Kuliner

Tempat Buka Puasa di Depok Yang Nyaman untuk Anak-anak

Berhubung anak aku udah 2 ya yang mulai puasa full di Ramadan kali ini, jadi penting banget deh kayanya ngelist tempat buka puasa di Depok yang nyaman untuk anak-anak ini.

Yaa supaya kita juga punya referensi buka puasa di luar lah yaa, ganti suasana sekali-sekali gitu, hehe.

Walaupun tempat makan di Depok ini ternyata banyak sekali ya, tapi ada beberapa yang jadi favorit kami dan kayanya cocok sih untuk dijadikan tempat buka puasa bersama anak-anak.

Berkumpul di Gubuk Makan Mang Engking
Berkumpul di Gubuk Makan Mang Engking – Foto lama banget yaa, ahaha.

Beberapanya malah cocok banget dijadikan tempat buka puasa bersama teman-teman dan rekan kerja. Aku membagi daftar ini sesuai kategori yang aku buat sendiri, ihihi. Ada yang restoran sunda, ada yang mall, juga di sekitar Margonda.

Semoga membantu kalian yang juga lagi mencari referensi tempat buka bersama di Depok yang nyaman untuk anak-anak yaa, hehe.

Tempat Buka Puasa di Depok yang Berkonsep Resto Sunda

Setelah aku list, ternyata lumayan banyak ya tempat makan yang menghadirkan makanan Sunda di Depok. Makanya aku jadikan kategori saja deh ini deh.

Beberapanya sudah pernah kami cicipi dan memang enak-enak rasanya, juga menyenangkan suasananya, baik untuk orangtuanya, pun untuk anak-anak.

Gubuk Makan Mang Engking

Terletak di dalam kawasan UI, aku sudah pernah beberapa kali makan di sini. Sejak kuliah, pun sampai sekarang punya anak 3.

Menuju ke Mang Engking ini cukup masuk ke lingkungan UI melalui tugu buku. Dari situ, kita ke arah kanan menuju hutan UI dan melewati Felfest UI. Cukup menyusuri jalan dan kita akan menemukan Gubuk Makan Mang Engking ini di sebelah kiri.

Terakhir kali makan di Gubuk Makan Mang Engking sepertinya saat masih pandemi (waktu kasus lumayan melandai). Lumayan sih, jadi merasakan tempat makannya cukup sepi, haha. Jadi bebas memilih gubukannya deh kami.

Gubuk Makan Mang Engking Depok

Oiya, kenapa dinamakan gubukan? Karena memang tempatnya dibuat seperti gubuk khas Sunda gitu.

Mirip-mirip Dapoer Sasak yang ada di Lombok juga (jauh amaat, ahaha) yang punya beberapa pilihan gubukan. Ada yang di tempat besar, ada yang gubuk sendiri-sendiri.

Enaknya, di Gubuk Makan Mang Engking ini, gubukannya itu diatur dan berada di sekeliling danau yang ada ikannya. Jadi, sambil makan, anak-anak bisa sambil melihat ikan-ikan yang akan menarik perhatian mereka.

Gubuk Makan Mang Engking

Ikan-ikannya juga bisa dikasih makan sih, asal jangan terlalu banyak dan jangan yang terlalu berminyak.

Selain itu, Mang Engking juga menyediakan mushola yang cukup nyaman dan toilet yang bersih. Penting banget donk, supaya tetap bisa menikmati buka puasa di luar namun ibadah tetap dikerjakan πŸ˜‰

Mang Kabayan

Sedikit berbeda dengan Mang Engking yang menyediakan tempat gubukan, Mang Kabayan berkonsep ruang terbuka juga namun tanpa pemandangan danau (eh, apa empang ya? xp.

Hal ini dikarenakan lokasinya juga sih yang berada di pinggir jalan raya, yaitu jalan raya Margonda. Mang Kabayan sangat mudah dijangkau, baik yang memang ingin ke sana, maupun yang tidak sengaja lewat jalan Margonda.

