Traveling

Anak 3 Tahun Bisa River Tubing di Pondok Halimun Sukabumi!

Iya, waktu Nawa berumur tiga tahun, eh bahkan tiga tahun kurang dua bulan deng, kami mengajak anak-anak ke Pondok Halimun, Sukabumi. Awalnya sih gak berencana mengajak dia River Tubing di sana. Walaupun papanya memang mau River Tubing yaa.

Sekitar bulan Desember 2018, suami mengajak kami ke Pondok Halimun Sukabumi, karena sewaktu kuliah dulu dia pernah ke sana dan punya memori yang cukup menyenangkan dan teringat sampai sekarang.

Jadi, dia mau mengajak keluarganya untuk bisa mempunya memori menyenangkan juga tentang tempat itu serta merasakan juga keseruan beraktivitas di sana. Yasudah kami ke Sukabumi deh untuk menginap semalam di sana. Tujuan utama tentu ke Pondok Halimun ini.

Pondok Halimun

Tapi kami tidak menginap di Pondok Halimunnya sih ya, hehe. Anw, gimana ceritanya Nawa yang belum genap 3 tahun itu bisa River Tubing di Pondok Halimun? Yuk lah aku share. Mulai dari lokasi Pondok Halimun dan ada aktivitas apa saja di sana deh yaa.

Lokasi Pondok Halimun

Pondok Halimun Sukabumi
Jalan Menuju Pondok Halimun

Berlokasi di Sukabumi, Pondok Halimun ini memang salah satu camping ground gitu ya. Jadi tempatnya masih terhitung alami karena berada masih di daerah pegunungan, tepatnya di kaki gunung Gede Pangarango.

Yap, ternyata gunung Gede tuh sebesar itu ya, salah satu kaki gunung berada di daerah Cisarua sana, sisi lainnya lagi ya berada di Sukabumi sini.

Di dalamnya, kita bisa treking tipis karena areanya masih tanah berbatu serta mengikuti aliran sungai yang terdapat di sisi kiri Pondok Halimun.

Alamat lengkapnya di Jalan Selabintana, Perbawati, Kec. Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43151.

Harga Tiket Pondok Halimun

Suami mengajak ke Pondok Halimun ini salah satu alasannya karena harga tiketnya yang sangat sangat terjangkau. Bayangkan saja, kami bertiga (waktu itu baru dihitung bertiga ya, aku suami dan Naia, Nawa belum dihitung) hanya dikenakan tarif sebesar 7.500 rupiah.

Artinya, setiap orang hanya dikenakan biaya sebesar 2.500 rupiah. Murah yaa ini mah yaa.

Sekarang sih tiketnya sudah naik menjadi 3.000 rupiah per orang. Masih tetep murah doonk.

Baca juga: Herman Lantang Camping Ground

Tapi, berbeda lagi untuk kendaraan. Kendaraan yang masuk, baik motor, mobil, mini bus, maupun bus pariwisata dikenakan tarif yang berbeda lagi, yaitu:

  • Untuk mobil, dikenakan biaya sebesar 20.000 rupiah.
  • Untuk motor, biayanya 8.000 rupiah.
  • Minibus sebesar 30.000 rupiah.
  • Bus pariwisata dan sejenisnya dikenakan tarif sebesar 135.000 rupiah
Halaman Parkir Pondok Halimun
image source: nativeindonesia

Di halaman parkir Pondok Halimun ini sendiri tersedia warung-warung makan, jadi begitu sampai Pondok Halimun, kita bisa makan dulu sebentar di sini sebelum masuk dan berkeliling.

Selain warung makan, terdapat mushola dan toilet juga ya. Jadi memang pas banget untuk beristirahat setelah puas berkeliling Pondok Halimun dan sebelum melanjutkan perjalanan (kalau memang mau ke tempat lain).

