Traveling

Main di Oddish Family Hub Jogja, Berapa Harganya dan Ada Apa Saja?

Ke Oddish Family Hub Jogja bikin anak-anak aku tuh sempat gak mau pulang karena mainannya seru-seru. Mereka masih saja asik main pasir saat aku ajak makan dan pulang.

Memang waktu mainnya belum habis sih, jadi mereka memang bilang akan selesai saat penjaga memanggil nama mereka karena itu tanda kalau waktu main mereka habis.

Baiklaah 😀

Main di Oddish Family Hub

Jadi tuh, waktu kami ke Jogja di libur sekolah akhir tahun lalu, kami impulsif mencari tempat yang asik untuk makan siang serta mengajak anak bermain.

Ya niatnya sih mencari tempat makan yang ada playgroundnya gitu deh. Setelah menentukan dari beberapa pilihan, akhirnya kami putuskan ke Oddish Family Hub ini.

Ada Apa Saja di Oddish Family Hub?

Oddish Family Hub

Namanya “Family Hub” ternyata memang tempatnya bisa dimanfaatkan oleh keluarga untuk bersantai. Anak-anak bisa bermain di playground-nya, orangtua bisa bersantai makan di restorannya.

Bahkan setiap minggu, akan ada kegiatan dan kelas untuk anak-anak di sini yang termasuk ke dalam kegiatan Kids Club.

Kids Club berbeda dengan playground. Kalau anak bermain di Playground, ya bermain bebas saja tanpa ada “guru” yang mengajarkan.

Namun kalau mengikuti Kids Club, anak akan diarahkan dan diberi aktivitas yang sesuai umurnya dan merangsang perkembangan motorik serta sensorik mereka.

Selain kids club dan playground, Oddish juga menyediakan tempat makan, makanya tadi aku bilang orangtua bisa bersantai makan di restorannya. Soalnya memang tersedia tempat makan yang juga cukup luas di sebelah luar.

Jadi orangtua bisa tenang menunggu anaknya mengikuti aktivitas sambil menyantap hidangan yang dipesan.

Lokasi Oddish Family Hub

Oddish Family Hub

Waktu itu kami sedang menginap di Omah Kaktus Homestay. Nah, Oddish Family Hub hanya berjarak sekitar 10 menit dari sana.

Berhubung tempatnya tidak jauh, ya kami memutuskan ke sini donk yaa, lumayan bisa sambil makan siang juga nantinya.

Alamat lengkapnya di Jl. Umbul Permai Padukuhan Mudal No. 77, RT.001/RW.019, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak sulit untuk menemukan lokasinya karena letaknya berada di jalan besar

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Oddish Family Hub

Kami waktu itu datang sudah agak siang di jam 11 sepertinya. Berhubung memang bermaksud untuk makan siang di sana kan, jadi memang datang di waktu makan siang.

Namun, Oddish Family Hub nya sendiri mulai beroperasi sejak jam 08.00 pagi sampai jam 21.00 malam ya. Jadi kalian bisa bebas bermain dan datang di waktu kapanpun.

Untuk harga tiket masuk playgroundnya berbeda dengan biaya Kids Club. Berikut ini list biaya baik untuk masuk playground, pun untuk Kids Club nya ya.

Playground

Weekday

  • 1 Jam: Rp 55.000
  • 2 Jam: Rp 90.000
  • All Day: Rp 135.000

Weekend

  • 1 Jam: Rp 75.000
  • 2 Jam: Rp 110.000
  • All Day: Rp 150.000

Playground Package

  • 1 Anak/Bulan: Rp 1.110.000
  • 2 Anak/Bulan: Rp 990.000
  • 3 Anak/Bulan: Rp 880.000

Kids Club

Class Workshop

  • Starter Class: Rp 75.000
  • Master Class: Rp 105.000
  • Adventure Class: Rp 150.000

Kids Club Package

  • 3x dalam 1 Bulan: Rp 330.000
  • 5x dalam 1 Bulan: Rp 385.000
  • 8x dalam 1 Bulan: Rp 585.000

Di jam kedatangan kami tersebut, anak-anak main terlebih dulu sambil papanya istirahat.

