Traveling

5 Persiapan Liburan Keluarga Ke Lombok Bersama Teman Hidup Traveloka

Setiap kali kami sekeluarga ingin liburan yang jauh dan lama, apalagi yang perjalanannya menggunakan pesawat, biasanya kami melakukan beberapa persiapan yang bisa menunjang perjalanan tersebut jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Persiapan ini mulai dari membicarakan tujuan liburannya, berapa lama liburannya, itinerary saat di sana, sampai budget yang kira-kira akan kami habiskan saat liburan.

Terlebih lagi kalau tujuan liburannya ini memang merupakan liburan yang kami sekeluarga impikan. Bisa-bisa persiapan tersebut kami lakukan berbulan-bulan sebelum tanggal liburannya tiba.

Liburan Impian Yang Pernah Dilakukan

Iya, aku sekeluarga punya tempat-tempat liburan impian yang kami ingin wujudkan, seperti Lombok, Raja Ampat, bahkan Jepang dan Eropa. Tujuan paling besarnya sih semoga kami bisa keliling dunia sekeluarga, Aamiin.

Nah impian kami tersebut pelan-pelan kami wujudkan dengan mengawali dari liburan dalam negeri alias keliling Indonesia terlebih dahulu.

Juga dimulai dari liburan yang dekat-dekat seperti Puncak dan Bandung, lalu meningkat ke Jogjakarta, Bali, bahkan Singapura (hlo, ini mah udah bukan di Indonesia ya, ahaha).

Kami ke Singapura di akhir 2019 karena pada waktu itu tiket ke Singapura justru lebih murah dibanding tiket pesawat ke Lombok apalagi Rajaampat. Jadi kami putuskanlah gapapa deh bukan Indonesia dulu ya, yang penting judulnya tetap mewujudkan satu per satu tujuan traveling impian, hehehe.

Lalu tahun lalu Alhamdulillah aku pun bisa liburan panjang sekeluarga dengan melakukan road trip ke Bali. Panjangnya lumayan ya, bisa hampir 2 minggu. Rasa-rasanya itu liburan terpanjang dan terpuas kami sih, hehe.

Kali ini, kami sedang merencanakan untuk bisa #LihatDuniaLagi dan berlibur ke tempat impian kami selanjutnya, yaitu Lombok. Naik level lah ya (Aamiin), lebih jauhan dikit dibanding tahun lalu gitu.

Pantai Tanjung Aan Lombok – image credit @odytodyt

Berhubung memang pas nih momennya, jadi aku mau sharing deh apa saja langkah persiapan yang biasa kami lakukan sebelum melakukan liburan sekeluarga yang panjang dan cukup jauh seperti itu.

Karena pasti beda donk yaa persiapan liburan jauh seperti ke Lombok begini dibanding staycation cantik di Jakarta dan sekitarnya atau dibanding liburan ke Puncak atau Bandung.

Walaupun judulnya sama-sama liburan, tapi kalau tujuannya lebih jauh, pasti lebih banyak juga yang harus dipersiapkan doonk. Apalagi kalau tujuan lebih jauh, mau tidak mau membutuhkan budget yang cukup terasa bedanya ya kaan πŸ˜€

Kenapa Lombok?

Sebelum lanjut ke langkah persiapan, aku mau sharing kenapa kami memutuskan mau ke Lombok dulu deh.

Pertama karena memang ingin memulai untuk keliling Indonesia terlebih dulu kan sebelum keliling dunia?

Nah, Lombok (Mandalika lebih tepatnya) merupakan salah satu dari 10 kawasan pariwisata prioritas yang ditetapkan oleh Pemerintah. Makanya, Lombok jadi salah satu destinasi wisata utama di Indonesia.

So, gak salah donk kalau kami memutuskan Lombok sebagai tempat liburan impian kami sekeluarga?

Kedua, Lombok tuh memiliki keindahan alam yang tiada tandingannya dan sudah tidak perlu diragukan lagi. Terutama pantainya yang cantik dan indah menawan, ditambah adanya gunung tertinggi ketiga di Indonesia, gunung Rinjani.

Jadi, pesonanya tuh memang banyak banget walaupun pulau Lombok termasuk pulau kecil.

Ditambah sekarang juga banyak wisata Lombok yang ramah anak, jadi makin menguatkan keinginan kami untuk segera mewujudkan liburan impian ke Lombok ini deh.

Ketiga, ini yang makin makin menguatkan keinginan dan hasrat untuk segera ke Lombok. Yaitu karena adanya adik ipar di sana, jadi kami bisa berkumpul dan bermain bersama, seseruan ramai-ramai!

Adik ipar sekeluarga di Lombok

Kebetulan mulai awal tahun ini suami dari adik ipar ditugaskan ke Lombok, jadi makin tertanam kalau tujuan traveling keluarga kami selanjutnya bisa banget ke Lombok. Wisata sekaligus ngumpul keluarga gitu.

Aah membayangkannya saja sudah seruu! Ahaha.

