Traveling

Di Gili Nanggu Anak-anak Bisa Snorkelingan dengan Aman Lho!

Yuhuu, Alhamdulillah ya anak-anak aku masuk sekolah di tanggal 9 Januari, jadi kami bisa liburan ke Lombok, bahkan bisa snorkelingan di Gili Nanggu dengan kondisi yang cukup sepi sebelum masuk sekolah.

Soalnya, banyak juga sekolah yang mulai masuk tanggal 2 Januari, sedangkan kami berangkat baru di tanggal 1 Januari 2023, ahaha.

Anw, tadinya ke Lombok tuh mau snorkelingannya di Gili Trawangan aja, soalnya Gili Trawangan tuh memang kayak tempat yang wajib dikunjungi gitu gak sih kalau ke Lombok?

Jadi, berhubung main lautnya di sana, gak terlalu berharap bisa ke Gili Nanggu juga tadinya.

Foto-foto di Gili Kedis

Tapii ternyataaa, kami malah gagal snorkelingan di Gili Trawangan donk, jadinya cari-cari ide lagi mau snorkelingan di mana.

Alhamdulillah ada Gili Nanggu yang lumayan lebih dekat juga dijangkau dari kota Mataram, tempat kami menginap, kami jadinya bisa memanfaatkan waktu sehari untuk snorkelingan ke Gili Nanggu deh.

Oiya, cerita lengkap kenapa kami bisa gagal snorkelingan bisa dibaca di postingan Gili Trawangan yaa.

Lokasi Gili Nanggu

Gili Nanggu & Gili Kedis
Lokasi Gili Nanggu dari Lombok

Nah, lokasi Gili Nanggu ini berada di Lombok Barat ya, tapi agak Selatan. Untuk bisa snorkelingan ke Gili Nanggu, kita perlu pergi ke Pelabuhan Lembar daerah Sekotong.

Lebih terkenal dengan sebutan Sekotong saja sih untuk ke Gili Nanggu ini.

Dari pelabuhan/dermaga tersebut, kita hanya perlu waktu sekitar 30 menit saja untuk mencapai Gili Nanggu. Memang tidak terlalu jauh, jadi anak-anak belum terlalu bosan di kapal yaa.

Berapa Harga Paket Snorkeling di Gili Nanggu?

Kemarin kami pakai paket snorkeling ini karena nemu akunnya di IG (@gili_nanggu), nama ownernya Surya. Dia sih gak langsung bilang paketan gitu, tapi menawarkannya secara satuan aja.

Jadi harga untuk kapal sendiri, sewa alat snorkeling sendiri, lalu dokumentasi sendiri. Baru dari harga satuan tersebut yang dijumlahkan nantinya. Namun semua ini belum termasuk makan siang.

Kemarin itu, dia ngasih kami rincian harga seperti ini:

1. Sewa kapal 400k/kapal. Ini aku gak tau ya maksimal berapa orang, tapi kemarin kami totalnya 11 orang (sudah termasuk 3 anak dan 2 balita).
2. Sewa alat snorkeling (maskernya saja yaa) 15k/orang
3. Sewa pelampung 15k
4. Dokumentasi 150k (sewa gopro dan file akan langsung dikirim seusai snorkeling)

Nantinya kita akan ditemani oleh 2 orang guide, salah satunya yang akan mendokumentasikan kita. Kalau mau pakai tambahan fin, 15k lagi per orang.

Dari rombongan kami, total yang snorkeling ada 5 orang dewasa dan 3 orang anak. Jadi total biaya yang kami keluarkan sebesar 760k (sewa kapal, dokumentasi, 9 pelampung, dan 5 masker).

Gili Nanggu Lombok

Mereka gak menyediakan masker untuk anak-anak, jadi sebaiknya bawa kacamata renang sendiri untuk anak-anak yaa.

Itinerary Snorkeling Gili Nanggu

Itinerary snorkelingan ini biasanya selalu sama di setiap paket tur Gili Nanggu. Pertama akan snorkeling ke Gili Nanggu, lalu makan siang di Gili Sudak, selanjutnya bersantai dan foto-foto di Gili Kedis.