Soalnya letaknya memang persis di pinggir jalan dengan parkiran yang menyatu dengan Starbucks dan Subway. Sehingga memang sangat terlihat dari jalan raya yaa.

Pada bagian depan, tempatnya seperti restoran biasa yang punya banyak meja dan tempat duduk. Nah, pada bagian belakang, kita akan menemukan tempat lega untuk makan bersama dengan lesehan.

Nah, di dekat lesehan ini, terakhir aku ke sana sih ada beberapa playground yang bisa digunakan oleh anak-anak bermain ya.

Jadi nyaman untuk mengajak mereka karena orangtua bisa bercengkerama di tempat lesehan sambil mengawasi anak-anak main di playground πŸ˜‰

Talaga Sampireun

Kalau yang ini belum pernah aku cicipi nih, tapi letaknya berada di D’mall Depok. Bukan bagian dalamnya, melainkan hanya satu area saja.

Namun, tetap akses masuknya sama seperti D’mall.

Dari pintu masuk parkiran, Talaga Sampireun ini letaknya agak di bagian kiri belakang D’mall. Tidak sulit untuk menemukannya karena akan terlihat tulisan “Talaga Sampireun” yang cukup besar.

Konsepnya mirip dengan Gubuk Makan Mang Engking yang memiliki gubukan di tepi empang.

Foto dari web resmi Talaga Sampireun

Yaa namanya juga restoran Sunda ya, mirip-mirip jadi konsepnya. Makan lesehan sambil menikmati udara dan atmosfer yang menenangkan.

Pondok Laras

Pondok Laras berlokasi di sekitar Kelapa Dua, tepatnya di jl. Akses UI. Agak kurang terlihat sih dari pinggir jalan, namun kalau sudah masuk, ternyata tempatnya lega lho.

Sama ya, punya tempat lesehan yang cukup lega juga seperti restoran Sunda lainnya. Juga tersedia playground anak yang letaknya tidak jauh dari toilet dan tempat makan lesehannya.

Pondok Laras Kelapa Dua
Suasana Makan di Pondok Laras – Photo credit by M. Irvan G.

Tapi tidak bisa seperti di Mang Kabayan yang kita bisa mengawasi sambil tetap menyantap makanan. Di Pondok Laras, kita harus ikut menemani anak ke playground-nya karena letaknya agak tersembunyi dan terpisah dari tempat makan.

Mall

Kalau tempat yang nyaman untuk keluarga, apalagi bawa anak-anak memang salah satunya pasti mall ya, ahaha. Apalagi di Depok sekarang mall juga sudah cukup banyak dan besar serta menghadirkan playground-playground menarik yang bisa dikunjungi oleh anak-anak.

Beberapa ini mall yang bisa dijadikan tempat buka puasa bersama anak-anak yang lumayan nyaman buat kami nih.

Margocity – Foodcourt

Setelah pemugaran yang cukup besar, Margocity jadi jauh berbeda dan menampilkan tampilan yang lebih luas dan lebih terkategori.

Foodcourt Margocity

Tadinya foodcourt Margocity yang berada di lantai 2 ini tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu banyak tenant makanan yang bisa dinikmati. Karena itu, foodcourtnya jadi cenderung sepi.

Aku pribadi sangat jarang makan di foodcourt Margocity sebelum mall ini dipugar. Soalnya lebih nyaman makan di tempat-tempat makan yang cukup besar dan punya tempat tersendiri di mall, seperti Pizza Hut dan Pepper Lunch sih.

Apalagi tempatnya memang agak kurang lega, sehingga untuk berjalan juga agak sempit.

Kalau sekarang, foodcourtnya menghadirkan beberapa tenant makanan yang cukup terkenal, seperti Hokben, Yoshinoya, Burger King, Fiesta Steak, dan banyak lagi.

Tempatnya pun jauh lebih besar dan lebih menarik. Instagrammable cenah.

Tersedia juga tempat duduk di pinggir jendela yang bisa kita nikmati sambil melihat pemandangan luar. Walaupun pemandangan luarnya gak terlalu bagus-bagus amat ya, soalnya ke parkiran, ahaha.

