih dan dunia masa depannya tuh dapet banget.

Sci-fi City USS

Banyak robot (diambil dari film Transformers), juga banyak alat transportasi masa depan yang canggih-canggih. Terdapat 4 wahana permainan di area ini (belum termasuk pertunjukan), yaitu Battlestar Galactica (Human & Cyclon), Accelerator, serta Transformers the Ride: The Ultimate 3D Battle.

6. New York

Area terakhir kunjungan kami adalah New York. Di sini kami melihat street show yang cukup seru.

Di sini memang area hiburan, jadi hanya terdapat 1 wahana yang bisa dinaiki yaitu Sesame Street Space Chase (yang memang akhirnya kita nikmati sampai 2x naik, ahaha). Sisanya meet & greet dan street show.

Wahana Universal Studios Singapore Untuk Anak-anak

Sudah tau kan sekarang mengenai area apa saja yang ada di USS ini. Okee, aku lanjut cerita wahana apa saja yang kami nikmati sepanjang kami berkeliling Universal Stuidos Singapore ini yaa 😉

1. Madagascar: A Crate Adventure

Wahana pertama yang anak-anak naiki (aku gak ikut karena bawa bayik, ahaha) adalah Madagascar: A Crate Adventure.

Wahana ini semacam perahu yang berkeliling menyusuri sungai kecil. Kalau di Dufan, mirip seperti istana boneka. Di dalamnya kita diajak berpetualang bersama Melman, Gloria, Marty dan Alex.

Crate Adventure Universal Studios Singapore
Crate Adventure Universal Studios Singapore

Kata Nawa sih agak menakutkan di dalam karena gelap. Betul mirip-mirip istana boneka lah yaa konsepnya, namun dikemas dengan lebih seru dan menarik.

Sayangnya baru saja Maret 2022 ini wahana Madagascar Crate Adventure ini ditutup, huhu. Padahal lumayan seru sebagai “pembuka” main di Universal Studios Singapore ya.

2. Carousel

Setelah Crate Adventure selesai, aku mengajak mereka naik wahana yang akan selalu bisa kita temui di themed park manapun di seluruh dunia, yaitu Carousel atau Komidi Putar, hehe.

Kali ini aku yang naik bersama anak-anak, bapaknya jaga bayik, hihihi. Gantian yhaa 😀

Carousel at Unicersal Studios Singapore

Carousel di sini binatang yang terpasang merupakan binatang-binatang dari film Madagascar, sesuai dengan judul tema tamannya.

Berhubung tema Madagascar telah ditutup Maret 2022 lalu, maka wahana ini pun ditutup ya. Entah kapan akan ada lagi.

3. Enchanted Airways

Setelah puas naik Carousel, kami pun lanjut berjalan menuju area selanjutnya, kami memasuki taman Far-far Away.

Nah, di taman inilah yang aku bilang memang khusus untuk “memanjakan” anak-anak. Pasalnya, wahana yang ada di taman ini kesemuanya memang bisa dinikmati oleh anak-anak, mulai dari Enchanted Airways ini.

Nawa yang belum genap 4 tahun waktu itu bisa diajak papanya naik ini. Umur gak masalah sih ya, asal tingginya mencukupi.

Tinggi minimal anak diperbolehkan naik Enchanted Airways ini kalau tidak salah haruslah sekitar 92cm. Tapi, anak dengan ketinggian 92-122cm harus ditemani oleh pendamping.

Baca juga: Ini Dia 10 Wahana Floating Market Yang Seru Banget!

4. Shrek 4D

Beriringan dengan Nawa yang naik Enchanted Airways bersama papanya, aku dan Naia sambil menunggu akhirnya menuju ke wahana Shrek 4D.

Alhamdulillah antriannya tidak begitu panjang. Soalnya wahana ini menampung cukup banyak pengunjung, ditambah memang ada 1 langkah gitu sebelum memasuki studionya, jadi siklus pergantian pengunjungnya cepat.

