Review Hotel

Apartemen Aryaduta Semanggi yang Lega untuk Staycation di Kota

Di masa pandemi kemarin, berhubung kami tidak bisa dan takut juga untuk liburan keluar kota, jadi kami mencari cara liburan yang bisa dilakukan di sekitar kota Jakarta saja dan yang tidak bertemu dengan banyak orang, ya salah satunya staycation di apartemen Aryaduta Semanggi ini deh.

Apartemen ini pernah aku ceritakan juga di postingan “4 Apartemen Jakarta yang Asik untuk Staycation Keluarga” yaa. Tapi di postingan kali ini, aku mau menceritakan lebih detail lagi apa saja fasilitas apartemen Aryaduta ini, lokasinya di mana, juga apa yang paling menarik bagi kami dari apartemen ini 😀

Oiya sebetulnya kami memutuskan ke sini itu selain karena letaknya yang di tengah kota, kebetulan kasus covid pada waktu itu juga sempat melandai, makanya kami berani untuk staycation dan berkeliling naik MRT sedikit.

Naik MRT

Yap, yap, kami bisa berkeliling sekitar kota Jakarta sekaligus naik MRT di hari kedua menginap. Maklum bu, udahlah tinggalnya di pinggir kota Jakarta, lalu muncul pandemi pula, jadilah kami belum punya kesempatan untuk naik MRT bersama-sama sebelum ini, hehe.

Lokasi

Apartemen yang sekaligus hotel Aryaduta Semanggi ini berlokasi di daerah Semanggi (yaeyalah namanya aja Aryaduta Semanggi xp) dan dekat dengan daerah SCBD, yaa sekitar Sudirman situ lah yaa.

Alamat lengkapnya di Jl. Garnisun 1 No.8, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930. 

Kalau mau naik MRT, cukup jalan sedikit menuju stasiun Bendungan Hilir. Ini juga yang kami lakukan saat staycation waktu itu. Kami berjalan menuju stasiun MRT, naik MRT sampai stasiun Bundaran HI, baru berjalan menuju bundaran HI.

Iseng memang kami ya, mau mengajak anak-anak naik MRT sekaligus ke bundaran HI di saat sepi ceritanya, ahaha. Memang terbilang sepi sih pada saat itu, di gerbong MRT saja hanya ada beberapa orang.

Ya namanya juga masih pandemi ya, jadi masih belum terlihat adanya aktivitas seperti biasa.

Tempatnya juga cukup mudah ditemukan. Walaupun letaknya agak di dalam, tapi masih sangat dekat dari jalan utama. Letaknya juga satu gate dengan Sudirman Tower Condominium (STC) ya, jadi cukup strategis tapi juga bukan yang di pinggir jalan utama, jadi cukup sepi dan tempatnya pun asri.

Harga

Lobi Aryaduta Semanggi

Barusan sih aku intip harganya di OTA start di 900 ribu untuk tipe 1 bedroom dan sekitar 1,2 juta untuk tipe 2 bedroom. Untuk yang tipe 3 bedroom, harganya di 1,7 juta.

Baca juga: Nyaman untuk Keluarga, Private Pool Ubud Di Bawah Satu Juta

Waktu itu kebetulan kami mendapat harga pada saat promo imlek. Jadi, pilihan kamar kami terbilang murah. Kami mendapat harga sekitar 785 ribuan untuk tipe 2 bedroom (1 kamar untuk aku dan anak-anak, 1 kamar lagi untuk papanya kerja). Turunnya jauh ya shay dari 1,2 juta ke 785 ribu, hehehe.

Ah iya, harga segitu sudah include breakfast pula. Gimana aku gak langsung pesan ya kan, hahaha.

Begitu check in, lha ternyata kamar kami malah diupgrade donk jadi yang tipe 3 kamar. Jadi makin luega deh kamar yang kami tempati.

Pantry dan Tempat Makan Aryaduta

Fasilitas Apartemen

Saat memutuskan staycation di Aryaduta Semanggi ini, walaupun aku tau ada kolam renangnya, tapi aku sengaja tidak membawakan anak-anak baju renang. Ya waktu itu kondisinya masih rawan sih, jadi kami masih parnoan aja.

