Traveling

Wisata 1 Hari di Semarang Bersama Anak-anak Bisa ke Dua Tempat Seru Ini Lho!

Akhir tahun kayanya bakal aku tutup dengan rekomendasi wisata 1 hari di Semarang bareng anak-anak yang baru saja kami lakukan kemarin deh.

Memang sih bukan di pusat kota Semarangnya, yang kami lakukan ini ke daerah selatan Semarang, tapi masih termasuk dalam kabupaten Semarang.

Berhubung kedua tempat yang (menurut aku) cukup seru ini memang berdekatan, maka aku yakin deh bisa merekomendasikan kedua tempat yang aku bahas di sini dalam waktu sehari untuk wisata bersama anak-anak.

Dusun Semilir

Kedua tempat tersebut letaknya di Ambarawa, sudah bisa menebak belum nih kami ke mana saja? hehe. Yap, kami ke Museum Kereta Api Ambarasa dan Dusun Semilir.

Kedua tempat ini hanya berjarak sekitar 15 menit, tergantung lalu lintas di hari tersebut.

Walaupun aku bilang wisata sehari, tapi kalau dari luar kota seperti yang kami lakukan, ya tetap butuh lebih dari satu hari dan harus menginap sih.

Menginapnya ini bisa sebelum wisata seharian, atau bisa juga setelahnya. Jadi setelah puas bermain dan lelah, bisa menuju tempat menginap yang sudah dipesan sebelumnya.

Menginap di Crown Guest House

Enaknya sih menginap di lokasi yang dekat dengan kedua tempat ini juga ya biar gampang dan gak perlu berangkat pagi-pagi sekali.

Kenapa harus berangkat pagi? Akan aku jelaskan di bagian museum kereta ya, ihihi.

Anw, kami pun menginap di dekat museum kereta api Ambarawa, tepatnya di Crown Guest House. Tempatnya lumayan kecil namun berada di pinggir jalan, jadi aksesnya mudah dan gampang ditemukan.

Crown Guest House

Tempatnya pun homey dan pemiliknya sangat ramah. Jadi, walaupun kecil, tapi kami cukup nyaman menginap di sini.

Untuk menuju museum kereta pun sangat dekat, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja dengan mobil.

Jadilah kami juga mengawali wisata 1 hari di Semarang kami ini untuk ke museum kereta Ambarawa terlebih dulu.

Naik Kereta Wisata di Museum Kereta Ambarawa

Nah, kenapa kami harus pagi-pagi ke museum kereta Ambarawa?

Itu karena kami mau mengincar kereta wisata yang tiketnya harus dibeli pagi-pagi.

Kereta Wisata Museum Ambarawa

Jadwal dan Harga Tiket Kereta Wisata

Jadwal keretanya sih tersedia dalam 4 waktu dan tersedia sampai sore hari. Tapi ya beli tiket untuk jadwal yang sore pun harus dari pagi supaya di dalam tinggal menunggu jadwal keberangkatan keretanya saja.

Jadwal kereta wisata Ambarawa yang tersedia terbagi di:

  1. 09.30 – 10.30
  2. 11.00 – 12.00
  3. 13.00 – 14.00
  4. 14.30 – 15.30

Nah, pembagiannya memang pas ya. Setiap perjalanan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk bolak balik stasiun Ambarawa – stasiun Tuntang.

Kami sih merekomendasikan untuk datang di jam 7 pagi agar bisa bersiap antri untuk membeli tiket.

Antri Tiket Kereta Wisata Ambarawa

Kenapa harus jam tersebut? Supaya bisa mendapat tiket kereta wisata di jadwal yang pertama yaitu di jam 09.30.

Kalau datang jam 8 pada saat pintu tiket dibuka, takutnya sudah mendapat jadwal kereta yang sore soalnya. Bahkan bisa saja tidak mendapat tiket untuk jadwal kereta manapun karena sudah penuh semua sampai sore. Sayang kan sudah jauh-jauh tapi zonk πŸ™

Waktu 1 jam perjalanan itu rupanya terasa sangat sebentar lho, huhu. Apalagi kereta berjalan memang melewati persawahan yang luas dan dihiasi oleh pemandangan yang indah.

Pemandangan Kereta Wisata Ambarawa
Harga tiket untuk bisa menikmati kereta wisata tersebut adalah sebesar 100 ribu per orang. 

Anak 1 tahun pun membayar dengan harga yang sama dan setiap orang hanya bisa membeli sampai 4 tiket kereta wisata saja.

Wisata Berkelompok

Maka, kalau kalian liburan ramai-ramai, sesuaikan orang yang mengantri dengan jumlah kelompok kalian yaa πŸ˜‰

Atau kalian bisa menyewa kereta uap. Kereta ini berbeda dengan kereta wisata biasa dan hanya melayani perjalanan wisata kelompok.

Berdasarkan informasi yang aku dapatkan kemarin (Desember 2023), kalian bisa menyewa kereta uap ini dengan harga sekitar 3 juta untuk 1x perjalanan kelompok.