Jam Operasional

Karena Pondok Halimun ini termasuk camping ground gitu, jadi mereka buka sepanjang hari selama 24 jam lho. Jadi yes, kita bisa masuk kapanpun kita sampai di Pondok Halimun ini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pondok Halimun

Sebetulnya Pondok Halimun ini cocok banget untuk anak muda yang memang suka dengan kegiatan camping. Berhubung memang tempatnya adalah camping ground sih ya.

Tempatnya memang sangat sejuk karena memang berada di kaki gunung Gede Pangrango kan. Aktivitas tambahannya juga cukup seru. Soalnya, mereka memanfaatkan sungai yang memang melintasi area Pondok Halimun ini.

Baca juga: Trekking di Sentul

Berikut inilah kegiatan yang bisa dilakukan di Pondok Halimun.

Camping

Yap, karena memang camping ground, jadi aktivitas yang pertama kali ingin dilakukan oleh pengunjung pastinya memang ini, camping.

Camping di sini punya sensasi tersendiri karena kita bisa membuat kemah betul-betul di pinggir sungai. Seperti yang waktu itu kami lihat, memang banyak kemah yang berada di tepi sungai yang melintasi Pondok Halimun ini.

Camping Pondok Halimun
image source: instagram buperta_pondokhalimun

Melihatnya sih seru yaa. Kalau anak-anak udah lebih gede lagi, mungkin mau coba deh camping di pinggir sungai begini, hehe.

Bike Ziplining

Ini dia yang aku coba, ahaha. Awalnya sih mau mengajak anak-anak melakukan ini. Tapi berhubung masih pada kecil, jadi masih belum berani.

Bike Ziplining di Pondok Halimun

Nah begitu aku naik, mereka malah jadi tertarik. Jadilah begitu aku selesai, kita berkeliling dan menyusuri Pondok Halimun sedikit sampai akhirnya mentok, kami balik lagi.

Begitu balik lagi, Naia Nawa malah mau mencoba bike ziplining (sepeda tali) ini, ahaha. Berhubung kami insyaAllah percaya dengan alat keamanannya, mereka naik deh. Satu sepeda berdua, karena memang bisa dibonceng yaa kalau anak-anak mah.

Lumayan tinggi ya bu. Buat orang dewasa sih mungkin tidak setinggi itu, tapi lumayan juga lah yaa kalau untuk anak-anak.

Setelah anak-anak merasakan sendiri naik sepeda tali di atas begini, mereka malah suka dan terlihat senang setelah berhasil mengalahkan ketakutan mereka akan ketinggian dan ketakutan mereka untuk naik sepeda tali ini.

River Tubing

River Tubing ini sebetulnya sudah terlihat tidak jauh dari pintu masuk Pondok Halimun. Tapi karena kami sepenasaran itu ada apa saja di Pondok Halimun, River Tubing ini malah kami (suami sih, aku enggak) lakukan di akhir sebelum keluar.

Awalnya juga mau suami sendiri yang melakukan aktivitas ini, tapi Naia malah mau ikut (dia waktu itu masih berumur 6 tahun, hampir 7 lah). Karena Naia akhirnya ikut, adeknya juga gak mau ketinggalan, padahal dia masih berumur 3 tahun kurang 2 bulan, ahaha.

Anak 3 Tahun River Tubing di Pondok Halimun

Ternyata kata guide-nya, insyaAllah Nawa bisa ikutan karena nanti akan dijagain oleh mereka.

Anw, buat yang belum tau, River Tubing ini adalah kegiatan menyusuri sungai menggunakan ban besar sebagai tempat duduk kita ya. Awalnya aku pikir Nawa bakalan tandem nih sama papanya. Ternyata enggak, dia malah dikasih ban tersendiri yang memang untuk dia.

InsyaAllah perlengkapan keamanannya lengkap ya. Dia dikasih pelampung dan helm, plus selalu dijagain oleh guidenya. Sungainya Alhamdulillah gak sedalam itu, jadi guidenya bisa tetap sambil berjalan sambil mengarahkan ban yang ikutan River Tubing ini.