Eh, yaa kalau pemandangan jauhnya terlihat gedung-gedung dan rumah-rumah di Depok sih. Lumayan lah yaa.

Foodcourt Margocity

Pesona Square – Foodcourt

Di Pesona Square, letak foodcourt ini sangat berdekatan dengan letak playground. Jadi bisa kali deh ya ada yang standby di foodcourt sambil yang lain menemani anak ngabuburit di playground, ihihi.

Enaknya lagi, cuma ini mall di Depok yang setiap waktu sholat selalu melantunkan adzan dari musholanya. Musholanya juga besar dan terpusat, berada di lantai paling atas.

Cukup lega serta menyediakan banyak sekali mukena yang bisa dipakai oleh pengunjung. Mana mukena-nya juga wangi-wangi. Ah, ini jadi nilai plus banget buat Pesona Square sih, hehe.

Selain itu, ada juga tempat ngabuburit yang lumayan asik ya di Sky Park-nya.

Tempat ngabuburit di Depok sendiri sudah pernah aku bahas di postingan ini ya.

Tempat Buka Puasa di Depok Sekitar Margonda

Loh, kok udah ganti kategori aja, emang mall di Depok cuma 2? Ahaha.

Enggak sih, tapi buat aku yang nyaman untuk buka bersama, terutama sama anak-anak tuh ya 2 mall tersebut.

Selain luas, suasananya enak, banyak tempat main anak-anak juga, jadi anak gak bakal bosen menunggu buka puasa yaa insyaAllah.

Berikutnya, list tempat buka puasa yang enak di sekitar Margonda nih. Bukan melulu yang ada playgroundnya sih ya, tapi tempatnya lumayan enak untuk makan bersama anak-anak.

Warung Pasta (biasa disingkat Warpas)

Warung Pasta Margonda

Kami cukup sering ke Warung Pasta karena lumayan enak-enak pastanya, porsinya juga pas, gak terlalu sedikit pun gak terlalu banyak.

Eh, malah bisa memilih porsi sih. Soalnya setiap menu pasta, akan ada pilihan ukuran, small medium atau large. Lumayan banget ya, untuk anak-anak bisa kita pilih porsi yang small saja.

Walaupun ada juga sih beberapa menu yang satu ukuran saja, seperti spagetti panggang atau lasagna dan pizza.

Warung Pasta Depok

Oiya, daritadi baru ngomongin makanannya ya. Dari tipe makanan yang aku sebut (bahkan dari nama tempat makannya sih) sudah tau donk Warpas ini menyuguhkan hidangan apa? Yap, hidangan Italia.

Utamanya memang pasta-pasta-an, tetapi ada menu Pizza juga, hehe.

Tempatnya ini yang asik. Berlokasi di pangkal jalan Margonda. Dari arah Jakarta, Warpas terletak di sebelah kiri dan tidak jauh dari perbatasan Jakarta-Depok.

Walaupun di pinggir jalan, tenang saja, karena tempat parkirnya ternyata lumayan banyak lho. Di bagian depan sih memang sedikit, tapi kita bisa parkir di bagian belakang.

Memang tidak terlihat dari depan, tapi nanti kita akan diarahkan ke parkiran belakang oleh security Warpas kok kalau kita bilang mau makan di sana. πŸ™‚

Tersedia mushola yang lumayan bersih juga. Gak terlalu besar sih, tapi lumayan enak buat sholat.

Jadinya kita gak perlu khawatir untuk berbuka puasa di sini ya. Soalnya bisa langsung sholat dulu kan sebelum makan kalau sudah maghrib πŸ˜€

Baca juga: Menu Buka Puasa Mercure Ancol Ada Masakan Lebanon Lho. Bagaimana Rasanya Ya?

Pizza Hut Margonda

Pizza Hut Margonda

Sepertinya Pizza Hut Margonda ini adalah yang dulunya berada di dalam mall Margocity ya?

Sudah sejak lama kalau ke Margo tuh Pizza ini gak ada. Ternyata dia pindah ke sebelah mall dan persis di pinggir jalan raya Margonda.