Enaknya masuk wahana ini, aku bisa bawa bayi, hehe. Malah, dapet kursi khusus pula. Kursi khusus ini minim goncangan, jadi memang disediakan untuk ibu hamil dan ibu yang menggendong anak.

5. Puss in Boots Giant Journey

Puss in Boots USS

Setelah puas menonton pertunjukan Shrek 4D, kami lanjut berjalan menuju wahana selanjutnya. Ketemulah dengan wahana Puss in Boots Giant Journey ini.

Nah kali ini, aku gak bisa sambil menggendong Nara lagi, soalnya bentuknya merupakan kereta bergantung yang berjalan dibawah rel yang berada di ketinggian yang cukup lumayan.

Di sini kalau tidak salah, ketinggian anak yang diperbolehkan adalah sekitar 100cm ke atas. Jadi, Nawa belum bisa menikmati wahana ini deh, yang bisa baru Naia :’)

6. Jurassic Park Canopy Flyer

Setelah di Far-far Away rasanya sudah menikmati semua wahananya, kami berlanjut ke area The Lost World.

Memasuki area ini, kami disambut oleh (ceritanya) kelahiran dinosaurus T-rex.

Sebetulnya aku mengajak Naia lagi untuk naik wahana Canopy Flyer ini, tapi rupanya gak menemui waktu yang pas, jadi kami gak sempat untuk menikmati wahana satu ini.

Walaupun begitu, wahana ini juga termasuk wahana yang bisa dinikmati oleh anak-anak ya, terutama yang tingginya sudah melebihi 100cm.

7. Dino Soarin

Masih dalam area The Lost World, Dino Soarin ini bisa dinaiki oleh anak yang memiliki ketinggian di atas 88cm. Namun tetap, anak dengan ketinggian 88-122cm harus ditemani oleh pendamping.

Dino Soarin Universal Studios Singapore
Dino Soarin Universal Studios Singapore

Kami bergantian lagi, yang menikmati wahana ini adalah Nawa dan papanya.

Wahana ini mirip seperti Gajah Bleduk di Dufan, hanya saja berbentuk Pterosaurus alias jenis Dinosaurus yang bisa terbang. Seperti Gajah Bleduk, wahana ini akan naik sedikit demi sedikit sambil berputar. Setelah tiba di atas, kita bisa mengendalikan ketinggiannya lewat tuas yang berada di depan penumpang.

Rupanya Nawa cukup senang, walaupun mukanya sedikit tegang, ihihi.

Dino Soarin Universal Studios Singapore

8. Rapids Adventure

Berikutnya gantian lagi yang naik wahana. Kali ini papanya mengajak Naia untuk menikmati wahana yang satu ini. Seperti biasa, aku bagian jagain anak-anak (dan tas), ahaha. Sekaligus foto-foto tentunya 😀

Rapids Adventure Universal Studios Singapore

Kali ini wahana Rapids Adventure ini mirip seperti wahana Arung Jeram. Kalau tadi wahana yang lain cukup cepat perputaran pengunjungnya, di Rapids Adventure aku merasa cukup lama.

Mungkin karena memang supaya pengunjung bisa maksimal merasakan sensasi “rafting” alias arung jeramnya ini ya, hehe.

9. Accelerator

Accelerator Universal Studios Singapore

Setelah selesai Rapids Adventure, kami beralih ke area selanjutnya, yaitu Sci-fi City. Di sini kami sebetulnya sudah mulai kelelahan, jadi sudah agak tidak bersemangat mengincar wahana lainnya, ahaha.

Tapi, ternyata ada yang menarik perhatian anak-anak. Selain bentuknya yang memang mencolok, wahana satu ini juga cukup sepi, jadi anak-anak dan papanya bisa langsung masuk dan menikmati Accelerator ini.

Accelerator Universal Studios Singapore

Kalau di Dufan sih, ini semacam Becak Putar gitu ya. Soalnya memang cara kerjanya berputar walaupun bentuknya seperti kapal luar angkasa futuristik.

10. Sesame Street Space Chase

Setelah selesai menikmati Accelerator, kami pun lanjut berjalan. Sesampainya di area New York, kami istirahat sebentar sambil ngemil.

