Hamil dan Menyusui

TORCH

Hehehe, lagi-lagi saya ngomongin tentang TORCH. Ini sih kumpulan twit saya waktu itu, lupa hari apanya. Lagi bersantai di rumah, keingetan tentang TORCH, akhirnya cuap-cuap deh di twitter ūüėõ

  • @momopururu¬†jadi beberapa hari lalu, nonton di salah satu stas TV, lupa kapan dan acara apa. Ada designer kecil yang ikutan jakarta fashion week.
  • @momopururu¬†namanya Rafi, dan dia tuna rungu, ini ada blog yang nampilin hasil2 designnya:¬†http://www.welovejakarta.com/jakarta-fashion-week-2012-day-7-echoes-of-heritage-by-rafi/
  • @momopururu¬†eh, yang mau saya omongin sebenernya bukan desain2nya atau bakatnya yaa, bakatnya sih udah sangat diakui yaa
  • @momopururu¬†tapi saya mau ngomongin kenapa dia bisa tunarungu. emang bukan dia yang mau kan keadaan kaya gitu
  • @momopururu¬†ibunya ditanya, kira2 begini: (gk pst sih, seinget saya aja), “dari rafi lahir ibu udah tau kalau rafi ini tunarungu?”
  • @momopururu¬†ibunya jawab, malah sejak hamil trimester pertama, dia udah tau kalau anaknya akan punya kekurangan.
  • @momopururu¬†nah, ibunya tau dan udah menyiapkan diri anaknya itu akan punya kekurangan karena ibunya terinfeksi salah satu virus TORCH, yaitu Rubella
  • @momopururu¬†kata dokter virus itu nanti akan mempengaruhi pendengaran, penglihatan atau yang lainnya. intinya pertumbuhannya gk sempurna di kandungan
  • @momopururu¬†dari situ saya jadi makin concern dgn virus TORCH dan paham kalo hamil itu gak gampang, dr sebelum hamil pun calon bumil harus bener2 sehat
  • @momopururu¬†sebelum nikah, saya pernah tes TORCH, gak lengkap sih, cuma Tokso dan Rubella aja
  • @momopururu¬†tes tokso virus lama hasilnya positif tapi virus barunya negatif, agak khawatir juga saat itu.
  • @momopururu¬†jadi wondering sendiri, kalo2 abis nikah nanti langsung hamil gimana? bahaya gak ya?
  • @momopururu¬†eh, saya jadi baca2 tentang TORCH sendiri. ini yang lagi saya baca:http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/203-waspada-toksoplasmosis-rubela-herpes-torch-saat-hamil.html#Definisi
  • @momopururu¬†dan bener aja, setelah sebulan nikah, saya dinyatakan ternyata hamil.. ūüėÄ
  • @momopururu¬†mengingat pas tes Tokso, IgG saya positif, saya memastikan ke dokter kalo saya bisa hamil
  • @momopururu¬†dan kata dokter, saya bisa hamil karena saya terjangkit virus itu udah lebih dari setahun lalu dan saat ini udah punya antibodinya
  • @momopururu¬†itu karena tes Tokso yang IgM saya negatif
  • @momopururu¬†bener aja kalo untuk hamil itu emang perlu persiapan, terutama persiapan kesehatan calon bumil..
  • @momopururu¬†pas tes tokso IgG saya +, kaka saya yang kebetulan suster di RSB blg saya kebanyakan makan junkfood n makanan gak mateng ~sushi contohnya~
  • @momopururu¬†jadi sejak itu saya disuruh ngejaga makanan deh dan memperbanyak makan sayur… *karena saya gak suka sayur, jadi bener2 mesti belajar
  • @momopururu¬†pas itu kesimpulan saya, berarti kalo gak mau terjangkit, ya makanan kita harus sehat..
  • @momopururu¬†oiya, selain makanan gak sehat, toksoplasma itu bisa dari kotoran kucing, anjing atau unggas..semua itu mengandung parasit Toxoplasma gondii
  • @momopururu¬†kalo virus Rubella (campak Jerman), Alhamdulillahnya sih IgG n IgM saya negatif waktu itu. Penularannya dari hubungan langsung ama penderita
  • @momopururu¬†oiya, lupa. Kalo bumil menderita Toksoplasma, akibatnya bisa keguguran janin atau bayi lahir meninggal
  • @momopururu¬†nah, kalo Rubella, akibatnya bisa menyebabkan bayi lahir cacat (kerusakan otak, kebutaan, tuna rungu, atau bisu)
  • @momopururu¬†kesimpulan dari penularan Rubella, pencegahan kedua itu menjaga jarak dengan penderita
  • @momopururu¬†eh, ada satu lagi pencegahan yang kelewat
  • @momopururu¬†karena tadi toksoplasma bisa ditularkan melalui binatang peliharaan, jadi kurangi kontak dengan mereka
  • @momopururu¬†2 virus lagi yang termasuk TORCH itu CMV (cytomegalovirus) dan HSV (Herpes Simpleks tipe II)
  • @momopururu¬†2-2nya sama-sama famili herpes dan penularannya juga sama-sama melalui kontak langsung
  • @momopururu¬†yang HSV bisa juga melalui hubungan seksual
  • @momopururu¬†Nah, kalo bumil terinfeksi virus CMV bisa mengakibatkan bayinya beresiko mengalami pembesaran kepala, pengapuran otak…[1]
