Kid's Activity

10 Barang Bermanfaat dari Kardus Bekas

Berhubung Naia setiap bulan beli susu yang kardusan, setelah susunya habis kita jadi punya limbah lumayan banyak kardus bekas deh. Saya sih membuangnya di plastik khusus barang2 yang bisa didaur ulang biar bisa langsung dikasih ke pemulung. Tapi, banyak kardus gitu kok ya bikin saya pengen bikin sesuatu yah dari kardus2 itu. Entah mainan Naia atau sesuatu yang berguna lah.

Akhirnya niat membuat sesuatu itu gak cuma niat tapi sedikit sedikit dilaksanakan, hihi. Sampai sekarang barang-barang ini lah yang berhasil saya bikin dari memanfaatkan kardus bekas tadi. Oiya, gak cuma kardus besar sih, karton bekas susu atau biskuit juga saya manfaatkan kalau sedang iseng, hehe 😀

Here goes the list:

1. Mainan Warna

6 Warna
6 Warna

Yang ini pernah saya ceritakan di sini sih. Saya pakai karton bekas bungkus pasta instan (baca: spageti La Fonte xp). Naia jadi bisa belajar mengenal lebih jauh tentang warna dari sini. Saat saya bikin inipun sebetulnya dia sudah lumayan mengenal warna sih, dia sudah hafal warna hitam dan merah. Tapi, berkat ini, dia jadi hafal semua warna yang saya bikin itu deh. Sekarang malah berlanjut ke warna-warna yang bukan warna primer seperti pink, ungu, dan coklat. Dia malah sekarang sudah bisa membedakan dan menyebutkan mana hijau tua mana hijau muda, hihi. Alhamdulillah ya nak, mainan kamu gak mahal 😛

2. Mainan Labirin

*gambar menyusul*

Kalau yang ini full dari kardus bekas susunya Naia. Ini bukan sekedar kotak lho. Di dalamnya saya beri jalur supaya ada 3 jalan masuk dan 3 jalan keluar. Yang kiri keluar ke tengah, yang tengah keluar ke kanan, yang kanan keluar ke kiri. Agak ribet sih bikinnya, hehe.

3. Rak Boneka

Rak Boneka
Rak Boneka

Berhubung boneka Naia cukup banyak, saya ceritanya mau iseng bikinin tempat buat mereka. Tapi rak ini baru sehari aja udah gak kuat, ahaha. Kayanya sih ya butuh bahan yang lebih kuat dari kardus, terutama penyangganya.

4. Scrapbook

Scrapbook
Scrapbook

Waktu bikin annual project saya, foto yang dicetak terlalu banyak dan bersisa. Akhirnya sisa foto yang banyak itu saya buat scrapbook aja deh dan dikasih ke yangtinya Naia, hihi. Beberapa waktu kemudian saya jalan2 sama Naia dan iseng fotobox *masih jamaan doonk yaa fotobox* dan punya banyak foto cilik2. Saya lalu bikin scrapbook lagi buat papanya biar semangat kerja xp. Semoga dia gak malu yah majang beginian di meja kerjanya, hihihi.

Buat Papa
Buat Papa

5. Tempat Buku Naia 

Tempat Buku dari Kardus
Tempat Buku dari Kardus

Baik yang kecil maupun yang besar, haha. Awalnya sih saya bikin yang kecil saja. Etapi terinspirasi dari yang kecil itu saya akhirnya bikin yang besar supaya menampung kertas2 coretan Naia yang berantakan di rak buku. Jadi lebih rapi sekaligus mengurangi sampah kardus doonk *benerinkacamata*. Sekarang Naia jadi punya total 3 tempat buku begini, 2 yang kecil, 1 yang besar ^^

6. Pesawat Mainan 

Pesawat dari Kardus
Pesawat dari Kardus

Beberapa waktu lalu, Naia dapet boneka tidur Soothe & Glow Seahorse™ dari Fisher-Price yang sampai sekarang masih jadi boneka favoritnya. Bangun tidur aja langsung nyariin “kuda laut mana”, bukan emaknya duluan yang dicari -_-. Nah, kardusnya belum sempet dibuang, saya udah kepikiran kayaknya bisa dibuat jadi pesawat terbang deh. Berhubung Naia juga suka pesawat gitu. Yasudah, saya bikin lah. Murni memanfaatkan kardus bungkusan boneka itu doank loh ini. Eh, pakai tambahan deng buat ekornya. Tambahannya dari kardus bekas mainan Fisher Price juga yang Laugh & Learn™ Storybook Rhymes. Bisa jadi pesawat buat Tobi deh, ada bagasinya pulak xp

7. Tas Mainan

Box_masak2an
Box_masak2an

Jadi, kan si Naia punya banyak mainan masak-masakan ya. Nah, saya risih banget kalo liat itu tempatnya di plastik kresek yang lumayan gede, gak rapi banget gituh, haha. Akhirnya ya saya coba aja iseng2 bikin dari kardus plus tali dari tas goodie bag yang emang udah rusak. Ditambahin kertas kado, voila, jadinya gini deh. Mainan masak-masakannya jadi tersimpan rapii. Sehabis mainan itu juga dia jadi seneng ngeberesinnya. Dan karena ada talinya, dia juga jadi bisa bawa kemana-mana kalau mau main.

