Lifestyle

Menikmati Keseruan Polytron Cooking Demo Bersama Anak

Hari Sabtu kemarin, aku dan Naia si anak pertama ceritanya pergi berdua, biasa jadwal ngedate rutin, hehe. Aku ajak dia untuk menyaksikan keseruan Polytron Cooking Demo dengan chef Steby Rafael di Farmer’s Market Botani Square Bogor bersama Kumpulan Emak-emak Blogger.

Lumayan gitu, bisa merasakan hasil masakan chef ternama. Soalnya, kalau menonton Master Chef, aku suka penasaran gimana sih rasa masakan yang dimasak oleh para chef itu? Nah pas deh tuh, setelah makanannya jadi, sebagai peserta cooking demo memang punya kesempatan merasakan masakannya, hehe.

Bersiap Mengikuti Cooking Class
Bersiap Mengikuti Cooking Class

Memasak 2 Jenis Makanan di Waktu Bersamaan

Udah lah, namanya chef memang harus efisien dari segi waktu ya. Jadi kemarin chef Steby (IG: @standbysteby) itu memasak 2 jenis makanan dalam waktu yang bersamaan.

Tapi potong memotong dan menyiapkannya ya tentu satu per satu, hanya saja hasilnya akan selesai di waktu yang bersamaan. Menggunakan waktu seefisien mungkin dan peralatan masak yang canggih supaya memasak jadi cepat dan hidangan bisa dinikmati tanpa menunggu waktu lama.

Baca juga: Mengajak Anak-anak Makan Sambil Bermain Dengan Kucing di Kafe Kucing, Cali Coffice BSD

Oiya, chef Steby ini yang memandu acara Chef Traveler di TransTV lho!

Beliau memasak Pulled Chicken Burger dan Steamed Rolled Cabbage. Sini sini aku bocorkan resep kedua masakan ini.

Pulled Chicken Burger

Seperti namanya ya, burger, memang masakan pertama ini memasak burger dengan isian daging ayam suwir yang berbumbu.

Pulled Chicken Burger pakai Polytron Tiarapot Pro

Bahan-bahan:

  • 2            ptg         burger bun
  • 2            ptg         dada ayam
  • 1            sdt         bubuk jinten
  • 2            sdt         bubuk paprika
  • 5            sdm       puree tomat
  • 1            sdt         cuka apel
  • 1            sdt         gula merah bubuk
  • 1            sdt         bawang putih bubuk
  • Garam, gula dan lada hitam secukupnya

Bahan Coleslaw:

  • Β½           ptg         kol ungu
  • 1            btg         wortel
  • 1            sdm       gula pasir
  • 3            sdm       cuka apel
  • 1            sdm       yogurt
  • 1            sdm       mayonaise
  • 1            siung     bawang putih cincang

Cara Memasak:

Memasak Pulled Chicken Burger

Pertama-tama, chef Steby memanggang roti burgernya (bun) di dalam Polytron Tiara Pot Pro, alat masak yang memiliki 12 fungsi, salah satunya untuk memanggang.

Dalam memasak Pulled Chicken Burger ini, chef Steby memang menggunakan Polytron Tiara Pot Pro sepenuhnya lho. Mulai dari memanggang roti tadi, menumis bumbunya, hingga proses mem-presto daging ayamnya.

Setelah rotinya matang, chef Steby lalu menumis bawang putih dan tomat puree serta bumbu lainnya untuk dijadikan bumbu ayam suwirnya.

Selanjutnya, ayam yang telah disiapkan dimasukkan ke dalam tumisan tomat puree tadi lalu dipresto selama 20 menit.

Nah, selama mempresto ayam untuk disuwir, chef Steby lalu beralih ke masakan kedua. Tenang saja, kita aman kok meninggalkan presto ayam tanpa takut lupa atau nanti gosong.

Karena tadi telah kita atur waktunya selama 20 menit, nantinya setelah waktu habis, Tiara Pot Pro akan secara pintar menghentikan prosesnya sehingga ayam tidak akan menjadi overcooked.

