Traveling

Playground Tematik di Jakarta Ini Bikin Anak Gak Sekedar Main

Yuhuu. Orangtua yang lagi cari pilihan playground, udah pada tau belum playground tematik di Jakarta ini?

Namanya juga “playground tematik”, jadi memang punya tema tersendiri dan gak cuma sekedar playground gitu aja.

Jaman sekarang kan playground semakin menjamur banget tuh. Maklum ya, makin banyak orangtua yang memang terbantu sama adanya playground sih.

Soalnya bisa buat liburan singkat di akhir pekan, ataupun untuk playdate sesama anak teman kita.

Makanya kan playground juga hadir makin beragam dan kalau bisa punya keunikan tersendiri yang mudah diingat dibanding playground lainnya.

Youreka Kids Farm

Aku Alhamdulillah udah berkesempatan mengajak anak-anak mencicipi beberapa playground yang ada di Jakarta nih.

Maka dari itu deh, sedikit banyak, aku jadi tau ada beberapa playground yang memang seniat itu untuk mengangkat tema yang mereka usung.

Playground-playground tersebut jadi playground tematik di Jakarta yang berkesan dan bikin anak ketagihan deh jadinya.

Cuss baca sampai habis karena aku review satu per satu nih playground tematik di Jakarta-nya.

1. Edokko

Kayanya saking senengnya aku sama Edokko, playground ini emang aku sering banget sebut sebut sih, ahaha. Baca aja deh salah satunya di postingan Playground di Mall yang Seru untuk Liburan Anak.

Edokko tuh playground yang bertemakan Jepang, jadi mulai dari dekorasinya, sampai permainannya ya terinspirasi dari hal-hal yang berbau Jepang.

Mulai dari kastil Jepang, sekolah ninja, pasar tradisional Jepang, kereta, sampai gunung Fuji. Dekorasi dan ide permainannya seniat itu!

Makanya aku seneng banget ngajak anak-anak ke sini. Walaupun tempatnya memang agak jauh sih yaa dari rumah, huahua.

Edokko ini ada di Lippo Mall Puri lantai 2 ya. Harga tiket masuknya mulai dari 70 ribu rupiah (untuk pendamping) dan sekitar 110 ribu rupiah untuk anak-anak.

2. Fanpekka

Fanpekka salah satu playground incaran aku sejak lama. Jadi saat akhirnya bisa ke sana, aku juga seneng banget. Soalnya jadi momen membahagiakan anak juga.

Pasalnya kami ke sana di hari ulang tahun anak kedua dan menggunakan promo gratis mainnya di Fanpekka.

Oiya, Edokko dan Fanpekka sebetulnya satu grup gitu, jadi kedua playground ini punya promo yang sama yaitu gratis di hari ulang tahun anak.

Coba deh cek selengkapnya di: Ajak Anak Bermain Gratis di Playground Ini Pada Hari Ulang Tahunnya Yuk!

Anw, Fanpekka ini mengusung tema permainan Finlandia gitu. Satu hal yang paling unik adalah adanya area untuk anak “membangun rumah”.

Di area ini betul-betul semacam membangun rumah karena anak bisa memasang dinding dan mendekorasi rumahnya. Lumayan melatih kognitifnya anak banget sih.

Oiya, bedanya Fanpekka ini adalah karena di setiap area, terdapat penjelasan anak bisa main apa saja di area tersebut serta kemampuan apa saja yang bisa dilatih olehnya. Edukatif yaa, jadi kita tenang, anak gak sekedar main di sini.

Harga tiket masuknya mulai dari 110 ribu ya per anak.

3. Jungle Tree

Ini tuh salah satu playground yang berkesan juga buat anak-anak.

Seru banget buat mereka karena keunikannya tuh bisa bermain air dan berenang sekaligus puas mengeksplor playground di dalamnya.

Malah kata Nara, dia jadi ngerasa ada di hotel, ahaha. Soalnya biasanya kalau di hotel, kolam renang memang dekat dengan playground kan. Supaya adik yang gak mau berenang bisa main di playgroundnya.

Tapi main di sini tuh dibagi per sesi gitu ya. Per sesi tuh 3 jam dan harga per sesinya sekitar 250 ribu per anak :)

Oiya, namanya “Jungle Tree” karena temanya serta bentuknya memang dibuat seperti pohon. Jadi anak seakan-akan bertualang di pohon di dalam hutan gitu ceritanya.

Permainannya juga terlihat lebih banyak yang melatih kelenturan serta melatih fisik anak. Mungkin karena letaknya memang ada di dalam sports center ya, tepatnya di KYZN Kuningan.

Bisa baca review lengkapnya di Jungle Tree by Minitopia: Playground Tematik yang Lengkap dengan Kolam Renang ya ;)

4. Kidzania

Nah kalau yang satu ini, tampilannya jauh berbeda dibanding playground yang lain. Biasanya kan playground identik dengan mandi bola dan perosotan tuh, nah di Kidzania mah bukan kayak gitu.

Soalnya, Kidzania mengusung tema profesi dan mendesain tempatnya jadi semacam “kota” yang lengkap dengan gedung-gedung serta elemen kota lainnya.