Anw, langsung deh yaa langkah persiapan yang segera kami lakukan sebelum traveling sekeluarga ke Lombok kali ini.

1. Menentukan Tanggal & Lama Liburan

MenyusunRencanaLiburan

Menentukan tanggal (sekaligus menentukan berapa lama liburannya) ini ya supaya bisa bersiap beli tiket pesawat (PP) dari jauh jauh hari. Soalnya kalau mepet, harganya bisa lebih mahal shay, huhuhu.

Ini dilakukan paling awal juga karena harus memperhitungkan anak sekolah.

Alhamdulillah terbantu dengan adanya kalender akademik. Jadi, tinggal cari tanggal yang anak-anak gak ada kegiatan di kalender akademik masing-masing tersebut, baru cocokkan dengan ketersediaan papanya.

Kami maunya sih bisa sampai sekitar 6 atau 7 hari ya liburannya (termasuk perjalanan pulang pergi). Jadi nanti cari pesawat juga sekalian yang PP deh, mengamankan tiket pulang lah gitu.

2. Menyusun Itinerary

Itinerary Liburan ke Lombok
Tempat-tempat ini aku saved di Google Maps dan kujadikan public, kalian juga bisa contek ide tempat wisata Lombok ini di sini

Kalau menentukan tanggal serta berapa lama liburannya sudah, selanjutnya kami menyusun itinerary.

Biasanya kami googling tempat-tempat wisata apa saja yang bisa kami kunjungi di tempat tujuan kami. Tapi kali ini, kami sangat terbantu oleh adik ipar.

Berhubung dia memang sedang tinggal di Lombok, jadi sudah mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana. Ini juga yang jadi salah satu alasan kami makin mupeng mendengar kata “Lombok”, ya karena melihat keindahannya melalui foto-foto yang dibagikan oleh adik ipar, ahaha.

Kira-kira kalau kami nanti ke Lombok, ini dia itinerary yang akan kami lakukan:

Hari 1: Perjalanan Menuju Lombok + Desa Sembalun (Glamping di Sembalun)

Hari pertama ini kayanya full digunakan untuk perjalanan. Dari perjalanan menuju Lombok, sampai perjalanan ke Desa Sembalun dan menginap di sana.

Desa Sembalun ini merupakan desa yang berada di kaki gunung Rinjani. Lumayan lah yaa kalau kita ke sana, bisa melihat gunung Rinjani secara langsung walaupun gak pakai mendaki gunungnya, hehe.

Rasa-rasanya (saat ini ya) aku belum sanggup kalau disuruh hiking ke Gunung Rinjani. Entah ya kalau nanti ternyata diajak ke sana juga, ihihi.

Hari 2: Desa Sembalun + Pantai Pink

Desa Sembalun dan Pantai Pink
Letak kedua tempat ini di Google Maps: Sembalun dan Pantai Pink

Seperti yang aku bilang di atas, desa Sembalun ini berada di kaki gunung Rinjani. Jadi, yang ingin mendaki gunung Rinjani, biasanya memang melewati desa ini.

"Ini nama desa, tempat gunung Rinjani berada. Kalo mau liat monyet2 duduk santuy pinggir jalan, liat hijau2, udara dingin, nah kesini deh. Kalo bisa, sekalian nanjak salah satu bukit yg ada disana." - @odytodyt

Bisa jadi kami nanti glamping bareng adik ipar aku ya, biar seru. Anak-anak bisa makin antusias untuk glamping dan bermain bareng sepupunya di sini.

Berikutnya kami akan lanjut ke pantai pink. Pantai pink sendiri disebut sebut sebagai pantai berpasir warna pink.

Nah, kata adik ipar aku, warna pink pasirnya tidak begitu terlihat. Mungkin karena memang sangat subtle (tipis) yaa warna pinknya, jadi tidak begitu terlihat pink saat ke sana.

Pantai Pink
Waktu kesana, ga terlalu keliatan pink nya sih, tp kalo diamatin, emang ada pink2nya. Ini rada jauh dari kota, krn ada di ujung timur pulau Lombok. Sekitar 2 jam perjalanan. Tp sungguh ini masya Allah bagusnyaaaa.. Pasirnya haluusssss banget. Trus jalan beberapa langkah dari pantai menuju laut aja udah bs liat terumbu karang sm ikan2 berenang. Cuma agak bahaya kalo jalan, krn banyak pecahan karang yg tajam. Lebih baik berenang dan snorkeling-an.
-@odytodyt

Hari 3: Bukit Seger + Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan Bukit Seger
Letak kedua tempat ini di Google Maps: Bukit Seger dan Pantai Tanjung Aan

Bukit Seger adalah bukit dengan hamparan hijau yang luas. Bukit ini juga dijadikan spot untuk berfoto dengan latar belakang sirkuit Mandalika, sirkuit yang kemarin dipakai untuk MotoGP ituu. Uuu, mau kan ke sini kaann πŸ˜€

Sementara itu pantai Tanjung Aan terletak di bagian Selatan pulau Lombok, melihat fotonya dengan pasir putih yang cantik membuat aku sangat sangat ingin bersantai di pantai ini.