Aku memutuskan untuk membeli tiket 2 jam bermain di playground supaya ada “batasan waktu” kapan kami akan pulang.

Begitu sudah bermain agak lama, aku mulai memesan makanan, supaya saat mereka selesai main nanti mereka bisa langsung menyantap makanan yang tersaji.

Anak-anak Bermain Seru

Playground Oddish Family Hub

Kalau dilihat sekilas, tempatnya memang luas. Namun memang areanya terbatas dan kita tidak akan menyangka kalau di area yang terbatas, terdapat berbagai macam mainan seru yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Aku bilang berbagai macam, karena memang lumayan banyak lho ragam mainan yang ternyata ada di dalam playgroundnya.

Memang sih ditempatkan dalam satu area, tapi kalau diperhatikan, setiap itemnya itu merupakan mainan yang berbeda dan punya fungsi masing-masing. Begini kira-kira kalau aku jabarkan semuanya:

Dino Fossil Zone

Ini merupakan zona berpasir gitu yang dipisahkan oleh “Pagar” rumput dan anak-anak bisa memasuki kawasan ini melalui “lorong” yang disediakan.

Ketiga anak aku sangat suka bermain di area yang ini karena mereka memang suka sekali dengan pasir.

Pada bagian bawahnya terdapat semacam fosil dinosaurus gitu ceritanya. Jadi bikin anak-anak semangat dan antusias untuk “menggali” pasir yang ada.

Luas pula areanya. Anak-anak aku malah sampai bikin kawah sendiri dari pasir yang ada di sini.

Anak-anak bikin kawah pasir

Trampoline

Nah area trampolin ini sebetulnya hanya bagian kecil dari playgroundnya. Tapi memang tersedia satu trampolin yang diberi pagar pembatas dan diletakkan dekat dengan area monkey bar.

Playground Oddish Family Hub

Monkey Bar

Area yang berdiri di dekat trampolin ini juga merupakan favorit anak-anak. Eh, kayanya di semua area deng favorit anak-anak mah, namanya juga lagi ada di playground ya, ahaha.

Tapi Nara (4,5 tahun) sih jelas belum bisa main yang ini, soalnya tingginya belum cukup. Naia Nawa saja yang bermain di sini.

Nawa sampai bolak balik bergelantungan. Mainan ini menstimulasi otot tangan anak dan pergerakan tubuhnya banget ya.

Mereka jadi melatih elastisitas dan keseimbangan tubuh mereka.

Bermain Mobil-mobilan dan Sepeda

Nah si Nara malah sibuk main mobil-mobilan kecil yang disediakan di sini.

Mobil dan motor mainan melimpah dan bisa dinaiki siapa saja asal bergantian. Oddish Family Hub juga menyediakan sepeda dan memang tersedia jalur khusus untuk sepeda dan bermain mobil-mobilan ini lho sebetulnya.

Memang si di seluruh area playgroundnya terdapat jalanan halus yang bisa dipakai untuk sepeda (dan stroller kalau orangtuanya membawa stroller).

Tapi di sisi paling ujung playground mendekati area library atau area Kids club, ada mini lalu lintas yang dibuat supaya anak-anak bisa bermain sepeda dengan teratur.

Brakiasi dan Rumah Kayu

Selanjutnya ada brakiasi dan “rumah” kayu. Mainan ini satu kesatuan sih, karena memang terhubung panjang dan yang paling terlihat saat kita memasuki area playground.

Paling terlihat karena bentuknya yang memang paling besar plus letaknya yang melintang seakan membagi dua area playground Oddish Family Hub.

Plus di bagian bawah rumah kayu tersebut terdapat sound garden yang dimaksudkan untuk anak-anak mengeksplor alat musik yang terbuat dari bahan-bahan yang ada di rumah seperti panci dan juga drum.

Anak bisa menaiki brakiasi ini dari wall climbing landai yang ada di bagian pangkal, lalu menyusuri jembatannya sampai akhirnya tiba di slider lalu meluncur dari atas.

Beneran anak bisa bolak-balik banget mainan ini. Dahlah emak tinggal ngeliatin aja dari bawah, menunggu anak capek, yaang kalau dipikir-pikir mereka gak ada capeknya, huahaha.