Makanya Nawa juga jadi selalu dijaga dan dipegangin oleh guidenya. Naia dipegang dan dijagain oleh papanya.

Tenang saja, insyaAllah guide di sini sangat mengerti sungainya dan kalau memang sedang tidak bisa untuk berkegiatan, ya mereka tidak akan mengijinkan juga kita untuk River Tubing di sini.

Oh, sepertinya ini juga yang menjadikan River Tubing kami lakukan di akhir sebelum kami keluar deh. Sebelumnya cuacanya memang habis hujan, jadi guide nya belum yakin aman untuk melakukan River Tubing.

Tapi setelah puas berkeliling dan naik sepeda tali tadi, Alhamdulillah cuacanya lebih cerah dan sungainya insyaAllah sudah tenang dan aman untuk melakukan River Tubing ini.

Alhamdulillah deh kami jadi kebagian kegiatan seru ini, hehe.

Senang Bisa River Tubing di Pondok Halimun

Treking Tipis-tipis

Trekingnya ya menyusuri wilayah Pondok Halimunnya sih. Berhubung suami memang seantusias itu mengajak kami ke sini dan aku juga penasaran, jadi kami menyusuri area Pondok Halimun ini sampai batas ujungnya dan sampai gak bisa ke mana-mana lagi.

Sepertinya yang aku bilang batas ujung tuh lahan perkemahan lagi sih. Soalnya memang terdapat lahan rumput yang cukup lega. Sayangnya waktu itu lagi gak ada yang kemah di area bagian sini ya.

Kayanya cukup asik deh kalau berkemah di sini. Soalnya terdapat sungai juga di tepi lahannya, tapi bukan sungai yang beraliran deras, melainkan sungai kecil nan tenang, jadi bisa untuk main-main air cantik, ihihi.

Btw, kayanya yang aku bilang batas ujung bukan benar-benar ujung juga sih ya. Soalnya masih ada jalan sepertinya untuk yang mau menuju ke air terjun. Tapi berhubung kami bukan bertujuan ke air terjun, ya kami cukupkan sampai di batas ujung itu deh.

Ada Playground Juga!

Oiyaa, sepanjang kami mengeksplor Pondok Halimun ini, jangan dikira mereka tidak memikirkan anak-anak yaa. Soalnya ternyata kami menemukan playground juga di dalamnya.

Jadi, memang sudah cukup sering anak-anak diajak ke sini dan supaya anak-anak juga ikut menikmati kesenangan berkunjung ke sini, ya disediakan playground deh.

Playground di Pondok Halimun

Tadinya, kalau papanya saja yang River Tubing, aku berniat mengajak anak-anak main di sini saja sampai suami selesai River Tubingnya. Tapi ternyata kan mereka malah mau ikutan River Tubingnya yaa, jadi bermain di sini ya sebentar saja deh, hehehe.

Pengalaman Tak Terlupakan

Perjalanan kami ke Pondok Halimun ini jadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan sih. Tak terlupakannya ya karena Nawa yang belum genap 3 tahun itu sudah mau mengikuti River Tubing.

Alhamdulillah guidenya juga mengizinkan, berhubung aliran sungainya yang tidak sedang deras.

Mereka (guidenya) bahkan bilang memang Nawa ini anak yang paling kecil yang berani untuk mencoba River Tubing.

Mungkin karena pengalaman ini juga ya, sekarang kalau kami mengajaknya traveling lagi, memang dia yang antusias untuk mengeksplor tempat apapun.

Sewaktu hiking di Gunung Batur di Bali pun begitu. Di atas, dia mengajak untuk bisa berjalan ke bagian sumber mata air lagi. Sementara kami (aku dan papanya terutama) sudah kelelahan, dia masih bersemangat. Walhasil kami gak bisa memenuhi keingintahuannya dia, huhu.

