Traveling

Wisata ke Alun-alun Kota Bogor

Hari Sabtu lalu aku iseng mengajak anak-anak bersama beberapa sepupunya ke alun-alun kota Bogor. Sebagai warga Depok, kayanya agak gimana gitu belum pernah ke alun-alun kota Bogor ya kan, ahaha.

Padahal mah dekat dan mudah ditempuh banget. Cukup ke stasiun dan naik kereta 1x, sudah. Gak perlu repot gonta-ganti angkot.

Alhamdulillah ajakanku tersebut mendapat respon yang positif, jadi Sabtu lalu pagi-pagi kami berangkat ke sana deh. Yaa gak terlalu pagi juga lah ya, sekitar jam 8 kami berangkat dari rumah.

Ke stasiun naik mobil, parkir di stasiun, lanjut naik kereta deh sampai Bogor.

Alun-alun Kota Bogor

Lokasi

Lokasi alun-alun kota Bogor ini soalnya terintegrasi dengan stasiun, betul-betul keluar stasiun tuh ya alun-alun kota Bogor. Jadi, betul-betul mudah dijangkau dan gampang banget ke sini sebenernya tuh.

Kalau alamat lengkapnya sih ada di Jl. Kapten Muslihat No.17 A, RT.04/RW.06, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121.

Kalaupun naik kendaraan pribadi alias mobil, kalian bisa melalui tol Jagorawi lalu keluar tol di Bogor, lalu ke arah Kebun Raya Bogor dan berbelok di Hotel Salak The Heritage untuk menuju alun-alun kota Bogornya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Alun-alun kota Bogor baru diresmikan pada tanggal 17 Desember 2022 lalu lho. Pantas saja masih baru dan bagus banget yaa. *berita dari kotabogor.go.id

Alun-alun Kota Bogor

Tenang saja, walaupun baru diresmikan, alun-alun kota Bogor ini tetap tidak dikenai tarif ataupun biaya kok. Jadi kita bisa keluar masuk secara gratis.

Soalnya memang tempat berkumpul warga saja. Enaknya lagi karena di dalam tidak diperbolehkan ada penjual, jadi mau berkumpul dan rekreasi di dalam area alun-alunnya tuh nyaman.

Paling ada sih satu atau dua penjual yang cukup “nakal” yang masih menjajakkan jualannya di area alun-alun. Jadi terkadang kalau lagi duduk-duduk ya bisa saja dihampiri oleh penjual-penjual tersebut πŸ˜€

Alun-alun kota Bogor ini mulai dibuka sekitar jam 05.00 pagi hingga jam 22.00 malam. 

Aku rasa orang-orang pun gak ada ya yang berkunjung ke alun-alun lebih pagi dari itu atau lebih malam dari jam yang ditentukan itu.

Ya kecuali hanya sekedar lewat saja sih, untuk menuju stasiun Bogornya tentu saja πŸ™‚

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Alun-alun Kota Bogor

Ternyata di alun-alun kota Bogor ini terdiri dari 4 zona lho. Ada zona botani, zona olahraga, zona plaza, dan zona religi.

Kalau dari stasiun sih, kita akan memasuki zona plaza alun-alun ini dari pintu 6. Ketika akan melewati petunjuk masuk/keluar stasiun, kita akan melewati beberapa penjual makanan dan mainan.

Pintu Masuk Alun-alun Kota Bogor dari Stasiun

Begitu memasuki zona plaza, areanya sudah bersih dari para penjual. Ternyata memang karena ada peraturan tadi.

Peraturan yang tidak memperbolehkan berjualan di area alun-alun. Sehingga alun-alun akan nyaman dinikmati oleh para pengunjungnya untuk melakukan beragam aktivitas πŸ™‚

Berkumpul dan “Piknik” di Zona Botani

Zona Botani ini lebih semacam taman dan tempat duduk, jadi di zona inilah yang biasa banyak orang berkumpul dan beraktivitas.

Tempat duduk yang disediakan cukup banyak lho, jadi lumayan bisa menampung cukup banyak orang untuk duduk dan bersantai lah.

Zona Botani Alun-alun Kota Bogor

Walaupun tetap gak cukup sih. Kemarin saja, di kondisi yang tidak terlalu penuh namun cukup ramai, masih banyak juga yang gak kebagian tempat duduk.