Happy bener lagi mereka di sini 😀

Senang main

Merry Go Round

Anw, di dekat brakiasi ini terdapat juga area Merry go Round yang dilengkapi dengan panjatan yang terbuat dari ban-ban bekas.

Merry go round

Area Air

Di bagian kanan dan mendekati toilet terdapat juga area basah-basahan yang terdiri dari kolam renang tiup juga kolam cetek yang cukup besar.

Fungsinya memang bukan untuk berenang, melainkan main air saja. Malah sudah tersedia mainan air yang bisa anak-anak mainkan.

Area air Oddish Family Hub

Nara sebenernya mupeng banget mau mainan di sini, tapi berhubung kami gak menyiapkan apa-apa untuk basah-basahan ya mohon maaf banget ke anaknya kalau dia belum bisa main di sini, ahaha.

Walau begitu anaknya tetap seneng-seneng aja sih bisa “curi-curi” kesempatan main di sisi pinggirnya saja. Plus dia memang lagi happy bener bisa main motor-motoran dan mobil-mobilan sampai puas.

Mini Library

Mini library ini yang dipakai untuk Kids Clubnya juga kelas-kelas untuk anak yang mereka adakan.

Tapi pengunjung playground juga dibebaskan untuk main dan mengeksplor area ini ya. Soalnya selain ada lemari buku dan meja-meja yang digunakan untuk aktivitas, mainannya juga banyak.

Mainan masak-masakan, pertukangan, sampai tenda-tendaan pun ada. Nah pendamping anak yang menemani sampai masuk ke playgroundnya bisa nih bersantai di sini saja.

Movie Night

Area movie time

Oiya, Oddish Family Hub juga mengadakan movie time rutin lho. Biasanya diadakan setiap weekend sekitar jam 19.00 malam.

Kami sih gak mampir ke sini lagi untuk movie night yaa, tapi menarik juga kalau kapan-kapan ke sini sore ke malam saja sambil lanjut menonton film bersama, ihihi.

Fasilitas Lainnya (Mushola, Toilet, dan Lahan Parkir) di Oddys Family Hub

Fasilias umum lainnya yang terdapat di Oddish Family Hub lumayan oke lho.

Memang sih musholanya agak kecil, tapi lumayan bersih dan bisa lah untuk tempat sholat dua sampai tiga orang.

toilet

Toiletnya terletak di dekat mushola dan juga ada yang terletak di bagian dalam playground. Di dalam playgroundnya selain digunakan untuk toilet, juga digunakan sebagai kamar bilas anak-anak kalau mereka main basah-basahan.

Toiletnya bersih bersih dan wangi deh.

Nah berikutnya tempat parkir, lahannya ini lumayan besar lho, bisa menampung 10-12 mobil deh sepertinya. Memang dirancang supaya bisa menampung cukup banyak keluarga yang datang lah yaa.

Soalnya memang punya beberapa macam aktivitas yang seru juga kan di beberapa waktu tertentu 😀

Parkiran Oddish Family Hub

Peraturan di Oddish Family Hub

Bagian yang paling paling aku suka adalah peraturan di dalam area ini yang melarang semua pengunjungnya untuk merokok.

Berhubung memang tempat untuk berkumpulnya banyak keluarga yang hampir dipastikan membawa anak-anak, bahkan mungkin bayi, kebijakan untuk melarang merokok dan melakukannya dengan tegas jadi nilai tambah banget buat aku pribadi.

Oiya, peraturan lengkap yang harus dipatuhi oleh setiap pengunjung kira-kira seperti ini yaa:

  • Dilarang untuk merokok dan vaping di semua area
  • Dilarang untuk membuang sampah sembarangan.
  • Untuk anak yang masih di bawah 5 tahun wajib didampingi dengan 1 pendamping dewasa.
  • Tidak boleh membawa makanan ke area bermain.
  • Semua transaksi yang ada di Oddish Family Hub menggunakan sistem cashless.

Makan di All Rich

All Rich Restaurant

Selagi anak-anak main di playground, suami bisa istirahat nih di restorannya. Lumayan dia jadi punya waktu nyantai sebelum kembali menyetir lagi nanti.

Di tengah anak main, aku minta mereka berhenti sementara untuk memilih menu apa yang mau mereka makan.