Anak-anak juga pasti senang karena bisa bermain pasir sepuasnya di sini. Apalagi kalau bersama sepupunya. Bisa gak pulang pulang nanti mereka, ahaha.

Pantai Tanjung Aan
"Pantai pertama yg bikin aku terpesonaaaa sm pantai di lombok. Jaraknya ga terlalu jauh kalo dari bandara, 30 menitan kali ya. Kalo dari kota bisa 1 jam. Pasirnya halus, ga banyak pecahan karang, jadinya nyaman di kaki. Ombaknya jg ga besar, cenderung aman buat anak2, apalagi kalo anaknya model kayak Giandra yg khawatir kalo liat ombak yg gedean dikit ?" - @odytodyt

Sebetulnya di Tanjung Aan juga ada bukit yang bisa kita daki, namanya bukit Merese. Siapa tau masih sanggup ke sini setelah kita ke bukit Seger sebelumnya deh yaa, ahaha.

Bukit Merese Tanjung Aan
image by @odyodyt

Hari 4: Gili Nanggu + Gili Kedis

Gili Nanggu & Gili Kedis
Letak kedua tempat ini di Google Maps: Gili Nanggu dan Gili Kedis

Next tentu lauuut donk ya, hehehe. Lombok itu 11 12 dengan Bali, gak afdhol kalau gak ke pantai dan main di laut, hehe.

Gili Nanggu dan Gili Kedis ini berada dalam satu kawasan, sehingga bisa dilakukan bersamaan di hari yang sama, yaa island hoping lah ya jadinya.

Semoga sih anak-anak bisa diajak snorkeling-an lagi di sini. Kalau melihat pengalaman mereka mau snorkeling di Pulau Pahawang Lampung waktu itu sih aku optimis mereka mau lagi ya.

Yaa kecuali yang paling kecil sih, masih belum berani sepertinya dia πŸ˜€

Nah dari informasi yang aku baca, di Gili Nanggu ini juga terdapat penangkaran penyu. Jadi sepertinya kami juga akan mengajak anak-anak ke penangkaran penyu ini. Semoga mereka nanti juga suka dan antusias melihat penyunya ya πŸ™‚

Penangkaran Penyu Gili Nanggu
image from https://www.gotravelaindonesia.com/

Hari 5: Lombok Elephant Park + Islamic Center NTB

Lombok Elephant Park dan Islamic Center
Letak kedua tempat ini di Google Maps: Lombok Elephant Park dan Islamic Center Lombok

Setelah puas bermain di laut seharian, hari berikutnya ingin “calm down” terlebih dulu. Jadi, aku sengaja menyusun rencana untuk berwisata di sekitar kota Mataram.

Lombok Elephant Park memang bukan di kota Mataramnya sih, tapi tidak begitu jauh lah yaa insyaAllah, hehe. Jadi, rasanya di hari kelima ini kami bisa ke dua tempat di sekitar kota Mataram ini.

Sepertinya ke Lombok Elephant Park terlebih dulu sih baru ke Islamic Center untuk sholat Dzuhur dan lanjut ke Gili Trawangan untuk menginap sehari di sana.

Sesampainya di Gili Trawangan, kita bersantai dan menikmati sunset lalu beristirahat dan menyiapkan tenaga untuk petualangan esok hari πŸ™‚

Hari 6: Gili Trawangan

Gili Trawangan
Letak tempat ini di Google Maps: Gili Trawangan

Apakah ini akan menjadi highlight perjalanan Lombok kami? Bisa jadii. πŸ˜€

Tapi sebetulnya kami ingin ke sini karena Gili Trawangan lah yang selama ini paling terkenal dari Lombok. Setiap kali orang berlibur ke Lombok ya pasti gak ketinggalan untuk ke Gili Trawangan ini.

Gimana gak jadi tempat wisata favorit ya, pemandangannya indah, baik pantainya maupun bawah lautnya.

Mungkin juga akan snorkeling-an lagi di sini. Tapi kalau sudah puas snorkelingan di Gili Nanggu dan Gili Kedis mungkin gak usah gapapa sih. πŸ˜€

Baca juga: Road Trip Lampung

Hari 7: Perjalanan Pulang

Setelah (hampir) seminggu, marilah saatnya kita pulaang, hehehe. Ada bagian paling menantang nih dari perjalanan pulang, yaitu re-packing! Menyusun kembali barang-barang bawaan yang akan kami angkut dari Lombok ke rumah.

Biasanya sih selain bertambah karena baju kotor tidak dilipat seefektif packing saat berangkat, juga bertambah dengan oleh-oleh dan suvenir yang kami beli selama di Lombok ya, ahaha. Makanya memang harus menyiapkan tas cadangan sih ya untuk barang tambahan kayak gini gini.

Oiya, di perjalanan pulang biasanya aku sambil mentransfer foto-foto kami selama liburan kemarin. Biasanya juga masih belum percaya kalau liburannya ternyata sudah selesai, ahaha.

