Review Tempat Wisata

Walau Membuat Anak Lelah, 5 Pesona Gardens by The Bay Ini Tidak Bisa Dilewatkan

Yuhuu, aku mau cerita pengalaman ke salah satu tempat yang kami kunjungi saat jalan-jalan ke Singapura di akhir tahun 2019 lalu nih, tepatnya Gardens by The Bay yang terkenal itu. Kami tuh ke sini gak cukup 1 hari lho, soalnya tempatnya tuh lega banget banget.

Kali pertama ke sini saja Nawa, anak kedua, agak kecapean karena memang harus jalan kaki selama di sana. Terlebih lagi, waktu itu kami ke sana di siang hari, jadi kebayang lagi sih panasnya kayak gimana.

Kelelahan Berjalan xp

Tapi Gardens by The Bay ini bener-bener worth the hype banget sih. Gak heran lah kalau bisa seterkenal itu.

Aku ceritakan 5 pesonanya yang menakjubkan dan membuat Gardens by The Bay diakui sebagai tempat yang wajib dikunjungi kalau kalian ke Singapura, terutama bersama anak-anak ya.

Lokasi

Seperti biasa, aku mulai dari lokasi tentunya.

Lokasinya berada di 18 Marina Gardens Dr, Singapore 018953.

Cara Menuju Gardens by The Bay

Berhubung tempatnya memang seterkenal itu, jadi terhitung cukup mudah juga untuk menuju Gardens by The Bay dan sangat terjangkau dengan kendaraan umum.

Seperti biasa, MRT lah andalannya, karena memang ternyata terintegrasi juga dengan pintu masuknya. Kita tinggal naik MRT melalui jalur Circle dan Downtown, lalu turun di stasiun Bayfront dan cukup ikuti petunjuk yang disediakan.

MRT menuju Gardens by The Bay

Kali kedua kami ke sini, kami putuskan untuk naik taksi. Soalnya memang berangkat agak sore dan tujuan kami untuk ke Playground anak-anaknya. Plus, mengingat kemarin jalannya agak jauh ya dari pintu masuk Bayfront Plaza, sementara playground anaknya berada di sisi lainnya, jadi ya lebih baik naik taksi dan turun di titik dropp off, yang memang sudah mendekati lokasi playgroundnya πŸ˜€

Bay South Gardens by The Bay

Harga Tiket Masuk Gardens by The Bay

Lho, bukannya gratis ya masuk Gardens by The Bay ini?

Yap, yap, masuk Gardens by The Bay tuh GRATIS ya guys. Kecuali sih kalian mau ke Flower Dome, Cloud Forest, Flower Fantasy atau melintasi OCBC Skyway nya.

Keempat tempat tersebut butuh biaya ekstra lagi untuk bisa dinikmati. Kebetulan, Alhamdulillah waktu itu kami berkesempatan untuk masuk ke Cloud Forest dan Flower Dome, dengan membeli tiket sebelum berangkat ke Singapura.

Baca juga: Berpetualang Seru di Jacob Ballas Children’s Garden Singapura

Kami beli paket wisata gitu di Traveloka yang meliputi kedua tempat tadi, lumayan dapet promo juga, hehehe. Untuk harga keempat tempat itu, aku list di bawah ini yaa:

  1. Flower Dome & Cloud Forest. Kedua tempat ini memang biasa dibundling, berhubung tempatnya memang berada dalam 1 area. Kita harus merogoh kocek sebesar S$28 untuk bisa masuk ke kedua tempat ini yaa.
  2. Flower Fantasy. Untuk masuk ke sini, kita harus mengeluarkan biaya sebesar S$20 (anak-anak 12 tahun ke bawah S$12).
  3. OCBC Skywalk. Tiketnya seharga S$8.

Jam Operasional

Pemandangan Gardens by The Bay saat Malam Hari
Pemandangan Gardens by The Bay di Malam Hari

Gardens by The Bay tuh hitungannya taman kota gitu gak sih? Yang bisa diakses kapan saja gitu.

Soalnya memang bisa diakses kapanpun, ya gak 24 jam juga sih, tapi dari jam 5 pagi sampai 2 pagi setiap harinya (tetap hampir 24 jam ya).