Baca juga: Waroeng Noesantara Juanda, Tempat Makan Kekinian yang Baru Buka di Depok

Ayam yang telah matang dipresto tadi disuwir-suwir lalu dimasukkan kembali pada bumbu agar mendapatkan tekstur yang lebih kental. Setelah teksturnya mengental, baru deh dikeluarkan dan diisi ke roti yang telah dipanggang tadi.

Pulled Chicken Burger

Sambil menunggu ayamnya mengental, chef Steby membuat coleslaw-nya juga. Berisi kol ungu dan wortel yang dicampur dengan bumbu dan sedikit cuka apel agar ada sensasi asamnya sedikit.

Begitu semuanya jadi, maka disusun deh jadi Burger yang terlihat enak dan nikmat.

Kami pun diberi kesempatan untuk menikmati burger yang sudah jadi ini. Rasanya enak banget, rasa asamnya menyatu dengan manis dari ayam suwirnya. Asam pada coleslaw tidak mendominasi keseluruhan rasa, malah itulah yang menjadikan rasa burger ini lebih kaya.

Kami (aku dan Naia) sudah berencana akan me-recreate resep ini di rumah nanti, semoga bisa yaa, dan semoga bisa seenak ini juga, ihihi.

Steamed Rolled Cabbage

Hidangan kedua yang dimasak adalah Steamed Rolled Cabbage. Steamed Rolled Cabbage ini merupakan sawi putih yang diisi daging ayam guling dan udang cincang yang diberi bumbu lalu digulung. Mirip-mirip seperti somay sih.

Chef Steby menunjukkan kalau kita bisa memasak 2 hidangan sekaligus ya di sini. Sambil tadi menunggu ayamnya dipresto selama 20 menit, beliau menyiapkan bumbu dan memotong-motong sawi putih untuk nantinya dikukus di Rice Cooker Donabe.

Steamed Rolled Cabbage

Bahan-bahan

  • 1  buah sawi putih(besar)

Isian:

  • 200        gr           daging ayam giling
  • 100        gr           udang kupas(cincang)
  • ΒΌ            buah     bawang bombay(cincang)
  • 3            siung     bawang putih(cincang)
  • 2            sdm       kecap asin
  • 1            sdm       minyak wijen
  • Β½           btg         daun bawang(iris)
  • Garam dan lada hitam secukupnya

Bahan saus:

  • 6            sdm       gochujang
  • 3            sdm       madu
  • 3            sdt         minyak wijen
  • 1            sdt         biji wijen
  • 350        ml          air
  • garam
  • lada

Bahan pelengkap:

  • 1            btg         daun bawang kecil
  • Β½           sdt         biji wijen

Cara Memasak

Langkah pertama yang dilakukan chef Steby adalah memasukkan bumbu ke dalam Rice Cooker Donabe. Kalau bumbunya sudah hangat, nantinya sawi putih akan dimasukkan untuk dikukus beberapa saat.

Selama mengukus bumbunya, chef Steby lalu lanjut menyiapkan bahan isiannya berupa daging ayam guling dan udang cincang yang dibumbui dengan saus gochujang, minyak wijen, dan madu.

Menyiapkan Cabbage Roll

Begitu sawi putih sudah agak lemas, baru deh diisi dengan isian lalu digulung. Setelah itu, kembali dikukus bersama bumbu.

Jadi, mengukus sawi putih gulung ini di bagian atas pakai alas kukusan sambil tetap memasak bumbunya di bagian bawah panci rice cookernya. Hemat waktu dan juga hemat tempat!

Sudah deh begitu matang, tinggal sajikan di piring dan bisa langsung dinikmati. Bisa juga dinikmati dengan dipotong kecil-kecil lagi ya si Rolled Cabbagenya.