Jadi anak diajak untuk “bekerja” dan mendapat “gaji” berupa uang Kidzos. Mereka juga bisa “menghabiskan” uangnya untuk sesuatu yang bisa mereka nikmati.

Seperti wall climbing, naik taksi keliling kota, atau bahkan berdandan di salon kecantikan.

Termasuk sangat edukatif dan tidak akan rugi untuk mengajak anak ke Kidzania ini. Walaupun harga tiketnya agak pricy, tapi worth it banget banget menurut aku.

Tiket masuknya mulai dari 230 ribu per anak.
Baca deh review lengkapnya di Cara ke Kidzania Dengan Harga Murah dan Serunya Mengenal Beragam Profesi.

5. Playtopia Adventure

Kalau Playtopia Adventure ini, bukan hanya untuk anak-anak saja, tapi orang dewasa pun bisa ikut puas bermain di sini.

Diberi judul “Adventure”, karena memang permainannya merupakan jenis-jenis yang menantang. Semacam outbound namun dilakukan secara indoor.

Playtopia Adventure

Namun memang ada umur tertentu agar anak bisa lebih puas bermain di dalamnya. Bahkan memang diberi batasan tinggi ya supaya tetap aman. Rata-rata, permainannya memiliki syarat ketinggian sekitar 100cm.

Maka dari itu, Playtopia Adventure ini cocok untuk anak yang sudah berusia 10 tahun (atau 8 tahun juga bisa sih) ke atas. Untuk anak yang lebih kecil lagi, apalagi balita, bisa pergi ke Playtopia Junior ๐Ÿ™‚

6. Bremgra

Sebetulnya, aku juga sudah kepincut dengan Bremgra ini sejak sebelum pandemi. Namun, berhubung tempatnya agak jauh dari rumah, jadi belum kesampaian deh.

Tempatnya juga agak mirip dengan Playtopia Adventure, jadi juga lebih cocok dimainkan oleh anak yang lebih besar.

Sebetulnya, Bremgra temanya lebih ke mengajak anak untuk wall climbing sih. Jadi di dalamnya akan terdapat banyak sekali jenis wall climbing yang menantang.

Harga tiket masuknya sekarang sekitar 100 hingga 170 ribu.

*Gak banyak gambarnya karena aku belum ke sana sendiri, ihihi.

7. Youreka

Youreka ini juga beda dibanding playground lainnya, pengaturan dalamnya tidak seperti playground yang banyak perosotan dan mandi bolanya. Walaupun ada sih area kecil mandi bolanya.

Aku juga baru mengetahui ada Youreka ini, playground yang mengusung tema peternakan dan mengajak anak untuk role playing mengurus peternakan tersebut.

Baca review lengkapnya di Review Youreka Kids Farm: Senangnya Anak Bermain di Peternakan Tanpa Khawatir Kotor

Waktu bermainnya pun dibuat per sesi, karena setiap sesi memang akan dibuat grup untuk kemudian diajak oleh kaka guide-nya beraktivitas secara terstruktur.

Mulai dari mengurus sapi, membuat keju, lalu mengurus ayam dan mengolah dagingnya, sampai memanen jagung serta diajak mengolah hasil panennya.

Harga tiket masuknya mulai dari 220 ribu ya per sesi.

Senang ke Playground Tematik Karena Edukatif

Yap, yap, perasaannya tuh senang mengajak anak ke playground tematik kayak gini karena mereka jadi gak cuma main aja, tapi juga bisa belajar mengenai banyak hal.

Sebagian besar playground tematik Jakarta ini soalnya memang sangat edukatif. Selain bisa melatih fisik dan kognitifnya, juga bisa mengembangkan kemampuan-kemampuan dasar anak-anak.

Dari kesemuanya favorit aku Kidzania sih. Soalnya tempatnya seluas itu dan aktivitasnya sebanyak itu. Gak cukup berkunjung hanya satu kali sih kalau ke sini tuh.

Playdate ke Kidzania

Aku pun sudah beberapa kali mengajak anak-anak ke sini. Mulai dari kakak pertama usia sekitar 4 tahun, sampai anak terakhir aku sekarang berusia 5 tahun, aku tetap senang mengajak mereka ke sini.

Sekian deh yaa playground tematik di Jakarta yang bisa aku review. Cuss deh pilih playground tematik yang kira-kira akan anak kalian sukai ๐Ÿ˜‰

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

4 Comments

  1. Jangankan anak kecil mba Isti…saya pun yang udah ibu-ibu kayaknya bakal betah dan seneng main ke tempat-tempat tersebut…seru aja kayaknya yaaa

    1. iyaa mbak, aku aja seneng banget ngajak anak2 karena aku yang seneng ke sana, ahaha. di Kidzania juga sekarang ada tiket sendiri buat orang dewasa yang mau ikut kegiatan kegiatannya.

  2. Main di Kidzania beneran bisa cetak koran berita gitu kah??
    Roleplay jadi jurnalis?

    Seriiuuss ade Nara kine banget yaah.. happy ngliat anak-anak sehat dan aktif bermain.

    Sehat-sehat teruusss…momopururu dan kluargaaa…

    1. Iyaa beneraaann. Makanya seniat ituu Kidzania tuh. Aamiin Aamiin mak. Maaciihh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.