3. Menghitung Budget yang dibutuhkan

Setelah itinerary selesai, selanjutnya menghitung budget yang akan dibutuhkan.

Biasanya tentu dimulai dari mengecek harga tiket pesawat dulu ya.

Selanjutnya mengecek harga penginapan deh. Kalau mau menginap di lebih dari 1 atau 2 tempat, ya kesemuanya itu kita catat dan perkirakan.

Nah hunting penginapan ini dilakukan juga di step menghitung budget. Seperti ke Lombok ini, kami (aku terutama) sudah hunting penginapan sejak sekarang di Traveloka.

Di Traveloka suka ada promo soalnya, apalagi kalau booking pesawat dan hotel sekalian, harganya bisa lebih murah euy.

Coba deh kalian juga ikutan #LihatDuniaLagi dan liburan atau staycation lagi dengan mengecek promo yang ada di Traveloka Hotel. πŸ˜€

Nah kira-kira inilah 3 hotel atau penginapan yang aku incar saat ke Lombok nanti nih:

1. Pondok Pelangi Sembalun

Iyes, ini di Sembalun, hehe. Di hari pertama ke Lombok, kami mungkin akan langsung menuju penginapan ini untuk menginap 1 malam di Sembalun.

Kupilih Pondok Pelangi Sembalun ini salah satunya tentu karena harga yang ramah di kantong dan lokasinya itu lho, lumayan mantap sih.

Soalnya Pondok Pelangi Sembalun ini menyuguhkan pemandangan gunung Rinjani langsung dari halaman penginapannya. Jadi, kita bisa menikmati pemandangan gunung Rinjani langsung begitu keluar kamar.

2. Hotel Santika Mataram

Hotel Santika Mataram Traveloka

Nah, sepertinya hotel ini akan menjadi hotel yang paling lama kami tempati selama di Lombok. Sejak hari kedua hingga hari keenam (sekitar 4 malam), sepertinya akan pas kalau menginap di tengah kota seperti di hotel Santika ini.

Awalnya aku tertarik dengan pilihan guest house yang ada, lumayan yaa harganya juga bisa lebih murah. Tetapi setelah melihat kamarnya, rasanya tidak ada yang bisa memenuhi kebutuhan kami berlima.

Karena dengan anak 3, kami butuh kamar yang lumayan lebih lega lagi, sehingga anak juga bisa puas bermain dan beristirahat di dalam kamar setelah beraktivitas seharian.

Apalagi hotel Santika ini memiliki rating yang cukup tinggi dan merupakan salah satu clean acommodation, sehingga insyaAllah terjamin kebersihannya.

3. Aston Sunset Beach Resort

Kalau yang ini akan menjadi pilihan kami saat ke Gili Trawangan di hari keenam. Aku pribadi memilih ini karena testiomoni dari adik ipar yang juga pernah ke sini sih, hehehe.

Berhubung ini tempatnya di sebelah Barat Gili Trawangan, jadi kami bisa menikmati sunset di pinggir pantai Gili Trawangan.

Karena ada di sisi barat, jadinya disini kita kebagian sunset. Enaknya nginep di sisi barat, (waktu itu) suasananya lebih sepi dibanding sisi timur. Kalo di sisi timur lebih ramai dan kalo malem pada ajeb2 biasanya para bule wkwkwk. Jadi kalo butuh ketenangan, di sisi barat ini cocok. - @odytodyt

Baru selanjutnya biaya makan. Biasanya kan ketiga biaya ini yang menyedot pengeluaran paling besar ya, biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi.

Baca juga: Road Trip Jawa Tengah - Wisata Candi

Ah iya, jangan lupakan tiket-tiket tempat wisata! haha. Makanya kami juga suka googling dulu berapa harga tiket suatu tempat wisata, supaya bisa menyiapkan dananya. Atau terkadang ya siapkan saja sejumlah berapa, baru dikeluarkan di sana.

4. Booking Pesawat Dan Penginapan

Sebetulnya memesan tiket pesawat dan booking hotel memang sebaiknya digabung yaa, biar sekalian. Tapi, kalau kami, biasanya memesan tiket pesawat terlebih dulu, baru booking penginapan.

Masalah cashflow aja sih, ahaha. Supaya biayanya gak keluar sekaligus, biasanya ya gitu, pesan tiket pesawat terlebih dulu, baru mendekati hari-H deh kami memesan penginapan.

Private Pool Adiwana Arkara Resort

Bahkan sewaktu road trip Bali tahun lalu saja, ada sekitar 2 penginapan yang langsung kami booking saat kami di Bali. Jadi sambil jalan, sambil masih lihat-lihat penginapan yang bisa kami tempati.

Salah satu penginapan yang kami booking saat di Bali waktu itu (bukan on the spot juga sih, melainkan satu hari sebelum menginap) adalah Adiwana Arkara Resort yang terletak di Ubud. Yang akhirnya menjadi salah satu the best penginapan yang sangat memuaskan bagi kami.