Menggunakan Alat Masak dari Polytron

Seperti yang telah aku sebutkan di atas, proses memasak yang dilakukan oleh chef Steby sepenuhnya menggunakan Polytron Tiara Pot Pro dan Donabe Rice Cooker, jadi tidak menggunakan kompor sedikitpun.

Wah, pilihan menarik ya di jaman sekarang yang apapun serba mahal ini. Dengan menggunakan peralatan listrik yang canggih seperti ini, kita jadi menghemat waktu memasak lho.

Karena waktu yang dibutuhkan lebih sedikit, kita jadi bisa menghemat pengeluaran untuk gas maupun listrik deh, ihihi.

Tiara Popt Pro dan Rice Cooker Donabe

Anw, canggihnya 2 alat masak ini dari mana sih? Yuk mari aku kasih tau.

Polytron Tiara Pot Pro

Polytron Tiara Pot Pro merupakan alat masak serbaguna (Smart Multi Cooker) yang canggih dan memiliki 12 fungsi mode memasak. Keren banget sih 1 alat bisa multifungsi kayak gini, mulai dari Pressure Cooker hingga Slow cooker. Bisa menghemat tempat di dapur banget gak tuh?

Kedua belas fungsi mode untuk memasak antara lain:

  1. Rebus
  2. Kukus
  3. Bean/chili
  4. Slow cook
  5. Tumis
  6. Yoghurt
  7. Manual sous vide (untuk membuat steak)
  8. Nasi
  9. Presto
  10. Biji-bijian
  11. Sup
  12. Bubur

Dengan menekan 1 tombol, kita bisa langsung memilih mode masak yang diinginkan. Terdapat 12 tombol lainnya sebagai pengaturan mode memasak yang sekaligus pengatur waktu memasak.

Kubilang “canggih” karena ya itu, dengan 12 mode yang bisa kita gunakan, kita bisa menghemat peralatan dapur yang digunakan serta waktu memasak bisa jadi lebih singkat.

Harga Promo

Dengan waktu memasak yang lebih singkat, penggunaan watt listrik juga jadi lebih hemat deh.

Mengatur dan Melupakan

Selain itu, saat cooking demo tadi, chef menunjukkan sendiri kalau kita bisa “mengatur dan melupakan”, sehingga saat menunggu ayam untuk isian burger matang, chef bisa menyiapkan masakan kedua dengan tenang tanpa khawatir si ayam akan terrlalu matang dan gosong.

Aman

Canggihnya lagi, kalau kita belum sempurna menutup si Tiara Pot Pro ini pada mode presto, maka layar display akan menunjukkan adanya error (layar menunjukkan tampilan “Lid” yang artinya tutup belum sempurna) dan Tiara Pot Pro belum bisa bekerja dengan baik.

Menunjukkan saat tutupnya belum rapat, maka layar akan menampilkan pesan error.

Terbilang aman karena bisa mencegah dari kebocoran uap kaan?

Terlebih lagi nih ya, Tiarapot Pro sudah menggunakan Smart Steam Release.

Smart Steam Release ini adalah bagian tutup yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai masak.

Keamanannya juga ditunjukkan dari panas tidaknya bagian atas panci stainless steel. Walaupun di dalam panci panasnya merata dan bisa mematangkan tumisan atau masakan lainnya, bagian atasnya tidak panas sama sekali saat disentuh, sehingga akan aman dari kecelakaan kecil yang mungkin terjadi.

Donabe Rice Cooker

Donabe Rice Cooker

Yang paling bikin aku salfok dengan Donabe Rice Cooker adalah tampilannya yang cukup minimalis dan simple. Dengan tampilan warna putih dengan sedikit aksen abu-abu di bagian bawah serta tombol, menjadikan dapur kita terlihat bersih dan rapi.

Saat cooking demo, Donabe Rice Cooker digunakan untuk mengukus dan memasak bumbu Steamed Rolled Cabbage. Jadi, selain bisa memasak nasi, Donabe bisa diandalkan untuk memanaskan dan mengukus yaa (3 in 1 cooking).

