Traveling

Petualangan Seru di Taman Safari Prigen Bersama Anak-anak

Awalnya aku pikir Taman Safari Prigen ini menyatu lho dengan Baobab Safari Resort. Rupanya tetap berbeda ya. Berada di satu area sih, tapi pintu masuk keduanya terpisah cukup jauh.

Plus jerapah serta binatang lain yang berada di Taman Safari Resort ya memang tempatnya di situ, betul berbeda dengan yang ada di Taman Safari Prigen ini.

Anw, berhubung aku pribadi penasaran sama Baobab Safari Resort, jadi kepikirannya kalau menginap di sana ya sekalian main ke sini lah, hehehe. Toh memang dapet voucher diskon juga gitu.

Ditambah aku penasaran juga, isi Taman Safari Prigen ini seperti apa, apakah berbeda dengan Taman Safari Puncak? Ya tentu beda sih, lokasi nya juga beda kan, ahaha.

Berlibur ke Taman Safari Prigen

Tapi, maksud aku, berhubung Taman Safari Prigen ini seperti “cabang” Taman Safari, jadi ya kesannya mungkin sama. Keseruan yang dirasakan anak-anak juga sama gitu, ihihi.

Hal yang membuat paling berbeda kayanya pada bagian istana panda saja sih.

Okelah, langsung aja aku ceritakan seperti apa hasil pengalaman kami sekeluarga ke Taman Safari Prigen.

Seperti biasa, mulai dari lokasi dulu lah yaa.

Lokasi

Sesuai namanya sih, Taman Safari Prigen tuh berada di daerah Prigen Jawa Timur. Daerahnya mirip-mirip Puncak karena memang berada di dataran tinggi juga. Sehingga udaranya juga sama sejuknya.

Lokasi lebih tepatnya ada di RT.12/RW.06, Gn. Princi, Jatiarjo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

Kalau dari jalan utama, terdapat tanda gading besar sebagai patokan untuk menuju Taman Safari ya melalui jalan tersebut.

Aku pikir dari patokan gading itu sudah tinggal masuk ke dalam gitu ya. Namun ternyata perjalanannya masih agak panjang dari situ.

Kita melewati daerah rumah-rumah warga juga dengan jalanan yang berliku dan menanjak. Baru deh sekitar 10 menit kemudian kita bisa menemukan Taman Safari Prigen.

Lumayan lama ya 10 menit dari patokan gading sampai masuk ke Taman Safarinya, ehehe.

Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen memiliki 2 jenis tiket masuk, yaitu tiket reguler dan tiket premium.

Dari namanya saja kita sudah tau ya yang mendapat keuntungan lebih banyak itu yang mana? ihihi. Beda harganya tidak terlalu jauh juga sih, yang premium tetap lumayan terjangkau.

Harga tiket masuknya mulai dari 135 ribu untuk tiket reguler dan mulai dari 195 ribu untuk tiket premium.

Kalau tiket reguler, fasilitas yang bisa kita nikmati adalah Safari Adventure, Baby Zoo, Aquatic Land, Australiana Zone, 4 Animal Presentation, Wahana Permainan.

Nah, tiket premium mendapat fasilitas yang sama namun dengan tambahan ILM (Interactive Living Museum), SWW (Safari Water World) Show Temple of Terror, Show Dolphin, 1x Foto Satwa.

Perbedaan Tiket Taman Safari Prigen

Bedanya lumayan banyak sih, jadi kayanya tiket premium lumayan worth the price.

Walaupun begitu, kami akhirnya memilih tiket reguler saja. Berhubung kami juga datang baru dari siang dan kami mau melanjutkan road trip ke Malang, jadi kayanya gak akan sempat untuk menikmati semua fasilitas yang ada untuk tiket premium.

3 Area Utama Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen memiliki 3 area utama, yaitu Safari Adventure, Baby Zoo, dan Recreation Area.

Peta Taman Safari Prigen
Peta ini bisa juga kalian lihat di situs resminya ya

Sesuai namanya masing-masing, Safari Adventure merupakan area di mana kita bisa berkeliling pakai mobil dan melihat binatang-binatang yang berkeliaran di area terbuka. Inilah yang menjadi daya tarik utama Taman Safari donk ya.

