Traveling

BXSea Bintaro Sebesar dan Seseru Apa untuk Anak-anak?

Menghabiskan libur lebaran di tahun 2024 kemarin, aku putuskan untuk mengajak anak-anak main ke BXSea, akuarium yang masih terhitung baru di daerah Bintaro.

Aku berdiskusi bersama anak-anak untuk mengambil sebagian uang THR mereka untuk membeli tiketnya. Supaya mereka merasa “membayar” tiket BXSea ini juga lah yaa walaupun tidak semua, hehehe.

BXSea Bintaro

Kebetulan juga, kami memang akan menginap di daerah Bintaro, jadi biar sekalian jalan ya cuss deh berangkat ke BXSea juga.

Lokasi dan Jam Operasional BXSea

BXSea di Bintaro XChange Mall
Lokasinya berada di dalam mall lho, tepatnya di Bintaro Jaya XChange Mall lantai B1 dan B2, CBD Bintaro jaya , Jalan sektor VII No.2 , Pd. Jaya, Kec. Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten 15277. 

BXSea beroperasi sejak jam 10 pagi hingga 10 malam (22.00).

Kami waktu itu parkir di lantai B1 dekat dengan pintu yang ada Miniso-nya. Dari situ sangat dekat karena tepat setelah miniso, kita bisa langsung menemukan si BXSea ini.

Di lantai B1 juga tersedia restoran yang lumayan banyak ya, jadi bisa banget dijadikan pilihan untuk makan siang. Bisa berkeliling BXSea terlebih dulu baru makan siang, ataupun sebaliknya. Makan siang dulu baru masuk BXSea.

Berhubung aku lebih suka pagi, kami pilih masuk BXSea terlebih dulu deh baru makan siang πŸ˜€

Harga Tiket Masuk BXSea

Kalau dari website resminya, harga tiket sebetulnya dicantumkan mulai dari 75 ribu rupiah untuk short journey. Namun sepertinya short journey ini belum direalisasikan, sehingga sekarang baru ada yang long journey.

BXSea Bintaro

Tapi memang lebih enak yang long journey sih ya, soalnya benar bisa berkeliling semuanya, mulai dari pintu masuk sampai pintu keluar.

Nah yang short journey sepertinya akan memotong beberapa jalur dari 18 area hingga menjadi 8 area saja.

Anw, berhubung baru ada long journey, ya kami pilih itu donk yaa.

Harga tiketnya mulai dari 150 ribu rupiah untuk weekdays dan 175 ribu rupiah untuk weekend atau hari libur. 

Walaupun kami ke sini di hari senin, tapi kami mendapat harga weekend karena masih terhitung liburan (libur lebaran).

Salah Tanggal Tiket

Berhubung aku beli tiketnya online di hari sebelumnya, jadi aku sempat salah tanggal saat membeli tiketnya.

Harusnya aku beli untuk tanggal 15 April, tapi rupanya malah terpilih tanggal 14 April. Murni kedodolan aku sih.

Alhamdulillah-nya, tiket tersebut bisa di reschedule, jadi aku langsung menghubungi pihak BXSea dari berbagai jalur. Baik DM instagram, WA, maupun email.

Pintu Masuk BXSea

Sorenya mereka membalas dan kami bisa tetap berkunjung karena memang terdapat kebijakan penggantian tanggal maksimal 3 hari dari tanggal kunjungan yang tertera.

Tapi karena itu, kami jadi tidak perlu antri melalui resepsionis lagi karena cukup menunjukkan bukti pembelian dan proses reschedule ke Customer Service, sebelah meja tiket.

Long Journey BXSea

BXSea

Long journey ini maksudnya adalah berkeliling BXSea lengkap ke semua areanya.

Ya kecuali area boat sih, karena ada tiket tersendiri lagi untuk naik kapal yang di bawahnya kaca (glass bottom boat) untuk melihat kehidupan di akuarium yang besar tersebut.

Ke-18 area yang ada di BXSea meliputi:

Sea Wave, Hide & Seek, Seahorse Empires, Exotic Fish, Schooling Fish, Shark Path, Raja Ampat, Rainforest, Mangrove, Touch pool, King of River, Children's playground, Jellyfish, Activity room, Sea Tunnel, Sea Theatre, Yellow Submarine, African Penguin (Coming Soon).

Membaca Informasi di Tab Edukasea

Awal memasuki area BXSea, kita akan disambut oleh “pantai” yang termasuk area sea wave. Lumayan menyegarkan anak-anak sih, ahaha.

Sea wave BXSea

Karena itu, aku jadi membayangkan, konsepnya anak-anak “pergi ke laut” untuk mengeksplor binatang-binatang yang ada di dalamnya, ihihi.