Maka dari itu aku pilih kamar yang cukup lega kan, yang ada bathtub-nya, supaya anak-anak tetap puas bisa main air xp

Kolam Renang

Yap kolam renang jadi salah satu fasilitas yang lumayan oke ya di Aryaduta ini. Soalnya memang menarik banget, baik dari segi letak dan juga desain kolamnya.

Kolam Renang Aryaduta Semanggi

Kolamnya terbilang cukup luas, terdapat 1 kolam utama yang desainnya agak meliuk-liuk (tapi bagus, hehehe) dengan kolam jacuzzi dan 1 kolam anak yang terpisah.

Sebetulnya waktu masa kami menginap itu, pihak Aryaduta sudah membolehkan tamunya berenang di sini dengan batasan-batasan yang telah mereka tentukan.

  • Kolam dibuka sejak jam 6 pagi sampai jam 3 sore (lupa, kalau gak salah bener sampai jam 3 sore aja sih waktu itu)
  • Hanya boleh sekitar 6 orang yang berenang di 1 slot jam renang. 1 slot jam renang lamanya sekitar 1 jam. Jadi kita dibolehkan renang hanya sekitar 1 jam saja, untuk bergantian dengan tamu lainnya.
  • Harus booking kolam terlebih dahulu. Jadi gak bisa langsung turun ke kolam renangnya, tapi telpon utnuk disediakan slot waktu untuk kita berenang.
Baca juga: Hotel Le Eminence Puncak, Tempat Kemewahan Dan Alam Menyatu

Playground

Ini juga yang kami incar sekarang-sekarang ini kalau mau staycation. Soalnya kan bawa anak-anak yaa, jadi ya sebisa mungkin yang ada playgroundnya deh.

Peraturan di playground Aryaduta Semanggi ini juga sama dengan peraturan kolam renang (waktu itu), jadi kami sudah booking dan memang sudah menyiapkan waktu untuk anak-anak bermain di sini.

Enaknya, playgroundnya jadi serasa milik pribadi banget, ahaha. Tapi ya gak enaknya itu, gak bisa langsung masuk, harus booking terlebih dulu. Jadi kalau anak merengek harus masuk saat itu juga ya monmaaf gak bisa yaa.

Playground Aryaduta Semanggi

Eh tapi ini kan peraturan 1,5 tahun lalu ya, di masa-masa pandemi masih melanda. Jadi, aku gak tau kalau kebijakan sekarang seperti apa 🙂

Sebetulnya fasilitas umum yang terdapat di apartemen ini tidak hanya kolam renang dan playground ya, tapi juga terdapat fasilitas olahraganya, salah satunya lapangan tenis.

Breakfast

Berhubung waktu itu masih pandemi, jadi kami juga mencari penginapan yang sarapannya dibawa ke kamar, bukan yang prasmanan gitu.

Nah, Aryaduta Semanggi memang sudah termasuk penginapan/hotel “Clean Accomodation”, jadi protokol kesehatannya dijalankan dengan baik dan cukup tegas. Terbukti dari peraturan kolam renang dan playground tadi yaa.

Maka dari itu lah, sarapan pun punya kebijakan seperti itu, makanan disediakan dan diantar ke kamar masing-masing. Jadi kami sebagai tamu apartemen tidak perlu keluar kamar dan jadi meminimalisir bertemu dengan banyak orang.

Sarapan Apartemen Aryaduta

Jenis makanan yang akkan diantar ke kamar adalah yang dipilih oleh tamu di hari sebelumnya. Jadi pihak Aryaduta memang menyediakan waktu untuk tamu apartemen memesan sarapan sampai sekitar jam 8 malam di hari sebelumnya.

Pengunjung bisa memilih antara Western menu dengan Asian menu kalau tidak salah. Pihak room service akan menerima pesanan makanan apa yang diinginkan serta mau diantar jam berapa ke kamar. Keesokan paginya makanan akan diantar sesuai keinginan tamu.

Fasilitas Kamar

Aku sudah bilang kan kalau kamarnya ternyata diupgrade?

Kami booking yang tipe 2 bedroom, tapi malah diupgrade jadi 3 bedroom, ahaha. Jadinya agak-agak overkill sih buat kami. Soalnya ya bingung juga kan 1 kamarnya lagi untuk apa?