Lalu ada Baby Zoo, semacam kebun binatang lagi dengan jenis binatang lain yang kali ini bisa kita lihat dengan berjalan kaki. Nah kebetulan letaknya Baby Zoo ini ternyata lumayan ada di bagian agak belakang (kalau dari arah tempat parkir).

Jadilah kami gak kepikiran untuk mampir di sana lagi. Plus kami juga sudah puas di Baobab Safari Resort kayanya sih, hehe.

Baca "Menginap di Baobab Safari Resort Siap-siap Disambut oleh Jerapah Ya!" deh untuk cerita lebih lengkapnya tentang Baobab Safari Resort.  ;)

Pengalaman Safari Pakai Mobil

Begitu kami selesai membeli tiket masuk, kami langsung memutuskan untuk berkeliling safari terlebih dulu baru kemudian makan siang.

Sebetulnya sudah hampir memasuki waktu makan siang sih, tapi anak-anak juga baru selesai ngemil, jadi aku rasa masih bisa lah ya untuk berkeliling dulu, haha.

Plus dilihat dari peta Taman Safari Prigen sendiri, jalur yang enak ya memang melalui Safari Adventure nya terlebih dulu deh.

Pemandangan yang Indah

Saat memasuki kawasan Safari-nya, pandangan aku tertuju pada pemandangan hutan yang indah dan menentramkan.

Pemandangan Taman Safari Prigen

Walaupun namanya sama-sama Taman Safari, tapi ada kesan yang berbeda di sini. Jadi selain bisa melihat binatang-binatang berkeliaran, kita juga dipuaskan dengan pemandangan hutan yang menakjubkan.

Jenis Hewan yang Banyak

Di sepanjang jalan, kita bisa menemukan mulai dari rusa, zebra, gajah, dan banyak binatang lainnya.

Sebetulnya kami sudah menyiapkan makanan yang akan kami berikan nanti saat bertemu rusa dan herbivora lainnya.

Namun setelah berjalan cukup jauh dan kami jarang menemukan binatang yang bisa kami beri makan, kami jadi khawatir sendiri karena kok ternyata rusa dan binatang herbivora lain yang terdapat di peta sudah kami lewati.

Akhirnya makanan yang kami bawa jadi diborong oleh binatang-binatang yang mendekati pintu keluar deh, ahaha.

Sempat Dihampiri Harimau

Nah, saat memasuki kawasan binatang liar, suami kok ya pakai berhenti gitu sebentar. Mungkin maksudnya untuk memperhatikan harimau gitu ya yang sedang tiduran.

Tapi ternyata ada satu harimau yang sadar kalau ada mobil yang berhenti. Dia sudah bersiap menuju mobil kami sambil berjalan pelan-pelan.

Dihampiri Harimau

Ya kami langsung tancap gas lagi lah sebelum dia mendekat. Ini aslinya jauh ya btw.

Rute yang Tidak Terlalu Panjang

Setelah sekitar satu jam kami berada di Safari Adventure, akhirnya perjalanan dengan mobil pun selesai dan kami lanjut memarkir mobil untuk makan siang.

Jangan salah, satu jam itu cukup sebentar lho. Buat kami, kami malah merasa perjalanan di Safari Adventure ini agak sebentar.

Mungkin karena anak-anak juga antusias dan senang ya, jadi rasanya mau lihat binatangnya lagi dan lagi.

Taman Hiburan

Ternyata tempat parkirnya berada di sekeliling taman hiburan anak dan juga dekat dengan Baby Zoo lho. Ya kan dua area utama lain selain area safari memang itu ya, ahaha.

Saatnya Main di Taman Hiburan Anak

Sebetulnya wahana yang ada di Taman Safari Prigen ini tuh jumlahnya sekitar 20an, tapi saat kami ke sana kemarin kami hanya sempat bermain di beberapa wahana saja.

Alhamdulillah tetap seru dan menyenangkan. Anak-anak juga puas sekali bermain di sini.

Baca juga: Di Bali Zoo Anak-anak Bisa Melakukan Aktivitas Ini, Termasuk Memberi Makan Singa Lho!

Awalnya sih mereka mau langsung main begitu melihat taman hiburan. Tapi aku ingatkan kalau mereka belum makan, jadi kami menuju tempat makan terlebih dulu.

Makan di Tiger Cave Restaurant

Begitu memasuki taman hiburan, mataku langsung tertuju pada gambar restoran yang ada di peta. Aku merasa kami harus segera makan sebelum anak-anak cranky.