Pantas saja ya di sekitar Margocity jadi tambah macet, wkwkwk. Soalnya selain lalu lintas keluar masuk mall, juga ada lalu lintas keluar masuk Pizza Hut ini juga, ahaha.

Anw, tempatnya menjadi satu dengan Marugame Udon. Bukan satu tempat makan, hanya satu lokasi dan satu tempat parkir saja.

Pizza Hut Margonda
Anak-anak makan di Pizza Hut Margonda

Jadi kalau ke sini, kita sebetulnya bisa memilih mau makan di Pizza Hut atau Marugame Udon.

Berhubung kami lebih sering makan Pizza dibanding Udon, Pizza Hut Margonda deh yang kumasukkan dalam daftar tempat buka puasa di Depok yang nyaman untuk anak-anak ini, hehe.

Baca juga: Pizza Hut Tidak Bisa Lagi Pesan Langsung, Tapi Melalui Aplikasi, Begini Caranya

Waroeng Steak & Shake dan Bebek Goreng Slamet

Kenapa dua ini aku jadikan satu? Soalnya mereka biasanya memang bersebelahan. Kayanya memang satu grup yaa.

Tempatnya pun bukan hanya ada di jalan Margonda, tapi juga ada di Kelapa Dua. Yang di Margonda terletak di sebelah kiri (kalau dari Depok ke arah Jakarta) sebelum jalan Juanda.

Atau sebelah kanan dari arah Jakarta. Letaknya setelah perempatan lampu merah Juanda. Jadi kita perlu puter balik ya kalau jalan dari arah Jakarta menuju Depok πŸ™‚

Kami sih pernah makan yang di Margonda sini, pun yang di Kelapa Dua.

Dulu Waroeng Steak & Shake yang berada di jalan Margonda memiliki tempat duduk lesehan, tapi sekarang kayanya gak ada ya? Aku belum pernah ke sana lagi sejak sebelum pandemi sih, ahaha.

Nah, yang baru akhir-akhir ini kami sambangi ya yang berada di Kelapa Dua. Kebetulan waktu itu Nawa lagi seneng-senengnya dengan hidangan bebek goreng. Jadi saat mencari makan setelah mengambil rapot anak-anak, kami mencari tempat makan yang menyajikan bebek deh.

Waroeng Steak & Shake Kelapa Dua
Waroeng Steak & Shake Kelapa Dua

Ternyata tempat tersebut malah bersebelahan dengan Waroeng Steak & Shake. Papanya dan Naia langsung mengiyakan untuk makan di sana, berhubung mereka jadi lebih kepengen steak daripada bebek, ihihi.

Walaupun bersebelahan, kita tentu gak bisa memesan Bebek Goreng di tempat Waroeng Steak, begitu pun sebaliknya.

Jadi, kalau mau memakan hidangan bebek padahal kita duduk di tempat Waroend Steak, kita harus memesan bebeknya terlebih dahulu dan memilih untuk take away yaa.

Waktu itu pun kami begitu. Aku pesan 2 menu take away untuk makanan Nawa dan Nara. Sisanya kami pesan makan di Waroeng Steak & Shake.

Waroeng Steak & Shake Kelapa Dua

Tempatnya cukup lega, toilet juga besar dan bersih. Buat aku, kebersihan toilet itu penting banget sih, jadi kalau ke mana-mana memang memperhatikan toilet banget, hihihi.

Mana Tempat Buka Puasa di Depok yang Mau Kamu Datangi?

Dari beberapa pilihan yang aku berikan di atas, mana nih yang sudah pernah atau mau kamu datangi bersama keluarga?

Atau, malah punya referensi tempat lain yang bisa dijadikan tempat buka puasa bersama anak-anak? Cuss komen dan kasih tau aku juga yuuk πŸ˜‰

Yang manapun, yang penting sih perut kenyang dan ibadah tetap lancar ya. Plus anak-anak juga happy buka puasa sesekali beda suasana selain suasana rumah, hehe.

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.