Dia Alhamdulilah gak kecewa dan tetap happy happy aja sih, soalnya bertemu banyak monyet secara langsung ya di Gunung Batur ini, hehehe.

River Tubing di Pondok Halimun
Sebelum River Tubing

Anw, sebelum benar-benar turun ke air, mukanya terlihat antusias sekali. Begitu selesai River Tubing, tadinya sih mukanya cerah dan happy, tapi lama kelamaan dia menangis.

Menangis karena ternyata kedinginan, huahua.

Nawa Kedinginan Seusai River Tubing di Pondok Halimun
Nawa Kedinginan Seusai River Tubing di Pondok Halimun

Air sungai yang membasahi bajunya ternyata sedingin itu dan dia gak sabar untuk segera mandi dan berganti baju. Jadilah begitu semua peralatan keamanannya dilepas, aku bawa dia ke kamar mandi dan langsung kumandikan.

Tetap pakai air dingin sih, makanya mandinya juga sesegera mungkin. Langsung aku pakaikan pakaian yang berlapis dan membalur tubuhnya dengan minyak kayu putih supaya dia tidak kedinginan lagi.

Anak-anak Happy Diajak ke Pondok Halimun
Anak-anak Happy Diajak ke Pondok Halimun

Sepanjang perjalanan pulang, Naia Nawa langsung tertidur pulas sejak beberapa menit meninggalkan Pondok Halimun. Rupanya hormon endorfinnya telah habis dan mereka langsung merasa kelelahan sampai akhirnya tertidur, ahaha.

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

48 Comments

  1. Wajah anak2nya priceless banget hepinya. Apakah mereka merengek2 lagi minta ke sana? Karena pasti seru banget, aku bacanya aja ikutan excited. Cuma kalo cuaca lagi ekstrem begini nunggu redaan dulu ya Mba. Sayang di tempatku gak ada yg begini

    1. Iyaa, waktu itu aku ke sana tuh bulan Desember, makanya sempet udah ikhlas aja kalo gk bisa river tubing. Cuacanya sama, lagi kayak gini juga nih.

      Sekarang sih mikir2 lagi yaa kalau mau ke sana di cuaca begini, nunggu musim berganti aja deh, ahaha

  2. serrrruuuu, river tubing ini seru banget kayaknya ya, main air di alam, makasih rekomendasinya Mba Isti, anak2 kalau dikasih surprise ke sana pasti suka banget ini mah, apalagi pas liburan sekolah nanti

    1. Iyaa, seruuu! Jalurnya juga gak begitu jauh lho, jadi anak-anak gak keburu bosen atau kedinginan. Cuss surprise-in anak mbak, ihihi

  3. Ishhh, seruuuuu bgt mbaaaa
    Memgajak anak traveling ke alam.gini insyaAllah banyaakkkk bgt manfaatnya
    Bisa mengasah kepekaan dan hatinya jd makin lembut

    1. Aamiinn Aamiinn mbak.. Selain memang itu manfaatnya, ini mah enak bapaknya aja yang juga masih seneng main, wkwkwk

  4. Pinternya anak2 bisa anteng tanpa rewel no drama di River Tubing Pondok Halimun. Apalagi dengan tiket waktu itu masih murah pastinya membantu banget buat para wisatawan dari berbagai macam latar belakang ekonomi ya. Terjangkau dan puas bisa main apa saja, air, playground, sepeda dll yang berkaitan dengan alam. Belum lagi ada guide yang menjaga saat kita berada dalam air, keamanan pun terjamin

    1. Iyaa.. Puaass.. terutama untuk yang mengincar kegiatan alam, seru banget deh untuk mereka mah

  5. Aku aja belum tentu berani, itu dilihat juga termasuk tinggi, huhuhu.. Nawa keren deh, antusias ikut kegiatan apapun, bahkan yg paling kecil ikut River tubing. Bisa jadi wish list nih lokasinya, murah juga tiketnya