Saat kami ngemil itu ternyata ada truk pertunjukan gitu berhenti tepat di depan kami menikmati camilan. Wah, pas banget donk ya. Sekalian istirahat, kami mendapat suguhan yang menarik dan menyenangkan.

Anak-anak suka banget, karena selain keren, pertunjukannya sesekali juga memunculkan komedi, jadi makin terhibur deh kami semua deh, hehehe.

Lanjut. Setelah cukup istirahatnya, kami melanjutkan perjalanan. Tadinya sih udah deh udah mau keluar aja, toh Alhamdulillah sudah cukup menikmati banyak wahana ya.

Baca juga: 9 Jenis Tempat Wisata Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Sesame Street Space Chase

Tapi ternyataa, di ujung area New York ini malah wahana Sesame Street Space Chase menunggu dengan anggunnya *haiyah.

Berhubung lagi-lagi wahana ini kosong, langsuuungg deh kami masuk. Alhamdulillah bayi juga boleh masuk karena aku gendong, jadi kali ini gak ada yang giliran jaga tas atau jaga bayik, semuanya ikutaan, hehe.

Sudah begitu, pintu keluarnya Space Chase ini ternyata agak jauh ke dalam area New York lagi, sehingga kalau kita berbalik dan mau melanjutkan perjalanan, otomatis kita akan melewati pintu masuk Space Chase ini lagi.

Nah, ternyata anak-anak masih mau dan belum puas, jadi kita masuk sekali lagi deh.

Puas deh mereka main sampai 2x gini, ahaha.

Mencetak Stiker Nama di Area Hollywood

Mencetak Stiker di USS

Akhirnyaa, kami pun sampai pada area Hollywood lagi. Di sini ya kami santai saja sambil tetap menikmati pemandangan dan sesekali masuk ke toko souvenir, untuk sekedar iseng saja sih, gak berniat membeli, wkwkwk.

Tapi ternyataa, anak-anak kepincut sama mesin mencetak stiker mandiri. Stiker ini bahkan bisa dikasih nama oleh kita.

Yasudah lah, kami puaskan rasa ingin tau mereka sekaligus pulang tidak dengan tangan kosong. Hitung-hitung ada bukti lah kalau kami pernah ke USS xp

Ku lupa, sepertinya harga mencetak stiker ini sekitar 10 dolar Singapura deh. Kami mencetak untuk Naia dan Nawa. Berhubung Nara masih bayi yaa, jadi belum ngerti ahaha.

Stikernya tuh ternyata bagus lho. Dia bisa menempel kuat dan tahan air.

Stiker ini jadi bisa digunakan untuk memberi nama pada botol minum anak-anak.

Stiker Nama di Universal Studios Singapore

Setelah mencetak stiker, kami langsung deh menuju pintu keluar dan kali ini kami siap untuk pulang karena sudah merasa puas seharian berkeliling dan menikmati wahana-wahananya 😀

Wahana Lain yang Cocok Untuk Anak-anak

Nah, wahana yang kami naiki dan aku sebutkan di atas ternyata baru sebagian dari wahana yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Ada sekitar 3 wahana lain yang tidak sempat kami nikmati. Ya simple karena kami lelah juga sih, ihihi. Asli puas banget sih ke sini 😀

Oiya, wahana-wahana lain yang aku maksud adalah Magic Potion di Far-far Away, Treasure Hunters di Ancient Egypt, dan Transformers The Ride: The Ultimate 3D Battle di Sci-fi City.

Treasure Hunter Universal Studios Singapore
image by: sunburstadventure

Mantep kan? Jadi tambah worth it banget gak tuh kalau mengajak anak-anak liburan ke Universal Studios Singapore ini?

Tips Membawa Anak ke Universal Studios Singapore

Sedikit tips dari aku kalau kalian juga punya niatan untuk mengajak anak-anak berlibur ke Universal Studios Singapore ini.

