Parenting

[Parenting] Infografis Tantrum

Sebenernya udah pernah meringkas tentang tantrum pada anak ini sih. Waktu itu kalau gak salah tulisannya mencegah anak tantrum. Nah, berhubung akhir-akhir ini saya demen bikin infografis-infografisan gitu, saya ringkas saja lah dalam bentuk itu, hehehe.

Tantrum

Berhubung Naia juga dalam masa-masanya tantrum, jadilah saya sebisa mungkin mencegah ia mengalami itu. Kalau saya, caranya dengan mengenali tanda-tanda yang membuat Naia bisa tantrum. Ya kayak yang ada di situ, anak kan bisa tantrum kalau dia ngantuk, lapar, capek, atau kecewa, dan lain sebagainya ya. Nah, saya suka melihat kalau si Naia sudah mulai ngantuk, dia itu biasanyaΒ mulai GJ alias gak jelas apa yang diinginkan. YaΒ saya ajak tidur kalau begitu. Gak gampang karena dia suka gak mau mengakui kalau dia itu sebenernya mengantuk. Makanya, suka-suka saya aja yang ngasih tau dia, Naia ini sebetulnya ngantuk dan butuh tidur. Dan saya bikin kesepakatan deh, apa yang dia mau sebelum tidur itu akan dikabulkan setelah tidur nanti. Biasanya sih berhasil. Dia lalu dengan sukarela tidur sambil meluk boneka kesayangannya si kula plus guling (iyak, sekarang dia meluknya dua-duaan, gak repot apa yak? mbohlah ya, namanya juga anak kecil xp). Begitu bangun tidur dia lalu menagih apa yang diinginkan sebelum tidur tadi, atau saya yang memberi menepati janji. Begitu deh pokoknya. πŸ™‚

Eiya, infografis di atas sumbernya juga ngambil dari mommiesdaily. Di sana banyak deh tulisan mengenai tantrum ini, bisa kalian cek. Jadi, buat yang lagi pusing menghadapi anak tantrum begitu, coba dibaca2 dan dipraktekkan ya πŸ˜‰

Happy Parenting guys ^^

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

20 Comments

  1. Ah pas banget nih mak. Navaro juga lagi tantrum sekarang. Dari bangun tidur nangis terus.

  2. Nice share..Faris juga lagi masa2nya tantrum nih..Alhamdulillah suasana rumah kondusif.

    1. Alhamdulillaah.. semoga gak banyak2 tantrum ya mbaak Farisnya πŸ™‚

  3. Anakku dulu pas kecil juga suka tantrum, biasanya klo kecapekan, ngantuk karena siang hari nggak tidur. Jadilah rewel πŸ™‚

    1. iya nih, kalo siang belum tidur emang jadi rewel ya πŸ™‚

  4. Sm mak, ken jg kalau ngantuk jd geje. Tfs ya mak πŸ™‚

  5. Betul banget tuh mbak..
    Makanya dulu waktu masih balita aku sangat mementingkan tidur siang buat mereka, kalo gak ya gitu deh, bawaannya rewel gak jelas dan suka ngeselin hehe..

    1. iya, jadi emosi sendiri yaa ngadepin anak rewel gitu πŸ™

  6. Kalau sekarang meluk anak harus siap energi banyak, di awal2 suka meronta2 sampai Emaknya kewalahan πŸ˜€

    1. iyaa bener. kitanya mesti kuat yaak πŸ˜€

  7. Tfs ya maaaakk.
    buat ntar kl aku punya anak. mudah2an sii nggak parah tantrumnya. Hehehe..
    Btw, ajajrin doong bikin info grafis giniii. biar lebih enak dibaca dan ringkas kan πŸ™‚

  8. Tantrum tuh jadi krn bawaan lahir atau push oleh kondisi eksternal anak sih sebenernya?

  9. BAGOOSSS INFOGRAFISNYAAAAAA. aku jadi terinspirasi tapi da aku mah apa atuh blogging curhat semua apa yang mau dibikin infografis bahahaha

  10. thanks tipsnya mbak πŸ˜‰

  11. Biasanya klo lg nangis nggorong2 aku suka heran…o ternyata itulah yg disebut tantrum y

  12. Asyik pake infografis ^^
    Sama aja si kecil juga mulai ngerti bahwa tantrum itu berguna baginya,haha

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.