8. Troli Mainan

Troli dari Kardus
Troli dari Kardus

Setiap belanja bulanan Naia memang seneng nih dorong2 troli. Tapi kadang2 sih cuma duduk2 aja juga di troli, capek katanya, haha. Eh, tetangga punya troli mainan dan Naia ngilerr banget liatnya. Berhubung saya gak sempet2 (baca: males) pergi ke pasar buat beliin troli mainan ini, ya saya bikin aja deh lagi dari kardus. Lumayan kaan, anak seneng, saya gak capek, mainan gak beli. Semua bahagia, yeay!

9. Rumah Naia

Rumah Naia

Rumah Naia

Kalau yang ini saya gak capek2 bikin, tinggal Naia aja yang masuk kardus. Dia terus bilang deh itu rumahnya, hahaha. Padahal kardusnya kecil juga xp. Eh, tapi waktu beli mesin cuci, kardus mesin cucinya lumayan kepake buat rumah2annya Naia juga kok. Yang ini besar, jadi Naia bisa tidur2an di dalamnya, bertahan cukup lama sih, sampai semingguan kalau gak salah.

10. Topeng 

Topeng dari Kardus
Topeng dari Kardus

Haha, yang ini sebetulnya pengen bikin aksesoris photobooth gitu. Tapi baru jadi satu Naianya udah keburu main sama temennya. Yasudahlah gak dilanjut dan cuma jadi 1 topeng-topengan ini doank.

Wihihi, banyak juga ya barang dari kardus yang udah saya bikin. Yaa, selanjutnya bakal ada lagi sih kardus-kardus bekas lainnya. Selanjutnya Naia juga pasti butuh mainan-mainan lainnya, jadi marii cari ide barang apa lagi yang bisa dibuat dari kardus bekas 😉

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

31 Comments

  1. ih lucu ya buat anak kecil. kalau scrap Book , aku suka buat

  2. Aiiih kreatif bener niih mak…seminggu lalu bikin tugas si kakak jam analog + poto dr kardus juga…hasilnya lumayaan

    1. wah, bisa jadi ide selanjutnya nih.. thanks mak 🙂

  3. hahahaha keren nih emak2,kreatif bangettt..itu yang masuk kerdus benar2 anak2 banget ya hehe

    1. iyaaa.. tiap anak kayaknya kalo liat kerdus matanya ijo yaak, hahaha

  4. Wahh samaa, gw jg suka bikin sesuatu pk dus susu hihihi

    Btw thanks yah info lain nya 😀

  5. Wah, bisa jadi macam-macam ya… Mamanya kreatif banget. Mau nyontek bikin tempat buku ya.. 🙂

    1. silakan maak 🙂

  6. Kreatif….. @_@

  7. Referensi yg bagus Mba.. aku share ke adik ah.. anaknya ada yg berusia 1 tahun … boleh kan Mba?

    1. boleh dooonks 😀

  8. Duh.. saya suka banget postingan ini. Bisa nambah ide buat manfaatin barang bekas. Nice post mak 🙂

  9. kreatif bin rajin banget mak, saluuuutt 🙂

  10. hahhaa jadi emak emang kudu kreatif yaaa..
    jadi inget waktu olive keciil

    sayang dulu belom eksis jadi blogger
    jadi ga diberdayakan di blog dah hhaaaa

  11. Seneng ih liatnya Mak. Pengen niru ah kalo si baby udah lahir nanti 😀

  12. Alamak…. mamanya kreatif sekali .. 🙂 suka mbak lihatnya

  13. Ish… kece bingiiiiit! Boljug nih, aku punya banyak kardus juga. Tapi ga sekreatif kamu. -____-

    1. ayo mbaak, keluarkan kardusnya, bakal kepikiran jadi apa deh kalo ngeliat tumpukan kardus gitu, hehehe

  14. keren iih. Tempat buku sama rak boneka, au perlu banget yang ituh. Bisa dilempar ke sini? 😀 😀

  15. Wahh boleh nih dicoba… Kreatip ni si emakk 🙂

  16. Aah seru banget punya mama kayak Mbak Isti.. Super duper kreatif! *dan gak males kayak aku :v

  17. Keren banget, yang pesawat kayaknya layak dicoba ^_^

  18. favorit saya nomer 9 Mbak, itu Naia nya keliatan lucu bangettt

  19. Mau bikin yg topeeng ^^ ..sblum masak hehe.. Salam utk naia yaa

  20. Vixalexa says:

    Kreatif kak, Thanks ya udh share :mrgreen:

  21. Terima Kasih.. artikelnya menarik dan bermanfaat banget. blognya juga keren bikin betah ka hehe

  22. Wah menarik… bisa dicoba nih ka
    makasih infonya

  23. Keren banget ya dari kardus bekas bisa jadi begitu.
    cantik cantik lagi kreasinya 😀
    tambah inspirasi nih

  24. hahaha.. itu rumah dari kardus mudah banget buatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.