Anw, setelah area ini, kami lalu melihat banyak akuarium yang berisi banyak koleksi ikan-ikan yang cukup populer.

Ada ikan blue tank, ada parrot fish, kuda laut, dan banyak lagi.

Plus ada area hide & seek alias berisi gurita dan kepiting (King Crab) yang menyamar dan hampir tidak terlihat dari luar akuarium.

Ikan di BXSea

Pada setiap akuarium terdapat tablet yang dinamakan tab edukasea yang berisi informasi semua ikan yang berada di akuraium yang bersangkutan.

Lumayan bikin betah anak-anak nih, terutama yang sudah bisa membaca. Mereka jadi tau ikan apa saja yang berada pada akuarium tersebut.

Ada tab edukasea di setiap akuarium

Iconic-nya Rain Forest BXSea

Setelah lumayan lama berkeliling, kami akhirnya sampai pada bagian rain forest. Rupanya bagian ini yang menghubungkan antara lantai 1 dan lantai 2 (bawah) BXSea.

Rain forest ini memang iconic ya di BXSea. Karena dekorasinya seniat itu, ditambah ada binatang lain juga selain ikan dan binatang laut.

Dekorasinya sampai menghadirkan patung harimau dan ular juga. Ular benerannya juga ada dan beberapa binatang hutan hujan lainnya.

Di tengahnya terdapat semacam “air terjun” yang mengalir ke “sungai” gitu, haha. Sungainya ini akuarium juga ya, yang kalau dari bawah sih, area ini termasuk area “King of River”.

Soalnya di akuarium ini terdapat banyak ikan serta penghuni air tawar πŸ™‚

di area King of River

Istirahat di Children’s Playground dan Snack Bar

Begitu sampai bawah, kita akan disambut terlebih dulu dengan hutan mangrove dan beberapa binatang yang biasa terdapat di area tersebut.

Nah, pas banget sebetulnya, kami sampai sini pas ada waktu pemberian makan untuk otter, penghuni area mangrove juga. Jadi kami sempat melihat, walaupun bagian akhir saja sih, ahaha.

Begitu beranjak lagi, kami lalu menemukan ada children’s playground. Rupanya di sini semacam tempat “istirahat” dan memang pas berada di tengah area BXSea.

Playground BXSea
Snack corner BXSea

Anak jadi bisa main di playground plus ngemil sambil orangtuanya istirahat sejenak, haha. Selain main playground, anak-anak juga bisa melihat-lihat area king of river tadi soalnya πŸ˜€

Mengagumi Megahnya Kehidupan Laut di Raja Ampat

Mengagumi kehidupan laut

Area raja ampat ini juga hadir di kedua lantai. Pasalnya, di sini merupakan akuarium yang tinggi dan memotong kedua lantai. Jadi bisa dilihat dari atas maupun dari bawah.

Koleksi ikannya pun sangat banyak dan cukup beragam. Lagi-lagi kita bisa membaca informasi ikan-ikannya melalui tab edukasea yang tersedia ya.

Asik Melihat Ikan Bawah Laut di Sea Tunnel

Bagian iconic berikutnya yang sepertinya harus ada di setiap akuarium tuh bagian lorongnya kayak sea tunnel ini ya.

Malah, sea tunnel di BXSea katanya terpanjang lho. Bagian akuarium di dalam lorongnya malah tersambung sampai area sea theatre.

Di sini aku juga ingin berlama-lama sebetulnya, huhu. Soalnya ikan-ikannya juga menarik dan besar-besar.

Ada satu (eh, 2 deng) ikan yang menarik perhatian kami, yaitu Leopard Shark dan Giant Grouper (kerapu raksasa). Cakep banget si Leopard Shark-nya, huhu.

Menonton Pertunjukan Lebaran di Sea Theatre

Di sini nih tempat pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan yang rutin diadakan oleh BXSea.

Pertunjukannya bermacam-macam menyesuaikan event tertentu. Seperti waktu imlek, ada pertunjukan barongsai di dalam air.

Nah, pas lebaran kemarin, ada pertunjukan tari Rampak Lebaran. Kali ini tariannya di sisi luar dipadukan dengan penyelam yang bermain rebana di dalam akuariumnya.

Begitu selesai, mereka menggelar spanduk Idul Fithri di dalam air deh.

Pertunjukan di sea theatre

Setelah menonton pertunjukan, sebetulnya masih ada beberapa area lagi dan area terakhir merupakan area pinguin.