Hanya saja, untuk yang berbayar seperti Flower Dome, Cloud Forest, Flower Fantasy, serta OCBC Skywalk tadi baru beroperasi sejak jam 9 pagi sampai jam 9 malam (pembelian tiket terakhir di jam 8.30).

Waktu Terbaik Berkunjung

Menurut aku, waktu terbaik berkunjung ke Gardens by The Bay itu ditentukan oleh tujuan kita. Mau main ke permainan anaknya kah? Mau berkeliling santai dan menikmati pemandangan kah? Atau mau menonton pertunjukan Garden Rapsody?

Gardens by The Bay

Kalau tujuan kita mau berkeliling dan menikmati suasananya, termasuk berkunjung ke Flower Dome & Cloud Forest dan berjalan di OCBC Skyway, enaknya kita ke sana di pagi hari, sebelum hari mulai panas. Sekitar jam 9 lah, saat tempat-tempat ini mulai beroperasi.

Berbeda lagi dengan tujuan menonton pertunjukan di Super Tree Grove. Kalau tujuan kalian mau menonton pertunjukan ini, sebaiknya berkunjung setelah jam 6 sore. Berhubung pertunjukannya memang diadakan malam hari ya, sekitar jam 19.30.

Nah, kalau mau bermain di playground nya, kalian bisa berkunjung di sore hari sekitar jam 3. Udaranya adem dan memang cocok untuk anak-anak bermain, hehe.

Jadi, tentukan sendiri ya kalian mau berkunjung untuk tujuan apa πŸ˜‰

1. Super Tree Grove & OCBC Skyway

Super Tree Grove di Gardens By The Bay Singapura
Super Tree Grove

Gak ada deh yang gak kenal dengan yang satu ini. Rasa-rasanya kalau kita menampilkan foto berlatar belakang “pohon” seperti ini, pasti akan langsung tau kalau kita berada di Singapura. Bener apa bener hayo?

Inilah yang dinamakan Super Tree Grove, yang memang iconic banget dan menjadi daya tarik utama Gardens by The Bay. Dengan total 12 “pohon” yang terdiri dari 3 pohon utama yang besar dan 9 pohon lain di wilayah utamanya, Super Tree Grove ini berhasil menjadikan Gardens by The Bay sebagai tempat yang wajib dikunjungi kalau ke Singapura.

OCBC Skyway Gardens by The Bay

OCBC Skyway sendiri merupakan jembatan yang melintasi ketiga pohon besar tadi. Ini dia yang aku bilang akan ada biaya sendiri ya untuk melintasinya.

Rasanya cukup seru sih untuk melintasi OCBC Skyway ini, tapi sayangnya kami belum punya kesempatannya. Terakhir kali ke sana, Nawa (anak kedua) sudah kelelahan karena memang harus berjalan cukup jauh untuk mengunjungi Flower Dome dan Cloud Forest serta balik lagi ke stasiun MRT Bayfront.

Oiya, sebetulnya ada 6 pohon lagi yang tersebar di 2 tempat Gardens by The Bay lainnya. Salah satunya di Bay South (tempat kami berfoto), dan satu lagi berada di sisi kiri Flower Dome.

Garden Rapsody

Ini dia salah satu daya tarik utama lagi. Saat kali kedua kami ke sana kebetulan sampai malam hari. Jadinya kami berkesempatan menonton pertunjukan ini deh.

Garden Rapsody

Garden Rapsody ini merupakan pertunjukan cahaya lampu yang menghiasi Super Tree Grove. Keren, bagus, wah, dan entah apalagi yang bisa menggambarkan pertunjukan ini.

Makanya, kalau memang menjadikan pertunjukan ini sebagai tujuan utama ke Gardens by The Bay, kalian bisa datang setelah jam 6 sore dan menempati posisi yang enak untuk menontonnya.

2. Flower Dome & Cloud Forest

Kedua tempat ini kujadikan satu karena memang biasa dikunjungi secara bersamaan dan tiketnya pun selalu di-bundle. Ya karena tempatnya juga bersebelahan sih.

Kalau kita dari BayFront menuju kedua tempat ini, kita bisa menyewa Golf Car yang disediakan. Supaya gak capek duluan gitu jalan menuju Flower Dome dan Cloud Forest-nya, hehehe.

