Kid's Activity

[Little Science Project] Milky Dancing Color

Halo semua! Sudah hari Rabu lagiii.. Sebetulnya belakangan ini cukup kurang ide sih, huhu. Udah agak mentok harus mainan apalagi. Tapi ide di internet itu bertebaraan banget, hehe. Akhirnya dapet inspirasi ini dan langsung dipraktekkan deh.

Awalnya saya juga amazed sama kegiatan ini. Kayaknya Naia bakal suka. Dan bener aja dia suka, hehe. Secara ini mainan nuang pewarna makanan (meneteskan sih lebih tepatnya) dan dia emang suka yang namanya menuang atau menetes. Terlebih hasil yang terlihat keren banget. Ini aja udah percobaan kedua. Yang pertama gak sempet direkam karena asik mainan 😀

Oke, langsung aja ya 😉

Color Dancing on Milk

Table of Contents

Bahan:

  1. Susu cair
  2. Pewarna Makanan
  3. Cotton bud atau pipet kecil
  4. Deterjen

Cara:

  1. Tuang susu cair ke dalam wadah
  2. Tetes berbagai warna pewarna makanan
  3. Masukkan cotton bud ke deterjen lalu tetes sedikit deterjen ke atas susu yang sudah banyak pewarna tadi

Color Dancing- Bahan yang Diperlukan

Karena pewarna makanannya belum bercampur, maka saat diteteskan deterjen, dia akan seperti menari. Cantik yaaa, hehe. Ini yang bikin Naia seneng banget, karena warnanya kayak bergerak sendiri gitu. Oiya, sebetulnya di contohnya cotton bud nya dicelupkan, tapi waktu saya coba, diteteskan aja juga udah cukup bikin warnanya berubah dan menari gitu. Jadinya yaa gitu deh, hehe.

Saat ini sih, Naia cukup senang dengan konsep warna yang menari tadi. Begitu Naia agak gedean lagi dan kita mainan ini lagi, mau saya jelasin sih kenapa bisa kayak begini warna di susunya.

[youtube=”https://youtu.be/9x-NcwfDN0I”]

Kalau secara teori, ini berhubungan dengan tekanan permukaan. Setiap cairan kan punya tekanan permukaan kaan, nah tekanan permukaan susu cukup besar karena adanya lemak serta warnanya yang solid. Begitu diteteskan pewarna makanan, gak akan langsung bercampur kecuali diaduk karena tekanan permukaannya beda dengan susu. Deterjen yang dituang membuat lemaknya berpisah sehingga tekanan permukaan susu jadi berkurang deh. Itu yang menimbulkan efek warna-warna yang bercampur sendiri ini kayak sedang menari 😀

Awalnya agak sayang karena harus pake susu, hahaha. Makanya saya nuang susu juga gak banyak-banyak. Ya sedikit aja cukup kan yaa 😀

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

11 Comments

  1. Duh kok mama Naia kreatip sekali siiih bikin mainan nyaaaaa :))

    Pasti Naia asyik banget deh main nya!
    Tapi emang sayang juga kalo pake susu yaaah hehe…cari susu yang murah aja *medit emaknya*

  2. Wah seru banget, makasih idenya. Nanti akan langsung dicoba 😀
    Salam kenal ya mba 🙂

  3. KOK LUCUUUUUU. tapi iya sih sayang susunya. dan iya sih aku pasti bingung juga jelasinnya ke xylo hahaha

  4. Seruuu…
    Wah, tapi anakku yang kecil pasti maunya nyicip deh.

    Kalau si Kakak udah ngerti kayanya

  5. Asyiiknyaaa bisa main experimen gini.. klo besar Naia udh tau banyak ttg experimen, kereeenn

  6. Susunya bisa diganti yang lain nggak ya? Larutan terigu misalnya?

    1. gak bisa mbak. waktu itu juga nyoba begitu, tapi tekanan permukaannya beda, karena di susu ada lemaknya juga 🙂

  7. Anak kecil selalu suka sesuatu yang berwarna-warni 😀

  8. wih keren banget, kreatif. kok bisa kayk gitu ya?

  9. wah kereen.. nyoba juga ahh

  10. kreatif banget video dancing milknya. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.