Akhirnya terpaksa duduk di tempat manapun yang bisa diduduki seperti di pinggir jogging track πŸ˜€

Olahraga di Zona Olahraga

Zona Olahraga ya seperti namanya olahraga, di zona ini memang ditujukan bagi orang-orang yang mau olahraga. Bahkan lengkap disediakan jogging track.

Jogging Track Alun-alun Kota Bogor

Liat track ini aku jadi mupeng dan seketika ngerasa saltum, huhu. Soalnya lumayan banget kan kalau bisa dimanfaatkan untuk jogging di sini. Anak-anak main, aku jogging santai aja di sini gitu.

Di tengah jogging track tersebut terdapat lapangan rumput yang luas gitu. Jadi, anak-anak bakal suka banget banget main di situ.

Bahkan memang banyak tukang mainan yang menjual layangan serta bola. Ya supaya bisa dimainkan langsung sama anak-anak di lapangan rumput ini.

Selain lapangan rumput di tengah jogging track, terdapat juga lapangan rumput di sisi dalam tulisan Alun-alun Kota Bogor. Tapi kemarin rumput yang aku maksudkan itu belum boleh diinjak karena masih sangat baru.

Selain jogging track, ada juga peralatan olahraga yang lumayan banyak. Kayanya baru di sini deh aku menemui alat gym taman yang lumayan banyak kayak gini.

Alat Gym & Jogging Track Alun-alun Kota Bogor

Oh, selain di Taman Jogging Kelapa Gading deng. Di sana peralatan gym taman gini juga banyak, ya namanya aja Taman Jogging ya gak, ahaha.

Menyaksikan Pertunjukan Seni di Zona Plaza

Anw, zona lainnya adalah zona plaza. Antara zona olahraga dan zona plaza, alun-alun kota Bogor dipisahkan oleh kantor pengurus.

Zona Plaza Alun-alun Kota Bogor

Zona ini biasanya ditujukan untuk sarana edukasi dan hiburan. Bahkan memang disediakan amfiteater bagi yang ingin unjuk gigi dalam bidang kesenian.

Beribadah di Zona Religi

Awalnya kami berencana sampai siang dan setelah sholat Dzuhur baru beranjak pulang. Soalnya lumayan bisa mengunjungi Masjid Agungnya juga.

Masjidnya ini terintegrasi langsung dengan alun-alun, jadi kita juga bisa masuk melalui alun-alun ya. Kalau dari stasiun, keluar sedikit lalu belok kiri, kita sudah sampai di masjid Agung kota Bogor.

Kalau alun-alunnya sendiri sih, tadi begitu keluar stasiun ya sudah termasuk area alun-alun ya.

Bermain di Playground

Nara Main di Playground Alun-alun Kota Bogor

Sebetulnya playground ini letaknya menyatu dengan area zona olahraga. Mungkin karena supaya orangtua dan anak bisa sama-sama beraktivitas ya, ahaha.

Orangtua berolahraga sambil mengawasi anak bermain di playground.

Playground dan Alat Olahraga di Alun-alun Kota Bogor

Playgroundnya memanjang namun cukup luas juga. Mainan utama yang aku lihat sih ayunan dan perosotan. Ayunan sampai ada 2 karena memang anak-anak biasanya paling suka bermain ayunan begini sih yaa πŸ™‚

Naik Delman

Delman di Alun-alun Kota Bogor

Selain beraktivitas di keempat zona tersebut, kita juga bisa naik delman berkeliling sampai ke hotel Salak lho.

Namun ya tarif delmannya tarif tempat wisata sih. Untuk putaran pendek sampai hotel Salak dikenai tarif 50.000.

Rute Delman Alun-alun Kota Bogor
Rute Delman Jalur Pendek

Nah, kalau mau yang agak jauh sedikit, kita juga bisa berkeliling Kebun Raya Bogor lho. Tentu tarifnya juga menyesuaikan.

Untuk berkeliling Kebun Raya Bogor, tarif delmannya sekitar 120.000. Per delman tentu saja, bukan per orang πŸ˜€

Kemarin aku pilih yang putaran pendek saja, soalnya kami harus naik 2 delman. Jadi kalau 2 x 120.000 agak lumayan ya buk, hahaha.

Naik Delman dari Alun-alun Kota Bogor

Fasilitas Umum

Yang aku suka, (atau mungkin karena memang masih baru?) fasilitas yang terdapat di alun-alun kota Bogor ini terhitung bersih dan terawat.