Waktu itu Nara sudah lumayan cranky soalnya. Sepertinya perpaduan karena lapar dan mengantuk sih.

Setelah berjalan cukup lama dan kebingungan mencari tempatnya, akhirnya kutemui juga restoran yang kuincar, namanya Tiger Cave.

Tiger Cave Restaurant

Di sini kita bisa makan sambil melihat harimau dari kaca besar. Memang ini yang jadi daya tarik utama restorannya sih, pengalaman makan serasa ditemani harimau gitu.

Harimau di Tiger Cave Restaurant

Anw, makanannya cukup beragam dan lumayan enak deh. Menunya ada menu nusantara, pun menu mancanegara. Aku pesan pizza supaya kalau ada yang tersisa kami mudah membawanya.

Benar saja, Nara yang sedari tadi mengantuk sudah tertidur sebelum makanan. Jadi dia ketiduran tanpa makan dan sebagian pizza betul aku take away jadinya.

Karena itulah, akhirnya aku sama Naia Nawa pergi sholat dan main duluan, sedangkan Nara dijaga suami karena sudah tertidur dengan pulasnya. xp

Wahana Permainan yang Banyak dan Variatif

Setelah berkeliling mencari Tiger Cave tadi, kami menemukan (dan juga mengincar) cukup banyak wahana permainan sih.

Namun tidak semuanya bisa dimainkan sepuasnya.

Ada beberapa wahana yang hanya boleh dinaiki satu kali saja, seperti gajah bleduk, roller coaster kecil, bumper car, ontang-anting, rumah hantu, juga carousel, dan beberapa wahana lainnya.

Wahana yang jadi favorit Naia Nawa malah semacam becak yang berjalan di atas rel yang cukup tinggi. Untuk bisa berjalan, mereka harus menggowes becaknya sendiri.

Jadi cepat atau lambatnya mereka sampai akhir lagi ya tergantung gowesannya mereka deh.

Wahana favorit di Taman Safari Prigen

Sedangkan Nara, dia paling suka dengan kereta-keretaan, jadi segala macam yang bentuknya mirip kereta ya dicobain deh sama dia, haha.

Nara naik kereta-keretaan
Padahal jeep, tapi karena berurutan panjang kayak kereta, dia tetep nyebutnya kereta xp

Terakhir banget sebelum pulang, kami main donat air yang dikendarai oleh Naia dan papa. Masing-masing membawa tumpangan tentu saja, ihihi.

Wahana ini cukup seru sih, karena ternyata mesinnya lumayan kencang juga.

Donat Air

Anw, karena keasikan main ini, kami akhirnya malah melewatkan pertunjukan yang seharusnya bisa ditonton sore itu.

Tapi yasudah lah ya, toh kami juga senang bisa bermain lumayan banyak wahana.

Menonton Pertunjukan Hewan di Area Australia

Pada jam 4.30 sore, kami sudah bersiap untuk pulang. Namun, ada kereta wisata yang berhenti tepat di depan kami. Akhirnya kami pun mencoba untuk naik dengan mengeluarkan biaya lagi per orang hanya 10 ribu rupiah.

Kereta Wisata Taman Safari

Kereta tersebut sebetulnya membawa kita berkeliling area Taman Safari, termasuk ke area baru yang lumayan jauh dari taman hiburan dan lainnya, area Australia.

Gak jauh-jauh juga sih, kalau berjalan kaki juga masih bisa, tapi kayak terpisah aja tempatnya. Di sana rupanya baru akan diadakan pertunjukan hewan.

Berhubung kami tadi belum sempat menonton pertunjukan apapun, jadi kami turun deh di area tersebut, dengan menyimpan janji dari supir kereta kalau kami akan dijemput lagi di situ untuk pulang.

Pertunjukan Binatang di Area Australia

Pertunjukan yang ditampilkan di area ini tidak terlalu banyak dan lama sih. Berhubung hari juga sudah sore, jadi memang pertunjukan yang bisa dinikmati dalam waktu singkat.

Alhamdulillah, akhirnya kami tetap bisa menonton pertunjukan binatang juga ya. Anak-anak gak jadi terlalu sedih sedih banget dan lumayan terhibur deh jadinya. ๐Ÿ˜€

Lebih Puas Sambil Menginap di Baobab Safari Resort

Begitulah keseruan kami berlibur di Taman Safari Prigen ini. Kebetulan kami (aku sih) memang kepengen banget untuk menginap di Baobab Safari Resort ya, jadi sekalian ke sini deh.