Golf Car yang disediakan menuju Flower Dome & Cloud Forest

Berlokasi di Bay South, dekat dengan Marina Bay, terdapat 2 bangunan kubah yang megah. Di bangunan tersebutlah Flower Dome dan Cloud Forest ini berada. Walaupun mirip, kita bisa membedakan kedua bangunan tersebut dari tingginya.

Flower Dome adalah bangunan yang lebih melebar, menawarkan vegetasi bunga yang sangat indah di dalamnya.

Apalagi kalau kalian berkunjung pada event-event tertentu, seperti event Natal atau hari raya lainnya. Seperti kami yang waktu itu berkunjung pada bulan November, artinya akan mendekati natal, jadi di dalamnya sudah dihias dengan hiasan natal yang meriah.

Flower Dome Menjelang Natal

Bukan hanya itu, berhubung Flower Dome sendiri merupakan salah satu rumah kaca terbesar yang ada di dunia, tanaman yang berada di dalamnya merupakan tanaman yang tersebar dari 5 benua.

Di dalamnya akan ada keterangan tanaman apa dan berasal dari mana. Bagus banget sih, aku suka banget berada di sini karena sangat berwarna-warni.

Kesan aku pribadi, masuk ke sini tuh meningkatkan semangat dan rasa kagum karena kita bisa menikmati keindahan yang berasal dari seluruh dunia.

Air Terjun Cloud Forest Gardens by The Bay

Nah, bangunan yang lebih tinggi adalah Cloud Forest.

Karena seperti judulnya “Cloud Forest”, isinya merupakan replika hutan tropis yang biasa ada di asia, lengkap dengan air terjun tinggi tepat di bagian pintu masuknya.

Sebetulnya anak-anak memang sudah agak capek mengelilingi Flower Dome, jadi di sini sudah mulai kelelahan.

Akhirnya kami beristirahat sebentar di tempat duduk yang disediakan dan memberi anak-anak camilan serta minum.

Kalau kalian perhatikan, di tengah air terjun terdapat railing yang melintasi air terjun di bagian dalam. Yap, kita memang bisa lewat melalui itu ya. Jadi, kita serasa ada di bagian dalam air terjun.

Wah, asik banget sih experiencenya.

Selain itu, ada lagi jembatan yang lebih di atas lagi dan menjorok keluar dari bangunan air terjun yang tinggi tersebut. Nah, jembatan ini yang bisa dijadikan daya tarik utama si Cloud Forest, selain air terjunnya tentu saja.

Cloud Forest

Jembatan yang lebih atas tadi berada di sisi lain air terjun ya, jadi bukan mengitari air terjun dari atas luar, tapi mengitari bangunan dengan flora yang beragam dari sisi luarnya. Dibanding seru, lebih bisa aku katakan kalau pengalaman memasuki Cloud Forest itu hampir seperti berada di hutan tropis sih, terkagum banget aku, hehehe.

Ada satu area yang berisi tanaman-tanaman yang cukup langka, seperti tanaman pemakan serangga.

Bahkan di area tersebut, ada juga taman yang terbuat dari lego yang dibentuk menjadi berbagai macam tanaman, salah satunya Rafflesia Arnoldi.

Tanaman Lego Cloud Forest

3. Floral Fantasy

Floral Fantasy ini berada di bagian Bay Front. Kalau tadi kita berjalan ke arah kiri untuk menuju Flower Dome dan Cluoud Forest, Floral Fantasy ini mengharuskan kita mengambil arah kanan. Karena memang berada di sisi kanan Bayfront Plaza.

Kami juga tidak berkesempatan mengunjungi Floral Fantasy sih. Pasalnya, karena waktu itu sudah membeli tiket untuk Floral Dome dan Cloud Forest, tujuan utama kami ya jadinya mengelilingi kedua tempat itu deh.

Aku bahkan tidak tau kalau ternyata ada satu tempat menarik lagi yang bernama Floral Fantasy ini.

Ternyata di dalamnya terdapat berbagai macam rangkaian bunga dan banyak sekali taman-taman bunga, replika taman bunga di seluruh dunia. Tempatnya betul-betul dipenuhi oleh bunga dan terasa magical karena banyak juga figur binatang atau bentuk-bentuk yang dibuat dari rangkaian bunga.

Untuk yang suka sekali dengan keindahan bunga yang lebih berwarna-warni, bisa berkunjung ke Floral Fantasy ini yaa.

