Review Tempat Wisata

Bermain Air Seru dan Gratis di Splash-N-Surf Singapura

Kami ke Splash-N-Surf Singapura ini dalam rangkaian perjalanan ke Singapura di tahun 2019 lalu. Waktu itu kami sempet kehabisan tempat yang mau dikunjungi, ahaha.

Soalnya dalam rencana kami, kami memang gak ngoyo harus ke beberapa tempat dalam sehari karena bawa anak-anak. Jadi memang itinerary-nya sebetulnya agak nyantai gitu, hehe.

Lalu ada satu hari kami mau “istirahat” gitu ceritanya. Istirahat tapi bukan yang mendekam di penginapan, melainkan ngajak anak main tapi kami gak terlalu banyak jalan. Temen yang udah duluan ke Singapura ngasih tau kalau ada tempat main air yang asik dan gratis. Ya Splash-N-Surf ini.

Setelah googling dan ngintip dikit tempatnya kayak gimana, eh ngerasa kayaknya kok lumayan seru, gratis pula. Langsung lah tanpa ba bi bu, kami berangkat menuju Splash-N-Surf deh, ihihi.

Baca juga: 10 Wahana Universal Studios Singapore untuk Anak dan Balita

Lokasi Splash-N-Surf

Lalu, seperti biasa donk, di Singapura ke mana-mana enak banget banget naik transportasi umum, terutama MRT. Nah, lokasinya Splash-N-Surf ini sangat mudah dijangkau dengan MRT.

Kita tinggal turun di Stadium (Circle Line MRT), lalu berjalan sedikit ke Splash-N-Surf dengan melalui mall Kallang Wave (kalau tidak melewati mallnya bisa bisa aja sih, hehehe).

Splash-N-Surf Singapura ini juga rupanya terletak menjadi satu dengan stadium olahraga lainnya, tepatnya di National Staduim Singapore (Singapore Sports Hub).

Singapore Sports Hub

Jadi karena semacam pusat olahraga adalah di stadium itu, maka disediakan Splash-N-Surf juga deh untuk melengkapi olahraga airnya.

Sebetulnya, Splash-N-Surf ini ada juga yang berbayar, terutama untuk yang dewasa. Tapi kolamnya memang agak terpisah. Satu lokasi sih, terpisah area saja. Kebetulan, kami hanya bermain di area waterpark untuk anak-anak ini saja.

Di area berbayar tadi sebetulnya cukup seru juga karena ada kolam arus, kolam renang, dan kolam latihan surfing (Stingray).

Kolam Arus Splash-N-Surf Singapura

Seperti waterpark di sini lah yaa, hampir selalu ada kolam arus gitu. Kita bisa mengelilingi waterpark ini hanya dengan mengikuti arus sambil bersantai di ban besar. Sama, di Splash-N-Surf juga bisa, tapi dikenakan tarif sekitar 5 apa 10 dolar Singapura gitu, aku lupa, huhuhu.

Tapi cukup worth it juga lah ya kalaupun berbayar. Cuma bedanya, kalau yang gratis hiburan untuk anak-anak, yang berbayar ya untuk olahraga orang dewasanya, hehehe.

Yang Seru untuk Anak-anak

Splash-N-Surf Singapura
Pintu Masuk Splash-N-Surf

Ini dia kan bahasan yang ditunggu-tunggu dari tadi? Ahaha. Ada apa saja sih yang seru di Splash-N-Surf?

Walaupun tempatnya tidak begitu luas, tapi terbilang cukup memuaskan untuk anak-anak. Karena areanya dimanfaatkan secara maksimal, tempatnya jadi terlihat menarik dan seru.

Di sini juga membuktikan, gak perlu kayanya tempat yang terlalu luas. Anak-anak akan sangat senang dengan bermain beberapa permainan yang ada di Splash-N-Surf ini. Terlebih lagi, insyaAllah permainannya semua aman yaa.

Kids Pool

Sebetulnya kan di Splash-N-Surf ini tuh semuanya memang untuk anak-anak, jadi kolam yang ada pun ya hanya untuk anak-anak. Ke sini tujuannya memang untuk membuat anak-anak senang, hehehe.