Selalu dan Selalu Perhatikan Kebutuhan Anak

Tentunya donk ya. Lha wong kita kan ke sini ya tentu untuk menyenangkan anak toh? Selain tentunya menyenangkan diri sendiri sih, ahaha. Soalnya kita jadi bisa menikmati wahana dan seru-seruan bareng anak-anak kaan, hehe.

Maksud aku, perhatikan apakah mereka sudah mulai lapar, mengantuk, atau bosan. Kayanya sih yang terakhir gak terjadi ya, karena sepanjang berada di dalam adaa saja yang kami temui untuk menghilangkan kebosanan anak.

Ya foto-foto lah, ya lihat-lihat toko souvenir lah, ya lanjut main lah. Pokoknya insyaAllah anak-anak jauh dari kata bosan.

Kalau lapar, untungnya di sini banyak banget tempat makan. Tentu lah yaa, namanya juga tempat wisata. Kebetulan waktu itu kami makan di sekitar area Far-far Away, jadi bisa dibilang kami “isi tenaga” dulu sebelum lanjut mengajak anak-anak naik wahana yang lain.

Bawa Stroller Agar Anak Bisa Beristirahat

Terutama bagi yang masih memiliki anak balita donk pastinya. Stroller berguna banget kalau mereka kelelahan. Kita jadi gak capek gendongnya juga karena bisa diletakkan saja.

Apalagi kalau mereka ngantuk, gak perlu ribet cari tempat yang nyaman untuk mereka tidur, ya tinggal tidurkan saja di stroller ya kan, hehe.

Pokoknya menurut kami, stroller ini barang yang wajib dibawa ke mana-mana, apalagi kalau tempatnya memang luas dan stroller friendly.

Bawa Air Minum yang Cukup

Pakai botol yang bisa diisi ulang kalau perlu. Soalnya, di Universal Studios Singapore juga menyediakan air minum gratis. Itu loh keran yang berisi air layak minum. Jadi selama di sana kita gak perlu khawatir kehausan ataupun boros harus beli minum lagi dan lagi karena ya tinggal isi ulang saja tempat minum yang kita bawa dari rumah 😉

Siapkan Topi dan Baju Ganti

Yap, topi jangan lupa juga ya. Di sana mungkin agak panas, karena hampir pasti sebagian besar kita ke sini ya di siang hari donk yaa 😀

Baju ganti kalau anak-anak gak betah keringetan. Utamanya sih kalau mereka nanti bermain wahana yang bakal basah, seperti Rapids Adventure di area The Lost World tadi.

Tapi, serunya di USS tuh, mereka punya drying pod gitu, jadi setelah bermain basah-basahan, kita bisa “mengeringkan” tubuh kita di drying pod ini. Seru kan? ahaha.

Drying Pods Universal Studios Singapore

Cara kerjanya persis seperti pengering tangan yang ada di mall-mall, yaitu menyemprotkan udara yang lumayan kencang supaya pakaian kita kering dengan bantuan angin 🙂

Penutup

Asiknya di Universal Studios Singapore ini, setiap wahana itu membutuhkan waktu bermain yang cukup. Bukan yang terlalu sebentar, ataupun terlalu lama.

Sehingga, terjadi perputaran pengunjung yang cepat pula. Makanya waktu tunggu setiap wahana tidak pernah melebihi 35 menit. Rata-rata hanya mengantri sekitar 10 sampai 15 menit saja sih bahkan.

Yang 30 menit rasanya hanya kami alami di Shrek 4D deh. Itu pun bukan yang menunggu dengan bengong, tapi disuguhi tontonan cerita Shrek.

Aah, pokoknya puas banget deeh kami ke sini. Kalau ada rejeki lagi, pengen deh ngerasain Universal Studios di negara-negara lainnya. Aamiin yang kenceng dulu deeh, ihihi.

Sumber:

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

You may also like...

