Review Hotel

Staycation di Pesona Alam Resort & Spa, Bagai Menginap di Rumah yang Nyaman

Pernah setelah puas liburan keliling Taman Safari kami lanjut staycation di salah satu hotel di Puncak yang sudah lama aku idam-idamkan, Pesona Alam Resort & Spa.

Hotel ini berhasil memikat aku dengan tampilannya yang menarik dan pemandangannya yang memukau. Karena itu pula lah aku antusias sekali mengajak suami ke sini, ehehe.

Akhirnyaa, setelah beberapa kali ajakan, dia meng-iya-kan di tahun 2020 lalu. Iyaa, masih pandemi, tapi saat itu kasus melandai, plus kami juga sengaja memilih ke Puncak saja yang tidak terlalu jauh.

Ditambah Pesona Alam Resort & Spa ini memang termasuk kategori Clean Accomodation ya, jadilah kami tidak ragu untuk menginap di sana.

Pesona Alam Resort & Spa

Lokasi

Beralamat di Jl. Taman Safari No.101 A, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750, lokasi Pesona Alam Resort & Spa ini memang tidak jauh dari Taman Safari Bogor, kebun binatang yang luas dan memang iconic di Puncak itu.

Makanya kami memang sengaja memilih menginap di sini karena jaraknya yang dekat itu. Supaya, setelah puas dan lelah berkeliling Taman Safari, kami bisa bersantai dan beristirahat di kamar hotel (villa sih) yang nyaman.

Tipe Kamar Villa

Ternyata Pesona Alam memiliki beberapa tipe kamar villa, yang salah satunya kami tempati, yaitu Villa Superior 1 Bedroom.

Villa di Pesona Alam Resort Spa
Villa yang kami tempati di Pesona Alam Resort & Spa

Balkon atas sebetulnya bukan wilayah kamar kami sih, jadi itu merupakan sambungan dari villa lainnya di sebelah kiri.

Tipe kamar lainnya ada villa dengan 2 kamar, juga ada yang 3 kamar. Rasa-rasanya cocok banget untuk membawa keluarga besar berlibur dan melipir sejenak ke daerah Puncak untuk merasakan udara yang sejuk dan menyegarkan ya.

Fasilitas

Serius deh, Pesona Alam Resort & Spa tuh memiliki fasilitas yang cukup lengkap serta menunjang aktivitas yang bisa dilakukan selama staycation atau refreshing.

Fasilitas yang ada termasuk tempat spa, peralatan tenis meja, sampai bersepeda (karena memang ada jalur sepedanya sendiri melewati area pegunungan yang sejuk). 
Tentu kolam renang ada donk, memuaskan pula. Selain itu, ada juga buggy car yang bisa digunakan untuk tur keliling Pesona Alam Resort & Spa. Berhubung tempatnya memang luas ya bu, jadi berkeliling dengan buggy car tuh sudah menjadi hiburan tersendiri :)

Tapi rasanya selama di sana, berkeliling sambil mengajak anak bermain di playground, serta berenang saja sudah membuat kami puas, ahaha.

Anw, ini sih yang kami sempat nikmati selama kami staycation di Pesona Alam.

Buggy Car

Suasana Depan Villa Pesona Alam

Berhubung kami menginap di tipe villa dengan 1 kamar utama, jadi begitu sampai lobi dan proses check in selesai, kami diantarkan ke villa dengan menggunakan buggy car.

Sebetulnya bisa sih ditempuh dengan jalan kaki, tapi namanya juga fasilitas yaa, jadi semua tamu yang menginap di villa rasanya akan merasakan diantar pakai buggy car deh, sama seperti hotel di Bali, hotel Merusaka Nusa Dua.

Btw, mobil juga bisa sih dibawa sampai persis di depan kamar. Bukan dari bagian depan pintu depan tapi, lebih tepatnya di bagian belakang.