Jangan salah ya, dengan tampilan yang lucu dan minimalis seperti itu, Donabe Rice Cooker ternyata berkapasitas cukup besar lho, yaitu sebesar 2 liter. Cocok banget untuk masak nasi lebih banyak untuk keluarga.

Teknologi yang dipakai oleh Donabe Rice Cooker ini terbilang sudah canggih lho, soalnya menggunakan Donaheat 3D. Donaheat 3D merupakan teknologi terbaik yang membuat pemanasan lebih merata dari 3 arah. Konon, memasak nasi jadi bisa sepulen nasi Jepang. Huoow, mauu.

Baca juga: Dapat Penawaran Upgrade Limit Kartu Kredit BCA? Hati-hati Social Engineering!

Selain itu, nasinya juga bisa bertahan hingga 48 jam, alias sekitar 2 hari. Nasinya akan tetap hangat, tidak berkerak, dan tetap enak dikonsumsi.

Penting banget sih punya nasi yang bisa tahan lama kayak gini. Suka kebanyakan masak soalnya aku, huhuhu.

Donabe Rice Cooker

Kecanggihan Donabe lainnya ada di dalam coating pancinya. Coatingnya memiliki material Inner pot Ceramic Coating yang tidak lengket saat digunakan untuk memanaskan nasi maupun untuk memasak bumbu yang lengket seperti kemarin.

Keseruan Acara

Acara cooking demo jadi tambah seru dengan adanya games dan lomba sosial media. Gamesnya berupa tanya jawab. Kami diberikan pertanyaan seputar acara untuk dijawab, nah yang menjawab benar akan mendapat hadiah dari Polytron.

Untuk lomba sosial medianya, kami sharing mengenai acara cooking demo ini di IG Story untuk selanjutnya akan dipilih 3 orang yang terbaik. Alhamdulillah aku merupakan salah satu dari 3 orang itu dan mendapat voucher Indomaret sebesar 100 ribu. Mayan untuk belanja mingguan ya, ihihi.

Ditambah lagi, berhubung peserta adalah emak-emak ya (namanya juga kumpulan emak blogger), kami langsung menghitung berapa yang bisa dihemat, bahkan peluang usahanya sekalian, ahaha.

Soalnya Chicken Pulled Burger yang tadi dibikin ternyata memang kalau dihitung, hanya membutuhkan sekitar 10-13 ribu saja per pcs nya, kata Chef Steby biasanya dengan modal segitu bisa dijual sekitar 35 ribu, lumayan banget kan?

Polytron Cooking Demo

Overall, acaranya juga menyenangkan. Menyenangkan karena aku bisa melihat bagaimana cepatnya chef Steby menyiapkan masakan dan bagaimana efektifnya waktu serta tempat yang bisa dimanfaatkan.

Dalam waktu sekitar 1 jam, chef sudah bisa menghasilkan 2 hidangan berbeda yang sangat nikmat dengan tampilan yang menggiurkan dan didukung oleh peralatan masak yang juga canggih, Polytron Tiara Pot Pro serta Rice Cooker Donabe.

Anw, kebetulan nih, kedua alat tersebut sekarang masih dalam masa promo. Jadi kalian bisa mendapat harga yang jauh lebih murah (seperti yang tertera di foto di atas).

Kayanya untuk harga segitu, worth it banget ya dimiliki. Bisa menghemat waktu, menghemat cucian piring juga, dan yang paling penting, makanan akan matang sempurna tanpa khawatir gosong.

So, tertarik menghadirkan kedua alat ini di rumah gak nih? Kalian bisa beli kedua produk tersebut melalui website resmi polytron.co.id atau melalui official store Polytron di e-commerce kesayangan yaaπŸ˜ƒ

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

You may also like...