  • @momopururu¬†pembesaran hati, tuli, atau bentuk kaki dan tangan yang tidak normal [2]
  • @momopururu¬†karena CMV n HSV sama2 ditularkan dengan kontak langsung, jadi pencegahannya ya hindari penderita ūüėČ
  • @momopururu¬†nah, infeksi virus HSV menyerang alat kelamin. ciri-ciri penderita HSV itu keputihan n ada bintik pada alat kelamin
  • @momopururu¬†akibat yang timbul kalo bumil terinfeksi HSV?
  • @momopururu¬†bayinya lahir dengan kelainan kulit, kulitnya melepuh
  • @momopururu¬†pencegahan HSV tadi salah satunya dengan menghindari si penderita, termasuk gak berhubungan seksual *yaiyalaah*
  • @momopururu¬†pencegahan lainnya? dengan menjaga kebersihan alat kelamin, menjaga kebersihan di sini cukup pake air aja sebenernya
  • @momopururu¬†gak perlu pake sabun2 tambahan / cairan pembersih kaya yang diiklan-iklan :P, dan usahakan tetap kering.
  • @momopururu¬†nah, sekarang saya mau ngeringkas pencegahan TORCHnya nih ūüėÄ
  • @momopururu¬†dari penjelasan-penjelasan tadi, pencegahannya ada beberapa: 1. makan makanan yang sehat dan bergizi (pastinya), dan matang
  • @momopururu¬†2. hindari kontak langsung dengan hewan peliharaan yang membawa virus Toxoplasma gondii (biasanya kucing atau anjing) ~untuk virus Tokso
  • @momopururu¬†3. hindari kontak langsung dengan penderita
  • @momopururu¬†4. jaga kebersihan diri, termasuk kebersihan alat kelamin
  • @momopururu¬†nah, buat yang mau hamil, sebaiknya periksa TORCH
  • @momopururu¬†Kalau ternyata terinfeksi salah satu virusnya biasanya nanti pengobatan dulu atau dikasih vaksin sampai virusnya bener2 bersih
  • @momopururu¬†walaupun harus menunda kehamilan, yang penting pada saat hamil, bumil bener-bener sehat, biar janinnya juga sehat. ūüėČ
  • @d_prihandoko:@momopururu¬†tante gw punya tokso. Tp smpt nglahirin anak pertama. Lalu 4 kali keguguran. She need 10y programing to have 2nd son..
  • @momopururu¬†Lanjut ngomongin TORCH aaah..tapi sekarang ngomongin baca hasil tesnya ūüėÄ
  • @momopururu¬†Tes TORCH ada 2 jenis, IgG dan IgM. Kalo bahasa gampangnya sih IgG itu virus lama IgM virus baru
  • @momopururu¬†Artinyaa, kalo hasil tes nunjukin IgG positif dan IgM negatif, itu berarti pernah terinfeksi virus setahun yang lalu atau lebih
  • @momopururu¬†dan karena IgM negatif, artinya saat ini udah gk terinfeksi lagi, tubuh udah mengembangkan kekebalan terhadap virus tokso ini
  • @momopururu¬†eh, bukan virus tokso aja, segala virus TORCH (tokso, rubella, CMV, HSV) deng :p
  • @momopururu¬†Kalo hasil tes nunjukin 2-2nya positif, artinya udah 2 tahun terjangkit virus dan saat ini masih terjangkit, butuh pengobatan atau vaksin
  • @momopururu¬†Kalo IgG negatif dan IgM positif, artinya baru aja terjangkit, belum setahun dan belum hilang virusnya. Butuh pengobatan atau vaksin juga
  • @momopururu¬†Nah, yang paling aman 2-2 (IgG dan IgM)nya negatif *yaiyalaaah* kan artinya sama sekali gak terinfeksi n belum pernah terjangkit virus TORCH
  • @momopururu¬†Jadi kesimpulannya, hasil tes yang nunjukin aman dan udah boleh hamil itu yang IgG dan IgMnya negatif atau IgGnya positif dan IgMnya negatif
  • @momopururu¬†Dan yang perlu pengobatan lebih lanjut serta menunda kehamilannya itu yang IgG dan IgMnya positif atau IgGnya negatif dan IgMnya positif
  • @momopururu¬†Huehue, sekian aja deh. Semoga twit2 saya hari ini bermanfaat ūüėÄ

Oke, segitu aja. Panjang juga yah, fyuh. *lap keringet*

istianasutanti

Halo, salam kenal ya.

Aku Istiana Sutanti, seorang ibu dari 3 orang perempuan yang hobi sekali mengajak anak-anak untuk traveling bersama.

Di blog ini aku sharing pengalaman traveling kami sekeluarga plus pelajaran parenting yang aku dapatkan, baik dari pengalaman pun dari seminar parenting.

Semoga kalian suka membaca pengalaman traveling kami dan semoga membantu untuk menentukan tujuan traveling kalian berikutnya! ;)

You may also like...

2 Comments

  1. itu virusnya nyerang ibu2 / kaum hawa aja ya, isti?

    Jd bpk2nya ndak perlu periksa2.

    1. gak juga sih yans, cowo juga bisa kena. Apalagi HSV, soalnya itu penyakit di alat kelamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.