Jadi aku letakkan ini di langkah keempat karena kami memang menyusuin itinerary terlebih dulu, menghitung budget (sekaligus membandingkan harga tiket pesawat dan hotel), baru bisa memesan penginapan.

Soalnya, itinerary yang ada akan menentukan kami memesan penginapan di daerah mana dan berapa lama kami akan tinggal di penginapan tersebut.

Setelah selesai memesan tiket pesawat dan booking hotel, selanjutnya tinggal menunggu hari H sambil berdoa semoga semua lancar sehingga perjalanan kami nanti terlaksana sesuai rencana. πŸ™‚

Jugaa kita jadi menuju ke langkah selanjutnya, yaitu Packiingg!

5. Packing

Kayanya ini salah satu bagian yang paling menyenangkan buat aku, ahaha. Rasanya waktu packing itu bisa jadi waktu untuk me time dan menambah semangat diri.

Soalnya, walaupun memang memusingkan dan cukup bikin stress karena awalnya pasti akan berantakan dengan banyak baju, tapi aku menikmati membayangkan pakai baju apa untuk hari ke berapa dan pergi ke mana.

Sekaligus jadi bisa meningkatkan antusiasme akan liburan impian yang sebentar lagi akan terwujud.

Lagipula kalau sudah packing, artinyaa kita sebentar lagi berangkat dan perjalanan yang dinanti-nantikan akan segera terlaksana. Yeay!

Selanjutnya tinggal laksanakan deeh perjalanan impian kami nanti. πŸ˜€

Penutup

Gimana, gimana? Kalian juga melakukan kelima langkah yang dimulai dari menentukan tanggal, menyusun itinerary, menghitung budget yang dibutuhkan, booking tiket pesawat dan hotel, sampai packing gak sih sebelum memulai traveling yang jauh dan cukup lama?

Persiapan yang matang akan meningkatkan kenyamanan dan ketenangan kita lho selama traveling gini. Tanpa mengurangi kesenangan dari jalan-jalan ini sendiri pastinya yaa.

A journey of a thousand miles begin with a single step

Lao Tzu

Yuk β€˜#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi’ dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini:  https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

73 Comments

  1. Gema sofat says:

    Wahh infonya lengkap bangetttt.. Nice info. Makasih y dah sharing2.

    Save it for next trip!

    1. Makasih jugaa Gem udah baca ?❀️

  2. fitri cendana says:

    Mba terimakasih informasinya memanjakan mata sekali, bagus. mba Pondok Pelangi Sembalun kamar mandinya didalam kamar atau diluar kamar ya ?
    terimakasih sebelumnya.

    1. Di dalam kamar sepertinya mbak, hehe.

  3. Terimakasih Informasinya , lengkap dan informatif. Ga nyesel deh ke Lombok … tempatnya lebih tenang buat istirahat dan liburan bareng keluarga. ❀️

    1. Iya yaa mbak. Jadi makin gak sabar nih mau ke Lombok ??

  4. Skychatriana says:

    Infonya lengkap bangeet mba, kalau ada rencana ke lombok aku mau nyontek ya ? jari penasaran sama cara packingnya tuh kayaknya jadi mudah ambil-ambilnya yaa

    1. Ahaha iyaa, jadi gampang nyari barang lebih tepatnya mbak.

      Sok mangga yaa dicontek, ihihi

  5. Nurulhuda arfiyani says:

    infonya lengkap sekali nih mba istiana.. Masha Allah… Jadi kepengen ikutan liburan, boleh ngga? Ngebantu banget buat aku rencanain liburan bareng suami plus anak anak nanti, walaupun belom ke Lombok juga sih.. Ditunggu info lainnya ya

    1. Ayuk ikutan liburan, ihihi

  6. Udah aku bookmark buat next holiday karena infonya super lengkappp! Andalan banget emang tulisannya Mba Istiii

    1. Ahaha.. Makasih ya mbaakk ❀️

  7. Dhita Khairunnisa Pramesthi says:

    Wahhh pas banget adek aku mau hanimun ke lombok bulan depan habis resepsi mbaaa. Aku suruh dia baca ah. Makasih mbaa

    1. wah sip2, semoga bisa jadi inspirasi mbaak, ahaha

  8. Keren banget mba..sangat informatif
    Aku yg baca jadi pengen balik ke lombok lagi..alamnya emng bikin nagih cantik banget.
    Semoga aku nanti ksana udh sama keluarga..terakhir ksna msh backpakeran..hhhe

    1. Aamiin.. Semoga ke Lombok berikutnya bisa seru-seruan sama keluargaa πŸ˜€

  9. Pengen juga saya bisa pergi ke Lombok tapi budget belum memungkinkan. Pemandangan di Lombok bagus banget ya mbak apalagi Lombok banyak objek wisata. Tetep deh pesan hotelnya di traveloka., Samaan kita mbak