Snorkelingan ini dimulai dari dermaga, lebih seperti halaman belakang rumah tepi pantai gitu sih.

Jalan menuju titik start snorkelingannya ini juga bagus banget ya, halus dan tidak perlu melalui jalanan yang rusak, sehingga kita juga nyaman menuju titik startnya.

Kapal yang kami tumpangi rupanya ada lantai 2 nya, ahaha. Malah ternyata hampir semua kapal yang melayani tur snorkelingan di Gili Nanggu ini begitu ya.

Kapal untuk Snorkeling Gili Nanggu

Di atap kapalnya dipasang kursi lagi untuk bisa diduduki oleh penumpang yang mau merasakan asiknya angin laut. Toh perjalanan juga tidak begitu lama kan yaa, jadi masih tolerable laah anginnya 😀

Naik di atap kapal ke Gili Nanggu
Naik di atap kapal snorkelingan Gili Nanggu

Snorkeling dari pantai Gili Nanggu

Yap, itinerary pertama itu kita akan langsung ke menu utama yaitu snorkelingan. Snorkelingnya ini gak jauh-jauh ternyata, cukup ke Gili Nanggu, lalu menuju sisi Timur sedikit, sudah deh sampai di spot snorkelingnya.

Snorkeling Anak di Gili Nanggu Lombok

Gak perlu pakai mencari spot di lautan yang terlalu dalam dan melompat dari kapal, tapi cukup dari pinggir pantai saja!

Aku lumayan bingung awalnya, “Lha snorkelingnya di mana? Di sini emang bisa?”. Gitu gitu lah, semacam gak yakin beneran ada spot snorkeling di pinggir pantai gitu, ahaha.

Tapi begitu sudah berganti baju dan menyusul yang lain ke spot snorkeling tadi, bener donk gak perlu sampai terlalu jauh ke laut, kita sudah bisa menemukan banyak ikan.

Yaa ikan-ikan itu dipancing pakai roti yang sudah disiapkan di dalam botol sih, tapi tetap saja rasanya seru dan baru pertama kali itu aku snorkelingan dari pinggir pantai, ahaha.

Tadinya berhubung snorkeling dari pinggir pantai gitu, aku berniat ngajak Nara juga snorkelingan.

Namun ternyata papanya sudah mengajaknya duluan dan sudah sempat melihat ikan-ikannya, tapi akhirnya Nara memutuskan untuk main pasir saja, soalnya ada bagian pantai yang cukup sakit saat diinjak karena banyak pecahan karang-karang kecilnya.

Bermain pasir di Gili Nanggu
Main sambil menunggu giliran snorkeling

Jadilah aku dan suami bergantian menjaga Nara sambil snorkelingan. Saat aku snorkelingan, papanya menjaga Nara, begitupun sebaliknya 😀

Selain snorkelingan, kita juga bisa main ayunan dan bersantai sih. Mama mertua yang gak ikut snorkeling menjaga keponakan aku yang masih bayi sambil santai saja di pinggir pantai.

Panas sih lama-lama karena kami memang snorkelingan di jam 11.30an.

Juga ada spot foto yang berada tidak jauh dari spot snorkeling tadi. Di sini juga yang aku bilang ada ayunannya 😀

Gili Nanggu
Foto-foto di Gili Nanggu

Makan Siang di Gili Sudak

Puas sudah snorkeling dan mainnya, kami lalu lanjut ke Gili Sudak untuk makan siang.

Nah, biaya makan di sini pakai uang pribadi lagi yaa. Jadi seperti yang aku bilang, biaya makan siang itu belum termasuk dalam paket snorkelingnya. Kita hanya diantar untuk makan siang saja. 😀

Makan Siang di Gili Sudak
Makan di Gili Sudak

Di Gili Sudak ini hanya terdapat satu warung makan saja sepertinya. Berhubung pulaunya juga memang pulau kecil.

Bahkan katanya yang punya warung makan tersebut juga tidak tinggal di situ, melainkan ya pulang pergi saja sejak pagi. Ini info dari guide yang memandu kami sih.