    1. Iya mbak, aku juga kaget waktu itu, kok tiketnya murah banget, ahaha. Apalagi di dalam juga banyak aktivitas yang bis dilakukan. Duh gak rugi deehh, hehe

  6. Anak2 kecil aja berani kemping dan river tubing ya..salut banget nih sama mbak Isti dan suami yang sering ajak mereka traveling ke mana-mana. Aku belum pernah nih main ke Pondok Halimun Sukabumi. Fasilitasnya oke juga ya dan memang sesuai untuk piknik keluarga. Ada playground juga, ada sepeda udara dll. Keren!

    1. Yuk mbak, cobain deh kapan2. Murmer shay ???

  7. ya ampun seru banget sih ini bisa rafting aman dengan anak-anak usia balita, pasti jadi pengalaman yang tak terlupakan sih

    1. Iyaa.. Aamiin, harapannya sih begitu yaa mbak. Jadi pengalaman yang mengesankan untuk anak-anak bisa puas main di alam gini ?

  8. Haha, mereka kayaknya langsung lapar tuh tiii
    Nawa keren sekaliiii, akoh mau dong ikuuuut. Nawa paling kecil2 cabeee rawit ya deek. Seru banget ini aku baca ceritanya aja jadi bayangin anak2 diangkut kesitu. Biasanya mamang2 guidenya udah terlatih ya ti tau karakter sungainya. Noted tempat ini

    1. Iyaa, mamang mamang guide nya okee lho. Sabar banget ngadepin kita yang rempong, ahaha

      Cobaa Cii ke sini jugaa kapan2 ?

      1. Anak-anak keren dan hepi kelihatannya. Catet deh kalau Pondok Halimun bisa banget dikunjungi sama anak. Ikut River Tubing juga oke yaaa

        1. Iyaa, anak-anak juga bisa ikut seru-seruan river tubing deehh 😀

  9. Wih kereeennn. Aku aja sekali doank river tubing takut2 hahaha 😀
    Bisa nih kapan2 bawa anakku ke situ juga buat melatih keberanian juga ya mbak. APalagi ada playgroundnya juga, anak2 pasti hepi sekali diajakin ke sana tuh 😀
    TFS info tempat wisatanya 😀

    1. Iyaa nih, murmer pula tiket masuknya yaa ?

  10. Seruuu banget liatnya mba. Alhamdulillah bannya gak kedegean banget ya jadi cukup di badannya si adik. Jadi ngasih ide buat jalan-jalan ntar sama anakku nih

    1. Ini di bannya dikasih semacam jaring gitu mbaak, jadi emang insyaAllah gak akan ndelesep (duh, apa sih kata kerennya ya, ahaha)

  11. Awwww…tampak menyenangkan sekaliii. Hijau dan segar pastinya, nyaman buat refreshing. Nawa yg masih tiga tahun juga bisa ikutan river tubbing. Pasti berkesan banget buat dia (ahaa..anak2ku malah belum pernah river tubbing).

    Jadi kangen sukabumi. Pernah tiga bulan tinggal di sana,tapi sudah duluuuu banget. Pasti skrg sdh sangat berubah.

    1. Iyaa nih menyegarkan sekali di Pondok Halimun ini lhoo ?

  12. Wah hebat sekali adiknya masih 3 tahun udah berani river tubing. Seru sekali ya bisa menikmati suasana alam bareng keluarga. Tentunya ini menjadi pengalaman tak terlupakan untuk anak-anak. Mereka berani mengalahkan ketakutannya dan akhirnya bisa having fun gitu..

    1. Aamiin. Semoga jadi pengalaman yang akan diingat terus yaa sama mereka ?

  13. Asyiknya, bisa ajdi referensi nih, pergi ke Sukabumi, di Pondok Halimun , ada camping ground yang tempatnya masih terhitung alami, tepatnya di kaki gunung Gede Pangarango.