Semoga saja sih memang karena dirawat dan dijaga yaa, jadi tidak terkotori dan tetap bersih seiring waktu berlalu πŸ™‚

Toilet

Sayang toiletnya hanya terdapat satu saja (walaupun ada 2 pintu). Toiletnya juga toilet campuran.

Jadi bukan khusus laki-laki disediakan 2 pintu, wanita 2 pintu, melainkan ya 2 pintu toilet untuk laki-laki dan perempuan.

Maka dari itu kalau ke toilet ya harus sabar mengantri yaa πŸ™‚

Hal ini cukup disayangkan karena akan cukup banyak sepertinya yang punya kebutuhan ke toilet kan.

Toilet Alun-alun Kota Bogor

Melihat ini, aku jadi membandingkannya dengan Tebet Eco Park. Soalnya di sana toiletnya cukup besar dan banyak.

Eh tapi ini mah mungkin karena lahannya juga lebih besar sih yaa, ahaha. Jadi gak bisa dibandingkan deh kayanya xp

Tempat Sampah

Ini juga yang bikin aku salut, yaitu tempat sampah yang banyak dan menyebar. Mungkin setiap 10 meter kali ya kita bisa menemukan tempat sampah yang cukup besar dan terlihat.

Tempat Sampah Alun-alun Kota Bogor

Tempat sampah yang tersedia cukup banyak ini membuat pengunjungnya memiliki dorongan untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan alias tidak membuang sampah sembarangan lah.

Alun-alun jadi terjaga kebersihan dan keindahannya.

Tempat Makan

Lebih ke tukang-tukang penjual makanan sih, atau pasar makanan.

Tempat makan ini berada di sisi antara alun-alun dan stasiun. Kalau tadi dari pintu 6 stasiun kita bisa langsung masuk alun-alun, nah tempat penjual makanan ini terdapat di sebelah kanan pintu keluar stasiun tadi.

Penjual Makanan Alun-alun Kota Bogor

Bisa juga diakses dari alun-alun, yaitu lewat jalan yang berada di samping toilet. Bahkan ada beberapa pintu menuju tempat makan ini sih. Jadi aman lah ya kalau mau mencari makanan. πŸ™‚

Tips Sebelum ke Alun-alun Kota Bogor

Sudah terbayang kalau ke alun-alun kota Bogor mau ngapain aja? Okeh, aku akan ngasih sedikit tips nih sebelum kalian ke alun-alun supaya nanti di alun-alunnya bisa makin nyaman dan menyenangkan πŸ˜‰

Sedia Payung atau Jas Hujan

Namanya juga kota Bogor itu adalah “kota hujan” kan yaa, jadi sebagai persiapan aja kalau-kalau saat kita ke sana ternyata memang hujan.

Saat aku kemarin ke sana, malah baru selesai hujan, jadinya lapangan rumput yang luas tadi masih basah. Pun jogging tracknya.

Jogging Track Alun-alun Kota Bogor

Jadi kami begitu sampai hanya menemani anak-anak untuk main di playground dan bermain dengan alat-alat jogging yang disediakan saja.

Beberapa saat kemudian baru deh kami duduk-duduk di jogging track setelah memastikan tempatnya sudah kering. Walau aku sempat terkena juga tempat yang basah sih, jadi baju sedikit lembab, huhuhu.

Sebelum pulang, baru deh kami berfoto di halaman rumput tadi, ihihi.

Bawa Uang Kecil atau 5000an

Ini ternyata penting gaes. Soalnya penjual di sana rata-rata menjual minuman atau makanannya seharga 5000 rupiah. Nah, kalau kita kasih uang 50.000an atau yang lebih besar, pasti deh mereka beralasan “tidak ada kembalian.”

Tentu dengan harapan kita menambah makanan atau minuman kita supaya pas. πŸ™

Gak satu atau dua penjual saja soalnya yang begini. Padahal kan 5000 lho itu, bukan yang 500. Kalau mereka gak ada receh 500an sih ya masih masuk akal lah.

Tapi kalau 5000 kan bukan cuma 5000 aja toh kembaliannya? Bisa 10.000, atau bisa berapa yang pecahannya masih genap dan bukan yang receh-receh banget.

Aku agak heran di situ aja, masa dari kebanyakan penjual, beneran gak punya kembalian ya kan, hehehe. So, yah jangan lupa bawa uang 5000an yang banyak deh ya.

Kalau berniat mau jajan sih ini sih, kalau enggak yaa santai, haha.