    1. Iyaa kan, pemandangannyaa baguuss. Emang itu yang bikin mupeng banget mau ke Lombok nih ?

  10. Lombok itu memang indah banget, meski udh 2x berkunjung ke sana rasanya ada keinginan suatu saat menjejak lagi.
    Apalagi sekarang untuk urusan akomodasi perjalanan semakin praktis dan mudah karena ada aplikasi perjalanan yg punya fitur2 lengkap dan pastinya ngebantu banget untuk urusan traveling

    1. Iya, semakin mudah urusan akomodasi gini jadi makin bikin kita mau ke sana lagi yaa

  11. mba, indah banget ya pemandangannya, lihat foto fotonya jadimakin ingin wujudkan wishlist liburan go to lombok, amiin

    1. Aamiinn.. Mudah2an bisaa yaa kita wujudkan jalan-jalan ke Lombok nyaa ?

  12. Lihat initerarynya rasa – rasanya jadi pingin ke Lombok nih. Ternyata banyak juga ya destinasi yang bisa dikunjungi

    1. Yuuk mbak, ke Lombok juga ??

  13. Langsung blinkblink lihat harga hotel di Traveloka.
    Sekelas Hotel Santika Mataram atau Aston bisa dibawah satu jutaan yaa.. Nyaman banget berlibur ke Lombok.
    Btw, aku juga punya om yang tinggal di Lombok, hehhe..bisa jadi lebih hemat kalau berlibur ke Lombok dan seseruan bareng ke beberapa destinasi wisata impian Lombok yang cantik.

    1. Ah iyaa, asik banget kalau ada om, ihihi

      1. Impian kalau ke Lombok pengen ke Labuan Bajo..
        Tapi ternyata pas dilihat lagi, jauh juga yaa..
        Hehhee..
        Tapi memang heaven banget ya.. bisa berlibur ke Lombok karena semuanya masih alami dan sepi. Eh, ini pengalamanku sebelum ada Mandalika sih.. Sekarang sejak ada Mandalika, kabarnya semakin rame..

        1. iyaa, ternyata lumayan jauh kalau dari Lombok ke Labuan Bajo yaa, ahaha.

          Nah iya, sejak ada Mandalika dan mulai jadi pariwisata prioritas itu, jadi lebih ramai yaa πŸ˜€

  14. Aku juga lebih suka book pesawat dulu baru hotel mba. Pelajaran dr pengalaman traveling sebelumnya, pernah tuh book hotel jauh2 hari di Manila , setahun sebelumnya, dan ternyata pas hari H, dia kirim kabar kalo sedang renovasi ??. Aku repoooot cari hotel lain. Mana uang refundnya masuk lamaaa.

    Sejak itu ga mau deh book hotel terlalu lama. Mending sebulan sebelum jalan aja booknya. Tapi kalo tiket pesawat aku memang LBH suka jauh2 hari.

    Pengeeen banget jadinya ke Lombok ❀️. Walopun ga suka pantai, tapi aku pengen bgt bisa trekking di beberapa bukitnya. Dan pastinya Krn kuliner Lombok yg enak2 ??.

    Aku juga selalu pakai traveloka tiap traveling mba. Paling sering dpt tiket promo ya dari trvlk ini. Apalagi utk tujuan LN. Dan yg aku seneng Krn tiket2 masuk wisatanya juga ga terbatas hanya wisata Indonesia, tp juga wisata LN. Kemarin aku book tiket masuk ke museum 9/11 di new York, karena akhir Desember mau kesana. Harganya bersaing drpd beli di web resmi. Apalagi dlm Rp. Di web resminya kan pake USD ?

    1. Iyaa kan. Kalau hotel biasanya kami lebih nyantai emang sih bookingnya dibanding tiket pesawat.

      Anw, betul, dia gak terbatas di tiket masuk wisatanya. Aku juga pernah beli tiket wisata di Singapura, lumayan buanget bisa dapet promo, diskon sampai sekitar 500 ribuan waktu itu.

      Thanks banget ceritanya mbaakk ❀️

  15. Wah, mbak Isti bikin aku pengen main ke Lombok lagiiii πŸ˜€ Duluuuu aku pernah ke Lombok tapi sayangnya cuma semalaman aja, itupun karena iseng lagi di Bali wkwkwkkw. Tahun depan punya rencana ke Bali dan Lombok dan kami udah lihat2 juga hotel2 dan tiket pesawat ke sana. Pakai Traveloka memang paling oke ya. Banyak promo juga, pokoknya hati tenang kalau booking2 di Traveloka.

    1. Ahaha, kalau waktu itu berarti impulsif yaa. Ayoo mbak, kali ini mulai rencanakan duluu ke Lombok lagi, ihihi. Sehari belum apa-apa kan itu kaan? ahaha

  16. Lombok nih destinasi favoritkuuu
    Baru sekali aku k sana, dan IMHo lebih apa yaaaa, aku prefer lombok ketimbang bali.