    1. Iyap, luas & aktivitas nya banyak pula ya mbak ❤️

  14. Aku penasaran deh mom dengan bike ziplining. Kalau yang gemuk kaya aku bisa naik gak ya? itu sepedanya berjalan diatas seutas tali / hanya untuk action di foto saja?

    1. Yap, sepedanya berjalan di atas seutas tali. Tapi terhitung aman, soalnya pelindung nya insyaAllah lengkap

  15. Lagi ingin cari tempat buat liburan keluarga. Senang yang aktifitas alam. Kayaknya ini bisa jadi pilihan atau rekomendasi keluarga. Tempatnya juga pasti sejuk. Ingin coba yang river tubing 🙂

    1. iyaa, cobain mbak, seru juga dan murmer tempatnya, hehehe

  16. Nawa kereen sih, mba Isti juga keren berani mengijinkan dia ikutan river tubing. Tapi kalo mas yang jagain emang yakin, jadi ikut yakiin juga ya. Itu Pondok Halimunn kirain di Bogor, ternyata di Sukabumi. Murah ya tiket masuknya, pengen banget aslinya sayang jauh deh dari Semarang

    1. yap yap, kalau guide nya yakin, kita juga jadi yakin dan percaya insyaAllah anak-anak bakal aman.
      Huahua, iya jauh yaa. Di Semarang tapi bisa ke tempat wisata lain yang ada di sana 😉

  17. Wuiiihhh pinter banget itu adeknya,seneng bangett. Aku sama sekali belum pernah coba liburan seperti ini ma anak-anak,apalagi liat air sungainya itu beninggg bangettt segerrr. Penasaran kalau anak-anak liburan kaya gini mau ga yaa ? Seru banget soalnyaa ituu hehehe

    1. Cobaiin dulu Chaa, haha. Kayanya bakal ketagihan kalau udah berhasil sekali liburan, ihihi

  18. Waaah komplit ya fasilitasnya duh jadi pengeen secara dah lamaa banget tidak ke Sukabumi, belum explore sukabumi juga. Paling dulu kesana jenguk sodara sih ga sempet kemana2.

    1. iya, terhitung komplit yaa. Murmer pula lhoo

  19. Asik banget permainan di pondok halimun. Anak2 pasti senang sekali diajakin liburan ke sini. Molly sih mau juga jalan2 ke sini.

    1. iya, Alhamduillah pada seneng diajak ke sini 😀

  20. Seru ya kalau traveling bareng anak-anak itu. Udah ada kakak Naya, Naila, Naura berarti nanti bisa nambah 1 lagi Naruto ya

    1. Naia, Nawa, Nara oma, hihi.
      Oh no, Alhamdulillah 3 saja sudah cukup. Naruto cukup aku tonton aja, ahaha

  21. Wah seru sekali bisa River Tubing Di Pondok Halimun Sukabumi ini
    Anak anak pasti HEPI ya mbak

    1. Alhamdulillaah pada hepi mbaakk

  22. Imut banget, kak..
    Masih mungil-mungil tapi berani banget, mashaAllah~
    Ga nangis dan senyumnya itu loo.. bikin pembaca melting.
    Mana naik bike ziplining juga berani. Hebat banget pokonya mah..

    1. Iya, Alhamdulillah anaknya beraniii

  23. Hebatnya berani naik sepeda tali sendiri, aku jadi mupeng mau ajak anak-anak river turbing sama kemah kayanya bakal seneng soalnya main air kan. Langsung share tulisan ini ke pak misua. Wkwk
    Nunggu musim kemarau aja biar arusnya ngga deras, mau nyari sekitaran Jatim kayanya di Probolinggo ada.

    1. iya betul, nunggu musim kemarau juga aku sekarang kalo mau ngajak anak2 beraktivitas di sungai kayak gini lagi. Cuss, semoga dapet lampu hijau dari misua yhaa 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.