Main Sepuasnya di Dusun Semilir

Dusun Semilir

Setelah puas menikmati kereta wisata, kita bisa lanjut berjalan ke Dusun Semilir. Seperti yang aku bilang, perjalanan dari museum kereta Ambarawa ke Dusun Semilir hanya berkisar 15 menit.

Jadi setelah puas menikmati kereta wisata setelah sebelumnya berkeliling museum kereta api, kita bisa lanjut makan siang di Dusun Semilir. Soalnya di sana memang tersedia tempat makan yang cukup besar.

Harga Tiket Masuk Dusun Semilir

Dusun Semilir ini soalnya merupakan tempat yang berkonsep one stop destination gitu ya, jadi akan ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan.

Harga Tiket Dusun Semilir
Harga tiketnya pun bervariasi, mulai dari 30 ribu sampai 75 ribu, tergantung paket yang mau kita pilih.

Kalau kami, kemarin memilih paket hemat dusun Candyland seharga 60 ribu per orang.

Tiketnya sudah termasuk tiket masuk wisata Dusun Semilir, Rainbow Slide, Omah Suwung, dan Alas Angon (mini zoo), serta kita akan mendapatkan gratis boomerang per orang.

Bahkan di jalanan bagian dalamnya memang terasa seperti food festival.

Jalan Dusun Semilir

Di sepanjang jalan tersebut nantinya akan ada beberapa tempat yang bisa dinikmati, seperti Dusun Dinosaurus, Rainbow Slide, Omah Suwung, dan masih banyak tempat seru lainnya.

Dua dari beberapa hal seru yang kami lakukan kemarin adalah menyewa golf car dan bermain rainbow slide.

Menyewa Golf Car

Menyewa golf car ini tidak termasuk tiket masuk lho, jadi akan ada biaya tambahan lagi di dalam.

Harga sewa golf car yang kecil 150 ribu untuk 30 menit kalau mau menyetir sendiri (dengan syarat, SIMnya dititipkan terlebih dulu).

Golf Car Dusun Semilir

Kalau mau plus supir (alias dikendarai oleh pegawai Dusun Semilir), harga 150 ribu tersebut hanya untuk sekitar 15 menit saja.

Kami tentu memilih yang 30 menit lah yaa, ihihi.

Bermain Rainbow Slide

Nah, berhubung rainbow slide mah sudah termasuk paket hemat yang tadi kami pilih, jadi kami langsung menaiki perosotan ini deh.

Rainbow Slide Dusun Semilir

Berhubung kami mendapatkan 5 tiket, namun untuk menaiki rainbow slide ini harus dengan ketinggian minimal 120, jadi ada 2 tiket yang bisa dipakai oleh 1 orang (karena Nara belum bisa naik).

Jadilah kami berpisah, papa dan Naia Nawa naik rainbow slide ini duluan, sementara aku dan Nara menunggu mereka di akhir perosotan.

Selanjutnya aku dan Naia deh naik si rainbow slide ini di sore harinya. Alhamdulillah semua puas jadinya yaa, ihihi.

Pilih yang Mau Dilakukan Sebelum ke Dusun Semilir

Sebetulya, rasanya sih ke Dusun Semilir ini malah bisa menghabiskan waktu seharian ya. Soalnya ya itu tadi, dengan konsep one stop destination, menjadikan banyak sekali tempat dan aktivitas yang bisa dilakukan di sini.

Dusun Semilir - Wisata Semarang 1 Hari

Maka, akan sayang sekali rasanya kalau berkunjung ke Dusun Semilir ini di sore hari.

Sebaiknya, kalian menentukan terlebih dulu mau mengeksplor hal apa saja yang ada di dalam sini.

Soalnya, berdasarkan pengalaman, kita gak akan bisa mengeksplor keseluruhan tempat di Dusun Semilir ini dalam satu kali kunjungan sih yaa πŸ˜€

Mau Mencoba Wisata Seru Ini?

Gimana nih, setelah membaca rekomendasi dari aku ini, sudah mau mencoba kedua tempat ini gak nih untuk wisata 1 hari di Semarang bersama anak-anak? hehehe.

Lumayan seru dan tempatnya memang berdekatan, jadi aku betul sangan merekomendasikan kedua tempat ini untuk dikunjungi seharian sih.

Tapi jangan sampai kelelahan ya. Enaknya, di Dusun Semilir tersedia lapangan luas yang bisa dipakai oleh anak untuk bebas berlarian.

Lapangan Dusun Semilir

Walaupun dikelilingi oleh tempat-tempat yang berbayar lagi juga sih, tapi kalau kita hanya jajan dan menikmati suasananya juga udah enak banget.

Anak-anak main boomerang yang tadi kita dapatkan secara gratis, orangtua bisa istirahat sejenak sebelum pulang.

Baca juga wisata seru lainnya di Itinerary Wisata Jatim Park Bersama Anak-anak Selama 3 Hari 2 Malam ini ya ;)

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.