    Karena cari makanan halal dan niqmat tuh gampil *makan mulu yg dipikirin qkqkjqkqjq

    1. Ah serius? Padahal Bali terlihat lebih rame lho (lebih rame yaa)
      Oh, karena makanan yaa, di Bali emang agak tricky sih ya kalau soal makanan. wkwkwk, justru kalau udah punya anak memang jadinya mikirin makanan terus mak, ihihi

  17. Liburan ke tempat dekat aja butuh persiapan, apalagi ke tempat jauh. Harus lengkap dan matang. Keren mbak liburannya udah ke mana-mana. Itu ada 10 destinasi prioritas, udah jadi target buatku keliling Indonesia. Tinggal Danau Toba dan Wakatobi aja yang belum nih.

    Tulisannya lengkap banget mbak. Informasinya berlimpah. Tfs.

    1. Waah mantap. Iya nih, pengen juga mendatangi satu per satu 10 destinasi wisata prioritasnya.
      Keren ih dari 10, 8nya udah didatangi, ku juga mauuu, haha

  18. Ikut dong ?
    Entahlah semenjak pandemik belum jalan2 keluar kota ti. Tepatnya sejak anak 3 ?
    Mau jg ke Lombok cantik banget ya itu air plus pasirnya. Dan kalau ada keluarga di sanaa huhu jadi pengin buru2 nggak sih ti halan2nyaaaa haha.

    1. ahahaha, karena pandemi jadi lebih enak di rumah aja yaa. apalagi anak udah 3.

      Yuk ke Lombok juga Cii. Iya ini karena ada adik ipar jadi pengen ke sana sesegera mungkin, tapi harus sabar karena masih nabung sambil hunting tiket promo, ihihi

  19. Duh, aku juga pengen banget nih ke Lombok karena banyak banget tempat wisata indah yang belum pernah dikunjungi di Lombok. Wah, ternyata adik iparmu tinggal di Lombok juga nih, asyik dong bisa sekalian silaturahmi yaaah. Kayaknya harus dari sekarang nih hunting tiket dan hotel di Traveloka buat nyari promo yaaah

    1. iyaa betul mbak, harus dari sekarang nih hunting tiket & hotelnya. Siapa tau bisa dapet harga promo ya kaan, hehehe

  20. Wahhh ternyata destinasi di lombok banyak banget yaa. Suka banget sama foto di pantainya yang pasirnya putih bersih. Semoga bisa keliling indonesia yaa mba, satu per satu mimpinya terwujud. Aamiin

    1. Aamiin.. Makasih mbaak. Iyaa kan lumayan banyak ternyata kalau dilist, makanya jadi pengen banget ke Lombok kan kalau gini ceritanya, ahaha

  21. memang Lombok indah banget ya, gak pantainya, gak pemandangannya dan selalu jadi destinasi wisata siapapun yang suka traveling atau suka dengan ambience pantai

    1. iyaah, karena indahnya ini jadinya Lombok menjadi destinasi wisata banyak orang yaa

  22. Packing during prepare to go, beneran jadi me time juga buat aku
    AKu bisa bikin it list per-kepala dengan detail – karena aku suka aja, sambil visualisasi nanti di sana pake ini, abis mandi pake itu, main pake outfit seragam

    Met holiday lagi yaaa Isti, enjoy ur trip!

    1. yaa kan, seru yaa packing, ahaha. bisa sambil ngebayangin liburan nanti pakai outfit yang mana, ihihi.

  23. Destinasi impianku Lombok. Beberapa teman yang sudah liburan kesana bercerita keindahan Lombok tiada taranya. Semoga tahun depan aku berkesempatan kesana ya

    1. Aamiin.. Sama ya kita yaa, pengen banget ke Lombok karena keindahannya πŸ˜€

  24. Moly juga pingin banget ke lombok. Soalnya di lombok banyak temen2 blogger juga. Mau kopdar sama mereka. Tapi sebelumnya pingin ke bali dulu.

    1. Semoga segera terwujud mbaakk πŸ™‚

  25. Kurang lebih sama, Mbak, persiapan liburan kita. Meski liburannya belum pernah jauh-jauh, yang penting nikmati momen sama keluarga, ya. Anakku suka banget ke pantai, baca tulisan ini jadi termotivasi untuk ngajak dia ke Lombok juga one day.

    Oh ya aku pun biasanya kalau untuk penginapan pesannya pas udah mendekati hari H, udah yakin bakalan berangkat soalnya. Haha.