42 Comments

  1. paling suka sama acara cooking demo kayak gini, karena bisa liat langsung cara memasak dengan menu yang menarik trus menggunakan alat-alat masak seperti polytron

    1. Dan yang paling penting, kita dimasakin sama chef! ahaha.

  2. Seru banget Maaak bisa ngajak si kecil ikut berpartisipasi di event cooking demo iniii. Baru nyadar akutu kalau dengan rice cooker tuh proses bikin makanan jadi lebih simple dan ramah anak. Nggak ribet gitu lho. Bisa membiasakan mereka juga untuk menyiapkan makanannya sendiri. Itung-itung latihan sebelum merantau yha Mak hihihi

    1. iyes bener, anak bisa belajar masak nasi dan masak makanan lainnya yang dikukus kukus gitu di rice cooker. lumayan yaa, menyiapkan mereka jadi mandiri, hehehe

  3. Steamed rollade ini rencana dari dulu oengen aku masakin tapi belum terwujud blas. Hahhaa. Udah naksir banget sama Tiarapot Pro mba karna ngebantu banget aku buat bisa masak cepat

    1. mbaakk.. aku juga naksir Tiarapot Pto niih, kayaknya kok masak jadi simple banget pakai ini.

  4. Tertarik banget aku siiih hihi. Masak jadi praktis pakai ini ya ti. Aduduh burgernyaa enaak amat itu ya. Mau coba deh resepnya chef steby keduanya bisa buat snack ke skul

    1. burgernya emang enak Cii.. cuss coba bikin. Tapi kalo burger mesti ditusuk nih kalo buat bekel, supaya gak bleberan, ihihi

  5. anakku lagi hobi banget bereksperimen di dapur pasti seneng banget kal diajakin coking demo begini. burgernya endulita banget pengen nyoba bikin ah

    1. cuss mbak cobain bikin deeh, gampil ternyata dan rasanya enak banget! πŸ˜€

  6. Duh seru banget demonya. Serasa lama bgt berabad2 gak ikut acara begini karena pandemi. Resepnya sederhana dan mudah dicoba, mau coba bikin yg kubis itu deh

    1. cuss cobain deh mbaak.. enak juga sausnya, manis2 gitu

  7. Wah asik banget kumpul2 bermanfaat. Keren deh sekarang masak apa apa bisa pake rice cooker yaa.. mantul juga resep2nya. Thx for sharing mba

    1. iyaa, masak apa-apa bisa pakai Tiarapot Pro inii, praktis banget deh

  8. Chef Steby mirip Baim Wong yhaa
    Aduuh aku jadi mupeng recook mbaa.
    Dan pastinya mupeng aneka piranti masak yg ciamik iniii

    1. mungkin karena matanya sama2 sipit kali yaa, ahaha. Tapi emang aslinya ganteng sih #eh

  9. endul banget masakan-masakannya. Yang pernah aku bikin itu yg kubis roll isian ayam, apalagi pake tiara pot Polytron ini makin satset bikinnya. Btw, chef Steaby tuh faav chef deh, masakannya aplikatif buat di recook

    1. iyaa, masakannya tuh bukan yang ribet ribet gitu yaa soalnya. Ini aja aku liatnya enak banget, tinggal tuang tuang & campur campur terus kukus, kayanya kok masak jadi gampil amat yaa, ahaha

  10. Wah seru juga ya
    Mengajak anak anak ke acara cooking demo seperti ini
    Anak anak jadi belajar memasak ya mbak

  11. aku jadi ngileeer liat aneka resep yang dicobain mba.. dan pastinya waktu memasak jadi efisien yaaa, ngga terlalu lama lagi deh

    1. iyaa, itu dia yang aku suka, waktu masak kok ya jadi efisien banget siih, haha

  12. Bahan untuk bikin pulled chicken burger atau steamed rollade cabbage ada di kulkas, tapi alat masaknya yang belum punya, hikss. Mupeng banget sih dengan Tiarapot Pro sama Donabe Rice Cooker dari Polytron, lengkap soalnya ya fiturnya untuk ngebantu ibu-ibu masak di dapur. Ah aku nungguin mba Isti dan Naia recook masakannya chef diposting di blog atau sosmed deh