Anw, walaupun menunya kebanyakan sea food, tapi ada juga ayam bakar kok. Malah suami sama Nawa memesan nasi goreng. Nasi goreng sea food yang isinya ternyata hanya cumi saja xp

Baca juga: Tur Pulau Pahawang Sehari bersama Anak-anak

Harga makanannya masih lumayan terjangkau lah. Kemarin sih kami makan ber11 menghabiskan total sekitar 470k.

Soal rasa, yah biasa aja sih sebetulnya, bukan yang bikin kita inget ini masakannya enak banget dan memuaskan banget gitu. Sekedar memenuhi keinginan makan dan memuaskan rasa lapar saja sih lumayan banget laah 😀

Seusai makan, suami dan Nara bermain-main sebentar di pantai Gili Sudak sebelum lanjut lagi ke Gili selanjutnya.

Main-main di “Surga”nya Lombok, Gili Kedis

Ini dia yang paling menjadi sorotan buat aku, dan juga yang paling tidak disangka kalau seigtu bagusnya, huhuhu.

Baik pemandangan sekitar maupun pantainya, Gili Kedis ini juara bangeett!

Pulau yang permukaannya penuh dengan pasir tanpa tersentuh tanah dan merupakan pulau kecil sehingga kita bisa mengelilingi pulau ini dengan waktu kurang dari 2 menit saja.

Gili Kedis
Difoto dari pantai, langsung terlihat laut lagi.

Pantainya pun ramah, ombaknya juga tidak terlalu besar.

Well, berhubung Gili Kedis dikelilingi laut dan menghadap ke segala sisi, jadi tetap ada sih sisi pantai yang ombaknya lumayan kencang.

Waktu kami ke sana, di sisi yang pantainya lebih lebar itu lah yang ombaknya sedang cukup kencang. Tadinya anak-anak bermain di sini, tapi karena ombaknya itu, jadi kami alihkan ke sisi yang lainnya.

Main Pasir di Gili Kedis

Di sini kami cukup puas bersantai, bermain, juga foto-foto.

Soalnya memang pemandangannya sangat indah, jadi memang mendorong kita untuk mengabadikannya lewat foto.

Namun tetap sih, pemandangan seindah itu ternyata tidak bisa dituangkan ke dalam foto apapun.

Melihat secara langsung memang jadi berkah tersendiri dan jauuh lebih indah dibandingkan dari apa yang bisa kami tangkap di layar kamera.

Setelah semua itinerary snorkeling/island hopping-an ini selesai, kami kembali ke dermaga dan mandi di kamar mandi yang sudah disediakan di rumah penyedia jasa tur ini.

Highlight Perjalanan Lombok

Semuanya, mungkin gak semuanya juga tapi setidaknya sebagian besar sih (aku, suami, adik adik ipar, bahkan Naia Nawa), setuju kalau snorkeling ke Gili Nanggu (dan bersantai di Gili Kedis) ini menjadi highlight perjalanan kami ke Lombok.

Soalnya aku pribadi cukup kaget dengan spot snorkeling yang bisa dijangkau hanya dari pantai.

Snorkeling Bersama Anak di Gili Nanggu
Snorkelingan di pinggir pantai, keliatan pasirnya kaan 😀

Walaupun memang ada bagian yang cukup sakit karena pecahan karang-karang kecil yang terbawa ke pantai, tapi tidak meleburkan kesenangan snorkeling yang dekat pantai dan aman untuk anak-anak ini.

Nara yang masih belum bisa dan belum berani untuk snorkelingan juga bisa gantian dijaga oleh aku dan suami untuk main di pantainya.

Jadi dia bisa anteng karena kami juga snorkelingan tidak jauh dari tempatnya bermain.

Kami juga bisa mengawasi anak-anak yang lanjut snorkelingan sendiri dari pinggir pantai saja.

Sebetulnya ini karena mereka masih semangat main-main di laut sedangkan kami sudah cukup puas snorkelingan sih, jadinya kami sudah tinggal bersantai di pantai saja mereka yang lanjut mainan, ahaha.

Kalau diajakin ke sini lagi aku mau banget, udah indah, durasi perjalanan juga lumayan sebentar, snorkelingan juga mudah dan ramah untuk anak-anak banget.