    1. iya, setelah udah yakin akan berangkat baru pesan hotel yaa, ahaha. Yeay, sama juga ternyata persiapannya, soalnya betul jadi meminimalisir hal2 yang gak diinginkan sih yaa kalau punya persiapan kayak gini πŸ™‚

  26. Setuju mbak aku pun selalu booking pesawat dlu.krn biasanya budget paling besar diaitu.klo family traveling nah nanti sambil nabung lg atau at least sebulan atau 2minggu sblm brangkat baru deh booking hotel. Pake traveloka jd pasti dpt.promo

    1. yes, berarti sama yaa urutannya. Beli tiket pesawat dulu, terus nabung lagi baru beli dan rencanakan yang lainnya, ahaha

  27. Wah ke Lombok, bucket list-ku juga ini. Dulu saat belum nikah pernah dua kali ke Lombok, suami juga pernah sekali untuk urusan kerja. Tapi, liburan sekeluarga ke sana masih jadi doa. Setuju jika persiapan yang matang akan meningkatkan kenyamanan dan ketenangan kita selama liburan

    1. Wah, semoga nanti bisa ke Lombok lagi sekeluarga yaa πŸ˜‰

  28. Lombok adalah salah satu destinasi wisata andalan di Indonesia
    Banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Lombok ini
    Akan semakin menyenangkan jika berkunjungnya bersama teman hidup

    1. iyes mbaakk πŸ˜€

  29. Aku kalau dengar Lombok sekarang pasti ingatnya sama Mandalika. Jadi ingat waktu di work from Bali kemarin aku sempat ngerasain Nyepi yang mana internet dan listrik mati seharian. Lalu bule-bule dan orang-orang yang nggak merayakan banyak yang ‘melarikan diri’ sehari ke Lombok saking dekatnya dan vibes-nya masih mirip Bali. Tapi emang Lombok secantik itu sih, soon mau juga ke sana.

    1. Wah gitu yaa. Duh, agak nyesel nih jadinya road trip ke Bali waktu itu gak sekalian dilanjutin aja ke Lombok, ahaha.

  30. Maak kalau boleh saran aston itu jauhh dr dermaga rempong angkut2 barangnya emang pake angkutan andong sih. yang recomended banget di gili trawangan villa ombak ada private pool juga. Turun kapal ada dermaga tersendiri.
    Penangkaran penyu juga ada di pantai nipah nah disini banyak menyewakan kapal ke gili juga jd sekali berkunjung bs ke penyu dan sekalian nyebrang ke gili.

    Semoga dimudahkan ya familytrip di berbagai destinasi.

    1. Ah mantaappp.. Thanks banget rekomendasinyaa! Cuss kuteruskan ke suami deh ini πŸ˜€

  31. Wuah ikutan donk ke Lombok πŸ˜€
    Seru banget merencanakan liburan apalagi nih hawanya akhir tahun biasanya liburan yaa πŸ˜€
    Aku pun kalau bepergian andalanku adalah aplikasi Traveloka mbak karena lengkap smua tersedia.
    Iyes banget kalau bawa anak kecil bikin jadwal dan list tujuan kudu detail supaya anak2 juga enjoy yaa,

    1. Ayuuuk ikutaan, ahahaha. Iya, seru, baru ngerencanain gini aja udah seruu yakan, apalagi kalau sudah terlaksana, ihihi

  32. Ternyata lokasi wisata di Lombok banyak dan semuanya sangat cantik, menggoda untuk dikunjungi. Dulu saya ke Lombok hanya ke Sembalun untuk naik ke Rinjani. Lalu turun Dan main ke Trawangan, gitu aja. Hehehe… Harus balik lagi nih biar bisa eksplorasi semua lokasi wisatanya

    1. Soalnya dua itu yang memang sangat terkenal dari Lombok ya mbaak. Yuuks balik lagi ke Lombok dan kunjungi semua tempat wisatanya πŸ˜€

  33. Mbak, kalau saya yang ingin dikunjungi di Lombok itu kembali mendaki Gunung Rinjani. Dulu lewat jalur Sembalun, nanti kalau ke sana lagi ingin melewati jalur Torean yang indahnya seperti di film-film The Lord of the Ring.

    1. nah, suami adik ipar aku niih udah mendaki gunung Rinjani jugaa. Berhubung di sana ya kan, langsung manfaatkan deh dia untuk mendaki Rinjani.

  34. Packing tuh menyenangkan sekaligus memusingkan. Mencari padanan baju ini ntar sama kerudung apa biar bagus saat difoto2 hahahaa… harus banget deh kayak gitu klo aku.

    Itinerarynya bisa dicontek nih, kebetulan belum pernah ke Lombok juga. Bisa dijadikan referensi tuh aneka destinasi dan penginapannya.

  35. Lombok jadi destinasi impianku juga nih karena dulu pernah ke sana waktu masih single dan jatuh cinta! Pantainya banyaaak, masih sepi, bersih. Beda dengan Kuta-nya Bali yang udah turistik banget.
    Makasih loh Mbak jadi punya sontekan itinerary lengkap selama hampir seminggu di sana. Yang jelas tiap hari mantaiiii!

    1. Ahaha.. Wah, iya sih pastinya Lombok lebih sepi yaa dibanding Bali. Sekarang kayanya udah mulai rame tapi ya ?

  36. Jadi pengen ke Lombok euy… Kalo bepergian sama anak2 emang butuh persiapan lebih matang ya .. Biar kitanya juga nyaman saat traveling…

    1. iyes mbak, penting banget punya persiapan ya, mengurangi kerempongan yang mungkin akan terjadi nantinya, hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.