    1. ahaha, sementara sih bisa pakai kompor aja mak, walau jadinya kayanya bakal lebih lama sih ya dari saat di cooking class ini.
      iyaa, nanti kalo aku re-create menunya mau masukin sosmed ah. biasanya weekend nih kalo mau nyobain masak makanan baru kayak gini πŸ˜€

  13. Boleh nih dicoba resep burger dan rolled cabbagenya. Terlihat sehat dan enak. Ijin recook ya bun.

    1. iyaa, aku juga mau recreate nih, silakan di-recook yaa, semoga bermanfaat πŸ™‚

  14. Wuah, seru banget mbak. Bisa lihat langsung cooking demo bareng anak pula, pengalaman baru yang menyenangkan pastinya Adududud burgernya auto bikin ngiler

    1. Dia sih seneng banget karena akhirnya bisa nyobain burger yang dibikinin ama chef-nya ahaha.

  15. Tertarikkk bangettt mbaa,apalagi di kota kecil kita jarang ada cooking demo dan yang jual burger kaya dikota2 besarr mbaa. Kalau bisa bikin sendiri di sini anak-anak pastiii sukaaaa banget hehehe. Sukaa mbaa πŸ™‚

    1. coba bikin Chaaa, gak terlalu susah ternyata pas ngeliat kemarin.

  16. Memiliki 12 keunggulan cara memasak dalam satu alat keren banget ya Polytron ini. Duh pengen punya juga saya jadinya biar masak memasak jadi makin praktis

    1. semooga dimudahkan untuk bisa punya Tiarapot Pro yaa mak πŸ˜€

  17. Duh seru banget acaranya. Paling demen dah liat masak memasak gini. Apalagi nyicipnya. Hihihi.. Coba di kotaku ada jg nih cooking demo gini. Otw ikutaaan

    1. Nah, itu dia yang ditunggu, waktu untuk mencicipi makanannya, ihihi

  18. Ya ampun..mupeng sama produknya Polytron yang Tiara Potpro itu. Apalagi kalau lagi ada potongan harga macam gini.. lumayan euy, gak jadi bayar jutaan. Coba deh kalau ibu ulang tahun, atau ada keluarga/kerabat yang berulang tahun. Dikasih ini pasti senang banget.

    1. ah iya bener, bisa banget jadi kado ulang tahun nih. Seneng banget lah yaa ibu2 dikasih alat masak yang praktis begini πŸ˜€

  19. steam rolled cabbage ini cocok yah buat makan protein plus sayur. Anak-anak jadi mau makan sayur deh kalau begini.
    eh ga nyangka lho buat resep burger cuma pakai tiara pot aja udah bisa memanggang sampai presto. Wow multifungsi banget!

    1. bener mbak, kata anakku juga pas makan steam rolled cabbage ini gak kerasa sayurnya lho. soalnya kan memang dijadiin kulit gitu, dan jadinya lembut banget.

  20. Seru banget cooking lassnya sama anakm udah pada gede ya, lama gak mampir ke sini. Suka banget sama menu burgernya pasti kalau anak-anak. Polytron tiara pot serba praktis & serba bisa bantu kita masak

    1. iyaa bener, yang bikin anak ngiler nih menu burgernya. enak dan pas juga di lidah anak-anak, gak pedes gitu soalnya rasanya πŸ˜€

  21. wah keren, seru ya cooking lassnya bersama anak, bisa langsung dipraktekkan dirumah ni, Mupeng sama produk barunya polytron, apalagi lagi ada promo untuk produk ini.

    1. kapan yaa aku recook yaa, ahaha. iyes, promonya lumayan banget yaa

  22. kalau alat masaknya makin canggih emang jadi lebih efisien dari segi waktu, apalagi bisa masak menu bersamaan. terutama kalau masak pagi buat bekal suami dana anak-anak ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.