4. Far East Organization Children’s Garden

Bahasa gampangnya, ini playground anak-anak yang berada di Gardens by The Bay. Terletak di dekat Bay South dan melewati Cloud Forest.

Far East Organization Childrens Garden

Kali kedua kami ke Gardens by The Bay bertujuan untuk mengajak anak-anak bermain di sini. Sayangnya waktu itu habis hujan, jadi beberapa playground ditutup. “Beberapa” karena memang Far East Organization Children’s Garden ini terdiri dari playground-playground kecil yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Terdiri dari Water Play, Rainforest Tree House, Toddler Zone, juga Amphitheatre. Kami hanya bisa bermain di Water Play, karena hanya itu yang dibuka. Berhubung baru selesai hujan, tempatnya masih basah, jadi khawatir kalau Toddler Zone yang berisi banyak permainan untuk anak-anak itu masih licin.

Maka dari itu, untuk alasan keamanan, semua tempat lain selain Water Play (dan Amphitheatre ya kayanya) ditutup. Aku malah gak engeh ada Amphitheatre sih, ahaha. Karena fokus di Water Play dan anak-anak sudah keburu antusias main air.

Kayanya anak-anak puas banget bermain di Water Play-nya. Ya namanya aja main air ya, semua anak kayanya antusias deh, ihihi.

Far East Childrens Garden
Baca juga: Bermain Air Seru dan Gratis di Splash-N-Surf Singapura

Anw, tapi playground ini tutup di hari senin ya. Selain hari itu, bebas deh kalian bisa ke sini kapan saja, asal sebelum jam 6 sore, karena jam 6 playground akan ditutup untuk maintenance. Jadi pastikan kalian berkunjung sebelum jam tersebut. Paling enak sih sore sekitar jam 3 sore πŸ˜‰

5. Heritage Gardens

Heritage Garden merupakan taman bertema yang berada di antara Bay Front dan area konservatori (Flower Dome dan Cloud Forest). Dimaksudkan untuk merepresentasikan tiga etnis mayoritas yang terdapat di Singapura, India, Cina, dan Melayu (sumber: https://www.treksplorer.com/gardens-by-the-bay-singapore/).

Memang ada tulisannya sih di setiap taman yang akan kita lewati. Waktu itu kami melewati taman Cina dan India, berfoto sedikit baru lanjut berjalan menuju Flower Dome dan Cloud Forest.

Heritage Garden di Gardens by The Bay

Tempat Makan

Tempat seluas ini gak mungkin sih kalau tidak menyediakan tempat makan. Setelah dari Flower Dome dan Cloud Forest, kami makan di McD, tempat yang paling dekat area Flower Dome tadi dan juga dekat dengan Golden Garden, tempat 3 pohon Super Tree Grove berada.

Toilet dan Mushola

Taman seluas ini tentu toilet tersebar juga donk.

Mushola sih yang terbilang sulit. Berhubung muslim bukanlah mayoritas penduduk di sana, jadi mencari tempat sholat agak-agak tricky. Kalau kami, kami siasati dengan sholat jamak atau berkunjung ke tempat wisata setelah jam sholat, jadi kita sholat terlebih dulu baru ke tempat wisata.

Atau malah sebaliknya. Kami pergi ke tempat wisata pagi-pagi, nah begitu siang atau sudah masuk waktu Dzuhur, kami sudah pulang untuk sore pergi lagi ke tempat lainnya πŸ™‚

Memuaskan dan Menakjubkan

Inilah kesan aku pribadi setelah berkunjung ke Gardens by The Bay sebanyak 2x ya. Rasanya gak bosan untuk bisa ke sana lagi di kesempatan ke Singapura berikutnya.

Baca juga: 10 Wahana Universal Studios Singapore untuk Anak dan Balita

Bisa jadi pilihan tempat wisata yang hemat nan menakjubkan. Lelah sih, tapi tetap memuaskan, hehe.

Terlebih lagi, di sana menyediakan air keran yang bisa diminum, jadi kalau kita merasa haus dan kehabisan minum, bisa tinggal masukkan air tersebut ke botol minum deh πŸ™‚

Aaah, nulis ini jadi kepengen ke sana lagi deh, ahaha. Kapan yaa kapan yaa? ahaha.

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.