Bawa Minum

Di sana juga ada yang jual minuman sih, tapi masa iya beli terus? Lebih baik bawa yang banyak dari rumah yaa.

Kemarin saja, aku sudah membawa beberapa botol minum ternyata tetap masih kurang. Ya karena warganya yang ikut lumayan banyak sih ya, jadi ya hampir pasti kami beli minuman lagi di sana, hihihi.

Kalau bisa bawa yang banyak, lebih baik bawa minum yang banyak sekalian sih. Satu botol aqua di sana lagi-lagi dihargai sebesar 5.000 rupiah ya πŸ™‚

Pakai Baju Olahraga yang Nyaman

Nah inii, paling enak tuh pakai baju olahraga, supaya niat olahraga bisa muncul begitu liat jogging track, haha.

Aku gak kebayang bakal seasik itu tempat olahraganya soalnya, jadi gak berpikir untuk pakai baju olahraga dari rumah deh, huhu.

Weekend Hemat

Anw, tempatnya lumayan asik banget untuk nyantai dan ngumpul-ngumpul cantik. Apalagi buat ngajak anak-anak main dan lari-larian.

Berfoto di Alun-alun Kota Bogor

Udah mereka bisa puas main di playground, puas lagi lari-larian di lapangan rumput yang besar atau di zona plazanya.

Gak pakai bayar lagi kan masuk alun-alun kota Bogor ini. Jadi hitung-hitung liburan weekend hemat lah yaa hehehe.

Etapi kalau naik delman, gak jadi hemat deng, wkwkwk.

Kalian mungkin mau baca juga ulasan tempat asik lainnya di Taman Kota πŸ˜‰

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

27 Comments

  1. owh masih baru dibuka ya? pantesan kok aku belum pernah denger. ternyata masih gress, di bulan Desember. Kayaknya bakal suka deh nih berkunjung ke sini. Sambil olahraga, sambil lihat-lihat sekeliling (asal gak hujan aja).
    Tukang jualan memang suka ngeselin ya… Kalau tidak ada kembalian 1000 masih gak apa. tapi masa iya kembalian 5000 juga dibilang gak ada?

    1. Iya itu dia. Kalau 1000 atau 500 kan masih wajar lah ya, huhu

  2. Ini aku pernah lihat deh di videonya travel influencer gitu pas Alun-alun Kota Bogor baru dibuka. Ternyata seluas itu ya sampai ada 4 zona yang dibagi berdasarkan minat masyarakat hehe. Dan di zona olahraga disediakan alat-alat gym, keren sih ini seperti taman yang pernah kulihat di drama Korea.

  3. Wah butuh baju olahraga nih ya supaya bisa enjoy dan menikmati suasana alun alun dengan tenang. Apalagi kalau berangkat bareng sama keluarga pasti seru aja bawaannya.

  4. Waah.. lapangannya bersih banget. Beda banget sama alun-alun di kotaku. Ih aku jadi pengen nulis juga tentang alun-alun di kotaku. Ijin ATM ya Mak Istanti.

    1. Silakan banget mbaaakk. Nanti minta linknya donk, hehehe. Mau baca juga πŸ˜€

  5. pikniknya enakeun… hemat dan seru…
    btw lengkap banget ya alun2 kota bogor, semua zona ada yaa…
    bagus nih konsepnya

  6. Aku pernah beberapakali naik kereta sampai Bogor, tapi karena buru-buru jadi tidak mampir ke Alun-Alun kota Bogor. Disana memang banyak yang jualan ya terutama hari Minggu. Next aku sempatin lagi khusus mampir ke sana deh

  7. Wah keren sekali Mbak Is.. Dibagi-bagi zona itu sangat memudahkan pengunjung juga ya. Plus, pedagang ga ngider di semua area. Semoga keindahan dan keteraturan itu panjang umur yaaa… Soalnya masih PR banget nih buat plus 62 tercinta ini, bisa membangun tapi nggak bisa merawat.

    Oh ya, semoga toiletnya juga ditambah, biar tambah nyaman pengunjung alun-alunnya.

  8. ah serunya spending with family di alun-alun kota Bogor ini yg ternyata indah dan banyak banget hal yang bisa dilakuin terutama kalau bawa si Kecil. Nah, di sini juga toilet dan tempat sampahnya juga terurus dengan baik, semoga selamanya bisa terjaga ya

  9. Alun alun Bogor bisa jadi destinasi wisata baru sekaligus olahraga di taman jogging.

  10. Sebagai warga yang memiliki daerah minus taman/alun-alun, saya tuh iri sama warga Bogor, Begitu mudahnya mendapatkan fasilitas udara bersih dan pemandangan yang menyejukkan mata dan hati. Kapan yah ada alun-alun yang memanjakan masyarakat di kotaku?