Kids pool ini hanya memiliki kedalaman sebesar 60cm, jadi terbilang aman dan insyaAllah gak akan tenggelam yaa. Desainnya pun terdapat beberapa anak tangga di hampir setengah kolam, jadi akan ada bagian yang sangat cetek, yaa hanya sekitar 20cm-an saja lah.

Baby Pool Splash-N-Surf
Bagian Dangkal di Kids Pool

Pas banget sebetulnya kalau mau ngajak anak di bawah umur 1th pun ya, karena bisa berendam cantik saja di bagian tangga kids pool nya saja πŸ˜€

Ditambah lagi, ada semacam ayunan berputar untuk balita gitu yang aman, jadi makin bisa ngajak anak batita ke sini untuk senang-senang juga sih, hehe.

Water Slide

Water Play Area Splash-N-Surf Singapura

Di area satunya, oiya yang aku lihat Splash-N-Surf yang disediakan untuk anak-anak ini terbagi menjadi 2 area besar. Satunya kolam anak tadi, satu area lagi untuk water play area.

Nah, water slide ini adanya di area bermain itu deh. Seperti yang aku bilang juga, tempatnya memang tidak begitu besar, tapi karena terawat dan juga dimanfaatkan secara maksimal, jadi anak-anak akan puas bermain di sini.

Dalam tempat yang terbatas tersebut, ada berbagam jenis permainan soalnya, termasuk payung yang mengeluarkan air dan slider yang slidingnya terdapat di dua sisi.

Water Play Area Splash-N-Surf Singapura

Selain itu, terdapat juga kincir air. Warnanya pun berwarna-warni dan sangat menarik perhatian, terumata anak-anak. Pokoknya memang seru banget untuk anak-anak, jadi sabar aja ya kalau anaknya nanti gak mau pulang dan asik bermain di sini, ihihi.

Air Mancur Kecil

Air mancur kecil-kecil sih lebih tepatnya. Karena dia bentuknya berupa lingkaran di bawah yang memancarkan banyak sekali air mancur. Tambah seneng kan tuh anak-anak main air mancur begini.

Air Mancur Kecil Splash-N-Surf Singapura

Naia Nawa ke sini beneran puas banget kayanya. Bolak-balik aja ke air mancur lalu ke water play area, lalu balik lagi ke kolam batita, asik lah buat mereka. Selain bisa berenang tipis-tipis, mereka puas karena bisa berlarian bolak balik main air tanpa takut terpeleset.

Peraturan Splash-N-Surf

Karena fasilitas ini gratis, kita harus mematuhi peraturan yang ada yaa. Di Singapura memang ketat dan disiplin kan soal peraturan. Tapi memang jadinya teratur banget sih di mana-mana juga, bikin semuanya nyaman jadinya.

Pakai Baju Renang

Pakai Baju Renang. Jangan pakai baju biasa kayak di Indonesia kalau ke waterpark yaa. Soalnya di sana kalau gak pakai baju renang, akan ditegur dan gak diijinkan untuk bermain air. Bahkan anak-anaknya juga gitu. Kan nanti malah bikin anaknya sedih kalau sudah seneng-seneng mau main air, eh malah “diusir” gak boleh masuk kolam karena gak pakai baju renang yang seharusnya.

Saat kami ke sana, malah ada yang bertanya di mana aku beli baju renang anak-anak yang ada jilbabnya gitu, ihihi. Soalnya, untuk yang muslim suka ragu mau ke sini karena ya itu, harus pakai baju renang. Sementara mereka mau tetap yang tertutup gitu kan, nah di sana kayanya belum pasaran tuh yang namanya baju renang muslimah, hehehe.

Tidak diperbolehkan membawa pelampung sendiri. Baik yang berbentuk ban, maupun rompi pelampung. Tenang aja, insyaAllah di sana tuh aman, akan selalu ada penjaga yang mengawasi. Lagipula, memang kolamnya juga didesain tidak terlalu dalam, ya memang untuk bermain air saja sepertinya, jadi insyaAllah gak perlu bawa pelampung pun anak-anak akan aman yaa.