Soalnya jalan di bagian depan kamar hanya cukup untuk dilewati oleh buggy car saja. Jadi kalau mau parkir mobil, parkirnya di bagian belakang deh, masuk lewat dapur jadinya

Kamar

Kamar Villa Pesona Alam Resort & Spa

Kusuka sekali dengan kamarnya. Pasalnya, pintu dapur dan pintu depan plong. Jadi kalau kedua pintu ini dibuka, kita akan mendapatkan udara yang sejuk di dalam kamar, nikmaat sekali.

Memang sih, desainnya tipe yang simpel gitu karena hanya seperti dibagi 2, bagian kanan merupakan bagian untuk sofa, meja makan, dan dapur, bagian kiri merupakan bagian untuk kamar dan kamar mandi.

Tapi justru desain yang simpel seperti itu yang malah bikin ruangannya terlihat luas dan nyaman.

Keunggulan lain yang dimiliki Pesona Alam adalah, peralatan dapur yang ada di Villa-nya tuh lengkap!

Dari panci, pisau dapur, peralatan makan (piring, mangkuk, gelas, sendok, dan garpu), sampai microwave, sudah disediakan di dalam kamar villa.

Terlebih lagi, kalau biasanya apartemen atau villa yang ada dapurnya seperti ini tidak menyediakan rice cooker, Pesona Alam tuh punya!

Jadi kami dari rumah memang membawa sedikit beras untuk dimasak selama di sana. Ya gak cuma beras sih yang kami bawa, kami juga bawa mie instan dan pasta. Bawaannya jadi cukup banyak ya ternyata, ahaha.

Soalnya kami menginap selama 3 hari 2 malam di sana. Jadi, harus memasak untuk sarapan 2 hari kan, hehe.

Kolam Renang

Kolam Renang Hotel Pesona Alam Resort & Spa

Sebenernya ya, aku pengen banget bisa berenang di kolam renang hotelnya. Soalnya dari awal memang kepincut banget sama infinity pool yang ada persis di bagian depan hotel dekat lobi.

Tapi, di area Villa nya ternyata ada kolam yang cukup luas dan tidak hanya berjumlah satu, melainkan ada dua di dua tempat berbeda. Terlebih lagi, waktu itu masih sepi kaan, jadi bisa puas menikmati kolam renangnya, ehehe.

Selain itu, karena kami merasa di Villa akan lebih “privasi”, jadinya kami hanya melihat kolam renang hotelnya sambil mengajak anak-anak main aja deh.

Kolam Renang Pesona Alam

Saat pagi, kolam renang yang di hotelnya ini sih terlihat sepi, aku tadinya sempat berpikir kalau memang belum diperbolehkan berenang yaa.

Ternyata agak siangan lagi, sudah lumayan banyak yang berenang di kolam renang tersebut. Aku jadi merasa kami gak perlu berenang di situ deh karena terhitung cukup ramai, hehehe.

Di sisi lain, kolam renang di area Villa yang aku sebut, malah terhitung sepi, jadinya hanya kami saja deh yang berenang di kolam itu.

Namun, pada kesempatan kedua kami berenang (iyaa, kami punya berkesempatan berenang tuh sampai 2 kali lhoo saking sepinya, ihihi), penghuni Villa lainnya juga ada yang berenang sih.

Baca juga: Grand Diara, Hotel Sebelah The Ranch Puncak yang Oke Banget!

Tapi tetap terhitung sepi, karena kolamnya sangat luas itu tadi yaa. Plus, memang terdapat 2 jenis kolam renang di beda lokasi juga, jadi kami bisa berenang di lokasi kolam renang yang lainnya kalau kolam renang yang satu agak ramai.

Playground

Playground Pesona Alam Resort & Spa

Nah ini dia yang bikin anak-anak betah dan mau berlama-lama di sini. Playground yang di atas itu yang ada di hotelnya ya, terletak di sisi kiri belakang kolam renang hotel.