Foto-foto di Gili Kedis

Aah, yang jelas Gili Nanggu dan Gili Kedis ini membuat aku jatuh cinta sama Lombok!

Mau tau tempat wisata Lombok yang cocok dikunjungi bersama anak-anak? Coba baca lengkapnya di "Tempat Wisata Lombok Yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak-anak" yaa :)

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

27 Comments

  1. Mba istiii aku yang biasanya ga tertarik Ama kegiatan air, jadi pengeeeeen kesana ???kliatan bangett pantainya bersih, jernih, dan memang ramah untuk anak2 yaaa. Semoga sih nih pantai ttp bersih begini.

    Anak2ku walk kampungnya di pesisir, daerah Sibolga sana, tapi mereka jarang ke pantai Krn rara2 ombaknya tinggi. Kalo Nemu yg ombaknya ramah begini, aku juga berani ngelepas mereka.

    Blm ada planning ke Gili, walopun aku sering denger kalo tempat ini memang jauuh lebih cantik dan masih sepi kayaknya ya mba

    1. aamiin, iya semoga pantainya tetap bersih kayak ginii.

      bener, pantainya lebih sepii, yang ke sana (apa mungkin karena hari biasa juga sih ya) juga belum banyak. katanya memang ini gak serame Gili Trawangan juga sih. Semoga aja tetap sepi ya saat kamu ke sana nanti yaa, hehe

  2. Percaya, deh. Aslinya pasti jauh lebih menakjubkan, ya. Anak2 pasti seneng banget tuh bisa snorkeling

  3. Wah… ini nanti kalau pas libur agak panjangan mau ah bawa ke Gili. Kemarin pas libur pengen bawa ke Gili tapi mikir lagi pasti ramai ini musim liburan. Lihat kegiatannya pun seru, apalagi anakku juga senang banget main airkan.

    1. Jerniiihhh bgt airnyaaaa
      Aselikkk anak juga bakal hepi main d mari.

      Snorkeling makin asyik ya mba.
      Aduuh mupeng akutuuuu

  4. Jernih banget airnyaaaa, jadi pengin ikutaaan buat pegang ikannya , untung cuacanya cerah yak, bagus banget difoto. Itu yg airnya biru, dalam banget yak, serem kalau lihat dari atas. Harga makan di sana, rata-rata berapa rupiah?

  5. Lengkap infonya, Mbak, thanks..jadi rujukan kalau mau traveling dan snorkeling di Lombok, ada Gili Nanggu,juga Gili Kedis.Aseli cakep banget viewnya..berkah bener bisa nyaksiin sendiri ya, Dan untuk harga terjangkau juga ternyata,kids friendly, terlihat anak-anak happy

  6. asli ini air lautnya masih bersih banget di Gili Nanggu. Aku belum pernah ke Gili-gili dan sekitarnya nih semoga ada rezeki buat explore kesana. Plus untuk sewa kapal 400K dan isi 11 orang, so hemat sih ini mah. Btw mba, ini foto-fotonya pakai kamera kah? atau smarphone, soalnya bagussss

  7. Asyik banget mbak, jadi nggak perlu ke agak tengah laut ya, dari pinggir area dekat pantai pun, di gili nanggu ini udah bisa snorkeling dan mendapat pemandangan bawah laut yang indah.

    Wih ada kursi juga di atas atap kapalnya, jadi bisa lihat pemandangan 360 derajat tanpa ada halangan ya dari atas kapal yang berlayar.

  8. Bagus banget foto -fotonya mbaa. Birunya langit, beningnya air dan keceriaan tergambar dengan baik. Menyenangkan bisa liburan hingga 9 Januari ini bersama keluarga tercinta ya mbaa

  9. Wuih fotonya cakep amat nih yang akan membuat kita happy . Main sama ikan yang pancing pakai roti. Hal kaya gini memang harus di dokumentasikan walaupun bayar

    1. ahaha iyaa betul, biar ada dokumentasinya mak, hehehe

  10. waaah aku justru suka snorkeling tepi pantai seperti ini. Kalau ga mau nyemplung, bisa dekat main pasir aja. Kalau mau coba snorkeling ya bisa.
    Cocok nih buat anak-anak, naik kapal ga terlalu jauh. Kalau kejauhan, duduk di atas, khawatir masuk angin >,<
    OK gili nanggu masuk list kalo ke Lombok.