Kamar Bilas dan Toilet

Toilet sekaligus kamar bilasnya (atau kamar mandi) terbilang cukup mudah didapat, tapi tetap tertutup. Terdapat di sisi kanan (kalau dari pintu masuk), jadi saat sudah puas berenang dan bermain airnya, kita tinggal melipir saja ke sini untuk mandi dan berganti baju.

Baca juga: Itinerary Singapura bersama Bayi dan Balita

Waktu itu kami terpaksa menyudahi waktu bermain air untuk anak-anak karena hari sudah mulai mendung dan diperkirakan akan hujan. Makanya penjaga juga jadi akhirnya memberi peringatan kepada semua pengunjung dan mengharuskan kami mengosongkan area Splash-N-Surf ini.

Untungnya anak-anak sudah lumayan lama sih main airnya, jadi gak masalah, hehehe.

Tips ke Splash-N-Surf

Splash-N-Surf Singapura

Kalau kalian mau mengunjungi Splash-N-Surf, coba perhatikan beberapa tips ini deh, supaya lebih nyaman mainnya πŸ˜‰

  • Pakai Sunscreen. Iya sih ini mah ya. Gak di Splash-N-Surf aja kayanya kalau renang harus pakai sunscreen untuk melindungi kulit, terutama untuk anak-anak.
  • Bawa Stroller. Khususnya buat yang membawa bayi kayak aku waktu itu. Enaknya tempat umum di Singapura tuh gini, udah stroller friendly (aksesibel untuk kursi roda tentunya ya) di semua tempat. Walaupun memang harus berjalan agak jauh lagi karena butuh lift ya kan kalau membawa stroller atau kursi roda. πŸ™‚
  • Perhatikan Cuaca. Kalau cuacanya diperkirakan akan hujan, mending gak usah jadi ke sini. Soalnya gerimis dikit, tempatnya sudah ditutup oleh pengurusnya. Ya alasan safety lah yaa, gak mau anak-anak yang main di sana nantinya sakit karena terkena air hujan gitu.
  • Bawa Cemilan dan Minum yang Agak Banyak. Penting ini, soalnya anak-anak habis main air biasanya sudah mulai lapar. Nah, sedia cemilan supaya begitu selesai, mereka bisa langsung mengganjal perutnya deh. Tips ini sekaligus untuk mengurangi tantrum-tantrumnya anak ya bu, hehehe.

Oke deh, segitu aja review aku untuk Splash-N-Surf ini. Kalau kalian ingin informasi lebih lengkap lagi, silakan cek-cek aja web resminya yaa.

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

You may also like...

2 Comments

  1. Langsung aku masukin ke list kalo nanti ke singapur lagi. Permainan gini aja bisa gratis ya di sing πŸ˜„β€οΈ. Teus walongratis ttep bagus dan terawat pulaaaπŸ˜πŸ‘. Jempol memang buat mereka.

    Aku tuh udah bikin ITIN kalo ntr ke sing mau ngajakin anak2 ke mana. Paling banyak taman. Krn di sana kan banyak taman yg ramah anak, dan lagu2 gratis. Seneng banget kayaknya kalo tinggal di sana πŸ˜…. Trus ingat biaya hidupnya wkwkwkkw.

    Tapi blm dpt tiket yg harganya bagus aja nih mba. Setelah pandemi pada gila2an smua tiket 🀣. Semoga tahun depan ada promo yg bagus, jadi bisa ajak anak2 kesana

    1. iyaa betuull, di sana emang mantep banget sih fasilitas umumnya. ya tapi iya juga, biaya hidup tinggi ya shay, ahaha

      aku pernaahh bikin itin singapura jugaa lho di blog, ahaha. tiketnya tapi bener, jadi wuiihh semua. kemarin yang katanya harga gledek gitu gak dapet yaa?
      duh, semoga tahun depan ada promo yang bagus deh, haha

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.