Seru banget karena luas dan terdapat beragam permainan. Jadi bukan hanya jenis perosotan saja, atau ayunan saja, tapi ada trampolin, slider (aku terkadang menyebut ini sebagai flying fox mini, wkwkwk), dan juga monkey bar.

Playground Pesona Alam

Playground yang indoor pun ada lho, hanya saja letaknya agak sedikit lebih jauh dan agak terpencil. Jadi, kalau kami tidak segitunya mengeksplor hotel, ya mungkin gak tau kalau mereka juga menyediakan indoor playground.

Oh, namun indoor playground ini rasa-rasanya lebih cocok untuk anak batita sih ya, karena tempatnya tidak terlalu luas.

Indoor Playground Pesona Alam

Malah, playground yang di dalam ruangan tersebut memang lebih banyak menyediakan permainan masak-masakan atau permainan balita lainnya. Jadi, untuk mengajak dan menstimulus anak batita dengan material permainan yang sederhana sih cocok banget.

Kesan

Jujur ya, selain memang aku senang sekali akhirnya bisa berkesempatan staycation di Pesona Alam Resort & Spa ini, suasananya memang juara sih. Suasana tenang, damai, sejuk, dan menyegarkan.

Itulah mengapa aku bilang seperti menginap di rumah yang nyaman, karena memang begitulah perasaan aku saat menginap di sini, nyaman bagaikan di rumah sendiri. Yaa hitung-hitung jadi bisa membayangkan kalau nanti suatu saat kami bikin rumah, bikinnya yang seperti apa, hehehe.

Di Depan Villa Pesona Alam
Di Depan Villa Pesona Alam

Sayangnya kami menginap di sana kebetulan sedang hujan, sehingga tidak bisa terlalu memaksimalkan fasilitas saat sore. Apalagi ternyata mereka memiliki cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan ya, termasuk memanah, paint ball, dan game room.

Walaupun begitu, kami, aku terutama lumayan puas sih menginap di sini. Soalnya ruangan villanya lega, bersih, dan nilai plusnya karena ada peralatan masak di pantry yang menyediakan microwave dan rice cooker juga.

Baca juga: Hotel Le Eminence Puncak, Tempat Kemewahan dan Alam Menyatu

Jadi, walaupun kami pesan ruangan yang tanpa breakfast, kami tetap bisa menikmati makanan dengan memanaskan makanan yang kami bawa atau masak makanan instan, hehehe.

Selain itu, buat aku pribadi, yang terpenting itu fasilitas untuk menyenangkan anaknya tetap bisa dinikmati. Rasanya pas banget waktu itu kami ke sini di saat sedang sepi, jadi fasilitas kolam renang dan playground tidak berkerumun. Walhasil anak-anak puas berenang dan main di playground-nya deh.

Pemandangan Pesona Alam Resort & Spa

Pesona Alam Resort & Spa

Jl. Taman Safari No.101 A, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750
Start Rp. 665.000,-
0251 821 7111
res1-pesonaalam@tauzia.com
https://pesonaalamresort.com/

istianasutanti

Ilman Akbar's wife & 3N's mother. (Naia, Nawa, Nara)

I am a full time mother and part time blogger. Love to do traveling with ny family and share it on this blog. Hope you guys enjoying my content and love it if you being inspired with my experience and share your experience with me.

Always want to learn something and be a better person everyday.

You may also like...

1 Comment

  1. Hotel ini seriiiiing banget kami lewatin mba, tapi ntah kenapa ga jadi2 mau stay hahahahaha. Padahal memang baguuus yaaa. Aku suka liat kamarnya, juga jalanan di depan villa yg conblok. Langsung kebayang aja bisa jogging tiap pagi, apalagi aku kan harus rutin olahraga. Jadi tempat begini pasti bikin betah dan nyaman buat workout. 👍

    Jadi pengen sih staycation lagi yg agak jauhan Ama anak2 😄.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.