Kamar Aryaduta Semanggi

Dengan kamar 3 bedroom begini, luasnya memang jadi lebih besar dan ruang living room, ruang makan, dan juga dapur sangat lega. Bahkan ketiganya bisa diakses bersamaan karena kamar apartemennya yang memang bertipe open space.

Jadi aku bisa masak sambil melihat anak-anak bercengkerama di depan TV.

Oiya, kamarnya ini di lantai 20an. Aku lupa tepatnya berapa, pokoknya tinggiii banget, anak-anak senang karena kami jadi bisa melihat kota Jakarta dari atas gedung. Kalau malam, pemandangannya juga bagus dan memanjakan mata.

Terlebih lagi, saat kami menginap di sana, di langit luar jendela kamar muncul pelangi. Waah, itu jadi pengalaman yang gak terlupakan juga deh jadinya (setidaknya buat aku ya, gak tau kalau anak-anak, hehe)

Pelangi dari kamar Aryaduta Semanggi

Pantry dan Peralatan Masak

Aryaduta Semanggi ini jadi salah satu apartemen yang paling besar pantry-nya sih. Aku puas banget bisa masak di sini. Staycation maksudnya liburan tapi tetep masak ya bu, ahaha.

Soalnya kan yang dapet makan hanya sarapan, jadi kami memang menyiapkan bahan makanan dari rumah supaya bisa masak dan gak perlu beli lagi untuk makan siang dan makan malam. Lumayan laah menghemat uang makan, ihihi.

Apartemen Aryaduta Semanggi

Peralatan makannya pun cukup lengkap (ya walaupun gak ada rice cooker sih xp), tapi untuk masak pasta, roti bakar, apalagi mie instan, udah bisa banget laah. Menggoreng nugget dan french fries pun bisa banget, ya asal bawa minyaknya sendiri juga yaa dari rumah 😀

Laundry Room

Nah ternyata ya namanya juga “apartemen”, jadi memang selengkap itu sih peralatan rumah tangganya. Sampai-sampai mesin cuci juga ada, ya di laundry room ini.

Hanya saja letak laundry room ini memang agak terpencil ya, dan juga gelap xp Jadilah aku juga agak-agak takut masuk sini, ahaha.

Tapi lumayan lho ada laundry room begini, kalau anak-anak misalnya berenang, bajunya bisa tinggal dikeringin di mesin cuci yang disediakan. Besok paginya kalau mau berenang lagi, bisa pakai lagi deh 😀

Baca juga: Grand Diara, Hotel Sebelah The Ranch Puncak Yang Oke Banget!

Bathtub

Ini dia fasilitas kamar yang menjadi penghibur anak-anak di kala mereka gak bisa berenang di kolam renang hotel.

Fasilitas bathtub ini terdapat di kamar mandi di dalam kamar utama ya. Jadi total kamar mandi yang ada di unit yang kami tempati itu 2, satu di area luar, satu lagi di kamar utama. Kamar utama ini yang merupakan kamar paling besar dengan TV lagi di dalam disertai lemari yang juga cukup besar dan kamar mandi dalam.

Wifi

Jangan tanya ya kalau masalah jaringan internet gini. Di tengah kota, di masa pandemi pula, jaringan internetnya memang harus mumpuni. Wifi ini jadi salah satu andalan buat kami karena suami tetap harus bekerja di hari pertama megninap di Aryaduta Semanggi ini 😀

Kesan

Wah kami sih senang dan merasa puas ya menginap di sini. Selain karena tempatnya luega banget, lokasinya itu strategis di tengah kota banget, hehe.

Aryaduta Semanggi

Anak-anak juga puas bisa main di playground yang serasa milik pribadi, ahaha. Yaa walaupun gak berenang, mereka tetap happy banget bisa mandi di bathtub. Emak bapaknya juga seneng sih ada bathtubnya gini, ihihi.

Tapi yang paling bikin menginap di Aryaduta Semanggi ini jadi tak terlupakan adalah dengan harga di bawah 1 juta, kami bisa mendapat apartemen 3 kamar dengan luas yang besar dan free breakfast. Kami jadi sangat nyaman karena selega itu.

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.