Lumayan sih, kalau strateginya benar, asik dan seru banget lho.

Hari pertama puas main seharian di Taman Safari, sorenya menginap ke Baobab Safari Resort, lalu keesokan harinya puas menikmati fasilitas Baobab Safari Resort deh.

Kalau kami kemarin agak salah strategi. Kami malah menginap terlebih dulu, baru siang setelah check out, kami mengunjungi Taman Safari Prigen.

Tapi gapapa sih, walaupun memang lebih capek, Alhamdulillah anak-anak juga senang kami bisa menikmati wahana yang cukup banyak di sana ๐Ÿ˜€

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

11 Comments

  1. Kalo baca cerita mbak, aku udh bisa bayangin serunya sama dengan TSB yaa. Dan kayaknya memang kalau kesana butuh seharian sih. Jadi kalo nanti aku jadi ke malang, utk beberapa wisata aku mau tetapin sehari, biar puas ngeliat dan mainnya (โ โœทโ โ€ฟโ โœทโ ).. lagian TSB aja aku juga seharian dari pas buka Ampe sore jelang malam ????.

    Apalagi yg Prigen ini ada taman bermainnya. โ—‰โ โ€ฟโ โ—‰. Restoran Tiger cave itu aku pernah baca, dan memang menarik. Anak2 bisa melihat harimau dari dekat gitu, pasti seneng. Aku aja yg penasaran banget, bisa betah merhatiin harimaunya (โ โ‰งโ โ–ฝโ โ‰ฆโ )

  2. Aduh seru dan berkesan banget ini perjalanan nya
    Serasa saya juga ikut jalan melihat banyaknya hewan di taman safari ini
    Semoga suatu saat saya ada kesempatan datang langsung ke sana… Aamiin…

  3. Dibandingkan TSI yang di Puncak lebih luas mana? Saya gak pernah puas kalau cuma seharian main di TSI. Kayaknya banyak yang masih harus dijelajahi. Makanya waktu itu sampai menginap.

    Kalau TSP juga luas kayaknya memang sebaiknya menginap. Pernah juga baca review Baobab Safari Resort. Menarik juga nih sekalian menginap di sana.

    1. Iyaa mbak, aku juga sekalian menginap di Baobab Safari Resortnya. Nah, menurut aku lebih luas TSI yang di Puncak sih, hehe. Di sini kayak ngerasa kok udah keluar aja dari bagian Safari, jadi kayak kurang puas gitu, ahaha

  4. MasyaAllah asyik banget ya jalan-jalan di Taman Safari Prigen ini. Oya mbak, kalau dengan tiket premium dan masuk dari pagi, kira-kira bisa nggak ya masuk ke semua wahananya? Soalnya sayang aja kan udah bayar tiket yang harganya lumayan tapi nggak ngerasain semua wahananya.

    1. Sehariannya bisa seharian banget sampai malam lho mbak. Cukup worth it sih dengan tiket premiumnya. ๐Ÿ˜€

  5. di Jatim banyak tempat wisata yang cucok buat anak-anak ya ???? pengen main ke sana termasuk ke taman safari ini. semoga bisa terwujud di libur kenaikan kelas tahun depan.

  6. taman safari prigen ini kalau dari surabaya berapa jam, mbak? trus kalau mobilnya itu mobil sendiri atau sewa di tempat ya?

  7. Mba, penasaran total budget sama nginep plus makan berapa ya semuanya? Pengen banget ke sana juga gegara waktu itu lihat Kimbab Family juga wisata ke Taman Safari Prigen.

    1. Sekaligus nginep di Baobabnya ya berarti ya?
      Kamarnya sendiri sekitar 1,2, lalu dapet diskon masuk Taman Safari Prigennya 15%, jadi hanya bayar sekitar 135 ribu per orang. Makan kalau sekeluarga kayak kami, sekali makan berlima bisa sekitar 150 ribu-200 ribuan mba.

  8. MasyaAllah seru sekali anak-anak jadi melihat hewan secara dekat ya kak, aku juga pengen ya Allah semoga kapan-kapan bisa ke sini. Nabung dulu pastinya dan lokasi jauh sekali dari rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.