34 Comments

  1. Huwooooo asyik bangettt trip sekeluarga ke sini ya mbaaaa
    Anak usia berapa aja pasti deMen dah…wong eikeh yg udah emak2 aja always excited ke theme park.
    Keren pol 😍🙏

    1. samaaa, aku juga seneng banget kalo ke theme park ginii, ahaha. mayan kan jadi bisa seneng2 bareng keluarga, hihi

  2. Asyik banget mbak. Worth it lah tiket 800 ribu tapi dapat keliling tempat seluas dan sebagus ini, banyak pilihan wahananya pula. Ngantrinya juga cuma 10 menitan.

    Eh malah dapat diskon hingga 500 ribu pula. Asli saya jadi mupeng banget membaca kisah liburan mbak sekeluarga

    1. diskonnya ini dari harga total sih ya mbaak hehehe. plus ini diskon untuk bundle gitu sama S.E.A. Tapi iya sih, tetep worth it menurut aku 😀

  3. Dulu pas masih tinggal di Medan aku slalu menunda jalan2 ke Malay dan Sing karena alasan anak2 masih kecil, capek gendong dan mereka jg belum terlalu ingat. Eh giliran mereka kurasa uda cukup umur, malah covid trus kami pindah ke Sulsel. Huhuhu tiket pesawatnya aja uda lumayin kalo dr Makassar hahaha. Meski perjalananannya uda lama lewat, tetep asik nih baca tulisan jalan2nya..semoga bisa diulang lagi bun..

    1. Waaahh seru jalan2nya ke USS samq anak2. Pastinya hepi banget karena emang banyak wahana yang buat anak2 ya.
      Itu stickernya masih ada gaakk? Haha kalau adek bayi sah gede ntar ke sana lagi bikin sticker jg yaa.
      Noted banget tipsnya moga ada rezeki ajak anak2 ke USS jugaa😁

  4. Wow keren sekali nih reviewnya. Tahu gak mom aku tuh ada saja halangannya mau liburan ke Studios Singapore. Ada saja anggota keluarga yang sakit atau urusan kerja mendadak. Semoga tahun depan bisa kesana ya

  5. Bukanya dari jam berapa kak, Universal Studios Singapore?
    Theme park ini memuaskan banget yaah.. explore permainan orangtua dan anak-anak bisa puas. Beneran kalo bawa anak tuh kudu simulasi dulu, hehhe..

    1. ah iyaa, aku tambahin deh nanti. bukanya dari jam 11.00 euy, sampai jam 18,00. Lumayan banget itu kami ke sana dari sekitar jam 11.00an, selesai jam 17.00. Memaksimalkan waktu yang ada, ahaha

  6. Asyiknya tinggal isi ulang dari keran, sebagai emak yg selalu bawa botol2 minum bahagia membacanyaaa. Belum pernah ke spore euy tii.. pasti anak2 happy banget ya. Aku kira cuma 2 N aja ternyata udah lahir ya si adeee diangkut jg. Huaaa seru bayanginnya bocil2 traveling..

  7. Ahhh ini sih kesukaaan seluruh anggota keluarga ya mbak. Dan aku jadi pengen ke Rapids Adventure buat main seseruan, basah pun tak mengapa. Asik banget, lengkap dengan tiket harga 75 dollar juga worth it sih, cuma apa bisa ya sehari aja. Abisnya banyak banget area permainannya

  8. Wuih, jadi mupeng pengin ke USS. Belum pernah kesana euy..Banyak pilihan wahan bermain dan semuanya pengin dicobain ya. Gak hanya anak-anak deh yang seneng, orangtuanya pasti juga enjoy banget. Memacu adrenaline juga kan ya..

  9. Pas bareng teman teman blogger Depok, aku ke Universal Studio Singapore tapi bukan buat main tapi numpang foto aja. Hehehe. Senang banget ada banyak permainan juga

  10. Amiiiin 3x smg dimudahkan bisa berkunjung ke universal studio negara lain. Seruu maak pergi sama anak2 pastinya cari tempat yang kidsfriendly yakss…

  11. HUhuuuu divideoin ngga ini Isti? pengen lihat keseruan Nawa – Naia – Nara deh!
    Beli es krim eh apa gelato di candyland juga ngga? Uenak banget banget itu yaaaa

    1. ada beberapa yang divideoin omaa, ehehe. tapi aku masih belum punya waktu untuk edit-editnya, huehehe. aah, es krim sama gelato gak beliii, enak yaa?