Rupanya restoran di sini menyediakan makanan Jepang. Anak-anak langsung tertarik dan meminta sushi deh. Selain sushi, aku juga pesan ramen untuk si Nara pecinta mie.

Sambil menunggu makanannya tersaji, anak-anak lanjut bermain memanfaatkan waktu mainnya sebelum habis 2 jam, haha.

Jadilah mereka betul-betul menyelesaikan main di playgroundnya begitu penjaga memanggil nama mereka tanda kalau waktu 2 jamnya sudah habis.

Alhamdulillah mereka jadi lahap makannya, kayanya karena kelaperan juga ya habis bermain sampai puas di playground, ahaha.

Range harganya termasuk pricy tapi worth it dengan rasa dan porsinya yang lumayan banyak lho. Kami sekeluarga sih cukup puas menikmati makanan di sini yaa 😀

Jangan Sampai Anak Tidak Mau Pulang

Aku ngerti, di sini tuh playgroundnya emang seru dan bikin anak-anak susah diajak pulang. Apalagi anak-anak aku seneng banget kan sama pasir, jadi mereka asik banget main di Dino Fossil Zone alias area berpasirnya.

Senang Main di Oddish Family Hub

Tapi kita bisa lho memberi mereka pengertian di awal. Kami sih ngasih tau ke mereka kalau kami membelikan tiket masuk playground yang hanya untuk 2 jam.

Jadi mereka bisa bermain di sana ya selama 2 jam itu saja.

Kalau si penjaga sudah mulai memanggil nama mereka, artinya mereka harus segera selesai dan beranjak siap-siap pulang.

Alhamdulillah sih anak-anak bisa diberi pengertian seperti itu. Jadi mereka betul-betul memanfaatkan waktu bermain mereka sampai detik terakhir.

So, buat kalian yang lagi di Jogja dan bingung mau mengajak anak ke mana, cuuss ke sini aja deh. Tempatnya recommended dan bikin semua puas. Anak-anak puas main, orangtua puas makan, ihihi.

Kalian juga bisa baca rekomendasi aku untuk wisata Jogja seharian bersama anak-anak lho.

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

9 Comments

  1. Wah seru sekali kak, si kecil senang orang tuanya pun ikut senang, konsep seperti ini keren banget. Jogja makin lengkap aja destinasinya.

  2. Area bermainnya banyak banget dan menarik. Masih kelihatan seperti tempat baru. Kok sepi ya mbak? Padahal waktu liburan sekolah.

    Baru kali ini tahu ada tempat rekreasi yang melarang pengunjung merokok. Keren.

    1. Iya, jarang banget kan outdoor gini ada larangan merokok. Makanya aku suka deh ke sini, ramah anaknya beneran, ihihi.

  3. beneran keseruan liburan bersama anak dan keluarga di Oddish Family Hub Jogja sungguh terasa. Area playground outdoor yang sangat luas membuat anak anak senang dan orang tua juga bisa menunggu sembari bersantai di cafe nya atau bahkan ikuta bermain juga

  4. Saya orang Yogyakarta, berdomisili dekat banget dengan Malioboro, malah baru tahu adanya tempat ini dari tulisan ini. Hahaha … Mungkin karena lokasinya di utara sna jadi terlewat dari radar saya.

    1. Bisa jadi mak, ihihi. Tapi emang biasanya gitu yaa, yang daerah tempat tinggal kita malah kadang terlewatkan. Aku aja suka ketinggalan dengan apa yang ada di Depok nih xp

  5. Bagus banget lokasi bermainnya, dan cocok banget ini untuk anak-anak bermain serta wahananya banyak pilihan,

  6. Suka deh aku liat aneka permainan edukatif untuk anak seperti ini biar mereka lebih aktif dan perkembangan motoriknya baik… apalagi kalau tempatnya gak cuma bikin happy anak tapi juga orang tua yess….

  7. waahhh, noted bget ini mba.
    kami lumayan sering bolak balik jogja dan kebingungan mau kemana lg ya sama bocil2 ini.
    kl bukan wisata, paling playground mall, tp oddish ini bisa jadi solusi bget nih thanks mba sharingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.