  11. Wah… cakep amatan ini alun-alun Bogor ya, lama juga gak pernah main ke Bogor ternyata aku. Jadi salah satu destinasi wisata keluarga yang menyenangkan ini ya. Nah enak nih kalau si tukang jualan sudah ditertibkan jualannya jadi gak mengganggu juga yang mau berwisata di Alun-alun ya.

    1. Iyaa, enak kalau ditertibkan begini. Tapi teteb aja ada yang nawarin jualannya pas lagi duduk duduk santai, ahaha

  12. Biasanya yang baru memang masih serba bagus dan bikin seneng liatnya. Semoga awet bagusnya, biar pengunjung betah berlama-lama untuk piknik hemat di alun-alun.

    Tips bawa payung/mantelnya tepat banget, selain Bogor memang kota hujan, saat ini juga memang lagi sering banget hujan, bisa seharian.

    Fasilitas secara umum sudah oke ya mbak, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana. PR nya di toilet yang masih minim dan campur. Moga jadi perhatian pihak pengelola.

  13. Kalo ke bogor molly suka bingung mau ke mana aja. Saking banyaknya tempat yg perlu dikunjungi. Termasuk kesukaan molly nih alun2 kota bogor.

  14. Wah ternyata alun-alun Bogor secakep ini, bisa piknik , naik delman, jogging, olga, solusi rekreasi hemat buat keluarga…Fixed, mesti singgah kalau ke Bogor nanti. Semoga kekurangan yang disebutkan akan ada perbaikan di masa mendatang

  15. alun – alunnya besaaar dan banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana ya mba. SUdah lama juga nih aku ngga mampir ke Bogor

  16. Ya Allah, Bogor sekarang punya alun-alun, yaa… Dulu padahal di belakang Taman Topi tuh kumuh banget. Seneng sih kalau sekarang dijadikan alun-alun, artinya area terbukanya bertambah.

    Btw, itu penjual minumannya jangan-jangan mantan penjual minuman di KRL jaman dulu, wkwkwkwk… Yang mijon yang mijon, tarahu tarahu…. Duh, jadi kangen.. πŸ™‚

  17. Alun-Alun Kota Bogor baru kemarin diresmikannya ya Mba. Banyak juga ya aktivitas yang bisa dilakukan di Alun-Alun ini. Ngajak jalan bareng keluarga pasti seru nih.

  18. Tempatnya luas yaaa, banyak yang jual makanan dan minuman, ada playground juga, cocok nih weekend ngajak keluaike Alun-Alun Bogor. Btw, harga jajanan termasuk terjangkau ya, Mak?

  19. beberapa waktu lalu saya ke Bogor setelah lama nggak ke sini karena pandemi dan kaget alun alun bogor kok jadi cakep bangetttt.. luas dan terawat, bisa buat ngadem.. pengunjung kudu disiplin buang sampah biar alun alun bogor tetep bersih

  20. Sebuah tata kota yang luar biasa karena menyediakan alun-alun sebagai ruang publik yang bisa mengumpulkan banyak orang untuk bahagia, sehat dan berkumpul bersama.
    Hohoo.. senangnya explore alun-alun kota Bogor.
    Beneran hemat, hihihi…tapi semua tetap happy~

  21. Aku sudah berapa kali ke alun-alun Bogor nih, tes jam kerja, jam libur, dan jam malam wkwkkwk. Ampun deh kalau jam libur, aku gak kuat, suasana penuh orang dan gak kondusif. Enak sih hari biasa aja dan pagi atua sore gitu

    1. penuhnya penuh banget mak? ini aku hari Sabtu lho, oh tapi abis hujan deng, jadi mungkin sepi karena habis hujan itu ya, ahaha

  22. udah lama banget ga main ke alun-alun kota Bogor ini. sekarang tambah rindang dan bersih ya mak. mana banyak orang jualan jajanan lagi

  23. wah ternyata ini alun-alunnya baru dibuka ya, mbak. aku dulu pernah juga ke bogor tapi ke malnya yang bogor town square gitu waktu kopdar sama teman-teman multiply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.