  12. Catet ya, siapa tahu berkesempatan buat main ke Universal Studios Singapore. Jujur saja, buat yang jarang pergi, milih tempat liburan harus dicocokkan sama anak (kalau udah ada). Khawatirnya mau senang-senang, eh ternyata mereka gak nikmati. Kan gemes

  13. Wah, banyak ya wahana anak di Universal Studio
    Anak anak pasti HEPI ya mbak, kalau diajak jalan jalan ke sini
    Semog next time bisa main disini sama anak anak

  14. wah samaan, aku ngajak anak-anak ke Universal Studio SG juga tahun 2019. ternyata udah tiga tahun lalu yak hahaha. sekarang anak-anaknya udah pada masuk asrama susah diajak pergi2 huhuhu

    1. hyaa, udah pada gede gede soalnya yaa, ahaha.

  15. Wah, senangnya, lengkap infonya, detil pula Thanks…Aku ke USS tahun 2015, ada beberapa wahana yang baru yang mbak tulis di sini. Anakku saat itu umur 10 dan 5 tahun. Jadi memang ada beberapa – dari tinggi badannya – si sulung doang yang main sama Bapaknya. Bisa juga kami berempat ikutan semua. tapi seru sih memang USS, meski kalau masa libur sekolah antrinyaaaa

    1. wah kayanya ini pas belum libur sekolah deh ya aku ke sana, jadi mungkin gak terlalu antri kali ya. tapi kalau pun antri, emang cepet sih jalannya, gak mandek lama gitu.

  16. Menyenangkan sekali kalau anak bisa diajak ke sini. Jadi momen yang akan selalu diingat. Ini surganya semua anak.
    Dan benar juga, agar mereka bisa menikmati, mending bawa stroller agar tetap bisa diajak berpindah dari satu wahana ke wahana lain karena sayang dilewatkan.

    1. Waaah jadi kangen Universal Studio Singapore, terakhir ke sini sekitar 3 tahun lalu dan belum pernah ngajak anak karena urusan pekerjaan melulu. Jadi pengin ajak ke sini deh, tapi emang masih ragu karena untuk anak seusianya udah bisa enjoy belum ya, sama seperti yang mbak takutkan. Tapi jadi makin yakin, apalagi mbak kasih rekomendasi wahana yang bisa dicoba anak gini, makasih ya mbak ~

      1. sama-sama mbaak.. semoga nanti pas ke sini jadi menyenangkan banget dan jadi diingat terus sama anak-anak yaaa

    2. yap, yap, stroller mempermudah orangtua, terhindar dari capek gendong-gendong anak yaa, ihihi

  17. Asyik banget nih bisa mengunjungi USS sekeluarga, ternyata kalau bawa anak juga banyak wahana yang ramah anak ya Mba. Duh jadi pengen ke sini juga

    1. iya mbak, ternyata banyak juga wahana yang bisa dinaiki anak. cuss mbak rencanakan 😀

  18. Jadi mupeng pengin juga ke USS euyyy… yg paling deket dulu ini lah ya sebelum bisa menjelajah ke US yang lain. Tapi udah ga punya anak kicik lagi nih, worth to try kah?

    1. kalau udah gak punya anak kecil, malah banyaakk yang bisa diexplor lagi mbak, jadi puas juga karena bisa kke mana-mana sendiri 😀

  19. Seru banget bisa explore banyak spot dengan tiket harga segitu Mak. Kayanya worth it buat masuk di agenda liburan Singapur kalau ada rejeki nanti. Semoga bisa terwujud liburan bareng temen atau keluarga di sana :))

    1. Aamiin aamiin. iyaa, seru mbak, ternyata bawa anak-anak juga gak kalah seru euy, hehehe

  20. Harga tiket dewasa dan anak2 sama ya mbak?

    1. iyes, seingat aku sih sama mbak.. kayanya harganya untuk yang berusia di atas 2 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.