  11. Subhanallah cantiknya Gili Nanggu dulu aku hanya sempat ke gili trawangan, gili air dan gili meno. Ternyata nanggu ga kalah cantik. Harus diagendakan kapan2 balik ke Lombok

  12. Anakku tanggal 4 sudah masuk hiksss hikss…emang explore gili kereen kereen yaa….Lombok emang baguss masih bersih terawat banyak yg masih sepii beda dg Bali. Aku sukak lombok dibanding Bali

  13. Ahh setuju sekali, seindah apapun pemandangan kalo difoto tidak akan secakep aslinya. Memang harus dilihat langsung ya mbak, jadi puas menatap berlama-lama. Ternyata malah asik eksplorasi di Gili Nanggu, lebih sepi dibandingkan Gili Trawangan. Nanti mau rencanakan bareng keluarga suami deh ke Lombok. Kemarin sempat ngobrol dan nanya2 aku gimana kondisi Gili Trawangan, ya gitulah ya banyak orang bule sampai macet, hahahaa

  14. air lautnya sejernih itu ya, fix sih anak-anak pasti exciting banget untuk snorkeling di sana

  15. thanks ceritanya mbak Is…Aduh, wishlist aku nih ke Lombok. Dulu pas masih gadis uda berencana ama2 temen2 kantor buat ke Lombok. Eh pas hari H malah aku gejala tipes huhuhu. Sampai sekarang, belum terealisasi.
    Btw, aku pernah baca cerita orang di sebuah platform medsos ttg service mengecewakan dari sebuah akun jasa snorkeling di Lombok. Bersyukur ya mbak is sekeluarga dapat layanan yang oke. Jadi asiiiik jejalan di lautnya.

  16. Seneng nih main ke Lombok pas rada sepi karena sekolah-sekolah lain masuk tgl 2 Jan, eh anak-anak Mbak tgl 9 Jan.

    Snorkeling di pantainya aja udah seru banget ya. Terus yang bikin aku pengen banget ke situ, airnya jernih dan ikannya tampak jelas. ???

  17. Aku pernah ke sini dengan rombongan blogger duh jadi pengen ajak anak-anakku juga biar merasakan keindahan Lombok juga merasakan snorkeling lihat ikan-ikan cantik begini, kangeeen..

  18. Seru banget mbk liburan di sana apalagi masa liburan anak panjang ya, anakku termasuk yang masuk sekolah cepat. Pastinya menikmati banget ya liburan dan pemandangan indah di sana.

  19. MasyaAllah cantik banget Gili Nanggu
    Mau snorkelingnya ga perlu jauh jauh udah bisa dapat spot cakep
    Salah satu impian nih bisa ajak anak anak ke lombok

  20. Asyiknya snorkelingan di Gili Nanggu. Gak jauh juga kan karena dekat pantai. Tempat lain, ah emang Lombok itu eksotis ya. Airnya jernih dan banyak pilihan ke sana ke mari

  21. Harganya masih sangat terjangkau kalau di Lombok gini ya..
    Tapi aku baru tau Gili Nanggu niiih..
    Asik banget bisa beraktivitas bareng-bareng.. Enakan sewa ramean ya.. jadi lebih private juga terasanya.

  22. Pasti seru banget nih kalau ngajak anak-anak snorkling di Gili Nanggu. Masukin wishlist dulu ah…

  23. Masya Alloh, keindahan pantai di Lombok memang tak terbantahkan. Cakep banget. Dan banyak kegiatan yang bisa dilakukan disana selain jalan-jalan menyusuri garis pantai dan main air, ya. Ada snorkling juga. Wah, asyik, tuh. Bisa menikmati keindahan dalam laut juga.

  24. Masya Allah asik sekali mba isti.. belum pernah coba snorkling emang mikirnya gimana ya kl bawa anak2.. eh ternyata ada yg aman skrng buat anak2.. Lombok memang salah satu incaran tempat kami berlibur nih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.