Tapi sayangnya pinguin afrikanya belum tersedia, jadi masih kosong dan belum bisa dinikmati deh, huhuhu.

Semoga bisa ke sana lagii begitu pinguinnya ada yaa πŸ˜€

Kelebihan dan Kekurangan BXSea

Berhubung masih ingat, jadi aku list juga deh yaa kelebihan dan kekurangan si BXSea ini.

Kelebihan BXSea

  1. Areanya stroller friendly dan otomatis difable friendly juga ya. Jadi nyaman banget untuk membawa balita ataupun bayi ke sini dengan mendorong strollernya. πŸ˜‰
  2. Tersedia mushola yang cukup nyaman. Hal yang ini oke banget sih. Jadi mendukung pengunjung yang mau beribadah dan tidak ketinggalan waktu sholat.

    Soalnya kemarin pas banget deh, begitu kami sampai di area mushola ini, pas adzan dzuhur berkumandang. Jadi sekalian deh kami sholat di sini.

  3. Toilet bersih dan tersedia di beberapa titik.
  4. Urutan area terstruktur.

Kekurangan BXSea

  1. Pertunjukannya (maaf) agak di bawah ekspektasi.

    Karena kami pikir pertunjukannya akan melibatkan beberapa “artis” di dalam akuariumnya juga. Walaupun begitu, penarinya bersemangat dan kerjasamanya oke banget kok. Kalau menilai dari tariannya sih ya bisa 8.5. Hanya saja ya itu tadi, kami pikir akan ada pertunjukan lain selain tarian tersebut, hehe.

  2. Souvenir shop-nya agak terlalu kecil. Sehingga apabila pengunjung sedang penuh seperti kami kemarin, jadi susah dan tidak bisa melihat souvenir dengan nyaman.

Worth It Dikunjungi?

Menurut aku sih cukup worth it lah yaa, hehe. Namun sepertinya perlu memberi batas kuota pengunjung deh.

Memang sih namanya juga libur lebaran, ya pasti akan ramai pengunjung. Namun, kalau terlalu sesak dan penuh, kan kasian juga pengunjungnya, jadi tidak terlalu menikmati kunjungannya.

Untungnya sih kami datang dari pagi, sehingga pengunjung belum terlalu ramai. Namun, begitu kami keluar, kami melihat antrian di bagian tiket sudah mengular.

Jadi membayangkan akan sepenuh apa di dalamnya, huhuhu.

Tips Mengunjungi BXSea

Sekalian aja deh jadinya aku kasih tips mengunjungi BXSea

  1. Memang paling enak berkunjung di weekdays ya, apalagi bukan libur sekolah. Tapi kalau terpaksa hanya bisa berkunjung di waktu liburan, sebaiknya datang sejak BXSea beroperasi. Karena datang lebih awal membuat pengunjung belum terlalu ramai. Makin sore, apalagi malam tentu makin ramai yang datang donk, hehe.
  2. Bawa tumblr. Sebaiknya membawa botol air minum sendiri. Memang sih di BXSea tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar. Tapi kalau dimasukkan ke dalam tumblr masih boleh kok πŸ˜‰
  3. Beli tiket online. Untuk mempercepat proses masuk, memang lebih enak membeli tiket secara online seperti kami kemarin. Kami beli di website BXSea-nya langsung ya πŸ™‚
  4. Nikmati kunjungannya. Walaupun penuh, tetap nikmati kunjungan dan jangan terburu-buru ingin ke tempat selanjutnya gitu ya. Nikmati saja apa yang kita lihat, tangkap momen tersebut dan simpan ke dalam memori, hehe.

Siip, sepertinya segitu aja yang bisa aku share mengenai BXSea ini. Semoga bermanfaat dan bisa sedikit memberi gambaran mengenai sebesar dan seseru apa BXSea ini untuk anak-anak πŸ™‚

BXSea

https://bxsea.co.id/id
Bintaro Jaya Xchange Mall 2 Lt. B1 – B2
HTM start Rp. 150.000

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

1 Comment

  1. Ntah kenapa wahana di Indonesia itu jarang memang membatasi pengunjung :(. Jadinya kalo udh rameee bgt yg ada malah ga nyaman.

    Pengen sih ajakin anak2 kesini. Sejak aku bawa ke sea aquarium penang mereka seneeeng banget mbak. Suka liat berbagai aneka jenis ikan begitu. Makanya kepikiran mau ajak ke sea world ancol atau yg bintaro ini.

    Cuma memang kalo baca tulisan mba, prefer weekday. Tp kalo weekday mereka ga libur hahahahahah. Semoga aja kalo bukan peak season krn lebaran, ga terlalu crowded yaa πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.